Powered by Blogger.


Cara Mengurangi Pegal Saat Hamil

>> Tuesday, 1 February 2011

Anda seorang ibu yang sedang hamil? Anda sering merasa pegal?
Saat kehamilan merupakan saat-saat yang melelahkan bagi seorang ibu, ada banyak keluhan yang muncul antara lain cepat lelah, susah tidur, emosi yang susah dikontrol dan sebagainya. Ibu hamil sering juga mengalami rasa pegal yang sangat menggangggu. Misalnya, terlalu lama duduk. Atau ibu hamil yang tetep bekerja atau juga ibu hamil yang tetap mengerjakan tugas sehari-hari karena tidak punya pembantu di rumah. (Yang tinggal di LN pasti merasakan bagaimana hidup berkeluarga tanpa bantuan seorang pembantu).
Nah jika ibu hamil terlalu cape, otot-otot tubuh biasanya langsung tegang, serta punggung atau bagian bawah pinggang terasa nyeri.

Bagaimana cara mengatasi pegal-pegal pada ibu hamil?
Nah untuk mengurangi rasa pegal, ibu bisa melakukan tiga gerakan berikut:

1.Peregangan bahu
Tujuan: Membuat rileks otot-otot bahu, lengan, leher, dan punggung Anda.
Yang bisa Anda lakukan:
Duduk tegak dengan telapak kaki menempel rata di lantai. Secara perlahan angkat tangan kanan Anda.
Tekuk siku. Jatuhkan tangan ke belakang (telapak tangan menghadap punggung), serta tarik siku ke bawah dengan tangan kiri Anda.
Tahan posisi selama 20 detik. Ulangi gerakan dengan tangan yang lain.

2.Memiringkan dan memutar kepala dan leher
Tujuan: Menjaga otot-otot leher dan bahu tetap lentur bisa mencegah terjadinya ketegangan otot tubuh bagian atas.
Yang bisa Anda lakukan:
Duduk tegak, dengan bahu rileks dan kepala menghadap lurus ke depan. Secara perlahan, miringkan kepala ke kanan, sampai telinga kanan hampir menempel bahu.
Kembali ke tengah, lalu miringkan kepala ke kiri.
Ulangi gerakan ini sebanyak lima kali.
Sebagai alternatif, duduk tegak dengan bahu rileks. Secara perlahan, putar kepala ke kanan, kembali ke tengah, dan perlahan-lahan putar lagi ke kiri.
Ulangi gerakan sampai lima kali. Kedua gerakan ini bisa dilakukan secara bergantian.

3.Menggerakkan kaki dan pergelangan kaki
Tujuan: Memperlancar sirkulasi darah, mencegah terjadinya kram otot, serta mengencangkan otot-otot betis dan paha.
Yang bisa Anda lakukan:
Duduk santai dengan punggung tersangga dengan baik. Angkat kaki kanan, dan mulailah ’menggambar’ huruf alfabet di udara. Jaga agar kaki kiri tidak bergerak ya.
Ganti dengan kaki kiri. Ulangi seluruh gerakan sebanyak dua kali lagi.

Sumber artikel: http://www.parenting.co.id/

Untuk melakukan hal di atas, Anda tetap harus memperhatikan kondisi Anda juga saran dari dokter kandungan Anda. Karena kondisi tiap ibu hamil itu berbeda-beda.
Semoga bermanfaat!

Anda mencari artikel ini:
Persiapan melahirkan.
Menu sehari ibu hamil.
Tips bepergian buat ibu hamil.

23 comments:

Ferdinand 1 February 2011 13:10  

Ternyata Hamil itu Pegel ya Mbak? Wah aku jadi tambah ngormatin Ibuku nie :D .... gak kebayang gimana pegelnya ng'bawa aku 9 BUlan...

indrahuazu 1 February 2011 18:30  

Baca blog ini, lama2 pengen segera nikah nih..punya anak..haha

Djangan Pakies 2 February 2011 03:00  

satu lagi mbak, kalo sujud dalam shalat dilakukan agak lama disamping semakin mendekatkan diri pada Allah juga untuk menjaga posisi baby agar tidak sungsang serta memperkuat tulang panggul

ToPu 2 February 2011 17:54  

Apapun rasanya apabila dia ikhlas serta bahagia dalam menjalaninya, aQ yakin semua wanita yang hamil tidak akan pernah mengeluh, bahkan mensyukuri nikmat yang diberikan....

catatan kecilku 3 February 2011 18:30  

Mbak... jadi terkenang saat aku hamil Shasa dulu nih... hehehe.
Segala rasa pegal itu seketika langsung lenyap saat memandang wajah mungil bayi yang lahir ya?

the others.... 3 February 2011 18:31  

jadi kangen dengan rasanya hamil lagi sekarang... hehehe

Media update 3 February 2011 18:48  

Informasi yg uptodate penting sekali utk ibu yg belum pengalaman mempunyai anak sukses mbak

Ferdinand 4 February 2011 13:48  

Sore Mbak.... aku datang hhe... Wah kayanya kata2 Kang Pakies bener tuh Mbak... Sholat, Selain Beribadah ada manfaatnya untuk Wanita Hamil :D

narti 4 February 2011 13:50  

@ Ferdinand, artikel ini ada manfaatnya selain buat ibu hamil ya. Anak jadi makin menghormati ibu.

