Powered by Blogger.


Ayat Kursi

>> Wednesday, 11 March 2009

Bacaan sesuai lafal dari huruf arab ke huruf latin :

ALLOHU LAA ILAAHA ILLA HUWAL HAYYUL QOYYUM. LAA TA'KHUDZUHUU SINATUW WA LAA NAUUM. LAHUU MAA FISSAMAAWAATI WA MAA FIL ARDH. MAN DZAL LADZII YASFA'U 'INDAHUU ILLAA BI IDZNIH. YA'LAMU MAA BAINA AIDIIHIM WA MAA KHOLFAHUM. WA LAA YUHITHUUNA BI SYAI-IN MIN (dengung) 'ILMIHII ILLAA BI MAASYAA-A. WASI'A KURSIYYUHUSSAMAAWAATI WAL ARDH. WA LAA YA-UDHUU HIFZHUHUMAA WAHUWAL 'ALIYYUL AZHIIIM.

Artinya :

Allah tidak ada Tuhan melainkan Dia yang Maha Kekal lagi terus menerus mengurus makhlukNya, tidak mengantuk dan tidak tidur KepunyaanNya apa yang di langit dan di bumi. Siapakah yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izinNya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang meraka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendakiNya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi, Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar. (QS : Al-Baqarah : 255)

Memasukkan tulisan arabnya kok susah ya?
Minggu kemarin Haqi dapat tugas dari guru Islamic-nya untuk menghafal QS Al Baqarah ayat 255 atau yang lebih sering disebut dengan Ayat Kursi.
Karena ayatnya lumayan panjang untuk ukuran anak kelas 2 SD, maka menghafalnya dibagi 2. Jadi separo dulu, terus bagian keduanya minggu depannya lagi. Syukur kalau langsung semua bisa hafal.

Namanya anak-anak ya, setelah bisa terus ngajarin temannya yang belum bisa.
Terus bilang, aku besok mau bilang ibu guru kalau sudah bisa. Dan juga kebiasaan disini untuk anak-anak yang kelas tiga kebawah, gurunya suka memberi permen atau coklat kalau si anak bisa menjawab/menghafal. Atau kalau nilainya bagus.
Sebenarnya bagus tidak sih dengan cara seperti itu?

Anak sih sudah dikasih tahu, walaupun nanti tidak diberi hadiah sweet/candy ataupun coklat tapi tetap harus mengerjakan tugas-tugas dari gurunya. Jadi mengerjakan tugas bukan kerena biar dapat sweet/candy. Tapi merupakan kewajiban sebagai murid.

Ibu gurunya juga menganjurkan agar membaca ayat kursi sebelum tidur. Sekarang sudah mulai dipraktekkan, selain juga surat-surat pendek dan doa mau tidur.
Semoga kedepannya akan semakin baik lagi dan bukan sekedar menghafalkan. Amiinnn.

tags: ayat kursi, menghafal ayat kursi.

10 comments:

bening 21 March 2009 at 15:12  

bermanfaat banget neh infonya, pembiasaan2 baik yg kita terapkan pd anak sejak dini, insya Alloh akan mereka ingat seumur hidup. aminnn

Hilman-Mubarok 26 March 2009 at 17:20  

Yah memang betul menuliskan bahasa arab kedalam bahasa kita sangat sulit. Membaca tulisannya juga sangat sulit apalagi kalau itu ayat Al-qur'an akan menjadi nggak karuan kita membacanya ya nggak?

بوويل 27 March 2009 at 22:19  

iya yah, gimana caranya nulis arab.....Nulis di yamli.com juga cuman satu persatu....

arkasala 17 October 2009 at 14:35  

untuk nulis Arab kalo di WP ada pluginnya dan banyak yang berhasil (termasuk untuk membuat matematika). Nah semoga google bisa bantu, saya coba ikut mencarikan. Atau jangan2 sekarang sudah menemukannya ?
Trims. salam :)

anung 17 January 2010 at 16:37  

nice post...btw kalo nulis pake huruf Hijaiyah coba sampeyan install pluggin/add ins untuk word..namanya Quran in words.....kayaknya free tuch..ntar kapan-kapan aku kasih linknya...ok?

narti 18 January 2010 at 04:17  

@ arkasala, waduh belum ngerti nih.
@ anung, ada sendiri ya? boleh deh link-nya....makasih sebelumnya.

Bayu Lebond 22 January 2010 at 10:51  

hadiah tuk yg berhasil bagi gw sih oke-oke aja...buat ngerangsang anak tuk lebih berusaha keras lagi

narti 22 January 2010 at 18:05  

@ Bayu Lebond, iya juga sih, tapi tetap berikan pengertian ke anak agar mau melakukan tugasnya bukan karena ada hadiah, agar tidak berkelanjutan hingga dewasa kelak.

LUKISAN ABSTRAK MODERN 30 November 2011 at 10:12  

Assalamualaikum,, makasih yah atas sharenya mengenai AYAT KURSI, mau tak hafal, lama gak dibaca jadi na lupa dehh,, hehehe,, banyak banget keutamaan ayat ini, moga kita semua menjadi orang yg beruntung yah,,,

Wassalam, -- Lukisan Minimalis :)

badut 22 December 2012 at 16:58  

anak saya berusia 9 bulan mengalami susah tidur dan sering menangis pada malam hari, alhamdulillah berkat pertolongan allah dengan membaca ayat kursi ia dapat tertidur.

Post a Comment

* Terima kasih sudah berkunjung ke seputarduniaanak.blogspot.com
* Maaf, komentar ditutup

  © Seputar Dunia Anak Since February 14, 2009

Privacy Policy | Back to TOP  

Please Visit Again!