Powered by Blogger.


Konsumsi Buah Di Saat Buka Dan Sahur

>> Wednesday, 9 September 2009

Saat menjalankan ibadah puasa, kadang timbul beberapa masalah, seperti muncul bau mulut tak sedap. Penyebabnya adalah adanya bakteri yang bersarang di mulut akibat mulut dibiarkan kering berjam-jam lamanya, mulut tidak melakukan aktifitas seperti hari biasa.

Agar terhindar dari bau mulut saat puasa, sebaiknya perbanyaklah konsumsi makanan dalam bentuk cair, seperti sop/sup (sayuran lainnya yang berkuah) dan minum jus. Cara lainnya adalah menghidari makanan yang dapat menimbulkan bau mulut, seperti petai dan jengkol. Dan yang tak kalah penting adalah rajin menggosok gigi, setelah sahur, setelah buka puasa dan sebelum tidur.


Buah-buahan yang bagus dikonsumsi, misalnya:
* apel, dapat mengurangi nafsu makan, mengendalikan tekanan dan kadar gula darah, serta membersihkan racun dalam usus.
* kurma, sebagai penambah tenaga karena kandungan gula dalam kurma cukup tinggi. Juga mengandung kalium, magnesium, potasium dan karbohidrat yang baik untuk tubuh.
* mangga dan pepaya, mengandung karbohidrat serta enzim yang di perlukan tubuh.
* semangka, melon , jeruk, dengan kandungan airnya yang tinggi juga bagus untuk tubuh.

Khasiat mengkonsumsi buah-buahan adalah untuk menjaga daya tahan tubuh seseorang. Perhatikan pula asupan karbohidrat, protein dan zat-zat lain yang diperlukan tubuh. Konsumsilah secara seimbang. Di saat berpuasa sebaiknya tetap melakukan aktifitas, melakukan olah raga ringan seperti jalan kaki atau senam ringan. Dan harus cukup minum air agar tidak kekurangan saat berpuasa.

Bagaimana mengkonsumsi buah-buahan saat buka dan sahur?
Menurut para ahli, di saat berbuka puasa sebaiknya makan buah-buahan dalam bentuk jus.

Bukankah makan buah-buahan lebih baik dalam bentuk potongan?
Iya , betul, tapi di saat buka puasa sebaiknya makan buah dalam bentuk jus agar zat gula darah yang hilang selama seharian berpuasa segera tergantikan. Untuk waktu sahur, makanan buah-buahan dalam bentuk potongan buah seperti biasa.

Disaat sahur, makanlah makanan yang lambat dicerna dan tinggi serat sehingga menunda lapar lebih lama. Makanan yang berserat membuat proses penyerapan glukosa menjadi lebih lambat. Dengan mengonsumsi buah disaat buka dan sahur, akan membantu asupan cairan sehingga mencegah dehidrasi saat berpuasa.

Catatan:
Diambil dari berbagai sumber.


tags: mencegah bau mulut saat berpuasa, cara mengkomsumsi buah di saat buka dan sahur, buah-buahan untuk sahur dan buka puasa, manfaat buah-buahan bagi tubuh, kegunaan macam-macam buah bagi tubuh.


41 comments:

kreatips 9 September 2009 at 10:09  

sayang ngga ada yang jual es buah pas sahur ...

Ica 9 September 2009 at 10:25  

bener banget tuh mbak.... Maksih ya buat artikel ini... :)

pelangi anak 9 September 2009 at 11:44  

Kami juga lebih rajin dan fariatif dalam mengkonsumsi buah di saat bulan puasa...dah terasa lebih segar rasanya. Kebetulan juga kami vegetarian jadi menu-menu harian kami selalu diwarnai makanan berserat tinggi, dan semoga tidak tercemar pestisida, karena itu yang kami takutkan.
Mengingat harga buah yang organik sangat mahal, maka kami mensiasati dengan membeli buah-buah lokal, dengan pertimbangan logis, tidak perlu pengapalan jarak jauh sehinga kemungkinan diawetkan lebih kecil.
Kami juga berusaha mengkonsumsi buah yang kulitnya tebal dan keras, sehingga kemungkinan tercemar pestisida lebih kecil.
Trims n have a great fruitarian!

