Powered by Blogger.


Cemilan Sehat Untuk Si Kecil

>> Sunday, 11 April 2010

Usia balita merupakan masa tumbuh kembang anak. Pertumbuhan di usia ini akan sangat mempengaruhi kualitas manusia ketika remaja dan dewasa. Karena itu, gizi makanan sangat penting untuk anak balita, terutama terhadap pertumbuhan sel otak. Jadi perlu diperhatikan agar sel otak dapat tumbuh sempurna, yang menjadi dasar kecerdasan.

Penting bagi orangtua untuk memberikan makanan beraneka ragam kepada anak sejak anak usia 6 bulan. Aneka ragam bahan makanan tersebut terdiri dari:

1. Sumber tenaga: nasi, roti, mie, tepung-tepungan, singkong, kentang, ubi, dan lainnya. Diperlukan untuk menunjang aktivitas anak seperti bergerak, berlari, bermain, dan sebagainya.

2. Sumber zat pembangun: daging, ikan, susu, ati, ayam, tahu, tempe, dan kacang-kacangan. Diperlukan untuk pembentukan berbagai jaringan tubuh baru seperti pembentukan gigi, tulang, dan lainnya.

3. Sumber zat pengatur: vitamin dan mineral. Vitamin yang utama ialah A, D, E, K, B, C, dan masih banyak lagi. Sementara mineral, yaitu zat besi, kalsium, dan lainnya untuk mengatur proses metabolisme dan pertumbuhan tubuh.

Yang juga penting ialah makanan selingan, jajanan yang diberikan di antara waktu makan. Makanan selingan bisa membantu seandainya anak tak cukup porsi makannya disebabkan anak susah makan. Tapi, pemberian berlebihan pada makanan selingan pun tak baik, karena mengganggu nafsu makan pada saat makan utamanya.

Makanan selingan berfungsi untuk memperkenalkan aneka jenis bahan makanan yang terdapat dalam makanan selingan, dan melengkapi zat-zat gizi yang mungkin kurang pada makanan pagi, siang, dan malam. Juga, mengisi kekurangan kalori akibat banyaknya aktivitas anak di usia balita dan dapat berfungsi untuk mengatasi anak rewel.

Pilih makanan selingan dengan porsi cukup yang mengandung sumber tenaga, zat pembangun, dan zat pengatur. Contoh: arem-arem isi daging sayuran, tahu isi daging dan sayuran, mie goreng/rebus dicampur udang dan sayuran, siomay, dan sebagainya.

Makanan selingan yang terdiri dari sumber kalori saja seperti gula dan tepung, misalnya permen, es sirup, manisan, coklat, dan lainnya, merupakan makanan selingan yang tak sehat. Sebab, akan mengganggu nafsu makan dan merusak gigi. Selain itu, kecenderungan makan makanan manis sejak kecil akan dibawa sampai dewasa, yang akan berpengaruh pada kesehatan tubuh.

Ingat, makanan selingan diberikan dua kali, antara jam 9.00-10.00 dan jam 15.00-16.00.

Sumber tabloid Nakita.
Mudah-mudahan bermanfaat!

tags: cemilan bagi anak, cemilan yang baik untuk anak, kapan cemilan diberikan, manfaat anak diberikan cemilan, jam berapa cemilan sebaiknya diberikan, contoh cemilan untuk anak.

Baca juga:
Tahap-tahap pertumbuhan dan perkembangan anak.
Informasi dan tips mengenai makan.
Jadwal pemberian makanan bayi.

69 comments:

Rock 11 April 2010 07:09  

Bener banget mbak, gizi makanan waktu masih kecil memang berpengaruh ketika sudah besar...
Makasih untuk tipsnya...

Sou Stalker 11 April 2010 07:13  

okeh,thanks bgt tipsnya mbak ! doain aja supaya saya cepat merid n punya anak . .
( jiaaah,ni komen apa minta doa ? )
hahaha. .
met weekend mbak.

inge / cyber dreamer 11 April 2010 07:23  

thx 4 share...

gizi selama masa pertumbuhan memang penting ya mba'...

happy sunday ^^

informasi peternakan ayam 11 April 2010 10:12  

sangat membantu untuk pertumbuhan dan kecerdasan si anak tentunya... makasih mba info nya... :)

salam hangat untuk anak indonesia

Dunia Anak Kita 11 April 2010 12:04  

Anak yang sehat perlu asupan gizi yang sehat pula, trims sudah berbagi tips yang bermanfaat, salam.

