Powered by Blogger.


Pergi Berkemah, Yuk!

>> Wednesday 1 July 2009



Momen liburan tentunya menjadi saat yang paling dinanti-nantikan oleh seluruh anggota keluarga, terutama anak-anak. Akan tetapi, orang dewasa pun perlu berlibur untuk melepas lelah dan meredakan ketegangan setelah sekian lama bekerja.

Bagi keluarga yang gemar berpetualang, aktivitas apalagi yang lebih seru dan fun selain berkemah? Di samping menyenangkan, kegiatan ini juga bisa membuat kita merasa lebih dekat dan semakin mencintai alam.

Nah, agar pengalaman liburan kali ini menjadi jauh lebih berkesan, baca dulu beberapa tip berkemah yang aku ambil dari Media Indonesia berikut ini:

Menentukan lokasi
Sebelum pergi berkemah, pertama-tama Anda harus mengumpulkan informasi mengenai lokasi camping yang relatif aman untuk anak-anak. Setelah itu, cari tahu pola cuaca di area tersebut untuk berjaga-jaga dari kemungkinan buruk.

Mendaftar barang yang dibutuhkan
Jika selama ini terbiasa bepergian menggunakan koper, saatnya untuk membongkar tas ransel dari dalam gudang dan mengisinya dengan berbagai peralatan seperti: perangkat makan dan minum dari plastik, peralatan memasak (wajan, panci, spatula), senter, lentera, kotak P3K, pisau lipat (Swiss army knife), dan korek api.

Jika tidak mau bersusah payah mengumpulkan dahan dan ranting pohon untuk membuat api demi keperluan memasak, bawa saja kompor gas kecil dari rumah. Selain itu, Anda tentu memerlukan tenda, sleeping bag, matras, dan tikar untuk digelar saat jamuan makan.

Mengecek peralatan
Pastikan Anda sudah mengetahui cara mendirikan tenda agar tidak kebingungan saat berada di lokasi nanti. Selain itu, periksa juga berbagai peralatan lain sebelum dibawa untuk memastikannya berfungsi dengan baik (misalnya senter atau lentera).

Bahan makanan
Agar lebih praktis, sebaiknya bawa bahan makanan cepat saji seperti sarden dan sup kalengan, sosis, nugget, mie instan, dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa membeli bahan makanan segar dari pasar tradisional ketika menuju ke lokasi camping.

Berpakaian nyaman
Siapkan pakaian yang nyaman untuk dikenakan selama berkemah, dan jangan lupa membawa pakaian hangat, selimut, serta jas hujan untuk berjaga-jaga terhadap cuaca dingin yang mungkin menyerang. Selain itu, kenakan sepatu atau sandal gunung yang baik untuk menemani Anda melangkahkan kaki.

Dokumentasi
Satu hal yang tidak boleh dilupakan saat liburan adalah sesi berfoto. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membawa kamera atau handycam untuk merekam memori berharga Anda bersama keluarga.

Tambahan:
Bagi teman-teman yang gemar camping, bila ada yang kurang dari yang sudah disebutkan di atas, bisa sharing di kolom komentar. Kami sendiri belum pernah camping di Qatar sini, jadi tidak bisa sharing pengalaman. Tidak kebayang bila camping disaat liburan seperti sekarang yang kebetulan pas musim panas. Bisa-bisa bawa AC dari rumah....


tags: mengisi liburan, tips berkemah, nilai-nilai dari berkemah, persiapan sebelum camping/berkemah, kegiatan yang seru dan fun, pakaian waktu berkemah, dokumentasi waktu berkemah.

16 comments:

Suara Petualang 2 July 2009 at 08:43  

ayuk..asyik banget ya bisa Family CAmping..:p

mau donk ikut...

Tukang Komen 2 July 2009 at 09:39  

Emang sekali-sekali perlu liburan nih..

kakara 2 July 2009 at 17:51  

Asyik tuh.. bisa nyanyi2 sama anak2, api ungun, dan kalau cuacanya bersahabat bisa menikmati gemerlapnya bintang..
:)

nationalinks 3 July 2009 at 04:44  

wah rame tuh camping. tapi ama keluarga saya blum pernah nih klo ma teman sih pernah

S@ndhie 3 July 2009 at 11:46  

oalahh... ni jg blognya mbak narti tho..??
baru nyadar aq...

seribahasa 3 July 2009 at 13:00  

sesekali liburan bersama keluarga amat menyeronokan. aku juga pernah sekali melakukan tapi keliling sampe 4hari lamanya. melawat sambil melihat pemandangan ditempat orang.

Macam2 Info 3 July 2009 at 15:15  

ayo berkemah...
mo tanya kenapa blog aq http://blogfata.blogspot.com gak bisa di shoutmix.com, setiap aq masukin alamat blog ku itu pasti error...please yang tau....

azarre 4 July 2009 at 19:15  

wahh... jady inget waktu pramuka dulu... hehhee... nice suggestion...

reni 5 July 2009 at 18:23  

Sependapat dengan azzarre.. Aku jadi inget pengalaman Pramuka waktu SMA dulu.

narti 6 July 2009 at 17:40  

Selain mengingatkan akan masa2 sekolah dulu, juga membuat kita lebih dekat dan mencintai alam. Terlebih buat mengenalkan ke anak-anak kita.
Buat semua teman yang sudah berkomentar, terima kasih banyak.

Lina Gustina 7 July 2009 at 12:23  

kalau campingnya di halaman belakang aja, ngga apa2 kan...

narti 10 July 2009 at 07:01  

Mbak Lina, tidak apa-apa mbak, yang penting pemahaman anak. Terima kasih.

Kontes SEO Aristia Wida Rukmi 2 August 2009 at 00:31  

Kalau kemah ama temen-temen rasanya malez! Kalau am istri ama anak2 mungkin enak ya!

Kontes SEO Aristia Wida Rukmi 2 2 August 2009 at 00:31  

Tempat yang paling ueeeeeeeeenak buat kemah dimana ya?

Post a Comment

* Terima kasih sudah berkunjung ke seputarduniaanak.blogspot.com
* Maaf, komentar ditutup

  © Seputar Dunia Anak Since February 14, 2009

Privacy Policy | Back to TOP  

Please Visit Again!