Powered by Blogger.


Cara mengatasi anak yang takut gelap

>> Monday, 21 March 2011

Pada artikel yang lalu, mengatasi anak yang ketakutan sudah dibahas tentang cara mengatasi anak yang takut dengan suara keras. Selebihnya dibahas secara umum. Sekarang kita bahas cara mengatasi anak yang takut gelap.

Wajar bila anak usia prasekolah takut gelap. Setelah usia 3 tahun, imajinasi anak memang berkembang dan akan mereda dengan sendirinya seiring dengan bertambahnya umur.

Berikut ini beberapa cara mengatasi anak yang takut gelap atau takut kegelapan:

1. Setelah anak usia 5 tahun ia diharapkan sudah bisa membedakan mana yang khayalan dan mana yang nyata. Bila lewat usia balita, rasa takut anak masih begitu kuat, orang tua perlu membantu anak mengatasi rasa takutnya.

2. Di dalam gelap atau disaat anak berada dalam kegelapan, anak akan membayangkan hal-hal yang menakutkan, semisal hantu, monster, ular naga, bahkan pencuri. Semakin berkembang daya imajinasinya, kian tinggi pula tingkat ketakutannya. Faktor yang ikut memperkuat daya imajinasi anak, diantaranya adalah nonton film, baca buku seram, atau sering ditakut-takuti.  Hal ini akan membuat imajinasi anak berkembang ke arah yang negatif. Untuk Anda yang sering menakut-nakuti anak, mulai sekarang hilangkan kebiasaan itu.

3. Ambil tindakan nyata dalam memahami ketakutan anak yaitu dengan ikut berempati. Ajari anak bagaimana caranya berelaksasi. Entah dengan mendongeng atau malah mengajaknya bermain petak umpet dalam gelap. Saat bermain biasanya anak akan lupa pada imajinasinya yang menyeramkan. Bisa juga karena sudah terbiasa bermain dalam keadaan gelap, anak jadi tidak takut gelap lagi.

4. Anak-anak yang otomatis masih berlajar, lewat permainanpun bisa mengurangi rasa takutnya pada kegelapan. Misalnya, ajak anak bermain dengan bayangan dari benda-benda di sekitar, boneka misalnya. Bisa jadi bayangan boneka itu sangat jelek, anak salah menebaknya, nah setelah dikeluarkan wujud boneka aslinya, anak akan tahu itu bayangan boneka. Bukan sesuatu yang menakutkan seperti yang dia pikirkan.

Yang pasti, jangan pernah menyalahkan anak atau memarahinya apabila ia takut gelap. Bila hal itu dilakukan, yang ada anak akan makin takut. Dengan cara-cara di atas, semoga anak secara perlahan tidak akan takut gelap lagi.

Jadi ingat lagunya Tasya "jangan takut akan gelap, karna gelap melindungi diri kita dari kelelahan"
Anda bisa download disini.

Semoga bermanfaat!

30 comments:

Djangan Pakies 21 March 2011 at 10:51  

kenyataannya banyak orang tua yang justru sebaliknya, kalo anaknya rewel malah ditakut-takuti. hadii ... hadii ....
ternyata kita orang tua seringkali tidak menyadari telah mengantarkan ketakutan sendiri pada anak.

Ajeng Sari Rahayu 21 March 2011 at 11:07  

Wah, baru ngeh kalau ini blog keduanya mbak Narti...hebat euy!

bisa me'manage 2 blog :)


saya simpen dulu sarannya mbak Narti, soale saya belum berkeluarga dan belum dikaruniahi anak mbak...eheheh :)

phipien 21 March 2011 at 13:03  

pengaruh nonton film bisa menggagu perkembangan anak juga..buktinya anak saya kalau habis nonton film horor mau kekamar mandi suka minta di anterin tuhh Mbak...soalnya saya suka film horor sihhh heehe

Ipin's cool 21 March 2011 at 13:04  

btw mbak Narti acount FB nya apa mau saya add nihh...!

Saif Tips Komputer 21 March 2011 at 13:40  

Kata orang jawa kuno, anak yang takut gelap karena lahirnya siang. kata mbahku sih, kalo lahirnya malam, biasanya anaknya tidak takut gelap. Percaya atau tidak aku lahir malam, sehingga tak takut gelap. Percaya? :-)

Daris Firzan 21 March 2011 at 14:07  

wow, sangat bermanfaat mbak..

adik ku yg kecil takut gelap , karena sering menonton film hantu, sama kakaknya, heheh.., apa lagi dia paling takut sama hantu pocong dan kegelapan..

thanks.. :)

Gaphe 21 March 2011 at 14:47  

Narti.. Sorry, bales komenmu disini aja yah.. hehe, emang emailku mau diapain?. wkwkwk.

hemm soal anak-anak, biar nggak takut gelap sebenernya kudu sering-sering ditemenin. maksudnya biar anak selalu merasa dia nggak sndiri.

bukan gelapnya yang bikin takut, tapi rasa kesendiriannya yang lebih menakutkan.

