Powered by Blogger.


USG (Ultrasonografi)

>> Thursday, 29 October 2009

Atikel kali ini melanjutkan tips buat ibu hamil, tips lainnya bisa dibaca disini. Di artikel sebelumnya, ada yang bertanya mengenai USG. Apakah USG boleh sering dilakukan?
Terus ada teman blogger lain yang menjawab: "Kalau soal USG boleh dilakukan sering seperti kata dokter itu benar, karena USG mengunakan gelombang suara untuk melihat kondisi Janin dan secara Standar Internasional tidak berbahaya bagi sang bayi walaupun sering di USG. Masyarakat yang mengatakan USG berbahaya karena mereka mengira proses USG menggunakan X-Ray adalah salah kaprah."

Akhirnya setelah nyari di google ketemu juga artikel mengenai USG ini, berikut mengenai USG secara lengkap, aku ambil dari sini, semoga bermanfaat.

Pemeriksaan USG sudah digunakan sejak lama dalam dunia kedokteran. Apa saja kegunaan pemeriksaan USG? Kapankah sebaiknya waktu untuk melakukan pemeriksaan USG ini pada kehamilan Anda?
Sudah sejak 1961 USG digunakan dalam dunia kedokteran kandungan. Tidak seperti X-ray yang berbahaya bagi bayi, USG menggunakan gelombang suara yang dipantulkan untuk membentuk gambaran bayi di layar komputer yang aman untuk bayi dan ibu.

Apa saja yang dapat diperiksa dengan USG?

* Konfirmasi kehamilan. Embrio dalam kantung kehamilan dapat dilihat pada awal kehamilan 5 1/2 minggu dan detak jantung janin biasanya terobsevasi jelas dalam usia 7 minggu.

* Mengetahui usia kehamilan. Untuk mengetahui usia kehamilan dapat dengan menggunakan ukuran tubuh fetus sehingga dapat memperkirakan kapan tanggal persalinan.

* Menilai pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan.

* Ancaman keguguran. Jika terjadi pendarahan ****** awal, USG dapat menilai kesehatan dari fetus. Jika detak jantung janin jelas maka prospek yang baik untuk melanjutkan kehamilan.

* Masalah dengan plasenta. USG dapat menilai kondisi plasenta dan menilai adanya masalah-masalah seperti plasenta previa dsb.

* Kehamilan ganda/ kembar. USG dapat memastikan apakah ada 1 / lebih fetus di rahim.

* Mengukur cairan ketuban. Masalah terjadi ketika kandungan berlebihan cairan ketuban atau terlalu sedikit. Volume ( jumlah cairan) dapat dinilai/dicek dengan USG.

* Kelainan letak janin. Bukan saja kelainan letak janin dalam rahim tapi juga banyak kelainan janin yang dapat di ketahui dengan USG, seperti: hidrosefalus, anesefali, sumbing, kelainan jantung, kelainan kromoson (syndrome down), dll.

* Dapat juga untuk mengetahui jenis kelamin bayi jika anda ingin mengetahuinya.

Kapan biasanya USG dilakukan?

Umumnya USG pertama dilakukan pada kehamilan minggu ke 7 untuk memastikan kehamilan, menilai detak jantung janin, mengukur panjang janin untuk menilai usia kehamilan.

USG ke dua biasanya dilakukan pada kehamilan 18-22 minggu untuk menilai kelainan congenital, kelainan bentuk, posisi plasenta, detak jantung janin, juga untuk menilai perkembangan janin. Pada pemeriksaan di minggu ini anda mungkin dapat juga mengetahui jenis kelamin bayi anda.

USG yang ketiga biasanya dilakukan pada kehamilan minggu ke 34 untuk mengevaluasi ukuran fetus dan menilai pertumbuhan fetus, pergerakan dan pernafasaan, detak jantung bayi juga jumlah air ketuban di sekeliling bayi serta posisi bayi dan plasenta.

