Powered by Blogger.


Baju Lebaran

>> Saturday, 12 September 2009

Lebaran sudah dekat, tentu kesibukan dalam menyambut lebaran sudah mulai terasa. Mulai dari dalam rumah sendiri, mempersiapkan kue-kue buat jamuan para tamu ataupun baju lebaran buat keluarga.

Anak-anak sudah menanyakan baju lebaran belum? Biasanya kalau ada anak tetangga yang sudah dibelikan baju buat lebaran, terus bertanya ke temannya yang lain.

A: "Kamu sudah dibelikan baju lebaran belum sama mamamu? Aku sudah loh, warnanya ini, belinya disini, ada pitanya, ada sakunya, bla bla bla...."
(Kalau anak laki-laki, mungkin seperti ini: kemejaku warna ini, ada gambar ini, ada sakunya, celananya jeans, bla bla bla....).
B: "Aku belum"
(Atau jawaban lainnya sesuai keadaan si B saat itu).

Kata-kata seperti itu sering kita dengar di saat anak-anak bermain-main bersama teman-temannya mendekati hari lebaran tiba. Itulah kepolosan anak-anak, yang tentu sangat bergembira sudah dibelikan baju baru buat lebaran nanti.

Penting tidak baju baru saat lebaran?
Kalau menurutku jawabannya relatif ya. Kebiasaan/tradisi kita yang sudah turun temurun selalu memakai baju baru di saat lebaranlah yang sering kita ikuti. Bahkan mungkin bukan cuma baju saja yang baru, tapi pernak-pernik lainnya juga baru. Ada keluarga yang mengharuskan pakai baju baru disaat lebaran, seragam semua anggota keluarga, ada budget khusus untuk membeli baju buat lebaran.
Tapi ada juga keluarga yang lebih memaknai arti lebaran itu sendiri (walaupun ia mampu untuk membeli baju baru) dengan memakai baju yang masih pantas dipakai, bersih dan rapi untuk bersilaturahmi kepada kerabat, teman juga tetangga kita di saat lebaran tiba.

Lebaran yang mempunyai makna/arti, hari yang penuh berkah, hari kemenangan dari melawan hawa nafsu selama berpuasa, hari untuk saling bersilaturahmi dan mempererat tali persaudaraan sesama muslim, hari untuk saling memaafkan, hari yang fitri, kembali suci hendaknya disikapi dengan arif dan bijaksana. Bukan hari yang penuh dengan pemborosan.

Setelah sebulan penuh kita puasa, tidak makan minum di siang hari, disaat lebaran tiba kita boleh kembali makan disiang hari seperti hari-hari biasa. Tapi bukan berarti terus dipuas-puaskan makan, mentang-mentang sudah boleh makan ya? Boleh makan minum tapi tidak berlebihan. Bukankah Allah tidak suka orang yang berlebih-lebihan?

Ini hanya opini pribadi, tentu tiap orang punya pandangan yang berbeda dalam meyikapi hari lebaran berikut persiapan-persiapannya. Bagaimana dengan Anda?




tags: lebaran, baju lebaran, makna lebaran, arti lebaran, penting tidak baju baru di saat lebaran.


Baca juga:

Tips Hemat Belanja Baju Anak

41 comments:

pelangi anak 12 September 2009 at 13:13  

He..he..he...di keluarga saya juga mengikuti tradisi membeli baju baru menjelang lebaran, namun demikian tidak berlebihan. Tetap ada upaya untuk menghindari konsumerisme dan tetap menanamkan kepedulian terhadap sesama.
Memang selalau diupayakan anggaran untuk pengeluaran tersebut, akan tetapi, memang sudah direncanakan dalam anggaran rutin setiap tahunnya. Jadi sudah direncanakan dengan matang sesuai dengan kemampuan dan kondisi keuangan keluarga. Sehingga jarang sekali membeli baju baru pada moment-moment lain kecuali sangat insidental.
He..he..he...namaya juga perayaan setahun sekali, boleh dong dirayakan dengan sedikit berlebih ketimbang bulan-bulan atay even-even yang lain, tapi yang penting itu tadi, tidak berlebih, tetap peduli terhadap sesama dan menghindari 'pamer' atau 'riak'...
Thanks atas kesempatan pertamanya!

muksin.com 12 September 2009 at 13:48  

weah... saya belum beeli baju nih...hikhikhik.

