Powered by Blogger.


Tips menghilangkan luka bekas cacar air atau chickenpox

>> Monday, 14 March 2011

Cacar Air adalah penyakit umum yang banyak di temui di Indonesia, penyakit ini sering sekali di derita oleh anak-anak terutama usia 2-8 tahun, namun banyak juga orang dewasa yang terkena penyakit ini. Cacar air dapat pula menimbulkan bekas yang sanggat mengganggu di bagian-bagian tubuh terutama wajah. Bekas cacar air yang menahun akan sulit hilang dan menimbulkan rasa kurang percaya diri pada penderitanya.

Berikut ini beberapa tips untuk perawatan cacar air dan juga ramuan tradisional untuk mengatasi cacar air serta menghilangkan bekas cacar air yang menahun.

Tips perawatan bagi penderita:

1. Rutin mengganti pakaian penderita setiap hari.
2. Menaburkan bedak anti gatal pada tubuh penderita agar rasa gatal berkurang dan ruan menjadi cepat kering.
3. Memisahkan penderita dengan orang yang sehat agar tidak menular.
4. Mandi dengan air hangat dengan campuran obat antigatal.
5. Memotong dan membersihkan kuku agar tidak menimbulkan infeksi pada cacar.
6. Memberi kondisi yang nyaman untuk beristirahat pada penderita agar dapat beristirahat dengan nyaman dan membantu proses penyembuhan.

Resep Tradisional untuk mengobati cacar air (diminum)

Resep 1:
30 gram temu lawak + 25 gram kencur + 15 gram asam jawa + 15 gram jahe, dicuci dan dipotong-potong, lalu direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring, airnya diminum 2-3 kali sehari.

Resep 2:
2 buah mengkudu matang dicuci dan dijus, atau diparut dan diambil airnya, lalu diminum. Lakukan 2-3 kali sehari.

Untuk perebusan sebaiknya digunakan periuk tanah atau panci enamel atau panci kaca.

Resep tradisional untuk mengatasi bekas cacar air (obat luar)

Ambil kacang hijau secukupnya, rendam dalam air sampai kacang hijau tersebut membesar, tumbuk kacang hijau yang telah membesar, tumbukannya oleskan pada bagian-bagian yang ada bekas cacar airnya. Bisa juga dioleskan pada wajah untuk membantu pemulihan kulit akibat cacar air atau chickenpox.

Semoga bermanfaat!
Artikel ini sudah copas-dicopas, jadi saya tidak mengerti sumber aslinya.
Teman-teman kalau ada yang mau menambahkan, silakan tulis di kotak komentar. Terima kasih.

Link terkait:
Mengenal cacar air (chickenpox) dan cara menanggulanginya.

52 comments:

amcied 14 March 2011 at 07:40  

artikel yg menarik, trimakasih info'y :)

Beramal dengan ilmu 14 March 2011 at 08:01  

Betul sekali mbak..Kebetulan anak-anak saya juga sedang kena saat ini..Thanks infonya..Bermanfaat sekali..

Salaam

Zahra 14 March 2011 at 08:10  

Dulu aku pernah cacar air waktu umur 10 tahun, ada yang bilang kalo sudah kena ga akan kena lagi ya?
aku pasang link blog ini di blogku ya..

Just Sharing 14 March 2011 at 13:34  

kacang hijau? wahhh... baru tau nihhh... :)

Djangan Pakies 14 March 2011 at 14:54  

Assalamu'alaikum Mbak,
wah ini kayaknya kelanjutan dari postingan terdahulu nih dan isinya lebih komplit karena sebagai jalan keluar untuk mengatasi bekasnya
matur suwun sanget sharenya

Geafry Necolsen 14 March 2011 at 18:27  

sementara aku follow dulu deh blognya.. bulan oktober nanti baru lahir anaku yang pertama hhe

phipien 15 March 2011 at 02:24  

Resep ini gak berbhaya buat kita kan..!soalna gak ada anjuran dokter sich xixixix, kalau menghilangkan bekas jerawat bisa gak pakai reseep ini juga.

narti 15 March 2011 at 06:23  

@ amcied, makasih juga.
@ Beramal dengan ilmu, sama2.
@ Zahra, makasih.
@ Just Sharing, :)
@ Djangan Pakies, wa'alaikumsalam. Iya Pak Ies, biar nyambung.
@ Geafry Necolsen, makasih.
@ phipien, buat obat jerawat? belum nyobain kang...

Gaphe 15 March 2011 at 14:42  

Narti, ini kalo bopengnya alias bekas lukanya itu luka lama apakah masih bisa hilang?..

untung udah pernah kena cacar, moga nggak kena lagi..

oke buat tips kalo ntar ada yang butuh nih

yanuar catur rastafara 16 March 2011 at 03:54  

maap sebelumnya mbak, saya pernah dengar dan liat ada yang pake jagung muda gitu.. apakah jagung juga bisa untuk mengobati bekas cacar air ini??

Rubiyanto Sutrisno 16 March 2011 at 06:09  

tips menarik, saya baru tahu nih ,...

narti 16 March 2011 at 06:52  

@ Gaphe, kalau udah lama biasanya sulit hilang ya, apalagi untuk kulit yg punya 'ciri' maksudnya kulitnya memang akan meninggalkan bekas bila terluka.

