Powered by Blogger.


Pilih Buku Sesuai Usia Anak

>> Wednesday, 7 October 2009


Buku adalah gudang ilmu pengetahuan. Kenalkan pada si kecil/anak-anak sedini mungkin, dan agar hasilnya maksimal pilihlah buku yang sesuai dengan usia si kecil.
Selain sebagai sumber ilmu pengetahuan, buku juga membuat pikiran dan wawasan jadi terbuka. Bukan hanya orang dewasa, anak-anak juga akan mendapatkan manfaat yang sama jika diajarkan membaca buku yang cocok dan sesuai dengan perkembangan jiwanya.

Banyak ragam pilihan jenis buku yang mudah didapat. Tapi jangan sampai anak-anak membaca buku yang salah, yang tidak sesuai dengan usianya. Terlebih buku-buku yang mengandung nilai kekerasan, pornografi ataupun buku bernuansa menyesatkan. Misalnya, kartun tapi dengan jalan cerita orang dewasa, atau buku komik yang mengajarkan kekerasan.

Anak-anak yang di rumah terlihat alim dan penurut, belum tentu diluar sana juga demikian. Bisa saja anak-anak mendapatkan buku-buku yang tidak sesuai dengan usianya. Entah itu dari temannya, dari tempat penyewaan buku yang tidak memberikan batasan mana buku yang boleh dibaca anak-anak dan mana yang tidak. Namun demikian, bukan hanya dari buku saja bahaya itu datang. Bisa juga dari internet, televisi, CD/DVD, media cetak atau media lainnya. Diperlukan ketegasan orang tua dalam hal ini, misalnya anak diberi hukuman bila melanggarnya.

Mengenalkan buku kepada anak-anak dapat dilakukan secara bertahap. Kita sebagai orang tua harus pandai memilih buku sesuai usia anak. Dampingi mereka saat memilih buku di toko buku misalnya. Untuk anak usia balita, kita bisa memilih buku yang berisi nilai-nilai yang baik dan buruk yang digambarkan lewat tokoh binatang dalam cerita bergambar. Seiring bertambahnya usia, bisa dikenalkan dengan buku-buku tentang tokoh-tokoh legendaris, cerita rakyat dan sebagainya.

Untuk anak usia SD, hendaknya diselingi dengan buku-buku sejarah agar pengetahuannya bertambah. Dan juga buku-buku non fiksi yang sarat dengan makna dan pengetahuan. Anak-anak biasanya lebih menyukai buku-buku bergambar. Buku dengan banyak tulisan memang mempunyai tantangan yang lebih tinggi untuk mencernanya.

Untuk anak usia SMP, sudah diperbolehkan membaca buku-buku petualangan dengan tebal ratusan halaman, atau buku-buku untuk memecahkan suatu misteri. Jadi mereka akan berpikir memecahkan masalah seperti yang ada di buku yang dibacanya.

Agar anak-anak tidak kecanduan atau gemar komik, orang tua perlu mendampingi dan memberi masukan saat mereka memilih buku. Pilih cerita yang mengandung unsur pendidikan dan mendorong imajinasinya. Akan sulit apabila dari yang tadinya gemar membaca komik tiba-tiba disuruh beralih ke bacaan ilmu pengetahuan. Mulailah dengan bertahap, beri pengertian ke anak-anak bahwa pengetahuan mereka akan bertambah lagi apabila mereka gemar membaca buku, bukan komik. Bukan hal yang mudah dalam hal ini, beri pengertian ke anak-anak dengan penuh kasih sayang.

Dunia anak, dunia bermain sambil belajar. Dengan membaca buku yang tepat anak-anak akan cerdas, meningkatkan kenerja otak dan menumbuhkan kegemaran membaca pada anak-anak.
"Bukan membuat anakku bisa membaca, tapi membuat anakku suka membaca"



tags: memilih buku untuk anak-anak, buku bacaan untuk balita, buku bacaan untuk anak usia SD, buku bacaan untuk anak usia SMP, manfaat membaca buku, cara mengalihkan dari membaca komik lalu membaca buku-buku ilmu pengetahuan, mengenalkan buku sejak dini pada anak-anak, pilih buku sesuai usia anak.


