Powered by Blogger.


Mengapa Si Kecil Ngeces Terus? (2)

>> Monday, 26 April 2010

Artikel kali ini melanjutkan artikel sebelumnya Mengapa si kecil ngeces terus, silakan baca artikel terkait.

Mengiler yang disebabkan gangguan dapat dikaitkan dengan penyakit berat seperti mononukleosis, nanah di sekitar amandel (abses peritonsilar), abses retrofaring, dan tonsilitis.

Gangguan-gangguan ini juga bisa menyebabkan anak mengalami kesulitan menelan air liur sehingga ia mengiler. Munculnya bisa saja sewaktu-waktu disertai status kesehatan anak yang menurun. Dan tentu saja, dibutuhkan pemeriksaan verifikasi dokter untuk menegakkan diagnosis.

Kelainan Otak
Mengiler juga bisa disebabkan oleh kelainan otak yang menyebabkan saraf-saraf pusat terganggu. Kelainan ini juga berimbas pada saraf-saraf yang menggerakkan bibir atau mengatur proses menelan. Akibatnya, anak sulit mempertahankan air liur dalam mulutnya.

Biasanya ngiler karena gangguan otak bukan hilang timbul melainkan menetap pada anak hingga di atas batas usia 3 tahun yang seharusnya tidak ngiler lagi. Selain itu disertai kelumpuhan dan gangguan motorik seperti lemah dan kaku anggota gerak.

Mengiler juga dapat terjadi saat anak mengalami sariawan, yang disebabkan kekurangan vitamin maupun virus coxachie (pada penyakit tangan, kaki, mulut/TKM). Pada kelainan ini biasanya anak mengalami demam, disertai kemunculan gejala lain seperti bintil kemerahan di dalam mulut maupun telapak tangan.

Anak dengan keterlambatan pertumbuhan juga dapat mengalami mengiler. Bisa disebabkan radang selaput lendir mulut dan tenggorokan, kelumpuhan otot pipi, sekuele radang otak, sehingga terjadi gangguan menelan, dan liur mengalir keluar. Mengiler karena gangguan ini sudah jelas terlihat dari status kesehatan anak dan fisik yang tidak memenuhi standar pertumbuhan anak.

Batas anak dikatakan mengiler fisiologis adalah 3 tahun. Jika anak masih mengiler di atas usia 3 tahun, sebaiknya bawa ke dokter untuk mendapatkan diagnosa yang tepat dari dokter. Terutama bila anak mengiler disertai gangguan terlambat bicara.

Dikhawatirkan bila anak mengiler disebabkan gangguan pada saraf pusat, akan terjadi gangguan kemampuan bahasa dan menelan yang akan mempengaruhi kemampuan bicaranya ke depan. Biasanya dokter akan berkoordinasi dengan fisioterapis untuk memberikan latihan yang akan mengoptimalkan kemampuan otot mulut dan sekitarnya.

Tak Perlu Frustasi
Jangan melulu menyalahkan anak jika ia "hobi" mengiler atau ngeces. Tangani secara bijak agar Anda dan Si Kecil tidak sama-sama frustasi.

Caranya adalah:

* Jaga higienitas rongga mulut Si Kecil.
* Bila anak mengiler akibat tumbuh gigi, berikan benda-benda yang dingin seperti teethered yang didinginkan. Namun, tetap waspada akan kemungkinan tersedak.
* Jika anak mengiler di atas usia 3 tahun dan atau tidak diketahui penyebab mengiler, segera bawa ke dokter.
* Mengiler yang berlebihan sehingga ada kemungkinan aspirasi/tersedak juga sebaiknya berkonsultasi dengan dokter
* Mengiler disertai demam, kesulitan bernafas, sulit mempertahankan kepala dalam posisi yang tidak lazim, juga sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter untuk mencari penyebab non fisiologis.

Jadi jangan anggap remeh/enteng bila anak mengiler/mengeces, terutama bila ditemukan tanda-tanda seperti di atas.

Sumber tabloid Nova.
Mudah-mudahan bermanfaat!

tags: mengapa anak mengiler, beberapa penyebab anak mengiler, kapan anak berhenti mengiler, batas usia anak mengiler, mencegah agar anak tidak mengeces, langkah/tindakan yang perlu diambil ketika anak masih mengeces.

Baca artikel ini juga ya:
Mengapa si kecil ngeces terus?
Bila si kecil tersedak.
Tahap-tahap pertumbuhan dan perkembangan anak.

29 comments:

Sou Stalker 26 April 2010 at 07:24  

haduh,mudahan nanti kalo saya punya anak,gak kena gangguan otak.

NURA 26 April 2010 at 10:10  

salam sobat
saya tahunya,kalau anak ngeces terus,,saat dikandungan dulu keinginannya tidak terkabul.
ternyata ada penyakit mononukleosis.
trims sharingnya mba.