@ yanuar catur rastafara, waduh kurang tahu nih.

@ Rubiyanto Sutrisno, makasih.

catatan kecilku 16 March 2011 at 10:13  

untung kami sekeluarga udah pernah kena cacar semua.. dan tak berbekas. alhamdulillah...

the other 16 March 2011 at 10:14  

thanks tuk tipsnya mbak.., kebetulan anak sahabatku sekarang sedang kena cacar nih.

Place to Study 16 March 2011 at 10:15  

shasa dulu waktu kena cacar tubuh jadi warnanya putih semua, karena penuh dg bedak.

jejak langkahku 16 March 2011 at 10:16  

terkadang selain bedak, tubuh shasa dibalur dg parutan jagung muda juga lho.

wong goblog 16 March 2011 at 15:24  

tips yg mantabs nich.. boleh dicoba. ilmu yg bermanfaat ni

Daris Firzan 16 March 2011 at 18:44  

amit2 dah kena cacar, sakit amat..,

thanks for tips nya, nanti saya bilang tipsnya ke kawan saya yg lagi cacar, hihih :)

thanks

Ferdinand 17 March 2011 at 08:06  

Met siank Mbak, kangen euy lama gak mampir hhe... maaf telat...

Hem... klo udah waktu kecil mbak, klo gak salah tiap org pasti kena ya Mbak cacar? tapi kebetulan aku gak suka garukkin apa gmn tau waktu kecil, soalnya gak ada bekasnya hhe.. :D

makasih buat tipsnya Mbak, tapi klo yg udah kena gak bakalan kena lagi kan ya Mbak?

Dhana/戴安娜 17 March 2011 at 11:42  

Salam sahabat
Sangat bermanfaat sekali dimana cacar ini memang seting menghinggap si anak terima kadih tipsnya ya

cho 17 March 2011 at 13:02  

haduh, kalo udah lama sulit ilang y, mbak. yawda, nanti saya setrika aja biar licin lagi. haha.

kalo kena cacar emang ga enak banget rasanya. pengen garuk-garuk terus. pokoknya tersiksa. huft.

joe 18 March 2011 at 10:14  

wah nyari mengkudu sepertinya susah nih

Zippy 18 March 2011 at 17:15  

Kalau saya dulu pake obat tradisional dari ternate mbak, namanya kasumbaturate kalo gak salah.
Jadi biar cacarnya keluar semua, biar panasnya juga gak di dalam tubuh.
Mandinya juga pake detol :D

narti 18 March 2011 at 20:01  

@ catatan kecilku, syukur deh mba.
@ the other, makasih juga mba.
@ Place to Study, :)
@ jejak langkahku, makasih masukannya.
Untuk yanuar catur rastafara, ternyata mba Reni juga pakai parutan jagung muda juga untuk menghilangkan bekas luka cacar air (chickenpox), berarti memang bener bisa menghilangkannya.

@ wong goblog, makasih.
@ Daris Firzan, makasih juga.
@ Ferdinand, kalau sudah pernah kena cacar air tidak kena lagi? engga juga, temenku ada yang udah kena tapi kena lagi tuh. Mungkin ada yang begitu tapi skalanya kecil.

@ Dhana/戴安娜, makasih mba.
@ cho, pasti udah pernah kena juga nih :)
@ joe, iya, tanaman mengkudu sudah semakin langka.
@ Zippy, makasih infonya Zip. Tapi aku baru dengar nama obat itu, waduh harus order ke Zippy nih kalau membutuhkan.
Anak mama yang satu ini memang pinter, hehe...

TUKANG CoLoNG 18 March 2011 at 23:13  

cacar bukannya ga boleh mandi atau kea air gitu ya..?

pri crimbun 19 March 2011 at 07:07  

wah ternyata gitu ya mbak...

Elsa 19 March 2011 at 07:15  

aku simpen postingannya Mbak
siapa tau berguna suatu saat nanti

bliyanbayem 19 March 2011 at 11:18  

wah... jadi nambah nih ilmunya.. makasi mbak!! ^_^

angga septian 19 March 2011 at 18:25  

aku udah 22 tahun tapi belum cacar air nih, gapapa kah?

narti 19 March 2011 at 20:25  

@ TUKANG CoLoNG, kalau orang jaman dulu kebanyakan memang bilang begitu.
@ pri crimbun, :)
@ Elsa, silakan mba.
@ bliyanbayem, sama2.
@ angga septian, kalau gapapa atau engga sih kurang tahu ya, tapi cacar air ini bisa menyerang usia berapa saja, misalnya anak ada yang sakit cacar, bapak atau ibunya bisa tertular.

