Powered by Blogger.


Mengenal Pelangi

>> Saturday, 1 May 2010

pelangi-pelangi alangkah indahmu
merah kuning hijau di langit yang biru
pelukismu agung siapa gerangan
pelangi-pelangi ciptaan Tuhan....

Anak-anak yang berusia balita atau memasuki usia playgroup/TK pasti sudah hafal lagu Pelangi diatas. Atau bahkan malah jadi lagu harian anak-anak kita. Selain belajar menyanyi, ada juga unsur mengenalkan nama-nama warna pada anak-anak. Dan juga yang tak kalah penting adalah bahwa adanya pelangi menujukkan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa.

Ketika kita melihat pelangi di langit atas sana, apa yang terpikirkan oleh kita? Pelangi yang indah di langit sangat memanjakan mata kita. Dengan udara yang masih sejuk akibat tetesan hujan, sungguh sangat membuai hati kita menjadi damai. Karena biasanya pelangi muncul setelah hujan dan matahari kembali bersinar cerah.

Tapi pernahkah kita berpikir mengapa pelangi yang indah itu melengkung? Mengapa bentuknya tidak lurus atau berbentuk lingkaran?
Pertama-tama titik-titik hujan membiaskan cahaya tampak dan membuat cahaya putih tersebut terpisah menjadi tujuh warna penyusunnya. Merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu adalah warna-warna penyusun warna putih. Untuk mudah mengingatnya disingkat menjadi 'mejikuhibiniu'.

Kita dapat melihat pelangi yang indah jika keadaanya adalah sebagai berikut:
1. Syarat pertama ialah kita harus membelakangi sumber cahaya saat melihat pelangi. Dalam hal ini, sumber cahaya yang dimaksud ialah matahari.

2. Syarat kedua ini adalah penyebab mengapa pelangi melengkung yaitu kita harus melihat pelangi dari sudut sekitar 40 derajat, selain dari sudut ini pelangi tidak akan terlihat dengan baik. Oleh karena itu, pelangi terlihat melengkung di langit luas.

Anda bisa download lagu anak-anak MP3 disini.

Mudah-mudahan bermanfaat!

tags: pelangi, lyric lagu anak pelangi, download lagu anak, download lagu anak-anak MP3, kapan pelangi muncul, pelangi terbentuk, agar bisa melihat pelangi, nilai buat anak dari lagu Pelangi.

44 comments:

LL 1 May 2010 at 05:56  

Download lagunya ahhh...
wkwkwk...

Rock 1 May 2010 at 05:56  

Pelangi-pelangi...
Alangkah indahmu...
Merah kuning hijau...
Di langit yang biru...

hahaha...

Rizky2009 1 May 2010 at 05:57  

pertamax g yah, baca2 dulu aja deh

Rizky2009 1 May 2010 at 05:58  

lagu pelangi jd inget waktu masih kelas 1 SD dulu, d suruh hafalin lagu pelangi-pelangi

inge / cyber dreamer 1 May 2010 at 06:02  

paling suka kalo sampe bs liat pelangi dilangit biru
salah satu kesempatan langka saat ini

Sou Stalker 1 May 2010 at 06:23  

hemm. .dah lama saya gak pernah liat pelangi lagi,,terakhir liat kalo gak salah waktu sd. .

the others 1 May 2010 at 06:27  

Pelangi adalah salah satu fenomena alam yg selalu mampu mempesona anak2, mbak.

narti 1 May 2010 at 06:57  

@ the others, menurutku bukan hanya anak-anak mba...aku juga sangat suka. Karena disini aku jarang melihatnya, jadi makin rindu saat bisa melihat pelangi yang indah seperti waktu kecil dulu.

irul-green 1 May 2010 at 07:07  

met siang..
pelangi memang indah

orang kampung 1 May 2010 at 08:39  

dikampung saya ada mitos aneh tentang pelangi ; "jangan menunjuk pelangi, nanti jari tanganmu buntung"
maksudnya apa ya ?

BeDa 1 May 2010 at 09:02  

Pelangi, tanda kekuasaan Allah yang sangat indah. Masih hafal urutan warna pelangi dengan akronim yang sama: mejikihibiniu

Salam ukhuwah

pelangi anak 1 May 2010 at 11:18  

Saya pernah mencoba mempraktekkan membuat percobaan pelangi, ada buku panduannya. Alat-alatnya senter, dan cermin yang dicelupkan ke dalam ember yang diisi air sampai setengah. Setelah itu senter diarahkan ke cermin yang bagian bawahnya tercelup ke dalam air, tapi nggak berhasil.

Ipin's cool 2 May 2010 at 04:10  

anak jaman sekarang sudahnn tidak kenal lagi dengan lagu pelangi pelangi tapi lebih kenal dengan lagu lagu remaja

rezKY p-RA-tama 2 May 2010 at 08:17  

hehe
berkunjung ahh
pelangi2
alangkah indahmu...

Ello Aristhosiyoga 2 May 2010 at 14:46  

Anak2 emang harus mengenal-mendengar-menyanyi pelangi.

