Powered by Blogger.


Persiapan Melahirkan

>> Wednesday, 20 January 2010

Persiapan apa saja yang diperlukan ketika ibu hamil mau melahirkan?
Mungkin bagi Anda ada yang tidak terlalu pusing dengan persiapan ini, tapi ada juga yang begitu disibukkan, apalagi bila ini kelahiran anak pertama.
Anda bisa menanyakan kepada orang tua, kerabat, teman Anda dan orang-orang yang ada di sekitar Anda. Tanyakan bagaimana pengalaman mereka dahulu ketika melahirkan, RS mana yang bagus pelayanannya, dokternya siapa (biasanya kalau ada rekomendasi dari teman-teman jadi lebih tenang).

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyambut kelahiran bayi Anda:

1. Persiapan persalinan
Apakah Anda akan melahirkan dengan bantuan dokter di Rumah Sakit (RS), atau dengan bantuan bidan. Dalam hal ini kehamilan Anda normal atau ada kesulitan, misalnya harus operasi. Pilih RS atau bidan dengan seksama karena menyangkut biaya. Pertimbangkan  juga, jarak antara rumah dengan RS yang dituju.
Untuk Anda yang tinggal di LN, bisa meminta saran dari teman-teman Anda, karena aku pernah membaca di satu forum (maaf tidak ada linknya, forumnya sudah tidak bisa dibuka, tapi aku ingat benar kata-katanya), di negara dia tinggal bahwa untuk ibu hamil  yang mau melahirkan berlaku aturan selama masih bisa melahirkan dirumah ya melahirkan dirumah saja, nanti tim medis yang datang ke rumah membantu proses persalinan. Bila ada kendala dalam proses melahirkan baru di bawa ke RS. Aduh tidak terbayangkan....
Bila Anda menggunakan asuransi, tanyakan biaya yang mana saja yang dibayar sama pihak asuransi dan biaya mana yang tidak dibayar. Jadi Anda bisa mempersiapkan berapa biaya yang akan dikeluarkan, walaupun ada asuransi.

2. Kenali golongan darah Anda
Persiapkan beberapa orang untuk dijadikan pendonor darah apabila diperlukan, walaupun pihak RS akan mencarikan.

3. Perlengkapan ibu dan bayi.
Ketika mau ke RS, perlengkapan untuk ibu adalah sebagai berikut:
* baju ganti, baju dengan bukaan depan untuk memudahkan saat menyusui.
* pembalut, kalau disini diberi dari RS tapi lebih baik bawa sendiri juga.
* peralatan mandi, biasanya menginap 2-3 hari sampai semua pemeriksaan terhadap bayi selesai dan kondisi ibu sudah membaik.
* gurita khusus ibu, dipakai setelah melahirkan. Di Indonesia hal ini boleh, tapi disini tidak diperbolehkan, mereka tidak mengenal gurita sih....

Perlengkapan untuk si bayi saat di RS, baju (baju lengkap dengan kaos kaki, sarung tangan, penutup kepala), selimut dan diapers. Kalau disini, si baby masih dimandikan sama perawat, jadi tidak membawa perlengkapan mandi buat si baby. Sebelum memandikan mereka akan minta baju ganti saja, nanti diserahkan ke ibunya lagi sudah bersih dan wangi. Bawa minyak telon untuk bayi, tapi perlu diperhatikan, tidak semua RS mengijinkan si baby diberi minyak terlebih bila Anda tinggal di LN.

4. Persiapkan mental Anda.
Persiapkan mental Anda sebelum melahirkan, juga mental Anda sebagai ibu. Dengan mempunyai bayi, artinya tanggung jawab Anda bertambah, Anda akan kurang tidur, kurang istirahat, sering bangun malam untuk menyusui atau mengganti popoknya, menenangkan ketika si bayi menangis, mengajaknya bicara dan sebagainya.