aaSlamDunk 9 September 2009 at 12:32  

wah bole ni tipsnya mba,
heheh lebih sering gak saur nih,
tapi kalo minum air juga gak banyak...

sampe turun 3 kiloan nih, dari 62 jadi 58 bayangin mba!!! weiisshhh
ikat inggang aku tarik lagi satu level. hehehehe
besok bis lebaran bakalan balas dendam nih biar berat badan ideal 65kg gitu lah

jhonson blog 9 September 2009 at 14:13  

yaa memang buah itu perlu sekali utk tubuh apalagi kalau lagi berpuasa,tapi sayang banyakan org malah jarang maakan buah

mas Aan 10 September 2009 at 00:58  

mampir lewat, jadi numpang save page aza yach..buat di baca offline. keburu berangkat kerja nich..:-D

andy 10 September 2009 at 06:57  

emang mantap mba nie......,betul sekali mba.si kecil juga seneng banget klo dikasih buah-buahan.

prafangga permana 10 September 2009 at 07:22  

es buah, es campur, es kolak muantep tenan...wekekekek....Lebaran sebentar lagi dikuat kuatke temen2

IMAM MEQELS 10 September 2009 at 07:48  

aku stuj bgt tuh mbak dengan apa yang telah di sampaikan,kita memang sanagt memerlukan buah sehat n segar,karna kita puasa memerlukan energi dan vitamin lebih banyak,jadi kita semua harus memperhatikan diri,supaya tetep vit dan bugar,dalam berpuasa hingga hari kemenangan tiba,salam hangat selalu yah


www.wantduit.blogspot.com

narti 10 September 2009 at 09:18  

@ aaSlamDunk, lumayan gak usah diet aa'...

Buat teman-teman: Blog Joker, kreatips, Ica, pelangi anak, jhonson blog, mas Aan, andy, prafangga permana, Imam Meqels terima kasih sudah meluangkan waktunya buat nulis komentar.

belajar blog 10 September 2009 at 10:15  

Hmmm...wajib dicoba apalagi untuk anak kos seperti saya

berita unik 10 September 2009 at 10:16  

Kalo yang pernah saya baca, emang kalo kita mao makan usahakan untuk memakan buah terlebih dahulu. Hal ini sudah dilakukan oleh bangsa Yahudi.

koleksi mainan 10 September 2009 at 10:18  

Makan buah emang sehat, tapi kalo liat di tipi2 koq saya makin ngeri yah mbak
buah-buahan dicampur pake bahan kimia biar cepat matang. Mao sehat pun jadi sangsi

nophie 10 September 2009 at 10:25  

tapi kl makan buah jgn dicampur sama susu yak. ga bagus ternyata, bikin sakit perut. secara ga sadar sering kita konsumsi campuran kek gitu kan, misalnya aja di es campur or es teller, dll

Zhys 10 September 2009 at 10:28  

mampir jga y sob???
dan jgan lupa ksh comment...

M4M1K HISTORY 10 September 2009 at 10:31  

terima kasih mbak atas informasinya....
kalau mau buka puasa wajib deh ada buahnya...

emerzet615 10 September 2009 at 10:33  

..wah info yang mantap..biasanya ane sering gosok gigi pas waktu kecil..he..he..jd lebih segaaarr..