TKSK Ponorogo 11 April 2010 15:48  

makasih mbak atas infonya kebenaeran anak baru umur 2 tahun

Lowongan Kerja 11 April 2010 16:15  

wah... ulasannya bagus, sangat detail. makasi udah berbagi:)

Mobil Bekas 11 April 2010 16:15  

infonya bagus, makasi ya

Infophone-kdr 11 April 2010 16:32  

Wach makasih tipsnya mbak Narti,gizi emang sangat penting bagi pertumbuhan anak dan sangat bermanfaat untuk kecerdasan anak...:D

kakara 11 April 2010 21:25  

Sehat untuk si kecil, sehat juga khan buat bapaknya.. he2
TFS mba.

Ello Aristhosiyoga 11 April 2010 22:54  

Cemilan, yang menyehatkan...

Blogger puisi 12 April 2010 07:14  

Kira2 malah bs bkin gendut gak ya kalo anak di ksh cemilan...salam knal dan mkasi udah brkunjung

arisbudi10 12 April 2010 08:56  

Sayang, aku belum punya anak, hehehe... :)

Seti@wan Dirgant@Ra 12 April 2010 12:21  

Cemilan buat si Kecil, memang harus senantiasa di kontrol, karena biasanya kalau keseringan makan makanan cemilan malah nggak mau lagi makan nasi...

kang tejo 12 April 2010 17:53  

saya g sempat nyicipi makanan kayak gitu hiks..paling gedang goreng

Kang Sugeng 12 April 2010 18:56  

wuaaaaah... arem-arem itu makanan favorit saya juga Mbak.

Rchymera 13 April 2010 00:27  

Wach pasti enak nich makanan selain bgs buat anak mungkin bapaknya juga suka tuch mbak hehehe...:D

moenas 13 April 2010 06:19  

wahhhh jadi kepengen makan neh,.,.,
tar klo dah pny momongan dikasih gini2an deh

antok 13 April 2010 07:31  

asupan gizi waktu masa pertumbuhan emng bener2 harus
dicermati yaw sda
thanks

darahbiroe 13 April 2010 07:31  

wahhh lengkap yaw
dapat smua
sumber tenaga, protein, dlll
thanks tipz na
:D

NURA 13 April 2010 08:06  

salam sobat
wah cemilan sehat,,mau mba,,
untuk kedua anak saya agar sel otak tumbuh sempurna.

Alrezamittariq 14 April 2010 07:11  

sangat bermanfaat mbak...
tapi blm s aplikasi, karena blm diamanahkan anak ni mbak..hehehe

secangkir teh dan sekerat roti 14 April 2010 07:35  

ngomng - ngomong disini belum ada tuh yang namanya "si kecil" hehehe

Edwin's Personal Blog 14 April 2010 15:19  

Kita perlu memperhatikan makanan sehat untuk anak kita. Masa pertumbuhan anak adalah masa kritis...

Rahad 2 Six 14 April 2010 17:23  

gizi emang sangat dibutuhkan banget buat si kecil...
entar kalo aku udah punya anak mau tak kasi gizi yang cukup ah (masih lama banget)

♥ria♥ 15 April 2010 10:26  

kayaknya enak nih
boleh nie kapan2 aku coba :D

ridwan 15 April 2010 12:34  

susah menerapkan jajanan sehat anak karena ndak kita langsung yang handle anak2 :(

Bunglon Blog 15 April 2010 16:03  

wah lezat sekali sepertinya
memang kebutuhan gizi harus lebih diperhatikan sejak dini ini demi kebaikan dan pertumbuhan si kecil..
Sukses Slalu!

pojok newbie 16 April 2010 18:11  

salam kenal. wah bermanfaat sekali buat anak saya nich.

Rizky2009 18 April 2010 17:47  

bolehlah camilan ini aq kasihkan ke keponakan q

panduan-sehatmu 18 April 2010 18:28  

thank's infonya..
kunjungan..