5. ASI
Sebisa mungkin berikan ASI kepada anak Anda karena ASI adalah asupan gizi terbaik buat bayi Anda.

6. Persiapkan nama.
Biasanya di RS sudah ditanya nama bayi siapa, untuk mengisi data si bayi.
Artikel lengkap memilih nama anak, silakan baca disini.

7. Berdoa.
Berdoalah kepada Allah, semoga diberikan kemudahan, kelancaran, kesehatan, dan semoga diberikan yang terbaik. Apapun agama Anda, berdoa adalah hal terpenting.


***

Untuk persiapan perlengkapan lainnya untuk si bayi, bisa dibedakan sebagai berikut:
Persiapan baju, sesuaikan dengan musim yang sedang berlangsung. Apabila ketika melahirkan pas musim dingin, artinya persiapkan baju-baju hangat. Beli secukupnya saja, karena biasanya hanya terpakai selama 3-4 bulan. Persiapkan juga perlengkapan untuk tidur bayi.
Peralatan mandi untuk bayi, seperti ember, shampoo, sabun mandi, handuk lembut, washlap. Yang lainnya: bedak bayi, minyak telon, baby oil, alkohol dan kain kasa (untuk membersihkan tali pusar yang belum lepas)

Untuk perlengkapan penunjang lainnya, seperti boks bayi, kereta dorong, baby tafel  bisa dipertimbangkan secara seksama ( baca artikel terkait disini ).
Mudah-mudahan bermanfaat!
Ada yang mau menambahkan? Silakan tulis di kolom komentar!


tags: persiapan melahirkan, perlengkapan bayi, perlengkapan untuk ibu.

Baca juga:
Tips seputar ibu hamil.



31 comments:

t.e.3.k.4 20 January 2010 at 08:23  

makasih banget buat infonya, aku insyaAllah nih mau ngelahirin bln feb, dr sekarang tinggal persiapan mental juga serah terima kerjaan aja yg belum beres hehe

sauskecap 20 January 2010 at 11:52  

Aku baru mau nikah bulan juli, tapi juga sudah mulai mikirin anak nih....

Rock 20 January 2010 at 20:54  

Artikel yang sangat bermanfaat...

Arya Muhamad 21 January 2010 at 01:14  

Arya kalo mengenang dulu waktu adik2ku akan lahir, memang repot banget persiapannya. Mulai dari senam hamil, beli baju, perlengkapan bayi, milih nama sampai milih rumah bersalin

Ipin 21 January 2010 at 07:17  

Bila isri mau melahirkan harus siap siap jadi suami SIAGA (siap antar jaga)

Ahmad Ramadani 21 January 2010 at 07:29  

sebagai calon ayah.. gue harus tau nih. he..he..

thanks infonya.. maaf baru bisa berkunjung, soalnya baru sembuh :)

msafru 21 January 2010 at 08:56  

Untuk mental memang benar2x harus siap karena kalau tidak siap kadang bisa membuat stress dan ujung2xnya tekanan darah tinggi, kalau sudah begitu kemungkinan besar harus cesar

nuansa pena 21 January 2010 at 09:48  

Jangan lupa konsumsi kurma atau sari kurma bagus untuk persalinan.

Buah kurma mengandung zat-zat yang dapat menguatkan otot-otot rahim orang yang hamil dihari-hari menjelang waktunya bersallin. Ia mempermudah proses bersalin dan darah yang keluar lebih sedikit dari biasanya

narti 21 January 2010 at 10:08  

to all, terima kasih masukannya.

arkasala 21 January 2010 at 10:53  

betul-betul saran yang sangat bermanfaat Mbak. Ini saya rasakan mempersiapkan sejak dini dan sesempurna mungkin insya Allah akan mendapatkan kelancaran.
Terima kasih sekali.
Salam hangat selalu :)

angger 21 January 2010 at 14:07  

wah,nice post ajalah soalnya,belum punya istri,he...he.

the international times 21 January 2010 at 15:02  

perjuangan yg melelahkan ketika akan melahirkan bayi,tapi selepas itu tentunya kebahagian tak terkira akan menghampiri. makasih info dan tipsnya :)

Osi 21 January 2010 at 16:46  

Duuuueecchhhhh jadi gimana gythu bacanya...nyambil senyam senyum nih...

