Powered by Blogger.


Memasak Bersama Anak? Asyik Saja....

>> Monday, 6 July 2009

Untuk mengisi liburan yang panjang tak semuanya harus diisi dengan kegiatan outdoor. Kegiatan indoor-pun bisa dilakukan untuk mengisi liburan kali ini. Misalnya dengan memasak bersama anak. Ini bermanfaat juga buat menghilangkan kejenuhan mama yang tiap hari memasak. Selain bisa mengenalkan ragam kuliner kita, mereka juga dilatih kerja sama. Mulailah mengenalkan dengan hal-hal yang sederhana seperti nama-nama bumbu dapur atau nama masakan.



Lakukan secara perlahan-lahan, misalnya sambil bercerita. Misalnya, mengapa masakan Padang banyak yang menggunakan santan. Karena jaman dulu orang Padang ketika membuka pintu, mesti melihat pohon kelapa dan mereka sengaja memanfaatkan buah kelapa untuk menambah cita rasa pada masakan. Atau mengenalkan jenis masakan berasal darimana misalnya, masakan gudeg adalah masakan dari Yogyakarta, dan sebagainya. Perlu ketekunan orang tua dalam mengajarkan hal ini.

Mengajarkan anak memasak bisa dimulai dengan mengenalkan alat-alat yang diperlukan, juga bahan-bahan dasar. Orang tua harus tetap mengawasi agar anak fokus dan tercipta suasana yang menyenangkan.
Jangan lupa berikan pujian kepada mereka bila masakannya enak.

Saat membuat kue kering misalnya, biarkan anak-anak berkreasi sendiri. Biarkan mereka mencetak dengan bentuk-bentuk yang mereka sukai. Biarkan mereka berkreasi menghiasnya juga, dengan diberi permen warna-warni misalnya.

Mengajari memasak bisa dimulai di usia sekitar 4-5 tahun, tentu dengan pengawasan orang tua. Seperti gambar diatas, si adik umurnya baru 2 tahun, tapi senang juga kalau ke dapur. Tetapi belum mengerti misalnya diberi tahu, ini namanya apa, masakan dari mana. Seiring bertambahnya usia, mereka akan mengerti.
Perlu diperhatikan, jangan dipaksakan bila anak tidak berminat.

Semoga bermanfaat.


tags: memasak bersama anak, mengenalkan kuliner kepada anak, mengisi liburan anak, melatih kerja sama dengan anak.

31 comments:

kakara 7 July 2009 at 09:20  

hmm.. nice tips .. anak2 mulai dikenalkan sejak dini.. :)

buwel 7 July 2009 at 09:31  

wahhhhhh keren...ntar kalo aku punya anak nggak akan memaksakan kehendaknya wes....

mas icang 7 July 2009 at 10:10  

hehee.. masek bareng anak apa bikin sampah bareng anak bu? hehehee

Lina Gustina 7 July 2009 at 12:20  

kegiatan bermain yang kreatif nih...

azarre 7 July 2009 at 17:48  

Wahh bagus banget aktivitas begini. Anak akan merasa dekat dengan ortu nya... cipp...

genial 7 July 2009 at 20:23  

huuu aQ suka santannya masakan padang, padahal aQ nii wong jowo totok... wong jowo abis2n...

sepertinya ada yg lupa sama award nya iia?!?!?!

genial 8 July 2009 at 20:00  

huaa mba' Narti ternyata bener2 uda ngelupain saiiaaaa :((

narti 9 July 2009 at 06:25  

Buat semua teman yang sudah berkomentar, terima kasih banyak.
Buat sobat genial, maaf kalau awardnya kelupaan ya.

Suara Petualang 9 July 2009 at 06:54  

wah...
kapan ya aku bisa masak bersama anak2 ku..
hehehhehe...
maklum lah, belum merid mbak...:)
tapi tips nya pasti dipake kok nanti...

Keep Up2Date ya....

narti 9 July 2009 at 07:10  

@ Suara Petualang, belum merried ya? kapan? ditunggu kabar bahagianya nih...terima kasih.

