Powered by Blogger.


Perkembangan Bayi Di Setiap Umur Kehamilan

>> Monday, 19 October 2009

Bagi yang sedang menantikan kehadiran seorang bayi di tengah-tengah keluarga, hari demi hari kehamilan terasa lama. Kepinginnya buru-buru keluar saja itu bayi. Pingin segera menimang-nimang, menyanyikan lagu, membacakan dongeng, mengajaknya bercengkerama dan sebagainya. Walaupun sebaiknya jabang bayi yang masih di dalam perut juga sebaiknya diajak bicara. Kita selalu penasaran, apa yang terjadi dengan si jabang bayi di dalam perut. Sudah seperti apakah perkembangannya? Bagaimanakah pertumbuhannya? Berikut ini beberapa kondisi atau pertumbuhan si jabang bayi.

0-4 minggu
Pada masa ini mulai dibentuk otak. Susunan saraf tulang belakang yang sederhana dan wajah. Fetus tsb memiliki ukuran panjang sekitar 2 mm.

4-8 minggu
Pada masa ini, jantung mulai dibentuk yaitu sekitar minggu ke enam dan seluruh organ lainnya juga mulai berkembang. Bentuk tulang wajah, mata, dan warna pada mata, jari2 tangan & kaki juga mulai terbentuk.

8-12 minggu
Organ-organ terpenting bayi sekarang telah mulai terbentuk. Ukuran kepalanya lebih besar dibandingkan dengan ukuran tubuhnya, hal ini untuk menyesuaikan dengan pertumbuhan otaknya yg cepat. Pada tahap ini mulai terbentuk dagu, hidung dan kelopak mata. Fetus mulai mengambang dan mulai menendang-nendang dengan halus.

12-16 minggu
Pertumbuhan tangan pada bayi menjadi lebih panjang dari lengannya. Paru-paru mulai berkembang dan bunyi jantungnya dapat didengarkan dengan ultrasound. Wajahnya sudah menunjukkan ekspresi, dan alis mata serta bulu matanya juga sudah tumbuh. Dia dapat merubah posisi kepalanya serta membuka mulut. Rambut di kepalanya kasar dan warnanya sedang dalam perkembangan.

16-20 minggu
Perkembangan bayi anda sekarang sudah lebih terkoordinasi, termasuk rata-rata pertumbuhannya mulai meningkat secara perlahan. Dia sudah dapat menghisap ibu jari dan memberikan reaksi terhadap suara anda. Pucuk dari bentuk gigi permanennya terletak dibelakang gigi susu. Rasa pengecapnya mulai berkembang dan sudah dapat membedakan antara rasa manis dan pahit. Pada tahap ini juga terjadi perkembangan dari sidik jari dan pertumbuhan rambut halus (lanugo).

20-24 minggu
Tubuhnya memang masih kecil, tetapi sekarang mulai sebanding dengan kepalanya. Tulang-tulangnya sudah mulai mengeras. Organ genitalnya mulai berkembang, cuping hidungnya mulai terbuka dan mulai bernafas cepat. Dia juga mulai mempunyai pola tidur.

24-28 minggu
Bayi anda sekarang mulai mempersiapkan diri untuk dilahirkan. Lemak mulai dibentuk dibawah kulitnya, rambut dikepalanya mulai tumbuh, kelopak matanya mulai terbuka dan otaknya mulai aktif bekerja. Dia dapat mendengar lebih jelas sekarang, termasuk suara-suara dari luar ataupun dalam. Dia dapat mengenali suara anda dan denyut jantungnya menjadi lebih cepat ketika anda berbicara.

28-32 minggu
Bentuk tubuh bayi anda sekarang sudah lengkap. Dia dapat melihat cahaya melalui dinding perut anda dan berkedip. Dia bisa bergerak perlahan sesuai dengan pertambahan berat badannya. Ukuran kepalanya mulai mengecil. Kedua paru-paru belum matang, tetapi dia sudah bisa bertahan hidup bila dilahirkan.

36 minggu
Bayi anda sudah siap dilahirkan dimana dia sudah bisa bernafas sendiri, menghirup dan menelan. Rambut-rambut halusnya sudah mulai menghilang. Usus kecilnya sudah dipenuhi mekonium yang akan dikeluarkan pada hari kedua setelah melahirkan. Kepala sudah turun ke panggul dan siap dilahirkan.

