Powered by Blogger.


Mengajari Si Kecil Berpuasa

>> Tuesday, 18 August 2009

Mengajari si kecil untuk berlatih puasa memang susah-susah gampang. Namun mengajari puasa kepada anak-anak sedini mungkin merupakan pelajaran berarti untuk masa depannya. Ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi, bisa dijadikan latihan buat si kecil.

Bukan hanya untuk menjalankan ibadah tetapi mengajarkan pula bagaimana kehidupan orang yang kurang beruntung dari meraka. Banyak cara dilakukan orang tua untuk mengajarkan anak-anak berpuasa, namun tak jarang pula berbuntut pemaksaan. Untuk menghindari hal tersebut baiknya simak tips berikut ini.

1. Mengajarkan puasa sejak sedini mungkin. Tak ada kata terlalu awal bagi Anda untuk mengajarkan puasa untuk si kecil. Anda dapat memulai memperkenalkan puasa sejak anak berusia 5 tahun keatas. Saat itu tanamkan pengertian tentang puasa dan maknanya.

2. Perhatikan kondisi kesehatan anak. Mengajarkan puasa kepada anak-anak bukanlah pemaksaan. Anda juga perlu memperhatikan kesehatan mereka.

  • Anak-anak tak harus puasa full satu hari, tapi buatlah jadwal kapan mereka boleh berbuka, misalnya jam 10 pagi, jam 12 siang dan jam 15 sore. Mereka boleh makan pada jam-jam tersebut dan selebihnya puasa kembali. Kalau yang sudah agak besar, bisa juga puasa 1/2 hari, jadi jam 12 siang boleh makan, lalu diteruskan lagi puasanya sampai adzan Maghrib berkumandang.
  • Atur jadwal tidur mereka, biasanya pada bulan puasa, anak-anak gemar solat terawih di masjid. Jadwal solat terawih terkadang melebihi waktu tidur anak, belum lagi mereka harus di biasakan sahur. Tak ada salahnya membiarkan anak-anak tidur siang lebih lama dari biasanya untuk menggantikan tidur malam mereka.
  • Bantu anak untuk selalu makan sahur. Waktu makan sahur sangat penting bagi anak karena membantu tubuh untuk mempersiapkan tak diisi seharian. Siapkan menu yang berkualitas dan bergizi tinggi agar anak tak kekurangan gizi.
3. Perhatikan pula kondisi psikologis anak. Anda harus pandai memperhatikan dan mengerti emosi anak karena dengan berpuasa emosi anak tidak stabil. Buat puasa menjadi hal yang menyenangkan dan tanpa pemaksaan. Dapat melalui latihan secara perlahan-lahan, menceritakan hal-hal menyenangkan tentang puasa atau bahkan dengan memberikan imbalan.

4. Pemberian imbalan memang tak dilarang, namun jangan menjadikan hal tersebut sebagai goal agar anak mau berpuasa. Salah-salah mereka berpuasa hanya karena menginginkan imbalannya saja. Berikan pula pengertian mengenai imbalan yang Anda berikan kepada buah hati serta kaitannya dengan puasa yang sedang mereka jalani.

5. Perhatikan pola bermain mereka. Banyak anak lupa mereka sedang berpuasa dan bermain seperti biasa yang banyak mengeluarkan keringat. Jika Anda tak pantau mereka, bukan tak mungkin mereka akan kelelahan dan akhirnya dehidrasi. Saat berpuasa, cairan yang masuk ke dalam tubuh jelas berkurang, aktivitas yang berlebihan pada seorang anak akan mengakibatkan mereka kekurangan cairan yang menyebabkan mereka jatuh sakit.

6. Saat anak-anak berpuasa, baiknya dampingi mereka sekalipun Anda sedang tak berpuasa. Anak-anak membutuhkan role model yang dapat mereka tiru, yaitu Anda sebagai ibunya.


Catatan:
Sumber: Media Indonesia , di edit sedikit. Mudah-mudahan bermanfaat.
Buat teman-teman semua yang mau share cara mengajarkan si kecil saat awal-awal berpuasa atau waktu pertama kali berpuasa, silakan share di kolom komentar.
Di tunggu yah....


tags: cara mengajari anak-anak berpuasa, buat jadwal makan bagi anak yang berpuasa, aktivitas bermain anak-anak saat berpuasa, pemberian imbalan/hadiah bagi anak yang berpuasa.

