Powered by Blogger.


Tips Bepergian Buat Ibu Hamil

>> Wednesday, 4 November 2009

Anda sedang hamil dan akan melakukan perjalanan? Biasanya ibu hamil yang akan melakukan perjalanan jauh khawatir, takut membahayakan keselamatan bayi yang ada dalam kandungan. Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan, aku ambil dari sini, agar Anda (ibu hamil) bisa bepergian dengan aman dan nyaman:

1. Waktu
Jika tidak ada komplikasi pada kandungan, momen terbaik untuk melakukan perjalanan adalah pada periode 14 dan 28 minggu masa kehamilan. Cari tahu fasilitas perawatan kesehatan apa saja yang terdapat di tempat tujuan, untuk berjaga-jaga apabila Anda membutuhkan pertolongan medis yang mendesak. Selain itu, sangat dianjurkan untuk membawa cacatan medis agar Anda dapat memberikan informasi relevan mengenai riwayat kehamilan kepada dokter jika diperlukan.

2. Check-up
Pastikan untuk melakukan check-up ke dokter kandungan sebelum melakukan perjalanan. Jangan berangkat sebelum Anda mendapatkan hasil pemeriksaan kesehatan dari dokter. Jika mungkin, miliki asuransi perjalanan untuk melindungi kehamilan Anda dari berbagai kemungkinan yang dapat terjadi, misalnya perawatan medis ketika melahirkan, melahirkan bayi secara prematur, dan biaya perubahan jadwal perjalanan pulang jika Anda tiba-tiba melahirkan di tempat tujuan.

3. Keluhan
Kebanyakan perempuan memilih tidak melakukan perjalanan jauh selama 12 minggu masa kehamilan, karena rasa letih dan mual yang dialami pada stadium awal kehamilan. Triwulan pertama kehamilan merupakan stadium sensitif, karena terdapat risiko keguguran dan kehamilan di luar dinding rahim (ectopic pregnancy). Akan tetapi, jika Anda berada dalam kondisi baik dan telah berkonsultasi dengan dokter, maka tak ada alasan untuk melarang Anda melakukan perjalanan.

4. Risiko prematur
Setelah minggu ke-28 masa kehamilan, faktor utama yang harus dipertimbangkan jika ingin melakukan perjalanan adalah risiko melahirkan secara prematur. Jika tetap memutuskan untuk pergi, pastikan untuk berkonsultasi dulu dengan dokter kandungan Anda. Selain itu, cari tahu fasilitas persalinan yang terdapat di tempat tujuan sekiranya Anda akan segera melahirkan.

5. Surat rekomendasi
Jika Anda memutuskan untuk bepergian menggunakan pesawat terbang, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Setiap maskapai penerbangan umumnya memiliki kebijakan tersendiri untuk tidak menerima perempuan yang sedang hamil besar. Jadi, pastikan untuk mengeceknya terlebih dahulu sebelum memesan tiket. Biasanya, pihak maskapai meminta surat rekomendasi dokter jika usia kandungan Anda lebih dari 28 minggu.

6. Minum air putih
Selama di atas pesawat, sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk minum air putih dan bergerak sesering mungkin. Sebab, selama masa kehamilan risiko pembentukan varises di kaki meningkat. Untuk penerbangan yang memakan waktu cukup panjang, gunakan flight sock atau compression stocking yang tersedia di sejumlah toko peralatan kesehatan.

7. Hindari daerah berbahaya
Anda dianjurkan untuk tidak menerima vaksinasi apapun selama masa kehamilan, karena hal tersebut dikhawatirkan berbahaya bagi kesehatan bayi di dalam kandungan. Oleh karena itu, hindari bepergian ke negara-negara yang mengharuskan Anda melakukan imunisasi terlebih dulu. Selain itu, tablet antimalaria sebaiknya juga dihindari karena tidak aman bagi ibu hamil.