Gema 29 April 2010 10:50  

Pastinya bermanfaat info ini, anak saya baru 2 Tahun, harus mulai dikenalin macam2 makanan neh

furniture minimalis 4 June 2010 05:13  

thanks atas tipsnya. cukup berguna buat saya.

susan 22 April 2011 21:12  

bener ya kalo kebanyakan makanan junk food bisa berakibat kegemukan yg tidak sehat begitupun minum yang manis begitu juga minuman biasa ataupun susu jangan terlalu yang manis

ceuwida 23 April 2011 05:01  

maka dari itu anak anak jamgan diberikan makanan atau mengkonsumsiyang terlalu manis atau mengandung zat gula yang banyak

jenny 23 April 2011 05:13  

memang lebih baik kita memberikan anak cemilan yang sehat dan klpun memberikan susupun yang jangan terlalu maniss krn sekrang banyak susu yang mengandung zat pemanis yang tinggi

aprilian nilaya 26 April 2011 16:56  

trims atas infonya.. sekarang ini benar2 harus hati2 dlm memberikan si kecil camilan, kasus obesitas semakin marak :(

Flowery 26 April 2011 17:15  

pemanis yang berlebihan apa bisa mengakibatkan obesitas pada si kecil?

ticka,  26 April 2011 17:55  

untung ada artikel ini yah..
bisa buat tambahan cemilan anakku nih...
harus cari cemilan sehat nih.. soalnya kan sekarang banyak cemilan yang gak sehat.. bisa2 kegemukan atau jadi sakit deh..

irene 26 April 2011 18:28  

kasihan juga ya kalo anak kita menjd obesitas itu scr tidak lsg bisa mjd dampak psikologis anak yg menjdai minder

arienta 26 April 2011 18:37  

para orangtua harusnya bisa memberikan makanan yang bervariasi dan tentunya tidk mengandung gula yg dpt menebabkan diabetes

atiek 26 April 2011 19:04  

cemilan yang sehat banget ...sebagai orangtua kita hrs menyediakan makanan yg sehat dan tidak terlalu banyak memberikan makanan yg tdk sehat spt junk food misalnya

susan 26 April 2011 19:09  

pengalaman saya sie saya selalu memberikan cemilan sehat yang mengandung nutrisi dan banyak vit seperti sayur dan buah buahan...

mamadimas 26 April 2011 21:42  

Iya cemilan buat anak2 sesekali gak apa, asal jgn berlebihan ya, kasihan kalo anak kecil terlalu sering ngemil malah bisa menyebabkan obesitas. Kita sbg ortu hrs bisa jaga pola makan anak dan disiplin. Gak boleh2 jajan2. Lebih kita masak sendiri buat anak. Lebih aman. Minum susu nya pun gak boleh terlalu sering. Dan susunya kl bisa yg kadar gulanya rendah

Momogi 24 May 2011 06:00  

Terima kasih banyak untuk informasinya :)

r3no 22 June 2011 08:21  

hati hati dan telita ya kadar gula tambhan pada susu atau cemilan pd anak....

bianda 22 June 2011 09:34  

enaknya, aku coba buat ah.
camilan anak memang gak blh smbrgn yah.yang ada malah tanpa nutrisi.
tapi juga gak boleh terlalu manis yah. klo kebanyakan gula bisa2 obesitas deh ^^

vgmerry 22 June 2011 09:48  

pola makan anak emang harus dijaga sejak dini, agar terbawa sampe kelak dewasa. Jauhi makanan yg mengandung zat kimia, zat pewarna, zat gula tambahan....

clara 22 June 2011 09:50  

di kluarga suamiku ada riwayat diabetes, makanya aku jaga bgt pola makan di keluarga agar jauh dr diabetes, susu anakku juga aku pakai yg no added sugar seperti anmum essential