AeArc 12 September 2009 at 16:28  

yang penting niat dan keikhlasan. hehe, tapi tradisi ini emang udah sangat melekat bagi penduduk kita.

Blog Sharing 13 September 2009 at 02:15  

Lebaran, yang baru seharusnya bukan bajunya, tapi hati kita (ceilee). Itu emang sdh tradisi ya Mb, gak papa deh. Hitung2 kan tidak setiap hari beliin baju buat anak :)

mike gyver 13 September 2009 at 02:37  

Please .. Give me advice tuk membelikan baju lebaran anakku.
Ku cuma punya uang pas-pas an.

Rossy R 13 September 2009 at 06:51  

Kunjungi jg Blog sya mengenai Adab2 menyambut Hari Raya Iedul Fitri..menurut Hadist semoga bermanfaat

Mamik Story 13 September 2009 at 07:19  

Lebaran memang gak bisa jauh-jauh dari baju baru. Ini memang sudah jadi kebiasaan di kampung-kampung terutama kampung saya. Bukan hanya anak kecil yang ribut minta dibelikan baju, tapi yang dewasa juga tidak mau ketinggalan.
Menyambut lebaran kalau tidak diperhitungkan dengan baik bisa bikin kantong bolong nih...

shanushy0809 13 September 2009 at 10:33  

ironis sekali
kadang kala makna dari lebaran itu sendiri hilang
yang ada adalah
lebaran harus memakai sesuatu yang baru...
makna dari bulan romadhon dan idul fitri hilang

kakara 13 September 2009 at 10:49  

aku belum dibeliin mba..

info ternak 13 September 2009 at 11:49  

alhamdulilah... sekarang ada rejeki nih,,, terlaksana mau beliin baju buat orang tua tercinta di kampung halaman... hikhiikhik..
salam mba. BTW.?? mbak lebarn pulang ga ke indonesia nih?
kalau saya walaahh gak bisa pulang nih lagi sibuk2nya.... hhmmmmm sabaaarrr.

soewoeng 13 September 2009 at 12:55  

anaku sing penting papanya mudik

Iklan Gratis 13 September 2009 at 13:31  

baju lebaran menurut saya ya memang penting, karena itu memang tradisi sejak dulu, dan kalo tidak memakai baju baru, rasanya kurang lengkap.
dengan baju baru maka akan lebih tampil beda dengan rasa senang.
Mengembalikan Jati Diri Bangsa

Ica 13 September 2009 at 15:18  

wah.... lebaran tiba.. baju baru tiba....
Btw, koq "bang Kakara" belum dibeliin baju.. bukannya dah harus beliin buat ponakan hehehe

Nice post

Deogracias 13 September 2009 at 15:20  

Asyik Lebaran sebentar lagi...Hari Kemenangan akan tiba bersiaplah untuk menyambutnya..

genial 13 September 2009 at 15:53  

blm punya apa-apa yg berbau lebaran nii :(

genial 13 September 2009 at 18:25  

semoga setelah lebaran nanti, bukan hanya baju atau tas kita yang baru, namun jiwa kita.. kembali menjadi fitri yang sebenar2nya :) amien :)

Hamster Copo 13 September 2009 at 20:16  

ho'o niih ditetangga aku saja semua pada pamer pamer baju baru celana baru tudung baru bahkan pacar baru pun mereka pamerkaan hehehe

Ocim 13 September 2009 at 23:07  

waduh saya jadi keingetan blm beli baju lebaran hehehe.

mengenalkan kebudayaan seperti kepada anak memang penting

slam 14 September 2009 at 03:11  

hehehe, tadi malem slam ma sisterku beli baju baru mba,
hehehe beli celana bahan sama baju koko warna ijo ada bordirnya didepan, merek c******l.
mahal ya

fatur 14 September 2009 at 07:16  

Jadi pengin mudik nich.... BTW hari raya bukan harus baju baru kan ?