8. Istirahat
Jika Anda melakukan perjalanan dengan mobil, pastikan untuk sering minum air putih, memakan makanan alami untuk menambah energi, serta berhenti secara teratur untuk beristirahat dan mengendurkan otot yang kaku. Jaga sirkulasi udara di dalam mobil, dan kenakan sabuk pengaman dengan menyilangkannya pada area di bawah dada serta pinggul (hindari daerah perut). Hindari mengendarai mobil seorang diri dalam sebuah perjalanan panjang. Jika mungkin, gunakan jasa sopir atau menyetir bergantian dengan teman seperjalanan.

9. Kualitas makanan
Berhati-hatilah memilih makanan dan minuman selama dalam perjalanan atau ketika tiba di tempat tujuan. Jangan sampai Anda mengalami gangguan perut atau masalah diare, sebab obat-obatan yang digunakan untuk menyembuhkannya tidak cocok untuk ibu hamil. Untuk air minum, pilih air minum kemasan agar lebih praktis dan terjamin kualitasnya.


tags: ibu hamil bepergian jauh, tips ibu hamil bepergian dengan pesawat, hal-hal yang harus diperhatikan sebelum ibu hamil bepergian, ectopic pregnancy, usia maksimal kandungan yang diperbolehkan sebelum naik pesawat, memasang seat belt bagi ibu hamil.


Baca juga:
Peraturan saat ibu hamil berolah raga.
Makanan yang baik dan tidak baik buat ibu hamil.
Perkembangan bayi di setiap umur kehamilan.
Faktor penyebab anak menjadi tuli.

25 comments:

ina 4 November 2009 at 09:00  

bisa dipraktekkan nanti,...
thanks mba...

Osi 4 November 2009 at 09:01  

makasih tipsnya mba,...
nambah pengetahuan saya,...

muchlisin 4 November 2009 at 09:40  

9 tips yang penting buat ibu hamil ketika akan berpergian. Terima kasih artikelnya.

Seti@wan Dirgant@Ra 4 November 2009 at 09:58  

Makasih banyak atas artikel, Ijin copas untuk bacaan ibunya anak2.

narti 4 November 2009 at 10:44  

@ Ina, Osi, Muchlisin, terima kasih.
@ Seti@wan Dirgant@ra, silakan bang.

jhonson blog 4 November 2009 at 13:55  

info yg mANTAB..tapi ada satu lagi nih,jgn lupa bawa guntung kecil ketika sedang hamil kekekekek....ini kepercayaan turun temurun ^_^

Peluang Bisnis | Ricky 4 November 2009 at 16:00  

Wah, tips yang harus dipraktekan istri saya jika hamil nih..thanks mba :)

intrik 4 November 2009 at 16:07  

Ya kalau bisamah ditunda dulu perjalanan jauhnya..
TFS :)

yanuar catur rastafara 5 November 2009 at 00:29  

nah ijo, sekarang liat nih info buat kamu
hehehehehe
*sambil garuk-garuk*
hehehe

narti 5 November 2009 at 06:42  

@ jhonson, masak sih begitu?
@ Ricky, makasih juga.
@ intrik, iya sih...
@ yanuar, loh?? hihi...

to all, mungkin bagi yang tinggal di Indonesia lebih mudah mengatasi hal ini, kalau bisa perjalanan ditunda dulu. Tapi bagi yang merantau, terlebih ke LN, kalau ada hal penting di keluarganya di tanah air, mesti mau tak mau memperhatikan hal-hal tersebut (kalau lagi hamil loh), dan juga mempertimbangkan hal-hal lainnya. Penuh pertimbangan dan perhitungan sebelum memutuskan untuk melakukan perjalanan.

aaSlamDunk 5 November 2009 at 07:07  

wah wah wah, kebetulan tetanggaku ada yang hamil ni mba, aku kabarin ya

ada 2 lagi hamil, usia kehamilannya juga sama, tapi masi suka karaoke dan update status fb hahah

narti 5 November 2009 at 07:15  

@ aaSlam, kalau jalan-jalannya di fb sama dunia maya lainnya ya gak apa-apa atuh a'....hehe...

