Powered by Blogger.


Memilih Permainan Anak

>> Wednesday, 10 June 2009



Sebelum bermain, pilihlah sarana bermain yang sesuai dengan usia dan kemampuan si anak. Perhatikan pula segi keamanan dan kebersihannya.

Berikut ini permainan yang bisa dipilih:

1. Perosotan
Ada sensasi tersendiri saat anak berada di puncak perosotan dan siap meluncur. Belum lagi merasakan bagaimana tubuhnya serasa melayang saat meluncur ke bawah hingga di ujung perosotan. Saat menaiki tangga, keseimbangan tubuhnya benar-benar diuji. Anak juga belajar bagaimana harus antri sebelum meluncur, bergantian dengan teman-temannya.

2. Ayunan
Anak akan merasakan bagaimana rasanya saat tubuhnya terayun, baik dengan kecepatan tinggi atau rendah. Anak juga belajar mengantisipasi bahaya, misalnya ada yang mengayun dari depan, tentu akan berbahaya bagi si pengayun. Anak juga latihan mengontrol diri, agar tidak terlalu cepat atau terlalu lambat gerakan ayunan.

3. Permainan pasir
Pilihlah pasir yang lembut dan tidak menempel di kulit. Bisa bermain dicampur dengan air, membuat aneka bentuk maianan, sehingga anak tahu perubahan yang terjadi. Tetapi perlu berhati-hati, kadang ada hewan kecil yang suka tinggal di pasir.

4. Stepping & balok keseimbangan
Agar imajinasi anak terangsang, arahkan anak seakan sedang menyeberangi sungai yang deras. Anak perlu keseimbangan agar tidak terjatuh.

5. Mandi bola
Ada rasa tersendiri saat terjun disini, rasanya empuk, beda dengan terjun di kolam renang. Anak bisa juga main lempar-lemparan bola juga mengenal berbagai macam warna.

6. Main air
Dengan bermain air, misalnya dicampur dengan pasir di wadah yang beraneka bentuk dan ukuran, anak akan belajar tentang berat jenis, volume, perubahan bentuk, warna dan lain-lain.

7. Gorong-gorong/terowongan
Saat berada didalamnya anak akan mendapati suasana yang agak gelap, sempit, lebih dingin dan membuat suaranya bergema. Anak akan menerka-nerka apa yang akan ditemui didepan sana, di setiap belokan atau di mulut gorong-gorong. Permainan ini untuk melatihnya mengatasi rasa takut saat menghadapi suasana yang berbeda.

8. Jala/jaring
Saat menapaki jala/jaring, sensasi ketinggian akan didapat anak sebagai salah satu manfaatnya. Manfaat lainnya adalah mengasah ketrampilan motorik, rasa percaya diri, keberanian, maupun keseimbangan dan koordinasi tubuh.

9. Tumpangan bergoyang
Bentuknya bisa bermacam-macam, dari pesawat terbang, tokoh film kartun, mobil, motor, hewan, atau apa saja. Keinginan anak untuk mencoba permainan ini lebih karena ketertarikannya pada aneka bentuk yang ada. Sementara dari segi manfaatnya nyaris tidak ada, selain sensasi saat mainan bergoyang ke kiri dan kanan atau ke depan dan belakang secara teratur.


Catatan:
Artikel dirangkum dari Nakita.
Photo koleksi pribadi.

30 comments:

anggaarie 10 June 2009 13:41  

wah mainanku waktu kecil dullu....

yanuar catur rastafara 10 June 2009 18:53  

aku suka yang pertama tu
prosotan
dulu pas tk, aku smapai sering babak belur jatuh dari prosotan
hehehehehe

kaka 11 June 2009 03:34  

Kalau boleh terus terang semuanya masih ku suka.. apa daya.. sudah tua.. diusir pak satpam deh.. hi2.
TFS :)

alfi 11 June 2009 07:10  

wah mas aq lebih ska permainan mandi bola..
soalnya kan seru....

fq 11 June 2009 07:12  

ini sume mainan ms kecik2.....
rndu la plak nk men lg...

aaSlamDunk 11 June 2009 09:17  

mba narti, itu ditambahi juga tempat tidur yang harus dipilih
pernah kejadian juga kan ada bayi yg meningngal mengenaskan ditempat tidur karena kehabisan nafas

win wonglio 11 June 2009 18:16  

mantap infonya mbak..makasih ya mbak narti..