Izin print ya...thanks banget infonya

jhonson blog 21 January 2010 at 18:50  

sep infonya lengkap,memang urusan melahirnya itu rumit,mempertaruhkan nyawa.segala hal perlu dipersiapkan dari yg terkecil sampai ke yg besar :)

Kang Sugeng 21 January 2010 at 19:05  

Walah... Kang Sugeng ndak pernah hamil e Mbak, hahaha...
sip sip... nais post, sangat bermanfaat buat yg lagi hamil.

Lia_Lovaa 22 January 2010 at 05:37  

Ternyata banyak banget ya mbak persiapan untuk melahirkan itu..baru tau ne, dapat ilmu baru deh. makasih banyak ya mbak..

Misbah el munir 22 January 2010 at 06:04  

Wah kebetulan nih, istri saya lagi hamil. wajib baca nih, di-share ma istri... thanks berat mba.

NURA 22 January 2010 at 09:33  

salam sobat
trims info dan ilmunya
sangat bermanfaat bagi wanita yang akan melahirkan nich,,
biar tahu persiapannya.

secangkir teh dan sekerat roti 22 January 2010 at 10:00  

jangankan punya istri bunting, surat nikah aja belum punya mbak.. hiks!

Seti@wan Dirgant@Ra 22 January 2010 at 10:33  

mantep banget tipsnya terutama buat calon ibu dan lebih penting juga buat calon bapak..
makasih banyak.

Bayu Lebond 22 January 2010 at 10:46  

anak gw baru 1 umur 3 th...coba gw tau blog ini dari dulu...dulu (3th yg lalu) istri gw ngelahirin...tp kami jauh dari sodara...jadi gw binun sendiri

narti 22 January 2010 at 13:33  

@ Bayu Lebond, 3 tahun lalu blog ini belum ada, hehe...

to all, terima kasih komentarnya, sangat bermanfaat untuk melengkapi artikel ini.

Rock 22 January 2010 at 13:35  

Selamat sore sobat...

rumah blogger 22 January 2010 at 16:08  

memang harus tahu nich, supaya tidak kaget lagi..

sabirinnet 22 January 2010 at 16:09  

disamping orang tuanya harus siap, perlengkapan si kecilpun harus dipersiapkan juga, kira2 begitu ya..

Narzis.net 22 January 2010 at 16:34  

Info yang bagus ni mbak...
Buat jaga2 untuk kita yang masih lom kawin...
Persiapan kalo ntar udah punya istri, ckckck...

Aditya's Blogsphere 23 January 2010 at 19:00  

Mbak...blog nya pernah tak rekomendasikan ke salah satu temen q yang baru aja melahirkan dan dia mendownload beberapa artikelnya mbak........saya lupa waktu itu mau bilang......

narti 23 January 2010 at 19:44  

@ Aditya, makasih ya sudah disebarluaskan.

Admin 24 January 2010 at 10:43  

terimakasih infonya ukh. g' ada ymx ukh?

Obat Alamai Radang Paru-Paru 18 August 2011 at 10:44  

wah kebetulan istri saya mau melahirkan nih sebentar lagi.. makan nya saya cari2 buat persiapan nya nih, kebetulan nikah, makasih banyak atas infonya gan

izzi-jkt,  15 October 2011 at 05:29  

Makasih ya mbak buat infonya......... Sangat berguna...... Insya Allah perkiraan dokter saya melahirkan minggu ketiga januari 2012..........
Jadi dah cari-cari periapan dari sekarang......

Post a Comment

* Terima kasih sudah berkunjung ke seputarduniaanak.blogspot.com
* Maaf, komentar ditutup

  © Seputar Dunia Anak Since February 14, 2009

Privacy Policy | Back to TOP  

Please Visit Again!