Powered by Blogger.


Nama-nama Malaikat

>> Saturday, 6 February 2010

Setelah beberapa artikel sebelumnya tentang hal-hal yang umum, sekarang menengok sejenak hal yang satu ini. Ini jarang ditulis, jadi selain untuk mengingat kembali pelajaran ketika masih sekolah, ini merupakan tugas anak-anak.

Sifat-sifat malaikat, yaitu:
1. malaikat adalah hamba Allah SWT yang sangat patuh.
2. malaikat tidak pernah berbuat dosa.

Malaikat diciptakan oleh Allah SWT dari nur (cahaya) hanya untuk menyembah kepada Allah SWT, berbeda dengan manusia ataupun syetan.

Rasulullah s.a.w. bersabda, "Malaikat diciptakan dari cahaya, jin diciptakan dari api dan Adam diciptakan dari apa yang telah diciptakan kepada kalian"(HR. Muslim).

Berikut ini nama-nama malaikat dan tugasnya, yaitu:
1. Malaikat Jibril, bertugas menyampaikan wahyu dari Allah SWT.
2. Malaikat Mikail, bertugas memberikan dan menyampaikan rizki/rejeki.
3. Malaikat Izroil, bertugas mencabut nyawa.
4. Malaikat Isrofil, bertugas meniup sangkakala atas perintah Allah SWT dengan tiga kali tiupan. Pertama adalah tiupan keterkejutan, tiupan kedua adalah tiupan kematian dan tiupan ketiga adalah tiupan kebangkitan.
5. Malaikat Munkar, bertugas menanyakan seseorang di alam kubur mengenai segala perbuatannya semasa hidup di dunia.
6. Malaikat Nakir, bertugas sama seperti malaikat Munkar, bertanya kepada seseorang di alam kubur mengenai segala perbuatannya semasa hidup di dunia.

"Tatkala orang yang mati telah dikubur, datanglah kepadanya dua malaikat yang hitam kebiruan, salah satu diantara keduanya dinamakan Munkar dan yang lainnya dinamakan Nakir"(HR. at Tirmidzi ).

7. Malaikat Rokib, bertugas mencatat segala amal kebajikan atau perbuatan baik seseorang.
8. Malaikat Atid, bertugas mencatat segala perbuatan buruk/dosa/keji dari seseorang.
9. Malaikat Malik, bertugas menjaga neraka.
10. Malaikat Ridwan, bertugas menjaga syurga.

Tambahan nama-nama malaikat berdasarkan kitab suci Alquran :
* Malaikat zabaniyah / zabaniah : 19 malaikat penyiksa dalam neraka.

* Humalatur arsy : 4 malaikat pembawa Arsy Allah SWT.

* Harut dan Marut
Keduanya termasuk malaikat yang namanya tertulis di dalam al Qur'an.
Allah SWT berfirman, "Padahal Sulaiman tidak kafir (mengerjakan sihir), hanya syaithan-syaithan itulah yang kafir (mengerjakan sihir). Mereka mengajarkan sihir kepada manusia dan apa yang diturunkan kepada dua malaikat di negeri Babil, yaitu Harut dan Marut"(QS. Al Baqarah : 102).

* Ar Ra'd, malaikat ini bertugas mengatur awan.
Ibnu Abbas radliya-lLahu anhu (RA) berkata, "Orang-orang Yahudi datang menemui Nabi, lalu mereka bertanya, 'Wahai Abul Qasim, kami akan bertanya kepadamu tentang beberapa hal. Jika engkau menjawabnya maka kami akan mengikuti, mempercayai dan beriman kepadamu'. Mereka bertanya, beritahukan kepada kami tentang ar Ra'd, apakah itu ?'. Beliau menjawab, 'Salah satu malaikat yang diserahi tugas untuk mengatur awan'"(HR. an Nasai).

Itulah tadi nama-nama malaikat yang perlu kita ketahui, apabila ada kekeliruan mohon beri masukan.

