Powered by Blogger.


Membuat Anak Suka Belajar

>> Sunday, 21 June 2009

Sebagai orang tua tentu mengharapkan yang terbaik bagi putra putrinya.
Berikut ini tips yang sangat menentukan dan efektif agar anak fokus/suka belajar:

1. Suasana yang menyenangkan adalah syarat mutlak yang diperlukan agar anak suka belajar. Menurut hasil penelitian tentang cara kerja otak, bagian pengendali memori di dalam otak akan sangat mudah menerima dan merekam informasi yang masuk jika berada dalam suasana yang menyenangkan.

2. Membuat anak senang belajar adalah jauh lebih penting daripada menuntut anak mau belajar supaya menjadi juara atau mencapai prestasi tertentu. Anak yang punya prestasi tapi diperoleh dengan terpaksa tidak akan bertahan lama. Anak yang bisa merasakan bahwa belajar adalah sesuatu yang menyenangkan akan mempunyai rasa ingin tahu yang besar, dan sangat mempengaruhi kesuksesan belajarnya di masa yang akan datang.

3. Kenali tipe dominan cara belajar anak, apakah tipe AUDITORY (anak mudah menerima pelajaran dengan cara mendengarkan), VISUAL (melihat) ataukah KINESTHETIC (fisik). Meminta anak secara terus menerus belajar dengan cara yang tidak sesuai dengan tipe cara belajar anak nantinya akan membuat anak tidak mampu secara maksimal menyerap isi pelajaran, sehingga anak tidak berkembang dengan maksimal.

4. Belajar dengan jeda waktu istirahat setiap 20 menit akan jauh lebih efektif daripada belajar langsung 1 jam tanpa istirahat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak mampu melakukan konsentrasi penuh paling lama 20 menit. Lebih dari itu anak akan mulai menurun daya konsentrasinya. Jeda waktu istirahat 1-2 menit akan mengembalikan daya konsentrasi anak kembali seperti semula.

5. Anak pada dasarnya mempunyai naluri ingin mempelajari segala hal yang ada di sekitarnya. Anak akan menjadi sangat antusias dan semangat untuk belajar jika isi/materi yang dipelajari anak sesuai dengan perkembangan anak. Anak akan menjadi mudah bosan jika yang dipelajari terlalu mudah baginya, dan sebaliknya anak akan menjadi stress dan patah semangat jika yang dipelajari terlalu sulit.

Dari berbagai sumber.


tags: agar anak fokus belajar, membuat anak suka belajar, cara belajar auditory, tipe dominan cara belajar anak, waktu efektif ketika belajar, syarat mutlak yang diperlukan agar anak suka belajar.



22 comments:

genial 22 June 2009 05:32  

selalu menyenangkan jika bisa terus berada di dekat anak kecil... walau sebenernya saiia paling gag tahan klu uda denger mereka 'kejer' nangisnya :) salam kenal :)

genial 22 June 2009 08:24  

ada award tuk anda silahkan di ambil :) terimakasih kunjungannya :)

si kumb@ng 23 June 2009 07:42  

semoga aku sanggup jadi orangtua yang baik....
makasih dah di kasih ilmu yang sangat bermanfaat

tips&trick 23 June 2009 09:11  

waduh tips yang bagus nich :)

agoez3 23 June 2009 13:42  

Mesti pinter-pinter ya mengenali tipe belajar anak.
Istirahat jg penting,
4x10 lebih baik dai 10x4.

kakara 23 June 2009 17:23  

tipsnya keren.. sangat berguna..
harus dipraktekkan nh..
TFS :)

gooddell 24 June 2009 07:11  

good tips...buat referensi lok dah punyaanak..hehehe

jimox 24 June 2009 15:47  

wah info yang menarik. sayang aku belum punya istri, apalagi anak.hehe..
tapi bisa buat pengetahuan ntar. hehe..
thanks atas infonya ya...

Hamster Copo 24 June 2009 17:47  

http://www.myponds.net/wajahmumengalihkanduniaku/face-detail.php?ID=6091 mohon dukungannya karena dia sahabat blogger trims

lina 25 June 2009 06:49  

Setuju banget Mbak... kita harus membuat anak SENANG untuk belajar dulu.

reni 25 June 2009 17:20  

Nice post !! Makasih udah sharing...

Pawewet 26 June 2009 06:36  

wah postingan yang bermanfaat,..tks.. khususnya saya yang memiliki anak masih sekolahdasar..

narti 27 June 2009 12:31  

Buat semua teman yang sudah berkomentar terima kasih banyak ya.

Kontes SEO Aristia Wida Rukmi 2 August 2009 00:36  

Ini dia artikel yang harus dipelajari oleh semua orang tua

Bisnis Oriflame Online Bersama M3-Network 5 September 2009 12:16  

kalau bisa anak belajar sambil bermain,biar gak jenuh dan bosen

pelangi anak 24 April 2010 15:27  

bener juga, aku setuju dengan pendapat lebih baik membuat anak senang belajar, daripada menuntut anak untuk belajar.

y4nnu60 12 March 2012 12:07  

Y4nnu-Soeroboyo
Sangat praktis untuk dibaca dan dipraktekkan, "sebenernya anak di waktu kecil itu seneng coba-coba, yaa coba2 itu = belajar secara alami ??! bukan begitu Bu/Pak ?? ( salam kenal . .

y4nnu60 12 March 2012 12:11  

Seneng juga punya anak blajar nggak disuruh, apalagi punya masalah, nggak bisa terus nanyak sama kakanya, kelihatan keberaniannya.
( aku angkat ibu jari dua-duanya untuk mbak )-
( salam kenal yaaa. soeroboyo

Post a Comment

* Terima kasih sudah berkunjung ke seputarduniaanak.blogspot.com
* Maaf, komentar ditutup

  © Seputar Dunia Anak Since February 14, 2009

Privacy Policy | Back to TOP  

Please Visit Again!