Powered by Blogger.


Jumlah Jam Tidur Anak Usia 0-12 Bulan

>> Monday, 17 October 2011

Berapa jumlah jam tidur anak yang baik? Sebaiknya, anak-anak tidur berapa jam dalam sehari?
Jumlah jam tidur anak usia 0-12 bulan dalam sehari bisa Anda lihat pada tabel berikut ini:

Daftar waktu tidur anak dalam sehari

Dari daftar di atas bisa dilihat bahwa anak usia 0-1 bulan dalam sehari waktu tidurnya kurang lebih 16 jam. Jadi jangan heran bila si baby koq tidur terus ya? Tidak apa-apa, itu masih normal.
Seiring waktu berjalan, jumlah jam tidurnya akan berkurang. Karena anak juga tumbuh dan berkembang, belajar hal-hal baru dari orang tuanya, dari sekelilingnya, dsb. Waktu tidur berkurang juga karena si baby sudah mulai ada aktifitas, misalnya waktunya makan, waktunya bermain, dll.

Bagaimana caranya agar tidur si kecil berkualitas?

1. Perhatikan kenyamanan ruang tidurnya.
Pastikan ventilasinya baik, pencahayaannya pas tidak kelewat terang ataupun gelap, tidak berisik, dan suhunya tidak terlalu dingin ataupun panas.

2. Biasakan waktu tidurnya secara teratur.
Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengajarinya bahwa malam hari adalah waktu tidur. Caranya, biasakan menyusui dan mengganti popok dengan penerangan redup di malam hari. Selain itu, jangan mengajaknya bermain usai mengganti popoknya yang basah. Setelah selesai, baringkan saja dan ajak ia kembali tidur.

Bagaimana jika si kecil atau si baby kurang tidur dalam sehari?
Bayi yang selalu kurang tidur tentu akan mengalami dampak merugikan pada pertumbuhan dan perkembangannya. Pertumbuhan hormon dan sel-sel tubuhnya juga terganggu sehingga akan menurunkan daya tahan tubuhnya. Kadar sel darah putih dalam tubuh akan menurun, padahal sel darah putih menentukan efektivitas sistem daya tahan tubuh. Akibatnya, si kecil jadi gampang sakit. Secara emosional, bayi yang kurang tidur biasanya juga rewel. Hal ini tentu ini akan merepotkan orangtuanya.

Semoga bermanfaat!

Baca artikel seputar tidur anak yang lainnya:
Kaitan antara tidur dan kecerdasan anak
Beberapa pertanyaan seputar tidur anak
Tahap-tahap pertumbuhan dan perkembangan anak

9 comments:

Taman Buah Hati 17 October 2011 14:01  

iya bunda..
Biasanya..berdasarkan pengalaman..klo si kecil kurang tidur malah jadi rewel

happy father day 17 October 2011 18:50  

pengetahuan bru nih?? mksih yah..

fb 18 October 2011 19:39  

Tapi kalo anak kebanykan tidur gimana ya?.. apa ada sakit atau apa ya

narti 18 October 2011 19:56  

@ fb, baby/anak kecil yang banyak tidur selagi masih normal mah gakpapa.
Kalau ia sakit, mesti tidurnya tidak nyenyak, dia akan merengek, manangis, dsb.

Sadako Kenzhi 21 October 2011 04:15  

wah, harus saya ingat2 neh. pantes kalau masih umur beberapa bulan bayi pules banget boboknya >.<

NURA 21 October 2011 06:17  

ass
kalau pules tidurnya berarti si anak sehat
sip mba masukan buat para calon ibu.

Boku no Blog 22 October 2011 06:03  

Wah bisa buat referensi nich,
Terimakasih sharenya

r10 24 October 2011 10:02  

tidur 13-16 jam tapi kalau nangis terus tiap hari, sampai sang ibu ga bisa tidur gimana tuh?

ibunya kan juga butuh tidur :D

sava,  27 November 2012 16:14  

kurang tidur klau gak sakit,basah popoknya,pup,biasanya lapar baby nya kasih asi makan terbaik didunia selama usia baby 0-2 thn klau alternatif lainnya makanan,susu formula,bisa saja udara lagi panas,

Post a Comment

* Terima kasih sudah berkunjung ke seputarduniaanak.blogspot.com
* Maaf, komentar ditutup

  © Seputar Dunia Anak Since February 14, 2009

Privacy Policy | Back to TOP  

Please Visit Again!