Powered by Blogger.


Mengatasi Dahak Pada Bayi

>> Tuesday, 18 May 2010

Bayi, batita atau balita sangat rentan terkena penyakit. Kita sudah menjaganya, tapi yang namanya penyakit itu tidak pilih-pilih mau hinggap dimana.
Pernahkah anak-anak Anda berdahak? Bagaimana cara mengatasi dahak pada bayi atau batita?

Slem atau dahak yang menyangkut di tenggorokan bayi membuatnya tidak nyaman karena menghalangi nafas, membuat tangisannya jadi parau dan menyulitkannya menelan ASI. Terlebih bayi yang baru bisa menangis, belum bisa bicara dan menunjukkan sebelah mana yang sakit, tentu kita harus tahu dan segera bisa mengambil tindakan untuk mengurangi rasa sakitnya.
Berikut ini tips untuk mengecerkan dan mengeluarkan dahak pada si kecil.

Tips mengencerkan dahak:
1. Menjemur bayi di bawah sinar matahari pagi (kira-kira pukul 07.00 – 08.00) selama 10 menit.
Sesuaikan dengan tempat tinggal Anda, misalnya seperti saat sekarang ini di Qatar yang memasuki musim panas, tentu jam 07.00 udah terasa panas. 
2. Dengan cara lain, mengoleskan balsem bayi ke dada dan punggungnya. Atau, teteskan minyak kayu putih ke dalam baskom berisi air hangat, letakkan di dekat bayi agar terhirup uapnya.
3. Tetap memberi bayi ASI. Jika ia sudah mendapat makanan tambahan, berilah air putih hangat, sari buah atau sup/kaldu hangat. Pada intinya, mengkonsumsi banyak cairan merupakan terapi sederhana untuk mengencerkan dahak dan membersihkan tenggorokan.
4. Memberi bayi ramuan tradisional air jeruk nipis dicampur kecap atau madu, berikan 1 sendok teh, 3-4 kali sehari. Tapi berhati-hatilah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter anak Anda.

Tips mengeluarkan dahak:
1. Setelah dahak diencerkan, tengkurapkan bayi di pangkuan Anda (posisi Anda duduk tegak, bersandar). Letakkan satu kaki Anda lebih tinggi dari kaki lainnya sehingga posisi tubuh bayi miring dengan bagian kepala lebih rendah. Tepuk-tepuk lembut punggung bayi. Dahak yang encer akan turun dan keluar dari tenggorokan.
2. Jika tidak dengan cara di atas, dahak yang tertelan bayi dapat keluar dengan sendirinya lewat feses (kotoran), air seni dan air ludah. Atau, keluar manakala bayi bersin dan muntah.

Dahak bening, kuning atau hijau.
Dahak (mucus) adalah cairan kental yang diproduksi oleh saluran nafas sebagai perlawanan tubuh dari masuknya “benda asing” berupa bakteri, virus atau penyebab alergi (debu, asap, udara dingin, dan lain-lain). Hal itu merupakan reaksi alamiah tubuh. Dahak yang “normal” berwarna jernih/bening, agak kental dan jumlahnya sedikit. Waspada bila warnanya berubah kuning atau hijau, karena merupakan pertanda terjadinya infeksi. Untuk mengobatinya, bawalah bayi ke dokter.

Mudah-mudahan bermanfaat!

tags: bayi berdahak, mengatasi dahak pada bayi, mengencerkan dahak pada bayi, mengeluarkan dahak, warna dahak yang normal, dahak tidak normal, kapan dahak muncul, mengapa bayi berdahak.

Baca juga yang ini yuk:
Beberapa penyebab demam.
Bila si kecil tersedak.