Geafry Necolsen 21 March 2011 at 20:59  

aku sendiri takut gelap, apalagi tidur sendirian gelap2..
Alhamdulillah, sekarang punya pendamping dalam gelap hihi..

Anonymous,  21 March 2011 at 22:35  

mb, gimana kalau malah orangtuanya yang takut gelap?

oia, saya ijin share. mohon jangan dianggap sebagai spam. namun jika tidak berkenan, dihapus saja tidak apa-apa.

seorang adik dari anak didik teman saya saat ini sedang membutuhkan bantuan seikhlasnya, baik berupa doa untuk kesembuhannya maupun dalam bentuk finansial. Saat ini dana yang terkumpul baru sekitar 3,5 juta, sementara yang dibutuhkan sekitar 50juta.

info lebih lengkapnya bisa dilihat di sini.

Nurul Safika

silahkan di share ke rekan-rekan yang lain.
insya Allah, kebaikan anda semua mendapatkan balasan Tuhan yang Maha Esa.
terima kasih.

W i e d e s i g n a r c h 22 March 2011 at 07:00  

sepertinya aku akan menemukan banyak postingan menarik di sini....

::: izin follow yah

::: salam kenal

::: mengundang Anda mampir lagi

::: salam blogger yah, tetap berkarya

sichandra 22 March 2011 at 10:36  

bagus nih tipsnya mas bro ...

ica puspita 23 March 2011 at 11:28  

kalo untuk orang dewasa seperti saya yang takut gelap, tips ini bisa pa nggak ya mbak? :D

catatan kecilku 23 March 2011 at 18:59  

sejak kecil shasa udah aku biasakan tidur dalam gelap mbak.

the others.... 23 March 2011 at 19:00  

Tipsnya mantap banget mbak.. :D

place to study 23 March 2011 at 19:02  

Shasa sudah mulai terbiasa dg gelap tante...

jejak langkahku 23 March 2011 at 19:03  

Kalau terbangun tengah malam dan ingin pipis, shasa udah berani sendiri lho, tanpa perlu bangunin ayah...

Kelpo 23 March 2011 at 21:42  

Dulu saya takut gelap lho :)

Ferdinand 24 March 2011 at 07:46  

Dalam kenyataannya bener kata kang pakies aku pun malah ng'liat banyak orang tua yg lebih suka nakut2in anaknya Mbak hhe...

Semangat n Met aktvitas... :D maaf baru bisa mampir :P

moenas 24 March 2011 at 11:32  

nanti kalau sudah punya keluarga saya pakai dah ini tipss xoxo

SMS Gratis 24 March 2011 at 11:36  

Pentingnya info ini mengingat banyaknya orang tua yang tidak perduli akan hal ini.

r10 24 March 2011 at 13:05  

ternyata SDA blog kedua mbak narti (baru tahu dr ajeng)

*dulu saya takut gelap, kalau tidur paling akhir selalu takut karena harus matiin semua lampu @.@

Dhana/戴安娜 25 March 2011 at 16:57  

salam sahabat
ternyata gelap ini mempengaruhi juga ya buat si anak makanya cara yang anda sebutkan juga mudah diperankan terima kasih nmaaf telat

pri crimbun 26 March 2011 at 18:05  

jangankan anak... anak kuliahan aja ada yang takut gelap lho... heheheh

i-one 28 March 2011 at 12:57  

wah,postingannya bagus bgt,thanks.klu ada waktu kunjungi blog ane ya

Penghuni 60 29 March 2011 at 04:42  

jgn2 tulisan ini jg terinspirasi dari lagunya Tasya ya...
hehe..
:)

Geafry Necolsen 29 March 2011 at 09:58  

woohh.. berkali kali aku mampir kesini, belum di update..

mbak minta tolong bikin artikel tentang pengalaman mbak waktu melahirkan donk..

prosesnya gimana, apa yang mesti dilakukan, pake epidural apa ga..
buat pengetahuanku sambil nunggu istri bersalin..

Geafry Necolsen 29 March 2011 at 11:10  

adduhh.. terimakasih ya mbak.. aku minta langsung dikasi link-nya, mohon maaf kalo aku ga searching dulu di blog mbak main nanya2 aja padahal udah di share..

semoga Allah memberi kemudahan buat mbak sekeluarga..
aku ijin save di hardisk ya mbak, buat bacaan kalo nanti aku lupa bisa kubuka lagi walopun oflen.

moenas 29 March 2011 at 12:20  

postingan barunya mana mbk?..

Elsa 6 April 2011 at 07:14  

semoga anakku nanti gak takut gelap...
amiiiiin

Post a Comment

* Terima kasih sudah berkunjung ke seputarduniaanak.blogspot.com
* Maaf, komentar ditutup

  © Seputar Dunia Anak Since February 14, 2009

Privacy Policy | Back to TOP  

Please Visit Again!