Sumber: ratnarespati.com

tags: perkembangan janin dalam kandungan, fetus, lanugo, organ tubuh mulai terbentuk, jantung mulai terbentuk, jabang bayi di dalam kandungan bisa mendengar suara dari luar, tahap-tahap pertumbuhan jabang bayi di dalam perut.

Fetus: fase embrio dan sebelum kelahiran. Pada manusia, janin berkembang pada akhir minggu kedelapan kehamilan, sewaktu struktur utama dan sistem organ terbentuk, hingga kelahiran. (sumber Wikipedia)



Baca juga:
Peraturan ibu hamil saat berolah raga.
Makanan yang baik dan tidak baik buat ibu hamil.

22 comments:

muchlisin 19 October 2009 at 08:48  

Artikel bermanfaat bagi orang tua dan calon orangtua. terima kasih sharingnya

jhonson blog 19 October 2009 at 08:51  

perkembangan suatu embrio memang fenomena yg unik.

arkasala 19 October 2009 at 10:06  

inilah yang disebut ajaib dalam arti kesatuan sistem dari mulai pembuahan sampai lahir semua melalui proses yang menakjubkan. Kita patut bersyukur lahir dengan penuh kesempurnaan.
trims mbak atas artikelnya. Salam :)

Seti@wan Dirgant@Ra 19 October 2009 at 11:54  

The miracle of human creation.
Nice sharing, Thanks.

konsultasi sex 19 October 2009 at 14:26  

bagus banget artikelnya.. makasih ya mbak.

Edwin's Personal Blog 19 October 2009 at 16:03  

Bayi saya dulu umur enam bulan di kandungan sudah ngga tahan sinar matahari. Kalau kena pasti nendang2. Setelah lahir memang ngga tahan hawa sumuk. Kalau tidur pun jadinya harus selalu pake AC ...
.
Trims sharingnya Mb Narti :-)

Pasang Iklan Gratis 19 October 2009 at 16:48  

Wah lengkap sekali, sangat bermanfaat sekali buat yang sedang hamil atau menikah dan ingin hamil, karena bisa mengetahui keadaan bayi dan menyesuaikannya.
makasih bangeth
Iklan Baris

lina@happy family 19 October 2009 at 18:40  

Minta izin copy ya Mbak; buat file pribadi nih.

narti 20 October 2009 at 07:36  

@ lina, silakan mba.

bluesafadi@gmail.com 20 October 2009 at 07:58  

info yang saya cari nihh... wat kkq aq...
moga infonya manfaat... :)

I AM JUST A STUDENT 20 October 2009 at 09:48  

wah ini mantep ni,.. :D
aku dulu juga pernah baca di kaskus..
jadi semakin takjub dengan kebesaran Allah :)

moenas 20 October 2009 at 15:13  

mantabbb bagi yang sudah dan yg akan menjadi calon orang tua nih,,,,thanks browww

comeng blik ya,,

Reza Fauzi 20 October 2009 at 15:31  

ya ampun.. jadi bayi tuh di dalem perut bisa tumbuh ya? haha (yaiyalah pertanyaan bodoh)

JOLA76 20 October 2009 at 16:34  

itulah salah satu dari kebesaran Tuhan... mantab n keren postingannya, thanks

fikirjernih 20 October 2009 at 17:10  

aku pengin punya anak nih

-----------------------------

mohon komentar nya http://fikirjernih.blogspot.com/2009/09/karikatur-pemilihan-software.html

Aryo Halim 21 October 2009 at 04:00  

wah ternyata aku dulu spt itu toh, hehehhe..geli jg ya klo liat org dewasa perangainya macam2 tp pas jd janin gak berdaya

narti 21 October 2009 at 04:47  

to all, terima kasih telah menyempatkan menulis komentar juga menambahkan informasi.
semua itu merupakan bukti kebesaran Allah, dan seiring berkembangnya ilmu pengetahuan, tahap-tahap perkembangan janin dalam kandungan bisa kita pelajari.

reni 21 October 2009 at 16:40  

info nya bagus bgt nich, buat tambah2 ilmu bagi calon ibu muda seperti saya:-)siip thanks

reni 21 October 2009 at 16:45  

info nya bagus bgt nich, buat tambah2 ilmu bagi calon ibu muda seperti saya:-)siip thanks

Post a Comment

* Terima kasih sudah berkunjung ke seputarduniaanak.blogspot.com
* Maaf, komentar ditutup

  © Seputar Dunia Anak Since February 14, 2009

Privacy Policy | Back to TOP  

Please Visit Again!