Adinda,  22 June 2011 09:52  

@ Reno
iya2..aku juga nih...udah mulai aware sama gula tambahan itu.
ternyata gak ada nutrisinya yah...waduh, jadinya malah bikin gemuk donk

sheila 22 June 2011 09:52  

Klo da urusan jajan,,,,capek ngelarang anak ga boleh makan ini, ga boleh makan itu. Dibawain bekal juga masih ikut2an temannya jajan, makanya gw kasih anakku susu yg tidak mengandung gula tambahan, paling ga susunya aman lah, tgl jaga makanan yg lain

livina 22 June 2011 10:05  

cemilan sehat utk anak lebi baik kita bikin sendiri pabila ingin manis lebi baik kasi pemanis alami dari buah dan susu krn klo pake gula tambahan bahaya buat masa depannya bisa obesitas atau diabetes

livina 22 June 2011 10:06  

cemilan sehat utk anak lebi baik kita bikin sendiri pabila ingin manis lebi baik kasi pemanis alami dari buah dan susu krn klo pake gula tambahan bahaya buat masa depannya bisa obesitas atau diabetes

kristal,  22 June 2011 10:06  

makasih yah buat artikelnya. suka bingung mo ngasih cemilan apa untuk anak. mesti sering cari2 resep ^^
@r3no stuju, cemilan bahkan susu banyak yang pakai gula tambahan yah..padahal gak sehat tuh..mesti cari yang no added sugar tuh...malah nantinya jadi obesitas

linda,  22 June 2011 10:26  

berikan anak cemilan yg sehat,jangan yg terlalu manis..agar tidak merusak nafsu makannya dan kesehatannya terjaga..
karena gula tambahan itu bisa menyebabkan obesitas dan diabetes..

atiek 22 June 2011 11:07  

memang benar kl anak kita dlm susunya udh mengandung kadar gula yg tinggi bisa mengakibatkan obesitas lho....

nita,  22 June 2011 11:38  

harus pinter2 nih nyari cemilan untuk si kecil.. jangan sampe malah cemilan bisa bikin gendut si kecil.. kl dah terlanjur gendut kan jadi lebih susah dietnya.. :D

nyitnyit,  22 June 2011 11:42  

yang pasti jangan yang terlalu manis tuh kalo mo ngasih cemilan.. kl ketagihan.. yg ada makanin manis2 mulu.. jadi diabetes tuh... cari cemilan yang kalo bisa gak ada gula tambahannya..

puput 22 June 2011 13:36  

harus teliti lho liat kandungan gula pada susu anak, bahaya kl susunya ada added sugarnya bs obesitas

bimbim 22 June 2011 13:39  

aku masak sendiri smua makanan buat anak ku sampe cemilannya juga lohh... biar aku ga khwtr sm asupan gizinya,, susunya yg no added sugar pasti

marilyn,  22 June 2011 15:15  

kalau bikin cemilan untuk anak itu sebaiknya gulanya tidak terlalu banyak..agar anak tidak terbiasa makan/minum yg manis2..dan agar kesehatan gigi anak terjaga..

yani,  22 June 2011 15:20  

dalam resep cemilan untuk anak,terkadang sering ditambahkan susu sebagai campurannya..sebaiknya pilih susu yg tanpa gula tambahan,agar konsumsi gula anak tidak berlebih..

lia mauren 22 June 2011 17:01  

iya loh bun skrg hmpr semua mknan itu ada kndgn gula tmbhnnya, makanya kita hrs teliti sekali dalam memilih cemilan2 untuk anak kita yahh..

reny dorothi 22 June 2011 17:20  

apalagi urusan susu bun, jangan sampe salah pilih susu yg bnyk kandungan gula tambahannya,..karena bisa menyebabkan anak menjadi obesitas, diabetas juga bun..

Maya 22 June 2011 18:10  

wah kedemenan gw bgt tuh es sirup sm cokelat yg nurun ke anak gw.. emang bahaya sih mknya sebisa mungkin imbangin dgn susu formula yg tanpa gula tambahan deh!

Rara 22 June 2011 18:15  

iya hati2 kadar gula berlebih pd anak berpotensi besar thdp diabetes dan jantung..

sifa,  6 September 2011 10:27  

syukron atas infonya,,,jd nambah pengetahuan nieh...

Anonymous,  6 October 2011 12:33  

makasih infonya....sangat bermanfaat nih

baju batik wanita 13 February 2012 05:37  

anak saya skr menginjak usia 6 bulan. pas banget dg info yang agan berikan. makasih.

Post a Comment

* Terima kasih sudah berkunjung ke seputarduniaanak.blogspot.com
* Maaf, komentar ditutup

  © Seputar Dunia Anak Since February 14, 2009

Privacy Policy | Back to TOP  

Please Visit Again!