63 comments:

Sou Stalker 18 May 2010 at 10:30  

Hahaha ! masa anak bayi dijemur mbak,teganya. .
met sore ya mbak.

orang kampung 18 May 2010 at 10:45  

ijin save artikelnya, sebentar lagi kan kami ada anggota keluarga baru. do'akan lancar ya mbak..

narti 18 May 2010 at 10:52  

@ Sou belum nyampai ya? hehe...
@ orang kampung, iya, semoga semuanya berjalan lancar. amin3x

Ferdinand 18 May 2010 at 11:34  

Wah artikel yang bermanfaat Sob...aku save dulu yach....ponakanku ada tuh yang lagi Batuk kasian aja aku ngliatnya masih 1 tahun.......Sukses slalu Sob!!!

aura pelupa 18 May 2010 at 11:52  

ternyat bayi dijemur juga!?

inge / cyber dreamer 18 May 2010 at 12:22  

thx 4 share

walo belum pny anak
tp nanti pasti brmanfaat

Rizky2009 18 May 2010 at 13:05  

artikel sangat bermanfaat, izin buat aq save, pasti ada gunanya suatu saat anti

Rock 18 May 2010 at 13:27  

wkwkwk... kalau jemur bayi di qatar nanti jadi gosong mbak... hahaha...

j4j 18 May 2010 at 17:51  

seperti kata mbak narti, dahak dapat menyumbat saluran nafas anak, jadi berhati2lah. jika si anak sudah mulai kesulitan bernapas karena dahaknya segera bawa ke dokter spesialis anak.
Pengalaman pribadi sih....!!! :(

Tour, Food, and Health 18 May 2010 at 18:55  

perlu juga dilakukan tapping di punggung anak/bayi untuk membantu lepasnya slam dari saluran nafas..

Zippy 18 May 2010 at 20:04  

Duh, masih belum punya bayi ni mbek, heheheh.,..
Tapi mantaf, info yang berguna buat para ibu dan bapak :)

Pak Liek 18 May 2010 at 20:19  

jeruk nipis + kecap dibutuhkan juga untuk orang dewasa ketika batuk ...

Ketawa Bersama Oby 18 May 2010 at 20:40  

wakkakak
ngakak bacanya
ko bayi di jemur sih kak???

pokoknya jangan sampai kayak yg ada di blogku aja deh.....
hehehehhe
di tunggu kunjungannya

infophone-kdr 18 May 2010 at 21:11  

Makasih tipsnya Mbak Narti sangat bermanfaat klo ntar punya junior hehehe...:D

Kolom ponsel 19 May 2010 at 03:19  

Info yg sangat bermanfaat untuk di kemudian hari, trims.

rezKY p-RA-tama 19 May 2010 at 03:25  

berkunjung,,,,,
tega ya dijemur,,heheheh

Herdoni Wahyono 19 May 2010 at 03:36  

Kasihan sekali si kecil bila dia berdahak dan sering rewel. Keceriaan hilang darinya. Trims tipsnya yang sangat menarik dan bermanfaat sekali dalam mengatasi dahak pada bayi.

msafru 19 May 2010 at 03:52  

Makasih infonya mbak, ak save buat jaga2

Alrezamittariq 19 May 2010 at 04:50  

blm punya bayi...hiks hiks...

tomo 19 May 2010 at 05:56  

Dahak bayi jika ndak bisa keluar di sedotkan saja di puskesmas.bs nggak ya

Uswah,  19 May 2010 at 05:59  

Berkunjung kesini.si bayi jika berdahak kasian sekali.gak tega melihatnya.harus segera ditangani.thanks ya

Kang Sugeng 19 May 2010 at 07:24  

Iya kadang kita cuma bisa kebingangan ketika bayi kita berdahak.

Infonya oke banget Mbak Nar

daniel wahyu perbawa 19 May 2010 at 11:02  

sore mbak...
nice sshare mungkin berguna kelak dech :)

yudex 19 May 2010 at 11:12  

salam kenal mbak.. aku mau cari istri dulu, baru aku bisa praktekin tipsnya.. :)

Febriyanto(フェブリヤント) 19 May 2010 at 15:15  

kyknya terlalu extreme yang tips mengeluarkan dahak..... hhe

Edwin's Personal Blog 19 May 2010 at 15:39  

tentu bermanfaat, mb narti...
saya perlu menyimak, buat jaga2 nanti kalau bayi sdh lahir...

darahbiroe 19 May 2010 at 16:21  

kenali dan obati
batuk sesuai dgn gejalanya
hehhe
:D

antokcupu 19 May 2010 at 16:22  

mksih informasiny
sangat bermanfaat
nuy jg lagi muzim batuk

Ello Aristhosiyoga 20 May 2010 at 01:51  

Tipsnya bermamfaat.

