Powered by Blogger.


Agar si kecil betah dipesawat (1)

>> Tuesday, 2 June 2009

Setelah sebelumnya membahas si kecil naik pesawat? sekarang saatnya berbagi tips agar si kecil betah saat berada di pesawat. Terlebih bila yang dituju tempat yang jauh, dan memerlukan waktu yang lumayan lama. Tentu saja anak akan merasa bosan. Orang dewasa saja merasa bosan, apalagi anak-anak. Berikut ini tip-tips yang bisa di lakukan, diantaranya adalah:

Mainan dan pakaian ganti
1. Bawa mainan kesukaan si kecil, pilih ukuran yang sedang saja, jangan terlalu besar karena akan merepotkan. Pilih yang tidak menimbulkan suara berisik, sehingga tidak mengganggu penumpang lainnya. Jika tidak mempunyai mainan seperti itu, usahakan beberapa hari sebelumnya perkenalkan dengan mainan seperti kriteria diatas, sehingga ketika waktunya tiba, anak sudah terbiasa dengan mainan tersebut.

2. Jangan keluarkan semua mainannya, keluarkan saja satu persatu. Kalau anak sudah bosan, ganti dengan maianan yang lainnya. Atau ajak anak untuk melihat keluar lewat jendela.

3. Persiapkan mainan apa yang sekiranya cocok saat berada di pesawat. Misalnya membandingkan awan yang satu dengan yang lainnya. Bisa juga tebak-tebakan atau teka teki.

4. Persiapkan juga pakaian ganti buat anak yang tidak tersimpan di bagasi pesawat, jadi saat kita membutuhkannya, tinggal mengambilnya saja. Untuk yang bawa baby, perlengkapan seperti susu, dot, diapers dan tisu basah sangat penting selama perjalanan. Selain pakaian ganti tentu saja.

Hilangkan kebosanan
1. Agar anak tidak bosan, bisa juga menyetel musik, tentu saja dengan earphone agar tidak mengganggu penumpang lainnya. Sebagai orang tua, cek terlebih dahalu volumenya, agar tidak terlalu keras si anak menyetelnya, sehingga tidak merusak gendang telinganya.
Bisa juga melihat tv yang telah disediakan maskapai. Ada maskapai yang menyediakan tv per seat, jadi anak bisa memilih tontonan apa yang disukainya.

2. Jika memungkinkan bawalah buku cerita kesukaan anak. Jadi ketika anak bosan dengan mainannya, bosan melihat tv, anak bisa membaca buku.

Catatan:
Ada maskapai yang memberikan mainan kepada anak-anak (dengan batasan umur tertentu), untuk menghilangkan kejenuhan selama di pesawat. Yah buat sekedar melupakan kebosanan sudah lumayanlah.
Yang pasti, suruh anak untuk istirahat, tidur biar sedikit lupa kalau masih di pesawat.
Enjoy your travel with children!


tags: si kecil naik pesawat, agar si kecil tidak rewel di pesawat, tips sebelum pergi naik pesawat dengan si kecil, persiapan mau naik pesawat dengan si kecil, cara menghilangkan kebosanan si kecil ketika di pesawat.

17 comments:

anggaarie 3 June 2009 at 01:58  

wah info bagus neh..
tapi aku lum punya anak, itung2 sambil belajar neh..

yanuar catur rastafara 3 June 2009 at 05:46  

ibu tenanan iki rek
hehehehehehehhe

loly 3 June 2009 at 11:59  

bagus nih tipsnya, avin anakku liat pesawat aja takut..kadang2 mikir juga kalo mo naik pesawat..makasih infonya ya mbak narti

agoez3 3 June 2009 at 19:52  

Waah, belum pernah naik pesawat diriku:)

kakara 4 June 2009 at 06:41  

Info yang bagus mba..
TFS :)

Novian 4 June 2009 at 09:12  

salam kenal, nice blog... artikelnya bagus juga, mampir dunks.

Anak Rantau 4 June 2009 at 17:14  

Numpak Montor Mabur yo mbak?

Ngeri aku ... hikhik...

Trims tips nya.

bayunature 6 June 2009 at 08:11  

membacakan buku sangat membantu, yg akan membuat anak rileks...

Nur Rachmat Site 7 June 2009 at 09:56  

bu.. gimana nih... aku butuh nasehatmu..

Narti 8 June 2009 at 20:58  

@ mbak loly, iya memang kadang begitu, namanya juga anak-anak mbak.
buat teman-teman semua yang sudah berkomentar, terima kasih banyak yah.

kir31 9 June 2009 at 03:50  

wah bagus infonya niy,,adik saya nangis trus klo naek psawat,,hoo,,jadi berisik psawatnya dh..

Narti 11 June 2009 at 19:38  

@ kir31, wah iya tuh jd berisik pesawatnya...hihi...
@ yHus_dCc_X, aduh susah amat ngetik namanya, makasih komentarnya.

Umi Rina 12 June 2009 at 16:05  

Makasih ya tipsnya...jadi teringat sewaktu si kecil naik pesawat usia 1,5 tahun, asli nggak betah dan terus menangis...:(

Moga2 nanti kalo aku pulkamp, tips dari sini bisa manfaat...:)

Narti 18 June 2009 at 13:04  

@ Umi Rina, makasih.

downloads film,games,mp3 dan software gratis 25 June 2009 at 10:55  

wah..blom prnh naek pswt nie, katrok, xixixixixi

Post a Comment

* Terima kasih sudah berkunjung ke seputarduniaanak.blogspot.com
* Maaf, komentar ditutup

  © Seputar Dunia Anak Since February 14, 2009

Privacy Policy | Back to TOP  

Please Visit Again!