d'zaro 19 March 2011 at 21:59  

hadir selalu dengan comment..
jadi ingat waktu sd terkena cacar air ini! saking malu ngumpet di balik pintu ketika ada temen-teman cewe ngelongok..!hihi.. salam visit me back for comment

r10 20 March 2011 at 02:50  

artikelnya kata mbak sudah copas dicopas, untuk mengatasi hal ini, sebaiknya ditambahkan sentuhan pribadi (pengalaman milik mbak)

mbak waktu dahulu kena cacar air bagaimana? kalau saya sih rasanya mau garuk2 terus he he

narti 20 March 2011 at 06:21  

@ d'zaro, hehe...
@ r10, di artikel sebelumnya (link terkait) sudah aku tuliskan pengalaman saya. Nah kalau soal copas, kita kan hafal dengan tulisan sendiri ya, kalau dicek ketempat yang copas artikel saya, tulisan yg ada nama2 anak saya mereka hilangkan, kalimat yang lain sih sama, copas persis, hihi...cape deh.
Ada yang copas persis, link terkait tetap masuk ke blog ini. Kalau yang sudah pinter sih, link terkait mereka ganti link mereka.
Maaf jadi nulis uneg-uneg, makasih banyak masukannya.

d'zaro 21 March 2011 at 03:47  

thank's for visit .. have being friends forever!

fizer0 21 March 2011 at 07:24  

info yg sangat berguna,, thx

dtechno 22 March 2011 at 03:24  

Makasih Mbak infonya, mudah2an suatu saat nanti bisa berguna

Fajar krunyit 18 August 2011 at 09:53  

trimakasih banyak atas infonya, kbtulan anaku lagi kna cacar, umurnya baru 3 thn. kasian liatnya.
se x lagi trimakasih y................

munahnugroho 14 September 2011 at 05:07  

tipsnya banyak banget,tapi boleh deh dicoba... makasih :)

ana wijayanti 17 September 2011 at 16:09  

bener yaa kalo setiap orang pasti sekali kena cacar?

asih,  20 September 2011 at 03:29  

kalau ngilangin atau mengurangi rasa gatal di kepala bagai mana ya cara nya...??

narti 20 September 2011 at 03:44  

@ asih, maksudnya rasa gatal di kepala karena cacar air-nya tumbuh juga di kepala?
atau rasa gatal di kepala karena yang lain, ketombe misalnya??

galih 10 October 2011 at 13:37  

mbak cacar air tuh sampek brapa hari????
trus klu pas masih berair di mandi.in apa boleh??
klu pas berair trus mandi trus pecah apa nantinya bekas??

narti 10 October 2011 at 16:00  

@ galih, silakan baca artikel terkait disini

heksi setiyowati,  16 October 2011 at 12:55  

mksh tipsnya,,kbtln aq lg kena cacar,,lgsung aq coba ya..

zahraprakoso 31 October 2011 at 09:13  

Udah 2 hari aku kena cacar trus langsung keluar banyak, boleh ga ya mba aku pake kacang hijau itu buat aku olesin ke cacar di badan dan muka aku? Tolong jawabannya ya :) Terima kasih

narti 31 October 2011 at 10:15  

@ zahraprakoso, hmmm gimana ya? aku belum mencobanya sih.
Kalau mau mencoba silakan di kulit yang tertutup dulu, jangan langsung ke muka karena kulit muka biasanya sensitif banget.
Sebenarnya membekas atau tidak juga pengaruh dari jenis kulit kita juga.

Coba mandi pakai air+dettol, air diguyurkan (jangan berendam), olesi obat. Kalau disini sama dokter dikasih lotion sih, di Indonesia apa namanya yah? maaf Narti kurang ngerti.
Luka jangan digaruk. Kalau gatal coba dikipasi aja.

merciful vee 27 November 2011 at 08:38  

mbak . jagung mudanya itu direbus dlu atau tidak?

narti 27 November 2011 at 10:00  

@ merciful vee, jagung yang masih muda kan banyak mengandung air tuh, terus diparut, lalu dioleskan ke bagian yang sakit.

Dakwah Syariah 17 December 2011 at 07:31  

Alahmdulillah mendapatkan artikel beranfaat, luka cacar memang kadang suka membekas, dan tidak banyak orang yang mengetahui cara perawatannya.

afifah,  31 December 2011 at 14:21  

makasih infonya kebetulan anak lagi sakit cacar umurnya 6,5 tahun

Fatwa 2 January 2012 at 07:20  

Mbak ini, q udah sembuh dari cacar. Sudah sekitar 2minggu ini, tapi bekas x masih berupa warna hitam di seluruh tubuh. , bgmana nich, kalau saya pke' tips di atas bisa gak. . ?

maruli aja,  4 May 2012 at 22:39  

setau gue jagung muda juga baik untuk menghilangkan cacar air...

tipsx jagung muda di ambil 7 bonggol bila perlu lebih juga boleh keudian di parut jagungx aja setelah di parut di tumbuk/giling juga boleh biar halus,trus di siram air hangat secukupnya..kemudian di oles di seluruh badan,maka bekas cacar air akan hilang...Tp tips ini agak kurang manfaatx untuk org yg umurx di atas 20 tahun.

Post a Comment

* Terima kasih sudah berkunjung ke seputarduniaanak.blogspot.com
* Maaf, komentar ditutup

  © Seputar Dunia Anak Since February 14, 2009

Privacy Policy | Back to TOP  

Please Visit Again!