***___
:-)

asal ngomong 2 May 2010 at 17:55  

lagu anak2 sudah langka, saatnya melestarikan kembali lagu anak2 yang sempat hilang

Saung Web 2 May 2010 at 20:15  

Halah jadi ingat jaman SD nih lagu pelangi.. saekarang dah jarang ya.. lagu anak2 yang berbobot kayak dulu

gak mutu 3 May 2010 at 01:25  

sudah jarang mendengarkan anak kecil menyanyikan lagui pelangi ....

Rosi Atmaja 3 May 2010 at 02:00  

informasi yang mengena... saya baru tau kalau melihat pelangi hrs dari sudut elevasi 40 derajat... kagum mode on>

Frank 3 May 2010 at 02:04  

duhhh jadi pingin balik lagi kemasa lalu waktu kanakk2 hehhee

phonank 3 May 2010 at 02:25  

Pelangi yang indah...

tak ada yang bisa melukis langis seperti pelangi yang memiliki berbagai macam warna. sungguh indah karya Tuhan ini.

Wah phonank paling senang tuh waktu kecil klo lihat pelangi abis hujan

Kang Sugeng 3 May 2010 at 06:25  

Sekarang jarang sekali saya melihat pelangi, mungkin karena hujan yg tak mengenal waktu kali ya?

NURA 3 May 2010 at 11:41  

salam sobat
benar mba bernyanyi sambil belajar mengenal warna ya,,dari lagu pelangi ini.

Infophone kdr 3 May 2010 at 15:14  

Wach makasih infonya mbak dan ijin download lagunya dulu buat anak saya kelak klo punya anak hehehe...:D

Herdoni Wahyono 3 May 2010 at 15:36  

Amat jarang kita melihat pelangi di langit yang biru. Sebuah peristiwa alam tanda keagungan Tuhan. Warna warni yang sangat indah.

oding 5 May 2010 at 04:02  

Jadi inget lagi OS GIE, adapa penggalan Lirik " mengapa Indahnya pelang tak berujung sampai Dibumi".

Btw tips liat pelangi boleh juga tuh. lam kenal

Anton 5 May 2010 at 05:44  

Alangkah indahnya pelangi, waktu kecil sangat antusias liat pelangi.

antok 5 May 2010 at 06:35  

merah kuning hijau dilangit yang biru
:d

darahbiroe 5 May 2010 at 06:35  

pelangi
itu memang sangat cantik buat dilihat
hehehhe
kerennn

Gema 5 May 2010 at 09:07  

sekaligus melatih daya ingat anak :)

minta ijin follow blognya :)

uswah 5 May 2010 at 15:50  

Anak-anak sangat senang menyanyikan lagu pelangi sob

tomo 5 May 2010 at 15:50  

kalau lagu pelangi ini menurutku sangat cocok buat pelajaran anak siapa pencipta alam ini

Rubiyanto 5 May 2010 at 17:17  

he he he, jadi inget waktu kecil dulu ..... he he

Edwin's Personal Blog 6 May 2010 at 01:53  

Wah dicopas nih, anakku sudah mulai tanya2 tentang pelangi :)

Rchymera 6 May 2010 at 07:26  

Makasih infonya mbak dan bnr2 lengkap bgt nich penjelasannya dan ntar klo ditanyain ama anak jadi kgk bingung ngejelasinnya dari mana asal pelangi,sekali lg makasih mbak slm...:D

tomo 6 May 2010 at 08:28  

Pelangi memang indah warnanya

Uswah,  6 May 2010 at 08:29  

Askum.kebesaran Tuhan tiada duanya sob

zoel 6 May 2010 at 09:36  

pelangi-pelangi ciptaan tuhan... hehe...

jadi inget jaman dulu..

TUKANG COLONG 6 May 2010 at 20:10  

katanya mama, diujung lengkungan itu ada harta karunn..

aktifis sandal jepit 6 May 2010 at 22:57  

dideso terpelosok seperti tempat tinggalku,pelangi sudah jarang ditemui..
mungkin sekarang pelangi pada kabur ya sobat.hehe

kalo orang2 tuwa ditempatku,menyebut pelangi dengan sebutan "kluwung".

rizal 7 May 2010 at 06:10  

jadi ingat waktu kecil ketika masih kecil, setiap abis ujan kami ada acara mengejar pelangi, karena kataanya ada bidadari yang turun..

03agoenk 7 May 2010 at 18:11  

Pelangi sungguh kau indah buat anak2....
engkau emang idola anak2, hehehehe....

akhatam 10 May 2010 at 13:16  

wah lagu jaman masih jabang bayi nih... hehehhe

Lina Sukadi 26 May 2010 at 17:26  

anak2 sekarang mungkin sudah jarang bisa lihat pelangi, karena jamannya sudah berbeda dengan jaman dimana dulu pelangi terasa begitu indah (mungkin)

Post a Comment

* Terima kasih sudah berkunjung ke seputarduniaanak.blogspot.com
* Maaf, komentar ditutup

  © Seputar Dunia Anak Since February 14, 2009

Privacy Policy | Back to TOP  

Please Visit Again!