Powered by Blogger.


Gigi Susu

>> Tuesday, 24 March 2009

Gigi susu adalah gigi yang pertama kali tumbuh yang nantinya akan tanggal dan digantikan oleh gigi tetap.
Masa tumbuh gigi susu tiap anak beda-beda, ada yang usia 5 bulan, 6 bulan, bahkan ada yang usia anak setahun baru tumbuh gigi. Untuk yang setahun belum tumbuh gigi, segera kunjungi dokter Anda, biasanya akan di lihat lagi kenapa usia setahun belum tumbuh gigi. Faktor-faktor apa yang mempengaruhinya bisa didiskusikan dengan dokter Anda.

Biasanya usia 6-7 tahun akan tanggal gigi susunya, terus ganti dengan gigi tetap. Tapi sekali lagi, tiap anak juga berbeda-beda waktu tanggal gigi susunya. Ada juga yang sampai SMP baru tanggal giginya.
Kalau belum goyang, ya ditunggu saja goyang secara alami karena itu artinya gigi baru belum tumbuh. Kalau sudah tumbuh gigi baru (kelihatan dari gusi yang putih-putih) biasanya gigi susu sudah goyang. Nah kalau gigi baru sudah tumbuh tapi gigi susu belum goyang ya harus dicabut karena akan mengganggu gigi yang baru.

Membaca dari berbagai buku, ternyata minum susu pakai botol juga berpengaruh terhadap gigi anak-anak.
Anak-anak biasanya juga suka makan permen, coklat, kue-kue manis dan makanan lainnya. Biasakan segera kumur-kumur, syukur kalau mau langsung gosok gigi. Usahakan sebelum tidur, biasakan anak untuk menggosok gigi, setidaknya kumur-kumur. Tahu sendiri kadang anak malas kalau sudah ngantuk masih disuruh gosok gigi.

Sekedar share pengalaman, anak pertama giginya hancur, tinggal caries bagian depan karena dulu susah sekali melepas minum dari botol. Sampai sekarang belum juga tumbuh gigi baru, jadi gigi cariesnya masih kuat. Kesalahan pada ortu sebagai ibu yang tidak memperhatikan pertumbuhan giginya sewaktu kecil, kini tinggal penyesalan. Semoga nanti gigi barunya tumbuh bagus, juga adiknya semoga tidak caries giginya. Ternyata susah menjadi ortu yang baik bagi anak-anaknya.

Belum lagi kalau ke dokter gigi tidak sekali kunjungan selasai. Pasti dibutuhkan waktu berkali-kali kunjungan kesana. Bisa 2 atau 3 kali kunjungan. Repot mengurusi gigi anak-anak. Dan tetap pantau terus pertumbuhan giginya agar bila ada yang bermasalah bisa ditangani dengan cepat dan segera kunjungi dokter Anda.


tags: gigi susu, usia tumbuh gigi susu, usia tanggal gigi susu, makanan yang berpengaruh ke gigi anak.

6 comments:

Semar Badranaya 25 March 2009 08:40  

mantav.... alhamdulilah gigi anaku bagus2 (kyk bapaknya xixixixi), baru mau copot nih satu... cuma kok jadi agak rewel yaks ..

bisnisway 26 March 2009 19:54  

gigiku juga berantakan gara2 minum dari botol berarti yah...kutemukan jawaban akhirnya...

bening 28 March 2009 12:52  

nice info neh, thanks ya

BusinessMan 30 March 2009 12:44  

ada posting baru,anak ikut kampanye salah siapa??

di http://klikinformasi.blogspot.com/2009/03/anak-ikut-kampanye-salah-siapa.html

Post a Comment

* Terima kasih sudah berkunjung ke seputarduniaanak.blogspot.com
* Maaf, komentar ditutup

  © Seputar Dunia Anak Since February 14, 2009

Privacy Policy | Back to TOP  

Please Visit Again!