koleksi mainan 14 September 2009 at 11:29  

Hmmm...
susah juga kalo tradisi semacam ini dipatahkan
dolo waktu jelang lebaran sering diajak mama beli baju lebaran
tapi seiring beranjak dewasa, saya jadi merasa itu sesuatu yang tidak harus

belajar blog 14 September 2009 at 11:31  

Mungkin saya belum bisa kesampaian untuk ngelakuin tindakan ini mbak
saya pengen ketika saya sudah mapan dan ada rejeki, saya pengen beliin baju lebaran tuk anak2 panti
Amin...

msafru 14 September 2009 at 11:54  

kalau sy baju baru Alhamdulillah....nggak punya ya ..........

jhonson blog 14 September 2009 at 15:17  

sebenernya baju baru tdk harus tuh...tp udh tradisi kita lebaran hrs serba baru...:)

kakve-santi 14 September 2009 at 16:46  

asaya belum beli baju baru.. hiks.. sibuk praktikum!

wandhe 14 September 2009 at 20:03  

wah blom beli baju lebaran nich,, hehehhe
nta ah nunggu THR,
hehehhehhe

hill 14 September 2009 at 21:22  

masih layak pakai baju lebaran yg thn kemaren hehe,jd lebaran thn ini ga beli kyknya, THR nya blm turun :)

Vy 15 September 2009 at 03:13  

Baju lebaran memang hal wajib bagi sebagian orang. tapi keluargaku tidak terlalu meributkannya. Toh yang dicari fitrahnya..

Aryo Halim 15 September 2009 at 04:11  

yah baju sih nomor ke seribu lah, yg penting momentnya itu yg indah

arkasala 15 September 2009 at 06:18  

Ada yang aneh dengan anak saya, dia tidak mementingkan baju lebaran dan sejak dulu tidak pernah minta. Anehnya lagi orang tuanya malah yang suka ribut he he.
Trims sekali atas saran-sarannya. Salam

irvan 15 September 2009 at 09:23  

kalo buat anak kecil mungkin penting karena mereka bisanya ditanya temen2 nya yang lain.
Saya juga suka iseng kalo anak kecil tetangga maen ke rumah, pasti yang saya tanya dah beli berapa baju lebarannya, jawaban anak kecil biasanya lucu.
Kalo buat orang dewasa kayanya yang penting maknanya bukan baju barunya

fiqyud 15 September 2009 at 12:44  

wah aku dulu waktu kecil nagis klau g di beliin baju

Humor Blog 15 September 2009 at 15:12  

semua haruss baru dah klo menyambut lebarann...wakakak :)

catatan tukang 15 September 2009 at 17:18  

lebaran = baju baru......ehehehehehe

lina@happy family 15 September 2009 at 19:54  

Saya setuju Mbak, kita jangan berlebihan, masak sudah sebulan berpuasa, pas Lebaran kita malah jor2an... Baju baru Lebaran kalo buat anak2 kecil mungkin masih perlu, tapi buat yang sudah dewasa ngga perlu lah..

Laskar Pelangi 17 September 2009 at 19:44  

Mana baju safari favoritku setiap lebaran?

cyberfrogz 18 September 2009 at 18:47  

Assalamualaium wr.wb.

Selamat HR Idul Fitri 1430H,jika ad slh yg sengaja ataupun tidak saya mohon maaf yg sebesarnya.

IMCurtain 19 September 2009 at 01:24  

Selamat Hari Raya Aidilfitri & Selamat Bercuti dari kami di IMCurtain.com. Maaf Zahir dan Batin!

p/s: Kami ingin mengajak para blogger semua untuk menyertai komuniti blogger kami di IMCurtain.com

Busana Muslim 11 August 2010 at 06:39  

baju baru sudah seperti budaya,
tetapi yang penting cara kita menyingkapinya aja kan

GPS Tracking 10 July 2012 at 09:58  

Tergantung masing2 pemikiran.

Post a Comment

* Terima kasih sudah berkunjung ke seputarduniaanak.blogspot.com
* Maaf, komentar ditutup

  © Seputar Dunia Anak Since February 14, 2009

Privacy Policy | Back to TOP  

Please Visit Again!