Cara mengatasi dahaknya pun mudah.

trik tips bisnis online 20 May 2010 at 06:25  

Pengetahuan lagi nihhh...mksh infonya...

mixedfresh 20 May 2010 at 10:12  

belum punya anak ni, tapi infonya bermanfaat sekali,,thanks

rezKY p-RA-tama 20 May 2010 at 16:13  

wah repot ya kalo bayi berdahak
kudu dijaga kodisinya ya
heheh
bolehlah

nYach's and Company 20 May 2010 at 18:24  

kalau boleh memilih yang berdahak biar bapaknya, bingung c kalau si kecil sakit.

Info menarik

Komblogmaya 20 May 2010 at 18:28  

artikel ok banget mbak,

ijin copas biar nanti tinggal praktik

daniel wahyu perbawa 21 May 2010 at 05:19  

kunjungan rutin...
sambil menunggu postingan yang baru mbak...

NURA 21 May 2010 at 07:18  

salam sobat
sip banget tipsnya,
bagi2 ibu2 yg punya bayi jadi tahu caranya mengatasi bayi berdahak.

Anak Rantau 21 May 2010 at 07:32  

Gitu thoh caranya,
Kalau yang dahak bapaknya resepnya apa ya Mbak?

Edwin's Personal Blog 21 May 2010 at 08:59  

kuberkunjung lagi ,mb narti... met siang dan semoga happy selalu :)

Irvan 21 May 2010 at 09:30  

Baru ngeh kalau dahak itu ternyata beda2 :)

ureh 21 May 2010 at 11:38  

mangstab infonya nih..
pernah diceritain temen, dia baru punya bayi,kata dokter kudu dijemur tp dokternya ga bilang berapa lama, nah temen saya jemurnya 1 jam, esoknya si bayi berubah jadi item,buset dah..

akhatam 21 May 2010 at 12:30  

Wahh jadi gitu ya cara Alami... hehehhe.. mantapp nih...

IHSAN 22 May 2010 at 06:34  

belajar jadi Bapak-bapak di sini :D

Bunglon Blog 22 May 2010 at 17:05  

hmmm wah banyak pelajaran yang saya dapatkan dari sini, saya rasa ini bagus sekali dan bermanfaat buat kita semua...meskipun saya sendiri belum punya anak seenggaknya bisa belajar dari sekarang...
Sukses Slalu!

rizal 24 May 2010 at 14:18  

numpang komen ya...
sinar matahasri pagi memang bagus buat kesehatan anak..

thank ya tipnya...

bloeh tolong shere nggak mengatasi anak suka nagis kalau tidur malam, tapi kalau siang nggak ada masalah
thank sebelumnya

rahmatea 24 May 2010 at 15:03  

kebetulan punya anggota baru........baru 4 bulan, bermanfaat artikelnya, thank's.

Res-Pen 27 May 2010 at 11:23  

muga2 bermanfaat bwt istri kelak kalo dah beristri

Elsa 27 May 2010 at 14:47  

wah nih dia yang aku cari cari
bayiku baru 2 bulan sepertinya berdahak gitu
kasihan banget...

terima kasih ya postinganya berguna sekali

PoLcAdOt ShOp 27 June 2010 at 18:53  

makasih mba artikelnya sgt bermanfaat, apalagi skrg anak ku usia 2,5bln ada dahak/lendir di dadanya

epay 10 October 2011 at 06:28  

anakku (3,5 tahun) dah 3 minggu batuk berdahak, apa-apa gak y?
sebelumnya hilang sendiri cm pake obat batuk anak biasa, tapi ini kok lama banget.

dinno,  23 January 2012 at 19:49  

anakku usia 7bulan batuk berdahak nyangkut ditenggorokan lendirnya ga bisa keluar dan bila batuk sering disertai muntah tp lendir msh ada dan klu tidur nafasnya bersuara sdh dikasih obat macem2ga da hasilny,solusiny gmn y trus ini tergolong batuk apa?krn awalny disertai demam bagian dada jg panas

narti 24 January 2012 at 08:19  

@ epay, kalau sudah tidak menemukan jalan keluarnya, pergi ke dokter aja. Ceritakan secara detail apa yg terjadi pada anak, sehingga dokter bisa tepat memberi solusinya.