kir31 11 June 2009 18:18  

wah waktu saya kecil,,sukanya maen air,,haha",,ujan2an,,sakit dh,,hehe"

Narti 11 June 2009 19:56  

@ anggaarie, makasih.
@ yanuar, yups mainan yang murah meriah tuh, makasih.
@ kaka, hihi...
@ alfi, makasih.
@ fq, makasih.
@ aaSlamDunk, makasih masukannya.
@ win wonglio, makasih juga.
@ kir31, yups memang asyik kalau mainan air.

KOPI Sastra 11 June 2009 20:16  

wah ternyata memilih permainan buat anak itu perlu dipilih ya?
terima kasih, rtiklnya bermanfaat banget

Narti 12 June 2009 05:14  

@ Kopi Sastra, iya, karena ada manfaat yang berbeda-beda di tiap mainan.
@ linkb97, salam kenal juga, makasih komentarnya.

japraxxx 12 June 2009 06:22  

wah jd inget ne ma masa kecil...hehe

aryadi 12 June 2009 07:16  

ada mainan yang blom disebut disini mbak....namanya ODONG-ODONG...tenaganya pake nasi, banyak type dan jenisnya......he..ge..bayarnya cuma seceng lagi..

Narti 12 June 2009 11:30  

@ japraxxx, makasih.
@ aryadi, iya belum kesebut tuh, barusan baca juga artikel tentang odong-odong, sayang disini gak ada. makasih ya.

mohanlink 15 June 2009 11:08  

wah perlu di baca nih, thans infonya Mbak Narti

jimox 16 June 2009 06:50  

jadi pengen balik ke masa kecil nih...
hehehe...

Tipspack 16 June 2009 13:15  

Akan ku simpan tips nya, sampai saat aku berkeluarga nanti, yang pasti artikel ini full of knowledge...
Thank you... :)

Narti 16 June 2009 17:02  

Buat sobat mohanlink, jimox, Tipspack, terima kasih komentarnya.

arkasala 17 June 2009 17:27  

artikel yang sangat berguna untuk saya yang mempunyai 2 anak masih kecil-kecil.. great. kreatif. tks

tata 17 June 2009 19:24  

sayang,,,aq blm punya anak,,,tp keren,,,,,

kelik 18 June 2009 10:29  

permainan di atas ada yang berbahaya, jadi menurut saya ada yang harus diawasi oleh orang tua.

Narti 18 June 2009 13:06  

@ arkasala, sama-sama, makasih juga.
@ tata, buat bekal nanti ya...
@ kelik, terima kasih masukannya.

downloads film,games,mp3 dan software gratis 25 June 2009 10:52  

Wuah...tips nya OK nie...di tunggu postingan slnjtnya

narti 27 June 2009 12:34  

@ downloads film, terima kasih kunjungan n komentarnya.

Kontes SEO Aristia Wida Rukmi 2 2 August 2009 00:42  

Kalau cewek mainan yang cocok apa ya?

pelangi anak 24 April 2010 15:24  

jadi intinya yang melatih dan mengembangkan aspek perkembangan anak ya mbak.
aku jadi inget waktu TK dulu. Jenis permainan yang belum tak coba tuh terowongan sama jala. jadi pengen mencoba, he...he...

Admin 22 December 2010 15:29  

ENGLISH TUTORS URGENTLY NEEDED!!!

A Fast Growing National English Language Consultant is hunting for :

ENGLISH TUTORS!!!

Qualifications:

1. Competent, experienced, or fresh graduate
2. Proficient in English both spoken & written
3. Friendly, Communicative, & Creative

Placement :
Balikpapan – Makassar - Samarinda – Pekanbaru - Batam - Denpasar

Send you resume to : easyspeak.hunting@gmail.com as soon as possible.

Visit http://www.easyspeak.co.id for further information.

Post a Comment

* Terima kasih sudah berkunjung ke seputarduniaanak.blogspot.com
* Maaf, komentar ditutup

  © Seputar Dunia Anak Since February 14, 2009

Privacy Policy | Back to TOP  

Please Visit Again!