Bang Ancis 5 November 2009 at 09:01  

Hmm mantab nih infonya, langsung bookmark nih, kebetulan temen kerjaku lg hamil, he..he.. mo baca2 katanya... thanks Sob...

t.e.3.k.4 5 November 2009 at 09:16  

makasih yah tipsnya, untung waktu itu mudik udah 20mngguan deh hehe

secangkir teh dan sekerat roti 5 November 2009 at 12:01  

sayang, belum ada cewek yang bisa saya hamilin (secara halal dan sah)...

tapi masuk file dah, buat istri saya besok.. hehehe

salam !

mbak boleh kita bertuker link?
linknya udah kupsang.. makasih...

narti 5 November 2009 at 15:51  

@ Bang Ancis, makasih.
@ t.e.3.k.4 sama-sama.
@ kakve-santi, makasih.

sabirinnet 5 November 2009 at 20:43  

hari ini lagi benah2 banner,ternyata banner mas sudah lama ditempat saya, padahal dulu sdh saya konfirmasi mungkin mas kelewatan aja, hehee

tolong dipasang juga mas ya, supaya tukeran linknya tidak sia-sia. makasih nich sukses selalu.. :)

rumah blogger 5 November 2009 at 20:45  

harus ekstra hati-hati juga ya, tapi banyak yang keguguran gara-gara naik sepeda motor, kenapa yaa??

Mamik Story 6 November 2009 at 03:56  

bagi ibu-ibu yang lagi hamil tolong hati-hati kalau mau bepergian. Sebelum bepergian direkomendasikan baca artikelnya mbak narti di atas. he..he..he..

arkasala 6 November 2009 at 04:22  

sewaktu hamil, istri saya tidak mempedulikan waktu karena pas lagi sibuk-sibuknya. Kecuali dia menjaga makanan dan rutin periksa ke dokter. alhamdulillah selamat dan anak saya sehat. Harusnya waktu itu dia baca postingan seperti ini. Sayangnya yang ini baru terbit sekarang ya he he. Trims.

narti 6 November 2009 at 06:06  

@ sabirinnet, terima kasih.
@ rumah blogger, iya harus ekstra hati-hati. Naik motor banyak getarannya ya.
@ mamik story, terima kasih...demi keselamatan ibu dan janin, begitu ya. sip deh....
@ arkasala, syukurlah kalau baik-baik saja...
loh sudah kelewat ya, sekarang sudah tahu, nambah anak lagi Pak....hehe...maaf.

prima solusi medika 26 February 2011 at 06:02  

"Hamil sehat, Bersalin Lancar, Asi berkualitas& Badan Kembali Langsing". Ini adalah idaman para ibu2 hamil& setelah melahirkian. Virgin Coconut Oil/ VCO (minyak kelapa murni) sangat baik dikonsumsi menjelang melahirkan maupun pasca melahirkan 100% AMAN dikonsumsi, tidak tengik/ enek diminum, 100% kelapa pilihan tanpa proses pemutihan, pemanasan, hidrogenasi, maupun deodorisasi, kadar air kurang dari 0,1%, bebas bahan kimia.


Kunjungi www.primasolusimedika.com untuk info lengkap. :)

SMK BINA MANDIRI SEJAHTERA 26 October 2011 at 10:47  

mba narti, kehamilan sya 4 bulan,kemarin saya naik banana boat, tanpa konsultasi ke dokter dulu, gmn ya mba,apa tidak knp2?? tlong coment ya mba...

narti 26 October 2011 at 11:17  

@ SMK BINA MANDIRI SEJAHTERA,
kalau kenapa2 atau tidak ya narti tidak tahu.
Untuk lebih jelasnya ya periksa ke dokter saja, semoga kandungannya baik2 aja.

Post a Comment

* Terima kasih sudah berkunjung ke seputarduniaanak.blogspot.com
* Maaf, komentar ditutup

  © Seputar Dunia Anak Since February 14, 2009

Privacy Policy | Back to TOP  

Please Visit Again!