@ dinno, sudah mencoba diuapi?
Saat si baby bersin atau muntah, biasanya dahak ikut keluar.

papah angga,  16 March 2012 at 09:21  

than's atas tiv's nya ini sngt bermanfa'at bagi anak sya...!!

papah angga,  16 March 2012 at 09:25  

sukses sllu buat smua'y y!!!!!!

santi,  22 March 2012 at 06:38  

anakku umur 2 minggu. Kayanya susah tidur karena ada dahak. lebih baik pakai cara yang mana ya?? Selain itu dia sering banget ngulet tiap 5 menit. kasian aku lihatnya.

narti 22 March 2012 at 17:12  

@ santi, coba diuapi aja mba, ambil baskom berisi air hangat, beri beberapa tetes minyak kayu putih, dekatkan ke si kecil agar terhirup uapnya.
Kalau ngulet, orang Jawa bilang mau nambah tinggi, tapi entah bener atau engga, kayaknya mitos.
Semoga si kecil cepat baikan, dan dahak bisa keluar sehingga tidak terganggu tidurnya.

bang.onex 3 April 2012 at 20:59  

mikum mba..saya mau tanya nich anak saya baru usia 2.5 bulan...dahaknya masih ada,padahal sudah saya ikuti sarannya dan dijemur tiap pagi,bahkan saya bawa ke rs untuk di uap..tapi masih tetep aja...mungkin ada solusi lainnya????
makasih sebelumnya..
klo ad solusinya email aj ke onexjabar@ymail.com

bang.onex 3 April 2012 at 21:07  

mikum mba...numpang tanya nich..
saya punya bayi usia 2.5 bulan,dan punya permasalahan dahak/slem..saya coba saran mba di ikuti tapi masih tetep aj ga ilang dahaknya,bahkan saya bawa ke rs untuk di uap,juga masih tetep.
mungkin mba punya solusi yang lain tuk mengatasinya???
terimakasih sebelumnya.

narti 4 April 2012 at 09:56  

@ bang.onex, waduh punten, narti tidak tahu lagi. Mudah-mudahan dahak bisa keluar bersama kotoran, atau seiring umur bisa hilang. Kasihan kalau anak kecil gitu.

ellya novita -indonesia,  14 July 2012 at 22:49  

Makasih banget infonya mba semoga bisa membantu para bayi yg bermasalah dengan slamnya,termasuk bayi saya,nice

karyadi, jakarta,  20 August 2012 at 13:05  

makasih bak narti, info yang bagus sekali, akan saya coba. Bayi saya sdh bbrp kali berobat ke dokter tak sembuh, sudah ganti dokter juga tak sembuh. Saya pikir di uap itu seperti mandi sauna.... ternyata cuma pakai air panas dan minyak kayu putih

Anonymous,  12 September 2012 at 06:49  

Ternyata masih ada orang yg ga ngerti manfaat bayi di jemur.

Maksudnya dijemur pada pagi hari, ingat jangan lebih dari jam 10 pagi.

tanya om google aja klo pengen jelas mengenai manfaat sinar matahari pagi. smoga membantu

Anonymous,  12 November 2012 at 14:26  

Yupz... benar sekali, cahaya pagi matahari mmg bguz tk menjaga kesehatan si buah hati. Qta bisa melakukannya saat memberinya sarapan bubur hangat smbil duduk di ata kereta dorongnya.

Anonymous,  23 December 2012 at 04:14  

ternyata masih banyak yg belum tau soal "bayi di jemur" semoga suatu saat nanti mereka tau apa manfaatnya..

Post a Comment

* Terima kasih sudah berkunjung ke seputarduniaanak.blogspot.com
* Maaf, komentar ditutup

  © Seputar Dunia Anak Since February 14, 2009

Privacy Policy | Back to TOP  

Please Visit Again!