Powered by Blogger.


Aktivitas Seru Bagi Anak Pengisi Ramadhan

>> Friday, 4 September 2009

Membuat si kecil tahan berpuasa hingga bedug Maghrib berkumandang memang susah-susah gampang. Apalagi jika mereka baru pertama kali melaksanakan ibadah puasa secara penuh. Biasanya, banyak godaan yang membuat mereka ingin membatalkan puasanya.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengalihkan perhatiannya dari rasa lapar dan dahaga hingga tiba waktu berbuka. Berikut ini sejumlah aktifitas seru yang bisa dilakukan bersama si kecil.

1. Membaca Al-Qur'an.
Manfaatkan momentum ramadhan untuk meningkatkan kemampuan si kecil dalam membaca Al-Qur'an. Misalnya dengan memasang target, selepas Ramadhan si kecil sudah bisa mengaji dengan lebih lancar.

2. Ajak anak ke toko buku.
Ajak anak-anak ke toko buku di sore hari, sambil menunggu waktu berbuka puasa. Belikan buku bacaan atau DVD Islami yang berisi kisah-kisah teladan untuk membentuk moral dan akhlak yang baik. Anda bisa juga mendongengkan kisah di dalam buku tersebut, atau bercerita mengenai pengalaman Anda berpuasa waktu masih kecil dulu.

3. Tumbuhkan rasa persaudaraan dan saling menolong.
Misalnya dengan besilaturahmi dan berbuka puasa bersama anak-anak yang kurang beruntung di panti asuhan. Dengan demikian si kecil akan bisa lebih memaknai hidup dan lebih bersyukur atas berkah dan rahmat Allah yang diberikan kepadanya.

4. Ajak si kecil bereksperimen di dapur.
Misalnya dengan membuat menu favoritnya untuk berbuka puasa. Biarkan ia membantu Anda asal tidak melakukan hal-hal yang berbahaya. Atau bisa juga mengajak si kecil membantu membuat kue-kue lebaran.

5. Ikutkan anak dalam pesantren kilat.
Biasanya di sekolah-sekolah diadakan setiap bulan Ramadhan. Dengan demikian waktu si kecil akan terisi dengan hal-hal yang bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan agamanya.

Semoga bermanfaat.


tags: aktifitas/kegiatan anak selama Ramadhan, acara yang seru untuk anak-anak di bulan Ramadhan.

Baca juga:
Mengajari Si Kecil Berpuasa
Agar Si Kecil Kuat Berpuasa

29 comments:

Ica 4 September 2009 at 14:10  

Selalu ada yang bermanfaat di sini.
Setuju mbak, biasakan mengajarkan anak dengan hal-hal baik sejak dini.

arkasala 4 September 2009 at 16:36  

untuk nomor 5 nih anak saya belum di Surabaya ini. Kalo di Jakarta tahun kemarin sempet ikut di bulan Ramadhan. Tahun ini belum. Semoga saja tahun depan ada kesempatan. Trims Mbak atas sarannya. Salam

Narzis Blog's 4 September 2009 at 19:15  

Hihihi, kebetulan belom punya anak nih, hehhehe....
Lagian non muslim, xixiixix....
But, thx udah mw share mbak'...

Hamster Copo 4 September 2009 at 19:42  

kalo aku siih lebih condong kepada bermain dan belajar,,bukannya disuruh-suruh gitu..itu akan membuat anak menjadi bosan dan lapar lebih cepat gitu hehehehe

hill 5 September 2009 at 00:01  

nice info mbak :),speechless coz blm masuk gerbang kehidupan itu,tp smday sy jg akan mengalami :)

narti 5 September 2009 at 03:55  

@ Ica, iya mbak.
@ arkasala, terima kasih.
@ Narzis Blog's, terima kasih ya.
@ Hamster Copo, terima kasih pendapatnya. Ini lebih cenderung mengarahkan ya? aktifitas bisa dilakukan bareng-bareng sama anak, jadi lebih kekeluargaan, kecuali yang no.5 karena memang di sekolah.
@ hill, terima kasih.

andy 5 September 2009 at 06:56  

wah bisa di coba nich tips buat si kecil,ditunggu tips berikutnya....

