Powered by Blogger.


Tips Agar Anak Mau Memakai Kacamata Minus

>> Thursday, 19 April 2012

Beberapa hari yang lalu, seorang teman cerita bahwa anaknya kadang mengeluh jika di kelas ia kebagian tempat duduk di belakang ia tidak dapat melihat tulisan di white board. Dengan bekal keluhan anaknya ini, akhirnya pergi ke dokter buat periksa. Vonis dokter, mata si anak minus 2,5 kanan kiri. Gubrakkk....
Untung si anak juga mau memakai kacamata, terus minta dibuatin jus wortel juga. Dia memakai kacamata sebatas di dalam kelas saja, selebihnya dilepas lagi. Mungkin ada rasa malu dengan teman, atau terasa tidak enak.


Anak-anak seringkali enggan mengenakan kacamata, apalagi kacamata minus. Kalau kacamata buat gaya-gayaan (kacamata fashion) kadang malah mau. Anak enggan mengenakan kacamata minus, apalagi jika tak ada teman yang mengenakannya.

Bagaimana cara membantu anak agar mau mengenakan kacamata minusnya?
Berikut beberapa hal yang layak kita coba jika si anak tidak mau mengenakan kacamata minus:

  • Ajak anak untuk periksa ke dokter. Dengan berbekal surat dari dokter tersebut pergilah ke toko optik. Dokter akan menuliskan lensa ukuran berapa untuk si anak, misal mata kanan minus 1, mata yang kiri minus 1,5 dsb.
  • Terangkan sejelas mungkin pada anak kenapa ia harus mengenakan kacamata. Anak balita biasanya akan paham jika Anda katakan bahwa kacamata akan membantu mereka melihat lebih jelas.
  • Biarkan anak memilih sendiri frame yang mereka suka. Sodorkan beberapa pilihan frame yang memang terjangkau. Ingat, anak tak bakalan mau memakai kacamata yang tak mereka suka.
  • Pilih kacamata yang memang pas. Kacamata yang tidak pas, meski desainnya bagus, selain tak nyaman juga kurang efektif.
  • Jika memang perlu, beri anak iming-iming hadiah sebagai imbalan jika mereka mau mengenakan kacamata.
  • Jelaskan pada anak bahwa beberapa kegiatan sangat butuh kacamata, misalnya membaca. Jika anak minta Anda membacakan buku, katakan Anda hanya mau membacakan jika ia mengenakan kacamata.
  • Cari buku bacaan tentang pentingnya mengenakan kacamata. Misalnya buku bergambar anak yang mengenakan kacamata. Misalnya, Harry Potter.
  • Seringkali anak melepas kacamata setelah beberapa saat mengenakannya. Tak perlu terlalu memaksa anak agar mengenakan kacamatanya kembali. Tunggu beberapa saat, baru minta anak mengenakannya kembali.
  • Bersihkan lensa secara teratur. Lensa yang kotor tentu akan membuat penglihatan anak tak nyaman dan ia menolak mengenakannya.
  • Sebaiknya, belilah lensa dari bahan polycarbonate yang tahan gores dan lebih awet. Cek selau kondosi kacamata, termasuk baut-bautnya untuk menghindari terjatuh saat dipakai.
  • Jika Anda tak mengenakan kacamata, tak ada salahnya sesekali mengenakan kacamata “bohong-bohongan” di depan anak supaya ia mau memakai kacamatanya.
  • Jika muncul bercak merah atau rasa gatal di hidung atau pelipis, segera hubungi dokter mata Anda. 
Biasanya setelah pemakaian berapa bulan, sama dokter disuruh balik lagi (periksa), akan dilihat perkembangannya bagaimana setelah mengenakan kacamata.

Semoga bermanfaat!

8 comments:

Obat Tradisional 22 April 2012 at 09:54  

sangat bermanfaat,,,makasih atas infonya

Ferdinand 23 April 2012 at 09:32  

Yang udah gede kaya aku aja nggak mau disuruh pake kacamata Minus lha yo apalagi anak2 Mbak haha... ya biarpun kadang aku ngerasa cewe yang pake kacamata lebih keren aja diliatnya *huss ngawur, dari anak2 kok malah jadi cewe...

Obat Tradisional Infeksi saluran Kemih 24 April 2012 at 14:35  

kaca mata memang sangat perlu untuk menjaga mata kita

tono 1 May 2012 at 14:09  

dri artikel di atas memang benar,,,kaca mata perlu banget tuk melindungi mata kita

Jelly Gamat 16 May 2012 at 04:46  

memang anak-anak pasti merasa malu klo pke kcamata mins,,
v klo ank bisa memilih kcmta yg berbgai mcam bntuk & wrna,,psti akn mau , ,

edo julian 4 June 2012 at 20:22  

kacamata memang sangat di butuhkan untuk bepergian menggunakan motor, agar mata kita tidak perih saat berkendaraan.

pengobatan tradisional sinusitis 3 July 2012 at 06:27  

informasi yang sangat berguna banget buat ibu2......

Anonymous,  11 October 2012 at 08:38  

aku juga dulu waktu usia 10 tahun rada males pake kacamata,, setelah 12 tahun minusnya tambah banyak,jadi ya mau gimana lagi

Post a Comment

* Terima kasih sudah berkunjung ke seputarduniaanak.blogspot.com
* Maaf, komentar ditutup

  © Seputar Dunia Anak Since February 14, 2009

Privacy Policy | Back to TOP  

Please Visit Again!