Powered by Blogger.


Tanda-tanda Anak Berbohong

>> Friday, 17 September 2010

Pernahkah kalian berbohong? Ketika berbohong, siapa orang yang pertama kali tahu bahwa kalian telah berbohong? Ibu, bapak atau kakak? Menurut para ahli, Ibulah yang paling bagus bisa mendeteksi bahwa anak telah berbohong. Walaupun perlu diasah juga agar seorang ibu bisa mendeteksi bahwa anak/si kecil telah berbohong.

Berikut ini tanda-tanda anak berbohong (ciri-ciri anak berbohong) yaitu:

1. Perubahan raut muka
Perubahan ekspresi dari raut muka dan gerakan tubuh seperti hidung yang kembang-kempis atau menggosok-gosok alis, sering merupakan tanda-tanda bahwa dia sedang menyembunyikan sesuatu.

2. Terlalu banyak bicara
Anak yang berbohong merasa canggung bila berbohong dan sebagai kompensasinya dia justru akan berbicara lebih banyak dari biasanya. Kecuali bila memang anak Anda termasuk tipe yang cerewet. Bila tidak, maka biasanya dia sedang menyembunyikan sesuatu dan berusaha keras agar Anda tidak mengetahuinya.

3. Perubahan nada suara
Karena anak tahu bahwa berbohong itu tidak baik, pada saat mereka berbohong nada suara menjadi lebih rendah atau terjadi perubahan nada dan tempo pada saat dia berbicara.

4. Mengulang-ulang kata
Anak akan mengulang kata-katanya agar Anda percaya, agar tidak ketahuan bahwa anak/si kecil telah berbohong.

5. Sembunyi
Anak yang berbohong biasanya malu bertemu dengan Anda sebagai orang tua, bisa dengan sembunyi atau mengurung diri di kamar. Walaupun sembunyi lebih banyak dilakukan pada anak yang ketakutan.

6. Jadi pendiam
Berubah jadi pendiam bisa juga menjadi tanda bahwa anak telah berbohong. Setiap kali ditanya, "Adik kenapa?" Jawabnya," tidak apa-apa koq."
Anak lebih banyak diam, dalam hatinya ada 2 pilihan, berkata jujur atau tetap bohong ya?

Anda sebagai orang tua pasti tahu secara dekat bagaimana anak-anak Anda setiap harinya, dan ketika mendapati perubahan pada anak Anda segeralah ditanya, mengapa si kecil bersikap seperti itu.

Semoga bermanfaat!

Baca yang ini juga yuk:
Tanda-tanda anak yang mengalami kelelahan.
Mengatasi anak yang ketakutan.

17 comments:

FREE MUSIC DOWNLOAD 17 September 2010 at 15:22  

Bener mbak, orang tua pasti tau kalau anaknya sedang berbohong....

Rhyzaboy 17 September 2010 at 15:24  

saya juga pernah berbohong kepada orang tua, eh beliau kok gak tahu ya....

four dreams 17 September 2010 at 16:10  

kalo adek aku susah ditebak bohong atau enggak hahaha :D

o0z 18 September 2010 at 03:48  

hi hi kalau anaku sih bohong apa tidak tetep aja lucu hi hi hi

Ferdinand 18 September 2010 at 15:44  

bener juga ya haha.... klo anak kecil biasanya kata2nya langsung berulang klo boh0ng wkwk.... yg penting sih jangan dibentak aja klo anak ketahuna bohong cukup dinasehati hhe...

maaf baru bisa berkunjung.. semangat n Happy blogging!!! happy weekend..

Bunglon Blog Indonesia 18 September 2010 at 19:20  

he'eh bener banget tuch mbak memang kira² seperti itu tanda², orang tua harus respek terhadap perubahan perilaku anak²nya

Sukses Slalu!

perawatan ac 19 September 2010 at 10:42  

menarik juga ya memahami karakter anak2

Bunda Farras 19 September 2010 at 13:10  

wah ternyata kita harus lebih jeli ya utk bisa lebih memahami anak .. apa dia sedang berbohong atau sedang ada masalah .. top deh bunda artikelnya .. met lebaran ya bundaa mohon maaf lahir dan bathin .. :)

Zippy 19 September 2010 at 17:59  

Wah..bagus ni mbak infonya.
Lumayan, jadi bisa tahu kalo ponakanku bohong atau nggak, hihihi...
Bohong itu dosa! Tsssaaaahh :D

aryadevi 20 September 2010 at 05:32  

Menjadi bahan untuk kami dalam mendidik, salam terimakasih mba ^_^

Yafiz 20 September 2010 at 08:07  

Nice info...thanks for share

blogger admin 20 September 2010 at 12:17  

sebenarnya ada lagi yang lebih gampang lihat matanya

fb 21 September 2010 at 03:42  

Bisa dipake buat pejabat yg suka bohong enggak ya

arkasala 21 September 2010 at 04:01  

Saya catat banget nih tips-tips ini untuk control dan perkembangan anak. Maklum anak saya lagi tumbuh-tumbuhnya.
Trims sekali
Salam hangat selalu :)

j4j 21 September 2010 at 07:44  

tapi klo ketahuan bohong, jangan dimarahi yaa, kasian...!!! cari tahu kenapa si kecil sampai berbohong...!!!

mbak aku mo minta maaf lahir dan batin, maaf baru bisa mampir...!!! biasa mbak, kemarin lg asyik liburan, hehe...!!! ketemu si kecil jg...!!!

narti 21 September 2010 at 07:51  

@ Rhyzaboy, gak boleh bohong ya. :)

@ blogger admin, iya dari sorot matanya juga kelihatan kalau berbohong.

@ j4j, makasih masukannya.
Mohon maaf lahir dan batin juga.

Dunia Anak Kita 21 September 2010 at 11:37  

dulu saya juga sering berbohong tapi jarang ketahuan lho mbak .. hehe.
Salam tuk keluarga.

Post a Comment

* Terima kasih sudah berkunjung ke seputarduniaanak.blogspot.com
* Maaf, komentar ditutup

  © Seputar Dunia Anak Since February 14, 2009

Privacy Policy | Back to TOP  

Please Visit Again!