Kalijaka 5 September 2009 at 08:22  

Tapi yang selalu harus diingat, itu semua haruslah dikemas supaya anak tidak merasa terpaksa dalam mengikuti semua kegiatan terseut. JIka anak merasa terpaksa tidak akan membuahkan apa-apa.

Rendra 5 September 2009 at 11:23  

duh ga tau neh mo komentar apaan coz lom punya momongan hehehehehe..tapi keren tuch postingannya mba..

narti 5 September 2009 at 11:33  

@ andy, terima kasih.
@ Kalijaka, yups benar sekali, kita bisa mengarahkan ke anak-anak, bukan dengan memaksakan.
@ Rendra, belajar dulu ya, buat bekal nanti. hehe...terima kasih.

genial 5 September 2009 at 17:40  

iia seaktu mengajak anak kecil di dapur... makanan buat buka puasanya malah abis sama dia.. hueheheehe... great mba'... mangstab :)

baburinix! 5 September 2009 at 18:07  

wah jadi pengen punya anak nih...

kakara 6 September 2009 at 01:14  

tips yang sangat bermanfaat.. makasih mba :)

narti 6 September 2009 at 04:17  

@ genial, nyicipinnya suruh sedikit aja. hehe....
@ baburinix, buat belajar dulu ya.
@ kakara, terima kasih.

Pawewet 6 September 2009 at 06:08  

Setuju mbak memang anak harus dilatih sejak dini, dengan latihan -latihan yang menarik, dan sesuai dengan dunia mereka...

tks 4 sharng

MUBAROK 6 September 2009 at 07:23  

Selamat Berpuasa
Gimana Mbak suasana Ramadhan disana

Anonymous,  6 September 2009 at 08:25  

nas http://liqosofware.blogspot.com

sendal jepit 6 September 2009 at 10:01  

nambahin satu boleh ? jangan biasain si kecil beli petasan ato kembang api.. kalo dari kecil diajarkan "membakar - bakar uang", ntar kalo gede malah bisa ngebakar-bakar BANK.. he...he..he..
Nice articel mbak.. sip..sip..sip..

narti 6 September 2009 at 10:14  

@ Pawewet, iya mas.
@ Mobarok, selamat berpuasa juga, puasa disini ramai juga, tapi tetap ramai di kampung.
@ Anonymous, thanks.
@ sendal jepit, makasih tambahannya. Alhamdulillah di Qatar sini tidak ada ya, petasan seperti di Indonesia yang dijual secara bebas.

Jualan Barang 6 September 2009 at 19:12  

ikutan koment ah....
mbak ini tulisane tentang anak truz,,,,jadi pengen neh,,,,,hehehehehe

S@ndhie 7 September 2009 at 07:06  

ikutn nimbrung ya...
skalian curi2 ilmu d sni...

narti 7 September 2009 at 08:16  

@ Jualan Barang, belum ya? baca dulu artikelnya buat bekal ntar. hehe...
@ s@ndhie, terima kasih.

uguns 7 September 2009 at 15:29  

Kangen nich k blog ni, sekarang baru bisa mampir... met menunaikan ibadah puasa ya mbak.

narti 8 September 2009 at 05:49  

@ uguns, terima kasih, selamat menunaikan ibadah puasa juga buat uguns n kel.

sabirinnet 9 September 2009 at 07:44  

pendidikan awal si anak yg mementukan orang tuanya yaa..tinggal kita aja lagi yang menentukan mau dibikin apa si anak..mau hitam atau putih..karena dari pendidikan awal itu yg menempa dirinya menjadi apa yang kita kehendaki..mantaapp artikelnya aku suka sebagai tempat nambah wawasan..

narti 9 September 2009 at 14:22  

@ sabirinnet, iya benar sekali, terima kasih komentarnya.

Wiran 9 September 2009 at 18:58  

Info yang baik menurut saya.
Saya setuju dengan penulis postingan di atas ini. Dan menurut saya patut buat dicoba ....
Thanks

street article 1 February 2010 at 09:14  

berkunjung sambil cari ilmu

Post a Comment

* Terima kasih sudah berkunjung ke seputarduniaanak.blogspot.com
* Maaf, komentar ditutup

  © Seputar Dunia Anak Since February 14, 2009

Privacy Policy | Back to TOP  

Please Visit Again!