Pada dasarnya USG dapat dilakukan kapan saja selama masa kehamilan karena USG tidak berbahaya untuk bayi dan ibu. USG terutama dilakukan bila terjadi masalah kehamilan misalnya adanya detak jantung janin yang tidak teratur.


tags: USG menggunakan gelombang suara, USG bukan menggunakan X-ray, USG aman bagi ibu hamil dan janin, kapan USG dilakukan, apa saja yang bisa dilihat/didengar dari pemeriksaan USG, bagaimana bila kehamilannya bermasalah, manfaat USG.


Baca juga:
Makanan yang baik dan tidak baik buat ibu hamil.
Peraturan ibu hamil saat berolah raga.

31 comments:

ekosulistio 29 October 2009 at 08:10  

hmm.. ngomong2 soal usg aku punya pengakaman yg mengesankan ma istriku, pada saat hail istriku USG 3 kaliUSG pertama umur 5 bulan,kedua 6bulan, dan yang terakhir 7 bulan, di usia 2dan 6 bulan pada saat USG semua berjalan normal,dan d USG yang terakhir pd bulan ke 7 kandungan posisi berbalik dan bayi terbelit usus. apa cuma1bulan aja segtu cepatnya ya berubah?? dan doktermenyarankan untuk operasi esok harinyakarena ukuran bayi yg besar sekitar 3.8 kg

wisata pasuruan 29 October 2009 at 08:12  

ada yang ngomong USG tu ga perlu karena kita bisa mengetahui apa yg belum terjadi,sepertijenis ke;amin bayi yang baru lahir...tp sebnrnya tu perlu jg ya

narti 29 October 2009 at 08:28  

@ Seti@wan Dirgant@ra, makasih juga.

@ ekosulistio, bayi terlilit usus, posisi terbalik, beratnya segitu ya jalan terbaik operasi seperti yang telah ditempuh. Kalau masalah berubahnya posisi, hanya Allah SWT Yang Tahu.

@ wisata pasuruan, kalau itu masalah keyakinan ya. Tapi setidaknya ada banyak manfaat juga dari USG. Kembali ke diri sendiri saja.

RAJA FRESH 29 October 2009 at 08:39  

USG mmg penting untuk mengetahui kondisi bayi yg dikandung, tp klo utk mengetahui jenis kelamin sih ya biar suprise aja deh

MASTERgoMASTER 29 October 2009 at 09:15  

jadi inget lagi waktu mau punya anak pertama sering di USG,tp emang bagus tuh bagi yang mo punya momongan baiknya di USG.thank 4 sharingnya

secangkir teh dan sekerat roti 29 October 2009 at 12:21  

mbak, cara bikin artikel disebalah itu gimana?

Edwin's Personal Blog 29 October 2009 at 13:13  

Anak saya baru lahir sudah diUSG karena ada gangguan fungsi pencernaan yg belum sempurna. Maklum, dia lahir lebih cepat 3 minggu dari yg diperkirakan. Alhamdulillah sekarang dia baik2 saja. Trims Mb Narti infonya...

narti 29 October 2009 at 14:34  

@ Raja Fresh, iya, itu pilihan sendiri-sendiri saja.
@ mastergomaster, terima kasih.
@ secangkir teh dan sekerat roti, artikel yang mana ya? daftar isi?
@ Edwin, begitu ya mas? syukurlah kalau sekarang Rashaqa baik-baik saja.