@ indrahuazu, cepetan...hehe...
@ Djangan Pakies, makasih masukannya.
@ ToPu, yups.
@ catatan kecilku, :)
@ the others...., nambah lagi mba, biar Sasha punya adik. :)
@ Media update, makasih.

Gaphe 5 February 2011 10:50  

nambah tips : paling enak sih ibu hamil berendam di bathup pake aer anget dikasih aromaterapi sama garam mandi, dijamin pegalnya seharian ilang.. secara ngapung gitu..

Rizky2009 5 February 2011 15:08  

aq pernah di ceritain kalau ibu2 hamil capeknya luar biasa, dengan setelah mendengar cerita tersebut, aq jadi tambah sayang sama bunda

yayack 6 February 2011 07:49  

sayang saya belom punya istri hehehe ada juga isteri tetangga :D

zainul abidin 6 February 2011 08:14  

tips yang bermanfaat buat isriku yg ud 8bln..
memang demikian orang kalo hamil. salam kenal dari sda (sidoarjo)

Agung Aritanto 6 February 2011 09:27  

ga kepake deh kayanya buat saya soalnya saya ga akan pernah bisa hamil

ritma 7 February 2011 09:02  

duuuh jadi pengen cepet nikah hikhikhik....
makasih ea tipsnya...

Zippy 7 February 2011 10:03  

Lumayan nih buat pengetahuan kalo istri hamil nanti.
*weleeeh...belum juga nikah udah mikirin istri, wkwkwkwk...

moenas 7 February 2011 12:02  

waduh bisa jadi masukan bakal istri ane esok hari xooxo
thanks atas tipsnya mbk

hanya 9 February 2011 07:55  

mampir pagi bu...
moga2 bisa jadi pelajaran bagi yg sedanfg hamil nih

narti 10 February 2011 06:53  

@ Gaphe, makasih masukannya. Yang ga punya bathup, berendam dimana ya? :)
@ Rizky2009, syukurlah...
@ yayack, :)
@ zainul abidin, makasih, salam kenal juga.
@ Agung Aritanto, :)
@ ritma, :)
@ Zippy, hehe...
@ moenas, makasih juga.
@ hanya, semoga :)

Dear Diary 17 February 2011 07:31  

pastinya pegal yah.. :)
membawa si mungil selama 9 bulan.. :D
tapi semuanya akan terbayar ketika si kecil sudah lahir yah..
bahagianya sampai gak bisa dilukiskan dengan kata2 deh.. :D

Dear Diary 17 February 2011 08:12  

wah.. masukan untuk calon ibu ini.. :)
bagus tipsnya.. :D

ceuberly 17 February 2011 16:34  

jadi inget waktu saya hamil anak saya..... bulan bulan terakhir amat sangat terasa pegelnya....tp it worthed ...dgn apa yg saya punya sekarang... =)

Anonymous,  7 October 2011 10:12  

Paling enak tuh kalo istri lagi hamil nemenin dia ke mom n jo (tempat spa khusus ibu hamil dan bayi) di daerah dharmawangsa. tempatnya enak, bagus dna nyaman. Biasanya saya nemenin istri sambil saya juga dipijat dalam 1 ruangan couple gitu. rasanya kayak raja dan ratu banget deh, ngeliat istri dipijat sambil miring gitu dan saya tengkurep sambil tatap2an sm istri tuh rasanya menyenangkan banget. Jadi tambah sayang sama dia, apalagi ngeliat perutnya yang gede itu. Kami sangat menikmati saat2 kamimenikmati spa berdua di mom n jo (eh bertiga deh sama anak kami didalam perut :)

Oya buat yg mau coba tempat spa ini bener2 bikin rileks dan suasana dalam ruangan kalo berdua sm pasangan itu rasanya romantis banget. coba tlp aja mom n jo 08-999-000-006

Post a Comment

* Terima kasih sudah berkunjung ke seputarduniaanak.blogspot.com
* Maaf, komentar ditutup

  © Seputar Dunia Anak Since February 14, 2009

Privacy Policy | Back to TOP  

Please Visit Again!