Powered by Blogger.


Cara membangun rasa percaya diri pada anak

>> Sunday, 20 February 2011

Orang tua tentu senang jika mempunyai anak yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi atau sering disingkat PD. Karena dengan kepercayaan diri atau rasa percaya diri yang mereka miliki ini dapat menciptakan prestasi dalam kehidupan mereka nantinya, dan juga keberhasilan dalam bersosialisasi.

Berikut ini beberapa tips atau cara untuk membangun atau meningkatkan rasa percaya diri pada anak:

1. Ciptakan lingkungan rumah yang nyaman dan aman bagi anak.
Ini merupakan awal dari segalanya. Berikanlah rutinitas yang cukup nyaman bagi anak-anak. Interaksi dan komunikasi antar anggota keluarga juga terjalin dengan baik. Buat anak agar merasa nyaman dan aman tinggal dirumah. Untuk hal ini rasanya mutlak ya? semuanya berawal lari lingkungan terkecil, yaitu keluarga. Kalau dirumah sendiri anak merasa tidak nyaman, nanti lebih banyak di rumah tetangga deh...hehe...

2. Perkenalkan anak-anak dengan lingkungan sekitar.
Kenalkan mereka dengan kehidupan bersosialisasi secara bertahap. Misalnya pada saat kita sedang bermain dengan anak di taman, ada anak kecil yang berada disana, dorong anak untuk berkenalan dan bermain bersama. Hal ini untuk mengembangkan kemampuan sosialnya dan agar dia tidak merasa malu pada saat berada di tempat umum.
Juga perkenalkan anak dengan banyak orang agar anak tidak takut dengan keramaian. Anak yang takut dengan keramaian, tentu akan menghambat pertumbuhan dan aktifitasnya juga. Seperti, anak akan takut bersekolah, terlebih jika temannya dari berbagai daerah, beda negara, beda bahasa pengantarnya dan sebagainya.

3. Beri batasan kepada anak berapa lama ia boleh menonton televisi, main internet, juga game online.
Berdasarkan penelitian hal ini terbukti membuat anak cenderung bersikap individu.

4. Agar anak-anak sering bertemu orang lain, ikutkan dalam kegiatan di luar jam sekolah.
Untuk anak yang belum bersekolah, pertemukan dengan teman bermainnya. Sekali-kali anak diajak atau diikutsertakan dalam kegiatan ibu atau bapaknya. Jadi anak akan mengenal orang lain dari berbagai kalangan, juga berbagai jenis umur. Dalam hal ini anak juga akan belajar, bagaimana menghormati orang lain atau orang yang lebih tua.

5. Minta anak untuk membantu kegiatan kita atau beri tugas pekerjaan (tentu yang sesuai dengan usianya).
Hal ini akan melatih anak
- bertanggung jawab untuk menyelesaikan tugas yang telah diberikan padanya.
- membangun rasa percaya dirinya.
- merasa bangga dan dihargai.

6. Berikan dukungan atau support ketika ia mempelajari hal-hal baru.
Misalnya: yakinkan padanya bahwa Anda yakin dia akan berhasil dengan baik, atau Anda yakin bahwa ia mampu melakukannya dengan baik.   

7. Selalu berikan dorongan yang positif kepada mereka!
Ingat ya! Dorongan positif. Ini menurutku seperti sebuah doa.
Misalnya: anak pinter, kamu pasti bisa. Dengan demikian anak akan makin terpacu berprestasi, anak terpacu untuk maju. Tapi kalau Anda mengucapkan seperti ini: anak bodoh, bagaimana sih, soal seperti ini saja tidak bisa mengerjakan. Tentu mendengar kata-kata seperti itu anak akan makin mundur, makin tidak percaya diri, makin malas berusaha toh memang ia bodoh. Orang tua mengatakan ia bodoh, maka yang terpatri di hatinya ya ia memang anak yang bodoh. Padahal tidak seperti itu kan?

Itulah tadi beberapa contoh agar anak bisa lebih percaya diri.
Kalau ada yang mau menambahkan, silakan ditulis dikolom komentar.

Baca yang ini juga yuk:
Rumah aman untuk si kecil.
Anak dan internet.

27 comments:

BeeMouNTaiN 20 February 2011 16:08  

jadi intinya berikan kesibukan yang positif pada anak, bukan begitu mbak? hmm jadi kepikiran pengen cepet punya anak deh wkkkkk...

