Powered by Blogger.


Tips Memilih Arena Bermain

>> Tuesday, 30 June 2009



Sudahkah Anda merencanakan berbagai acara untuk mengisi liburan kali ini?
Tentu anak-anak akan bosan bila berada di rumah saja. Liburan bisa diisi dengan kegiatan di luar rumah seperti bermain di taman, camping dengan keluarga, pergi ke pantai dan lain sebagainya. Nah, sebelum mulai bermain, berikut ini tips memilih arena bermain yang perlu diperhatikan.

1. Utamakan kebersihan

Jangan pernah memilih arena bermain yang sudah penuh dengan debu, jamur, lumut, apalagi menimbulkan bau tak sedap. Tanyakan ke pihak pengelola bila menemukan permainan dengan ciri seperti diatas.
Kalau di Qatar sini jarang sekali dijumpai mainan yang berlumut karena memang jarang ada hujan. Tapi bukankah kuman itu ada dimana-mana?
Idealnya, setelah sekian jam digunakan oleh sejumlah anak, setiap mainan harus dibersihkan. Bahkan untuk meminimalkan penularan penyakit tertentu, mainan juga harus dibersihkan secara berkala menggunakan bahan pembersih yang bisa membunuh jamur, kuman dan bakteri.

2. Perhatikan keamanan

Perhatikan setiap sudut, lekukan sarana bermain tersebut. Keras atau lunak, licin atau tidak. Begitu juga catnya aman tidak. Bila sekiranya tidak aman bermain di tempat itu, lebih baik urungkan saja niat untuk bermain di tempat itu.
Untuk usia batita sebaiknya dipisahkan dengan anak-anak usia balita keatas. Kadang anak-anak usia balita keatas suka lompat-lompat, atau meluncur di perosotan dan kurang memperhatikan apakah ada orang lain di sekitarnya atau tidak yang mungkin bisa celaka/cidera akibat dari ulahnya. Peranan orang tua sangat diperlukan disini, untuk memilih permainan yang dianggapnya layak.

3. Aspek kesesuaian

Pilihlah mainan yang bisa merangsang pergerakan otot, baik tangan, kaki, maupun seluruh bagian tubuhnya. Perhatikan pula tingkat kesesuaian bentuk, ukuran dan tingkat kesulitan masing-masing permainan dengan usia si anak.

4. Kuota/ kapasitas

Sebaiknya pilih tempat bermain yang tidak terlalu penuh. Jangan biarkan anak mengantri terlalu lama untuk dapat giliran bermain. Anak bisa kesal duluan sebelum bermain. Padahal tujuan bermain adalah mencari pengalaman yang menyenangkan, bukan?

5. Kualitas pendamping

Pendamping atau petugas yang menemani di arena bermain akan memberitahu bagaimana cara bermain yang benar. Mereka akan menjaga dan mengarahkan anak.
Peranan orang tua sangat diperlukan dalam mengawasi buah hati tercinta bermain. Terlebih bila tidak ada pendamping yang mengawasinya, agar terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan.

Semoga bermanfaat dan selamat mengisi liburan.


tags: mengisi liburan, memilih arena bermain, hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum bermain.

Baca juga:

Memilih Permainan Anak

9 comments:

anggaarie 30 June 2009 at 15:09  

wah kalo syarat seperti ini kayaknya buat orang dewasa juga deh..biar tetep sehat.

Wieche Irianto 1 July 2009 at 07:00  

Memang penting banget buat keselamatan anak2 kita.....

Andie Gokil 1 July 2009 at 07:17  

liat situasi juga sob.
manatau nyasar ke kandang sapi yang bersih.
halah.
:D:D:D:D

Bayu The Maniac 1 July 2009 at 08:06  

bagus infonya sob ...
keep posting sob ...

narti 2 July 2009 at 22:20  

Buat teman2 yang sudah berkomentar, terima kasih ya.

Post a Comment

* Terima kasih sudah berkunjung ke seputarduniaanak.blogspot.com
* Maaf, komentar ditutup

  © Seputar Dunia Anak Since February 14, 2009

Privacy Policy | Back to TOP  

Please Visit Again!