Robi 29 October 2009 at 17:51  

maksih kak buat info USG... aku sering denger kata USG tapi belum ngerti manfaat gunannya..
setidaknya aku sudah mengerti..bekal untuk jadi seorang ayah kelak..
salam sahabat dari aku kak...
jangan lupa buat berkunjung balik dan berkomentar ya..

jhonson blog 30 October 2009 at 06:36  

semoga info ini bermanfaat bagi kita.soalnya masih banyak yg menganggap usg itu berbahaya bagi perkembangan janin kalau sering dilakukan.

francisca 30 October 2009 at 11:47  

lagi2 pengetahuan yang bermanfaat banget bagi aku kelak makasih ya kak coment dulu baru baca he..

muchlisin 30 October 2009 at 11:54  

Terima kasih artikelnya. Sangat membantu bagi orang awam seperti saya

eurobillion 30 October 2009 at 11:59  

the top list site http://eurobillion.mastertop100.org free subscribe

narti 30 October 2009 at 12:37  

@ Robi, makasih.
@ jhonson blog, semoga begitu.
@ francisca, iya...makasih.
@ muchlisin, sama-sama.
@ eurobillion, thanks.

Kerja Keras Adalah Energi Kita 30 October 2009 at 13:19  

Selama 9 bulan berturut-turut sewaktu istri saya hamil terutama untuk anak saya yang ketiga, pemeriksaan dokter selalu menggunakan USG. Kelihatannya dokter sekarang selalu menggunakan alat ini ya dan menjadi andalan pemeriksaan kandungan tercanggih saat ini kayaknya.

freezipe 30 October 2009 at 13:20  

NICe post
http://freezipe.com/

narti 30 October 2009 at 16:17  

@ Kerja Keras Adalah Energi Kita, biasanya begitu, terima kasih komentarnya.
@ freezipe, thanks.

t.e.3.k.4 31 October 2009 at 04:19  

makasih yah buat infonya..

rumah blogger 31 October 2009 at 06:42  

tapi ada kasus sewaktu di USG kelaminnya kelaihatan kalo anaknya laki2, tapi ketika lahir ternyata perempuan, gimana tuhh..

Sabirinnet 31 October 2009 at 06:45  

itulah kemajuan tekhnologi kedokteran sekarang, dan mungkin akan terus dikembangkan secara maksimal, supaya dalam penanganan kehamilan hingga pasca melahirkan lebih sempurna lagi..wah, bagus sekali nich ilmu pengetahuannya..

Ica 31 October 2009 at 12:30  

Oh begitu to mbak yu...... baru ngeh nih....
informasinya sangat berguna...
Makasih banyak ya mbak Narti...

kakara 31 October 2009 at 15:37  

jadi USG ga berbahaya ya..

Seri Bahasa 31 October 2009 at 17:24  

USG sememangnya baik buat ibu-ibu yang sedang hamil. melalui ujian USG bisa diketahui akan fisikal bayi dalam kandungan serta tahap kesihatan mengikut peringkat bulan.

narti 31 October 2009 at 18:21  

@ t.e.3.k.4 , sama2.
@ rumah blogger, iya kadang ada yang seperti itu, namanya juga alat buatan manusia, hehe...kadang ada salahnya juga.
@ sabirinnet, terima kasih.
@ Ica, terima kasih mba cantik...
@ kakara, mudah-mudahan sih begitu...tapi kalau aku mah USG seperlunya saja, kecuali memang ada kelainan dengan sang janin.
@ seri bahasa, iya betul sekali.

DDN 31 October 2009 at 19:37  

wah info bagus ini persiapan tar klo sudah nihkah hkkk dibookmark untuk beberapa tahunn kedaepan simpan buu kkkk
makasih yah Bu :)

gdpermana' site 31 October 2009 at 21:17  

belum punya istri mbak jadi belum tau USG..hehe

narti 1 November 2009 at 07:10  

@ DDN, makasih.
@ gdpermana, hehe....

lina@happy family 4 November 2009 at 15:14  

Saya senang baca info ini. Pernah di USG sekali Mbak, tapi bukan untuk memeriksa kondisi janin...

narti 4 November 2009 at 15:45  

@ Lina, makasih mba.

Post a Comment

* Terima kasih sudah berkunjung ke seputarduniaanak.blogspot.com
* Maaf, komentar ditutup

  © Seputar Dunia Anak Since February 14, 2009

Privacy Policy | Back to TOP  

Please Visit Again!