23 comments:

rumahbisnis21 18 August 2009 at 08:21  

Aduh Mbak.Sorry ya salah kasih t4 kasih koment.
Maksudku: Emang bener anak2 harus dilatih sejak dini berpuasa mengingat banyak manfaatnya.Thanks Mbak artikelnya.

arkasala 18 August 2009 at 09:32  

tips yang menarik neh. kebetulan saya punya anak yang perlu dilatih berpuasa. Cocok artikel di atas jadi panduan saya. Terima kasih. Salam

ekosulistio 18 August 2009 at 10:38  

anak saya masih bayi nich,,tp bakal tak simpan artikelnya......

muchlisin 18 August 2009 at 10:41  

Semoga kita semua menjadi keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah, dan anak-anak kita menjadi anak yang sholih dan shalihah.

Rabbanaa hablanaa min azwaajinaa wa dzurriyatinaa qurrata a'yun waj'alnaa lil muttaqiina imaamaa.
_________________________________
Salam ukhuwah BERSAMA DAKWAH

ahmad 18 August 2009 at 11:39  

numpang copy paste ya

Deogracias 18 August 2009 at 14:18  

Makasih atas info menarik ini..

Jalan Wali 18 August 2009 at 16:03  

Tips-2 melatih berpuasa pada anak yang bagus ini, akan saya terapkan satu persatu, postingan yang bagus dan mendidik, jangan berhenti untuk menulis yang bermanfaat mbak

uguns 18 August 2009 at 17:56  

anak kecil puasa kuat gak ya...
soalnya anak kecilkan suka main...

bamz 19 August 2009 at 03:45  

iaah biar uda gedenya terbiasa dgn hal2 yg berbau positif

nathalia site 19 August 2009 at 03:57  

ponakanku kelas satu sd mulai belajar puasa saat sahur ia bangun dan sahur bersama terus karena ngantuk tidur lagi pas jam 7 mau berangkat sekolah eee minta sarapan lagi hahaha kadang lucu kalo anak kecil belajar puasa

Pasang Iklan Gratis 19 August 2009 at 10:13  

betul banget, kita mengajari anak sejak dini, klo si anak tidak kuat puasa penuh...perlahan2 ajari puasa setengah hari dan di biasakan puasa penuh, tapi jangan di paksakan...hehehehe makasih ya infonya

Pasang Iklan Baris

dp 19 August 2009 at 16:14  

salam kenal, artikel-nya amat berguna, mumpung anak saya masih kecil. salam hangat, ehmm boleh tukeran link gak ya ?

kakara 19 August 2009 at 19:23  

.. met shaum ya buat semua :)

Edwin 20 August 2009 at 02:17  

Ya ya ya pasti saya ingat tips ini buat ngajarin anak saya berpuasa nanti. Sekarang sih masih susah diatur, maklum masih 2,5 thn.

bayunature 20 August 2009 at 10:09  

bagus juga kita perkenalkan/ajarkan puasa sejak usia dini, berharap menjadi kebiasaan sampai besar nanti.

hill 21 August 2009 at 03:05  

jadi teringat wkt kecil sy berpuasa, di rumah puasa,keluar malah ikutan mkn sm tmn2 kecilku :D, smday klo sy punya kturunan sy berjanji akan mendidik anak sebaik mungkin,jgn seperti bapaknya yg sllu ngeyel :D

trims mbak infonya,membuat sy terinspirasi utk lebih baik, marhaban yaaa ramadhan,selamat menunaikan ibadah puasa

lina@happy family 21 August 2009 at 10:57  

Kalau sudah punya anak nanti, pasti saya ajarkan makna berpuasa...Terima kasih!

Rendra 21 August 2009 at 12:12  

postingan yang menarik neh.

narti 29 August 2009 at 20:20  

@ muchlisin, amiiinnnn.
@ ahmad, silakan.

Buat teman-teman semua, terima kasih komentarnya ya.

Anonymous,  24 April 2011 at 08:25  

Intriguing article. I am aware I’m just a little late in posting my comment however the article was to the point and the details I'd been searching for. I can’t say that I agree with all you could mentioned however it was emphatically fascinating! BTW…I found your site by using a Google search. I’m a frequent visitor on your blog and definately will return again soon. Tramadol.

Pasang Iklan Massal 28 March 2012 at 05:58  

memang menanamkan agam sejak kecil lebih baik dari pada sudah besar

Post a Comment

* Terima kasih sudah berkunjung ke seputarduniaanak.blogspot.com
* Maaf, komentar ditutup

  © Seputar Dunia Anak Since February 14, 2009

Privacy Policy | Back to TOP  

Please Visit Again!