Seputar Law of Attraction 9 July 2009 at 08:27  

semoga masakannya semakin lezat

reni 9 July 2009 at 18:04  

Aku juga pernah memasak bersama Shasa. Ternyata asyik juga... :)

narti 10 July 2009 at 07:07  

@ Seputar Law of Attraction, iya dong...
@ Mbak Reni, iya mbak, mesti ada momen yang tak terlupakan ya...

arienta 27 July 2011 at 04:18  

paling seneng deh kalo anak anak diajak masak selain itu kita dpt mengajarakan makanan yg bermanfaat dan berguna bagi mereka

susan 27 July 2011 at 04:55  

anakku cowo tp sukanya makan dan pengennya ikutan masak ...saking doyannya makan sampai saya cegah agar ga jd kegendutan

irene 27 July 2011 at 05:00  

anakku suka masak spt puding terus cemilan cemilan gitu deh tp gpp drpd dia suka ngemil yg banyak msg atau ada gula tambahannya bisa bahaya

livina 27 July 2011 at 08:52  

anakku paling suka kalo aku bikin kue...dia bantu bentuk"nya n katanya si skalian belajar motorik tangannya juga....kalo aku si lebi mentingin bikin cemilan sendiri drmh drpd harus jajan dluar yg ga karuan campurannya skrg

Maria 27 July 2011 at 08:58  

Iya memasak sama anak..repot tapi nyenengin.
bisa membuat anakku makan sayur jg krn itu..kan dy ikut nyiapin

Mayang,  27 July 2011 at 09:07  

Terima kasih yah tips nya,
dengan masak bersama saya bisa membuat anakku makan makanan yang biasanya dia anti...hehehe

debby 27 July 2011 at 09:07  

walopun sukanya ngeberantakin tapi aku suka masak sama anakku, soalnya makannya jd lahap bgt....

Ogin,  27 July 2011 at 09:17  

biasanya saya suka buat kue sama anakku.
dengan begitu saya bisa mengajarkan makanan yang sehat dan yang tidak
seperti gula kalau terlalu banyak bisa membaut gemuk, atau penyedap rasa bisa dibuat sendiri, lebih baik dan bersih

sheila 27 July 2011 at 09:55  

bener emang, anak juga lebih semangat makannya karna dia bisa cerita klo itu dia yg masak bareng ibu, hehhe...jd bangga juga dia. Jd bisa kasih tau juga mana yg boleh dimakan & mana yg ga boleh banyak2 dimakannya

going 27 July 2011 at 09:58  

seru juga kali yah msk bareng anak, blm pernah coba sih abis takut anak kena pisau, minyak, dll..., tp kayaknya memang perlu dicoba, sekalian kasih tau anak harus banyak makan sayur & buah dr pada ngemil ga jelas

Maya 27 July 2011 at 11:13  

lucu bgt emang kalo punya anak perempuan trus seneng masak2an.. sekalian ajarin mereka pilih makanan sehat dan bersih

Winnie 27 July 2011 at 11:20  

ih lucu ya, tp anakku baru 10 bulan, bs kacau kalo diajak masak.. hiaha..

sandra 27 July 2011 at 11:28  

masak bareng anak selain ngajarin mereka pinter, jg bs atur pola asupan makanan mereka loh bun, jd ga banyak jajan..

laura 27 July 2011 at 12:46  

masak bersama si kecil memang menyenangka namun kadang suka membahayakan si kecil dan juga nanti nya repot sekali dalam pembersihannya. tapi seru juga sih. boleh lah seminggu sekali..

Mulyani 27 July 2011 at 12:55  

saat memasak dengan anak selain untuk mengasah motoriknya juga bisa lebih mendekatkan ibu dengan anak..sebaiknya saat memasak bareng,anak juga diajarkan mengenai makanan yg sehat,agar ia dapat menerapkan pola makan sehat nantinya..

prudence 27 July 2011 at 13:11  

belum pernah masak bersama anak, baisanya kalau aku lagi masak malah aku minta anakku nonton atau main saja, takutnya bahaya buat sikecil.

lia mauren 27 July 2011 at 13:58  

seru juga yah masak bareng anak..mungkin dengan masak bareng, anak akan lebih tertarik untuk menyantapnya dan akan lebih menghargai makanan..

reny dorothi 27 July 2011 at 14:05  

asiki nih masak bareng buah hati, sekalian bisa ajarin mereka kalau terlalu banyak makan yang manis2 itu ga boleh karena dapat mengkibatkan obesitas.

Post a Comment

* Terima kasih sudah berkunjung ke seputarduniaanak.blogspot.com
* Maaf, komentar ditutup

  © Seputar Dunia Anak Since February 14, 2009

Privacy Policy | Back to TOP  

Please Visit Again!