Powered by Blogger.


Cara Membuat Pembatas Buku

>> Tuesday, 15 June 2010

Bagi Anda yang mempunyai hobby membaca, buku-buku tebal tentu sudah menjadi santapan sehari-hari. Bagaimana Anda memberi tanda pada halaman yang sudah dibaca? Ditandai dengan pensil, dengan memberi lipatan di pojok atau memakai kertas berwarna mencolok?

Nah untuk memudahkannya, Anda bisa menggunakan pembatas buku untuk menandai sampai halaman berapa buku itu Anda baca. Anda bisa membuat pembatas buku sendiri. Dengan hasil kreasi Anda sendiri, tentu hasilnya akan unik, atau mungkin malah tidak ada yang menyamainya.

Ketrampilan ini bisa juga diajarkan pada anak usia kelas 2 atau 3 SD, dimana sudah mulai membaca buku pelajaran yang agak tebal, ataupun buku pinjaman dari perpustakaan. Dengan pembatas buku hasil kreasi sendiri diharapkan anak akan lebih senang membaca, minat baca anak-anak meningkat. Yang pasti dampingi anak-anak ketika membuatnya, Anda bisa juga memberi bantuan apabila diperlukan.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat pembatas buku ini juga mudah diperoleh. Yuk kita mulai membuatnya.

Bahan:
kertas manila, secukupnya
pita warna
spidol, pensil
penggaris
gunting
lem kertas
sticker lucu
lakban warna putih bening
alat untuk melubangi kertas

Cara membuat:
1. Potong kertas manila ukuran 4x15 cm, atau sesuai selera.
2. Beri tulisan sesuai keinginan Anda, bisa kata-kata motivasi agar Anda tidak jenuh membaca.
3. Tempelkan sticker, atau biarkan anak berkreasi dengan menggambarnya sendiri.
4. Tutup seluruh permukaan dengan lakban, hati-hati karena sekali merekat sulit dilepas lagi.
5. Potong tepinya dan rapikan.
6. Buat lubang pada salah satu ujungnya.
7. Pasang pita berwarna pada lubang tadi.
8. Nah pembatas buku sudah jadi dan siap Anda pakai.








Tips: Apabila kesulitan memasang lakbannya, Anda bisa membuat beberapa buah sekaligus, kemudian di laminating. Setelah di laminating baru dipotong-potong dan diberi pita. Hasilnya tentu akan lebih rapi.

Selamat berkreasi!

32 comments:

Zippy 15 June 2010 at 23:08  

Owh...hampir sama ya mbak caranya kayak buat pembatas Alkitab, hehehe...
Makasih mbak atas tipsnya yang oke ini :)

Dunia Hape 15 June 2010 at 23:11  

Lucu2 yah..
Bakal menarik minat anak nih buat belajar.
Tips simpel tapi berguna banget mbak :)

Blog Ekspor Impor 16 June 2010 at 01:17  

semoga anak saya nanti juga suka berkreasi sendiri..

Edwin's Personal Blog 16 June 2010 at 01:17  

jadi teringat masa kecil yang indah. saya selalu membuat pembatas buku sendiri seperti ini...

inge / cyber dreamer 16 June 2010 at 05:32  

bisa nyuruh ponakan nie... hehe...
kreatip ^^

Rock 16 June 2010 at 05:43  

Wahhh... keren juga ya mbak...
Tapi sayangnya aku gak suka baca buku... hahaha...

Ferdinand 16 June 2010 at 06:49  

wah mbak ini emank paling kreatif waktu itu bikin lilin yg buat mainan sekarang bikin pembates buku hhe.....bisa dicoba nie kpn2.....tp klo sekarang aku pake pembates yg beli aja deh hhe.....makasih tutor'y........SemangaT!!!

Bunda Farras 16 June 2010 at 11:51  

gampang ternyata bikinnya .. mbak posting cara membuat rajutan donk , pengen blajar juga ,makasih atas ide nya ..

narti 16 June 2010 at 12:04  

@ orang kampung, yang spiderman itu buatan anakku, bagus kan...(muji anak sendiri).

@ Bunda Farras, kalau membuat rajutan aku tidak bisa mba, bisanya kristik aja. hehe...jadi malu....

four dreams 16 June 2010 at 20:28  

hehe thank infonya nanti aku kasih tau adik ku :)

msafru 17 June 2010 at 09:06  

Uitttts ada ade baru nich

Rizky2009 17 June 2010 at 12:15  

menarik cara bikin pembatas buku

ureh 18 June 2010 at 06:30  

wah ternyata mudah ya, saya biasanya cuma dilipat halamannya :)

Mat Odis 18 June 2010 at 12:08  

mantap nih gak perlu beli dehh bisa bikin sendiri jaa..lebih cantik

Ipin 18 June 2010 at 12:08  

Thank bisa di coba nihh..

Rchymera|Blog™ 19 June 2010 at 00:28  

Wach keren nich Mbak hasilnya,makasih infonya dan ntar akan coba buat nich hehehe...:D

Edwin's Personal Blog 19 June 2010 at 06:29  

kuberkunjung lagi, mb narti...
semoga kabar baik selalu...

Blog Ekspor Impor 19 June 2010 at 06:30  

biar sepele tapi bookmark sangat bermanfaat ya.. membantu memudahkan membaca..

WONG SIKAMPUH 19 June 2010 at 07:48  

Bener bgt tu,klo gak ada pembtas nya kadang susah nyari halaman yg di ingin kan.Apalagi klo buku nya tebal

giel 19 June 2010 at 10:15  

hal kecil namun sangat bermanfaat...!

NURA 20 June 2010 at 06:49  

salam sobat
bisa dicoba anak saya mba, buat pembatas bukunya.
trims sudah diberikan caranya

Yan D. Sasongko 20 June 2010 at 06:55  

langsung saya praktekkan ilmunya, makasih atas infonya

ika 18 November 2010 at 10:08  

lucu dan mudah membuatnya

tips hidup sehat 19 June 2011 at 13:51  

unik jadinya :) makasih infonya,langsung saya praktekkan hehehe

Agen Xamthone Plus Tangerang 17 August 2011 at 07:32  

nah ini informasi yang membangun untuk menambah kecerdasan anak makasih ya mas.

Agen XAMthone surabaya 22 August 2011 at 11:07  

keren sekali nih, sangat bermanfafat sekali bagi saya yang suka nulis nih

Grace,  31 January 2012 at 16:21  

nah ini informasi yang membangun untuk menambah kepintaran anak dalam menganyam
makasih ya

Post a Comment

* Terima kasih sudah berkunjung ke seputarduniaanak.blogspot.com
* Maaf, komentar ditutup

  © Seputar Dunia Anak Since February 14, 2009

Privacy Policy | Back to TOP  

Please Visit Again!