Baca juga:
Membuat anak suka belajar.
Kiat memahami anak.

33 comments:

Belajar Bisnis Internet | hill 7 October 2009 at 13:16  

sore mbak, maaf br bisa brkunjung, kena flu berat, disini udh mulai musim ujan. sy inget wkt kecil suka dibelikan majalah bobo, :) jd sampai tua bgini sllu inget bagaimana perhatian ortu thd kita :)

salam
hill

KOKON9LOVE 7 October 2009 at 15:00  

ooohhh...begitu ya...

Sulit juga kalo anak dah terbiasa baca komik, tapi tiba2 di suruh baca buku pengetahuan...

Terima kasih infonya

aaSlamDunk 8 October 2009 at 04:16  

hmmmmm.... kalo bisa nanti masi kecil anaku aku biasain suka untuk baca koran ma ensiklopedi aja biar jadi ainstainn hehehee

muchlisin 8 October 2009 at 04:32  

Suka membawa anak ke toko buku. Alhamdulillah, ternyata yang diajak juga suka.

Joker 8 October 2009 at 04:32  

bener tuh
tapi anak2 bagusnya baca buku tentang blog aja
siapa tau bisa gantiin ortu nya ngeblog

:-)

narti 8 October 2009 at 05:09  

@ Joker, blog-nya diturunkan ke anak? hehe...kayak warisan aja nih...

riz 8 October 2009 at 05:44  

wah benar neh perlu di terapkan dl ke adik..

hmmm momongan blm ada brrti ke ponakan dl aja deh di terapinnya..

Aryo Halim 8 October 2009 at 06:38  

klo untuk anak usia 17thn keatas buku apa ya :)

jhonson blog 8 October 2009 at 06:50  

info yg bagus...apalagi gue sebentar lg bakal jadi ayah kekkeke....siap siap mendidik anak... :)

kakara 8 October 2009 at 08:44  

artikel yg sangat bermanfaat...TFS.
aku nyesel, dulu ga suka baca..

Bang Ancis 8 October 2009 at 11:01  

Bener Mbak, anak2 harus tuh dijauhkan dari komik2, kalo yg mendidik sich ga papa, tp skrg kan udah bnyk tuh komik yg ++ gitu...
He..he... thanks udah sharing.... jd tambah ilmu nih kalo udah married nanti..

denies 8 October 2009 at 11:21  

mampir sob keujanan nii hahahaha

ekosulistio 8 October 2009 at 11:29  

anakku lum bisa baca nich.. masih bayi he..he.. tp maskih ya tipsnya

pasuruan 8 October 2009 at 11:31  

bner banget.. kita harus bisa pilih2 untuk buah hati kita.. salam dari pasuruan

Diktat Kuliah Manajemen 8 October 2009 at 14:27  

Anak saya baru mo 2 tahun, dia seneng banget liat buku atau poster yg ada gambar2 binatangnya :)
salam kenal
Diktat Kuliah Manajemen

Distance Learning Indonesia

msafru 9 October 2009 at 03:23  

Info yang menarik terima kasih telah berbagi...

Personal Blog 9 October 2009 at 08:38  

Buku adalah jendela ilmu. Perlu ditanamkan sejak masih anak2. Tapi tiap fase perkembangan anak ada bukunya sendiri2 sesuai usia mereka. Jadi mb Narti bener banget. Anak saya hampir 3 thn, seneng banget dengan buku2 fabel dan alfabet.
.
Edwin

infoGue 9 October 2009 at 12:04  

Hai, salam kenal, artikel anda ada di

sini

ayo gabung bersama kami dan promosikan artikel anda ke semua pembaca. Terimakasih ^_^