Rock 26 April 2010 at 11:00  

Kelainan otak??? Wahhh... koq kayaknya serem ya...

Rawins 26 April 2010 at 15:18  

Hehehe tapi pas istriku ngidam, semua keturutan kok.. Masa ngeces...

Rhyzaboy 26 April 2010 at 16:38  

Semoga anak q besok sehat selalu...

orang kampung 26 April 2010 at 16:46  

kalo di kampung saya, ngeces itu artinya naik perahu motor di sungai..
he he he kaga nyambung ya ?
nah kalo tidur ngiler, dikampung saya mitosnya tu anak kalo gede ntar bakal piawai ngelukis. gimana gak dikatain piawai gitu ? wong dari kecilnya aja sudah gape ngelukisin pulau di bantal.. ha..ha..ha..
just kidd mba'..
tengkyu mba', informasinya sangat berguna !

Bunglon Blog 27 April 2010 at 09:14  

wah ternyata faktornya seperti ini to baru tau saya sedalem ini, thanks atas referensinya sob
Sukses Slalu!

Rizky2009 27 April 2010 at 13:12  

berarti yang bagus tuh anak kecilyang g suka ngcesan yah, ok deh aq save dulu nih artikel

catatan kecilku 27 April 2010 at 15:56  

Wah mbak..., makasih banget utk infonya. Bagus banget dan bermanfaat tentu saja,

the others 27 April 2010 at 15:59  

Kelainan otak..? Aduh jangan deh...

Kang Sugeng 28 April 2010 at 04:47  

Untung aku udah nggak ngileran lagi, jiahahaha...

Anton 28 April 2010 at 10:42  

Orang tua yang bijaksana pasti bisa mengatasi hal ini, apalagi setelah membaca artikelnya mbak narti ini.

Abdul Hafizh 28 April 2010 at 10:44  

What .. ?? kelainan otak .. ?? Bahaya nih .. Harus antisipasi .. ^^
Salam kenal .. Saya follow yah .. Keep share .. :)

Darin 28 April 2010 at 11:27  

ternyata harus extra waspada ya.
trims infonya mbak :)

akhatam 28 April 2010 at 11:52  

Wah kelainan otak juga bisa yaw??? mengerikan.. moga2 jangan sampe deh...

Herdoni Wahyono 29 April 2010 at 02:34  

Batas yang dapat ditoleransi untuk ngiler fisiologis pada anak usia tiga tahun. Diatas tiga tahun kita harus konsultasi dengan dokter. Kasihan si anak bila ada kelainan otak. Tentunya ada solusi yang bagus untuk mengatasinya. Trims sharingnya.

Infophone kdr 29 April 2010 at 03:12  

Wow menarik nich artikel mbak Narti dan selalu memberikan pengalaman tentang menjaga kondisi kesehatan si kecil,semoga bisa menjadi penuntun bila kelak saya punya momongan...:D

aktifis sandal jepit 30 April 2010 at 01:14  

ternyata banyak penyebabnya ya...
kalo saya juga hobi ngeces,apalagi ngeces bateray hape ;D

Rhyzaboy 30 April 2010 at 04:57  

Hayo kemana aja nih gak update-update....

ekopras 30 April 2010 at 18:54  

alhamdulillah anak2ku gak ngeces...
yang ngeces malah aku kalao tidur

angger 30 April 2010 at 20:18  

kalau sampai kelainan otak,....wah jangan samapi dech kasihan

Willyo Alsyah P. Isman 30 April 2010 at 22:39  

Brkt Rahmat Tuhan YME, Lagu ku brsma CS Band, rampung juga,slmt mndengarkan..jgn lupa unduh ya

Rizky2009 1 May 2010 at 05:46  

kalau aq lihat anak kecil ngeces aq malah seneg malah terlihat imut2

Ipin's cool 15 May 2010 at 20:39  

anak mengiler disertai gangguan terlambat bicara emang sihh rata2 yg ngiler begitu..apa ada obat tradisionalnya nihh

myke,  5 January 2012 at 09:15  

tks infonya ... jadi takut nih anakku yg kecil udh 2,5thn masih ngeces aj dan lambat ngomongnya masih cedal gt,.,., cepet2 kubawa ke dokter aj y ...

ria,  1 July 2012 at 14:28  

salam sobat.
adek saya udah umur 12 tahun kok masih ngiler yach,, padahal udah d lkukan brbgai cara, tpi msih aja.,,,,. aku tkut klau adek Q kena penyakit yg membahayakan,,,,...
mohon infonya,,,:-)
wassalam

narti 3 July 2012 at 11:07  

@ ria, coba dibawa ke dokter aja yah...

Post a Comment

* Terima kasih sudah berkunjung ke seputarduniaanak.blogspot.com
* Maaf, komentar ditutup

  © Seputar Dunia Anak Since February 14, 2009

Privacy Policy | Back to TOP  

Please Visit Again!