Maaf artikel diedit, dengan tambahan sebagai berikut:
* Untuk sifat malaikat yang lain silakan google sendiri.
* Malaikat penjaga langit ada 7, Allah menciptakannya sebelum Dia menciptakan bumi dan langit.

Mudah-mudahan bermanfaat!

tags: nama-nama malaikat, nama malaikat dan tugasnya, sifat malaikat, nama malaikat dalam Al-Quran.

19 comments:

Rock 7 February 2010 00:17  

Artikel yang sangat bermanfaat...

nuansa pena 7 February 2010 07:34  

Selingan religi, sip! Ijin copy untuk anak-anakku!

richo 7 February 2010 08:58  

wah aku sangat perlu nih.... soalnya aku ga gt tau, dulu ga pernah nyimak kalo pas sekolah... mantap grak deh

Seti@wan Dirgant@Ra 7 February 2010 09:47  

Artikel yang sangat berguna,..
banyak siswa saya kalau ditanya tentang hal ini malah bengong...
makasih banyak.

genial 7 February 2010 11:10  

jadi sering mikir nii akhir akhir ini saiia nya :(

waroeng coffee 7 February 2010 12:27  

dulu waktu sd hapal nama2 malaikat sekarang mah dah lupa sama sekali he22 untung ada postingan ini :) tq dah berbagi :)

sendal jepit 7 February 2010 15:31  

artikelnya sangat bagus mbak, kita yang dewasa gini aja bisa2 gak ingat ama nama-nama malaikat, eh.. nama2 malaikat penjaga langit ke 1 ampe langit ke 7 siapa aja yah ?

Rossy R 7 February 2010 17:37  

Subhanallah... sungguh malaikat Jabaniah itu berwajah seram dan tidak pernah tersenyum..

ocy 7 February 2010 19:16  

baru tau ne,,
info bgus tu,,
salam kenal

del 7 February 2010 19:20  

maha suci ALLAH swt dengan segala firmannya

☼►100ABC Blog◄☼ 8 February 2010 01:29  

Saya kira malaikat pembawa Arsy sebanyak tujuh ternyata hanya empat ya Mbak...
Salam kenal, artikel yang bermanfaat

Kang Sugeng 8 February 2010 04:45  

Sip Bu.. tengkyu. Saya bookmark ya biar nanti anak2 saya yg mbaca.

ian 8 February 2010 04:58  

nambah ilmu pagi2 :) , jadi tau nama malaikat yg lain dlm al-qur'an :)

phonank 8 February 2010 05:47  

Jumlah malaikat itu Banyak yah,

Tapi yang wajib kita tahu ada 10...

kalau saja disebutin semua malaikat yang diciptakan oleh Allah... kira-kira berapa yah..??

adakah jutaan malaikat..??
Subhanallah...

haximsjavascript:void(0) 8 February 2010 06:46  

sip... yang gini nich udah jarang di internet.... teruskan mas / mbak ....

findya 8 February 2010 07:32  

makasih yach ...........tulisan ini sangat membantu , karena anak saya yang di TKA , harus menghapal 10 Malaikat dan tugasnya , sedang kan saya takut salah nama malaikat dan tugasnya

thank's
budi

Anonymous,  29 November 2011 16:51  

dulu ingat... sekarang dah lupe... alhamdullillah dah ingat balik... moga x luput dari ingatan... amin~~~

Liauw Wang Zi 12 April 2012 19:51  

http://id.wikipedia.org/wiki/Malaikat

Anonymous,  28 July 2012 01:11  

Alhamdulillah manfaat, saya sdh lupa krn belajar & menghafal ini saat SD. Ketemu artikel ini saat ditanya anak dpt tugas sekolah. Trimakasih...

Post a Comment

* Terima kasih sudah berkunjung ke seputarduniaanak.blogspot.com
* Maaf, komentar ditutup

  © Seputar Dunia Anak Since February 14, 2009

Privacy Policy | Back to TOP  

Please Visit Again!