antok 9 October 2009 at 13:55  

sebagai ayah baru, makasih info menarik... :D

arkasala 9 October 2009 at 20:13  

saran yang menarik ini Mbak. Betul sekali. Alhamdulillah di satu sisi anak saya bebaskan untuk membaca selagi tidak mengganggu bacaan yang utama. Contohnya saya mencoba mengarahkan bacaan yang umum hanya majalah KA yang memang menjadi kesukaannya. Yang repot memfilternya adalah nonton televisi karena kadang saya jarang di rumah. Karena banyak sekali tontonan yang tidak patut tapi menjadi perhatian anak.
Trims atas sarannya. salam

lina@happy family 9 October 2009 at 21:53  

Betul banget Mbak. Orang tua hendaknya mendidik anak agar suka membaca dan buku2 yang dibaca adalah buku2 yang 'mendidik' juga...

rumah blogger 10 October 2009 at 06:18  

sumber pengetahuan adalah buku, jendela informasi untuk anak, mau sih anak2 kita rajin membaca dan mencintai buku yaaa

freezipe 10 October 2009 at 07:37  

ow gtu....
http://freezipe.com/

Jentrong's 10 October 2009 at 12:47  

betul, buku adalah gudang ilmu...
tp untuk anak2 ya hrs buku anak2 jg yg pass gt lhoh.......
sebab klo tidak????, bs gawat....

nada 10 October 2009 at 15:08  

blogger skr emang keren abis
udah tulisanya keren
blognya keren
alexanya keren
orangnya pasti keren
hihihi
saluttsss.....

sabirinnet 11 October 2009 at 07:00  

sesuai dengan kebutuhan anak...kalo anak kecil dikasih novel kan tidak pas tuuhh..sukses yaaa

gallery pendidikan 11 October 2009 at 11:17  

seharusnya kita memang membudayakan gemar membaca sejak dini. Tetapi terkadang orang tua selalu sibuk sendiri sehingga tidak memperhatikan kebutuhan si anak. Yang menjadikekhawatiran sekaran ini, anak lebih cenderung suka menonton televisi ketimbang baca buku, padahal buku-buku untuk anak-anak sekarang lebih banyak dan bagus-bagus juga lho. Sepertinya sosialisi untuk membudayakan gemar membaca buku kepada anak itu yang harus di tingkatkan.
Saya setuju dengan apa yang di sampaikan di artikel di atas bahwa "Bukan membuat anakku bisa membaca, tapi membuat anakku suka membaca"
karena meskipun bisa membaca tapi tidak ada kemauan membaca bisa jadi ilmu yang di dapatkan sempit.

reni judhanto 12 October 2009 at 13:41  

Anakku seneng sekali membaca buku, mbak... Untuk saat ini buku yang menjadi pilihannya adalah Novel Anak Islam atau Kecil-2 Punya Karya...
Kalau sudah ke toko buku, pasti deh maunya borong buku.. ^_^

Anonymous,  16 January 2010 at 20:26  
This comment has been removed by a blog administrator.
Saif Tips Komputer 4 April 2011 at 16:11  

Membaca tidak sekedar membuka pengetahuan, tetapi lebih dari itu, membaca adalah ibadah, karena membaca adalah perintah pertama saat wahyu di terima Muhammad SAW. So, tidak ada alasan lagi untuk tidak membudayakan membaca sejak dini! Makasih postingnya semoga bermanfaat

Buku Kain 25 June 2011 at 06:52  

Nice article, sist... Mohon izin untuk saya share. Trims.

Agen Xamthone Plus Tangerang 17 August 2011 at 07:30  

ya kita sebagai orang tua harus benar-benar bisa menjaga mana yang pantas di baca untuk anak-anak apalagi masih kanak-kanak.

Post a Comment

* Terima kasih sudah berkunjung ke seputarduniaanak.blogspot.com
* Maaf, komentar ditutup

  © Seputar Dunia Anak Since February 14, 2009

Privacy Policy | Back to TOP  

Please Visit Again!