Kelpo 20 February 2011 16:23  

Lumayan nih kalau nanti punya anak :D

Zippy 20 February 2011 17:30  

Sekali2 ajak rekreasi juga kayaknya bisa jadi alternatif.
Dengan begitu, dia mudah bersosialisasi :D

Rizky2009 20 February 2011 17:38  

tips yang sangat bermanfaat semoga saya nantinya bisa menerapkannya

bunda farras 21 February 2011 05:20  

alhamdulillah Farras cukup percaya diri .. malah kadang over confidence ..hihii gimana tuh bun cara ngatasinya ?? as always artikelnya TOP bgt .. :)

j4j 21 February 2011 05:31  

setuju sama point 4...!!! klo di kami, biar ngelatih anak belajar bicara sopan ke orang tua. Dan gak kalah penting membiasakan anak berbahasa "kromo" (istilah jawanya)...

Pria Sederhana 21 February 2011 07:54  

terima kasih atas tipsnya, tapi kira2 sebaiknya dimulai dari usia berapa ya si anak diajak bersosialisasi?

moenas 21 February 2011 08:44  

wah jadi nambah ilmu neh tentang mengurus anek mbk,
thanks for share

hanya 21 February 2011 08:45  

neh tips pasti saya pakai kalau udah punya istri + anak sok hari

TUKANG CoLoNG 21 February 2011 17:58  

jujur, saya hasil didikan yg salah. makanya pemalu

Download One Piece Indonesia 21 February 2011 18:08  

suatu saat pasti akab berguna untuk saya kelak ^^ Thanks mba

the other 22 February 2011 02:52  

Tipsnya oke banget mbak... Semoga dg mempraktekkannya anak2 kita dapat tumbuh menjadi pribadi2 yg percaya diri shg terbuka peluang utk bisa meraih kesuksesan. Amin.

Place to Study 22 February 2011 02:53  

Banyak juga ya cara membangun rasa PD seorang anak..?

phonank 22 February 2011 03:33  

Rasa percaya diri pada anak emang sangat penting yah mbak, biar nantinya anak mudah berinteraksi dengan orang disekitar mereka.

Kalau orang sekarang biasanya memasukkan anaknya ke sanggar seni, atau mengikuti les-les keterampilan supaya anak-anaknya bisa timbul percaya diri dari bakat yang dimiliki si anak. ^_^

Gaphe 22 February 2011 16:35  

nambah satu lagi, berikan pujian yang cukup serta jangan salahkan tentang apa yang dia lakukan..

anak biasanya produk dari lingkungan, jika lingkungannya membesarkan maka dia akan bertumbuh menjadi besar pula.

kang sugeng 22 February 2011 17:40  

hmmmmm.... gitu ya mbak... pokoknya intinya kasih kepercayaan pada anak ya mbak?

narti 23 February 2011 08:29  

@ bunda farras, kayanya Farras PD nurun dari mamanya deh...hehe...
Yang pasti selalu arahkan ke hal positif mba.
@ Pria Sederhana, usia berapa? sejak masih bayi :)

untuk semua teman baikku, terima kasih telah menuliskan komentar, juga memberi masukan-masukan untuk melengkapi artikel di atas.
Thank for all :)

Daris Firzan 23 February 2011 12:19  

wah, bagus nih untuk diterapkan jika saya sudah punya anag :)

nice blog

aephobia 23 February 2011 21:27  

dah lama ga baca2 artikel di blog yg bermutu ini

ga pa pa ya aq ubek2 isi blognya

^_^

Anonymous,  24 February 2011 01:57  

thanks for this tips

r10 26 February 2011 15:05  

intinya, beri si anak tugas dan kepercayaan agar dapat belajar tanggung jawab dan meningkatkan rasa percaya diri

hanya 28 February 2011 12:46  

wewww boleh juga neh tipsnya mbk..
thanks ya

nilaya 2 March 2011 14:39  

wah bertambah ilmu
anak harus di latih dari kecil

Anastasia 2 March 2011 15:25  

Tips yg berguna sekali utk diajarkan kepada anak. Thanks for sharing ya :)

atiek 5 March 2011 08:31  

tips an artikel yang bagus buat nambah pengetahuan bagi saya sebagai ibu ;)

beauty for women 11 March 2011 15:13  

Terimakasih untuk info yang sudah diberikan dalam artikel. semakin menambah pengetahuan saya sebagai ibu

Post a Comment

* Terima kasih sudah berkunjung ke seputarduniaanak.blogspot.com
* Maaf, komentar ditutup

  © Seputar Dunia Anak Since February 14, 2009

Privacy Policy | Back to TOP  

Please Visit Again!