Isuta Fa.nia.mi 10 September 2009 at 10:34  

WAH..kok gak boleh di tambahin susu, dll?
padahal isuta suka :'(

tapi tetep aja lebih suka buahnya! hehehe :P

arkasala 10 September 2009 at 13:22  

berarti harus dibikin jus waktu buka puasa ya. Trims banget atas infonya nih. Salam

Ocim 10 September 2009 at 15:46  

alhamdulillah 2x sehari saya selalu konsumsi buah2an

lina@happy family 10 September 2009 at 18:14  

Terima kasih ya Mbak Narti sarannya. Berarti sebaiknya saya setiap hari masak yang berkuah ya...

irvan 10 September 2009 at 20:07  

waduh sy jarang banget makan buah, tau kenapa jadi males makan buah2an

narti 11 September 2009 at 04:17  

Buat teman-teman: belajar blog, berita unik, koleksi mainan, nophie, Zhys, M4M1K HISTORY, emerzet615, Isuta Fa.nia.mi, arkasala, Ocim, lina@happyfamily, irvan terima kasih banyak atas komentar dan tambahan informasinya.

kakve-santi 11 September 2009 at 05:29  

wow...

sesuatu yang menarik...

boeyay 11 September 2009 at 09:36  

Setuju... sahur dengan berkuah... buka dengan buah... memang menambah selera makan dan nikmat di badan. Perut juga terasa adem...... Selamat berpuasa dan menyongsong lebaran 1430 H.

kusanag1 11 September 2009 at 10:40  

kwkwkwk aku datang kawan kawan datang balik ya

msafru 11 September 2009 at 13:01  

Emang makan buah uenak.....

red 11 September 2009 at 20:04  

dari sudut pandang yoga (saya praktisi hatha yoga), sebelum makan apapun sebaiknya dimulai dengan makan buah-buahan dulu 30 menit sebelum makan berat. Jangan makan buah sebagai pencuci mulut. kebanyakan dari kita makan buah justru setelah makan berat. tujuannya untuk memersiapkan lambung dan organ2 pencernaan kita sebelum menerima makanan lainnya. salam kenal yoooo

genial♂ 11 September 2009 at 20:32  

plus promag double action.. maka hari hari kita akan lebih terasa penuh serat.. lhhooohh...

mba'.. terimakasii iia atas doa nya :( saiia gag tau musti bilang apa :(

kakara 12 September 2009 at 01:18  

Postingan yang bagus..
Gimana atuh mba .. da aku mah penggemar petai dan jengkol.. he2 :)

AnekaCampur 12 September 2009 at 03:13  

Ada Award tuk Sobat, Mohon diterima ya.

Animation, money n more 12 September 2009 at 06:14  

buah2an memang makanan yang sangat di butuhkan tubuh agar tetap sehat dan bugar.....

narti 12 September 2009 at 08:11  

@ boeyay, selamat menyongsong lebaran juga.
@ red, terima kasih tambahan informasinya.
@ genial, aku tidak tahu iklannya loh...thanks.

Buat teman-teman: kakve-santi, kusanag1, masfru, Ipin, kakara, Aneka Campur, Animation, money n more terima kasih banyak sudah menyempatkan menulis komentar.

deINDIES 12 September 2009 at 09:33  

Asupan serat dari buah-buahan segar memang sangat baik bagi kesehatan

muksin.com 12 September 2009 at 10:25  

salamualaikum mba narti...
sangat menakjubkan artikel yang anda suguhkan pada saya, sangat berarti, dan tentunya sangat menyehatkan bangsa.... soalnya kalau menjalankan cara makan sehat di atas. semua orang pasti sehat...... salam

narti 12 September 2009 at 20:00  

@ deINDIES, yups benar sekali.
@ muksin.com, wa'alaikumsalam. terima kasih.

Wiran 13 September 2009 at 03:37  

Eh bener juga ya.. kalo sahur dan buka cara makan buahnya berbeda... Hehe, jadi nambah nih ilmunya. Ma kasih ya...

narti 13 September 2009 at 10:03  

@ Wiran, sama-sama, makasih juga.

IMCurtain 10 October 2009 at 02:42  

Hello all,

We would like to invite you to promote your blog on our blogosphere. Totally free for everyone!

Click on the 'Tutorial' button if you're not sure how to use it.

Join now: Connecting Bloggers

Happy Blogging!

Post a Comment

* Terima kasih sudah berkunjung ke seputarduniaanak.blogspot.com
* Maaf, komentar ditutup

  © Seputar Dunia Anak Since February 14, 2009

Privacy Policy | Back to TOP  

Please Visit Again!