Powered by Blogger.


Takaran Mengonsumsi Minyak Ikan

>> Monday, 22 February 2010

Meskipun tergolong keluarga minyak-minyakan, jenis minyak yang satu tidak digunakan untuk menggoreng kerupuk atau tahu ya?? Namun merupakan sumber zat gizi.

Apa saja kegunaan minyak ikan bagi kita? Yuk kita baca...

Minyak ikan juga tergolong sebagai sumber lemak yang rendah kolesterol, sehingga para ahli gizi dan kesehatan sepakat bahwa minyak ikan aman untuk dikonsumsi oleh bayi, balita, orang dewasa serta ibu hamil.

Mengapa menyehatkan?

Karena selain mengandung Omega-3, minyak ikan juga mengandung vitamin A, D, dan juga kalsium. Itu sebabnya minyak ikan baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada balita. Minyak ikan mengandung vitamin D yang dapat meningkatkan selera makan.

Minyak ikan juga mengandung asam lemak tak jenuh ganda yang berfungsi untuk membantu proses tumbuh-kembang otak (kecerdasan), serta perkembangan indera penglihatan dan sistem kekebalan tubuh bayi dan balita. Sedangkan bagi ibu hamil, minyak ikan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas kehamilan.

Jangan dikonsumsi berlebih

Meskipun manfaat minyak ikan sangat besar dan baik bagi kesehatan, namun jangan dikonsumsi secara berlebihan. Terlalu banyak mengonsumsi minyak ikan dapat menurunkan kadar vitamin E dalam tubuh.

Bila minyak ikan terbuat dari ekstrak hati ikan, kelebihan takaran dapat menyebabkan keracunan vitamin A dan vitamin D. Sebab, hati ikan adalah salah satu tempat menumpuknya zat-zat beracun. Apalagi, bila ikan tersebut tadinya hidup di tempat yang tidak memenuhi standar kesehatan dan tidak higienis.

Berapa jumlah yang disarankan?

Untuk bayi dan balita, konsumsi minyak ikan per harinya didasarkan pada berat badannya. Sebagai patokan adalah 1 sendok teh per hari bila berat badan anak Anda 10 kg. Jika berat badannya lebih dari 10 kg, gunakan alat takar berupa sendok makan, karena jumlah kebutuhannya juga akan meningkat.

Penyimpanan

Proses oksidasi lemak yang terkandung dalam minyak ikan, dapat terjadi sehingga merusak kualitas minyak ikan dan mengubah aromanya menjadi tengik. Sebaiknya simpan minyak ikan di dalam wadah yang tertutup rapat dan letakkan di tempat yang sejuk.


  ***

Jadi ingat dulu ketika masih kecil sering disuruh makan minyak ikan seperti ini, walaupun tidak mengerti maksud dan manfaatnya. Ternyata banyak sekali khasiat dari minyak ikan ini. Terima kasih ibu, i love you!

Semoga bermanfaat!
sumber www[dot]conectique[dot]com

tags: kandungan dalam minyak ikan, manfaat minyak ikan, manfaat minyak ikan bagi ibu hamil, akibat konsumsi minyak ikan berlebihan, cara menyimpan minyak ikan, takaran makan, jumlah yang diperbolehkan, khasiat minyak ikan, kegunaan minyak ikan bagi balita, manfaat minyak ikan bagi anak-anak.

Baca juga:
Masa pertumbuhan gigi.
Tips seputar ibu hamil.
Makanan 'super' untuk otak.

33 comments:

Awaluddin Jamal 22 February 2010 at 06:58  

waktu kecil dulu badan saya sangat kurus.. sampai-sampai sering di ejek cacingan sama teman-teman saya..

karena khawatir melihat kondisi anaknya yg memprihatinkan ayah saya kasih minum saya minyak ikan.., dan hasilnya.., berat badan saya sejak saat itu mulai bertambah..,

semua makanan rasanya jadi enak..

Kang Sugeng 22 February 2010 at 07:58  

yup minyak ikan memang besar sekali manfaatnya

fai_cong 22 February 2010 at 09:04  

waduh..
aku kok baru denger ada minyak ikan.
apa karena di desa aku gak ada yah..
hihihi... :D

Fi 22 February 2010 at 09:39  

ternyata tubuh butuh vitamin hanya dalam takaran yang pas, kelebihanpun berakibat merugikan kesehatan ya. nice infonya

Darin 22 February 2010 at 10:28  

Kalau yang simpel kayak sirup multivitamin itu bagus ga ya?

arkasala 22 February 2010 at 10:31  

Takarannya ini yang perlu banget. Setuju mbak, jika terlelu berlebih tentunya selalu ada dampak.
Trims atas tipsnya.
Salam hangat selalu :)

kakara 22 February 2010 at 12:44  

postingan yang sangat bermanfaat.. tidak ada yang menyehatkan bila berlebihan ya mba..
TFS :)

narti 22 February 2010 at 15:17  

@ fai_cong, masak sih? mungkin malah udah lama tidak menemukan.
@ Darin, mesti ada plus minusnya ya, lihat komposisinya juga.
@ arkasala, kakara, iya benar, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, apalagi hal yang menyangkut kesehatan.

!Rchymera! 22 February 2010 at 15:56  

Wach makasih infonya mbak dan bermanfaat bgt,bisa buat referensi bila ntar klo punya krucil supaya ndut badannya hehehe...:D

Klo ada yg baru jgn lupa kasih info lg ya mbak,terima kasih dan slm sukses selalu...:D

Rock 22 February 2010 at 22:27  

Ternyata mengkonsumsi minyak ikan ada takarannya juga ya??? baru tau aku... btw makasih infonya mbak...

☼►100ABC blog☼◄ 23 February 2010 at 00:46  

Terima kasih juga ibu, tidak menggunakan minyak ikan untuk menggoreng kerupuk dan tahu... I Luv Mom.
Di rumah ada anak berumur 5 tahun berat badannya 25kg, berarti dua sendok teh atau satu sendok makan ya?
Makasih infonya sangat bermanfaat

narti 23 February 2010 at 03:25  

@ 100ABC Blog, 25 kg, berarti 2,5 sendok teh. Di kemasan biasanya ada juga aturan pakainya, tapi kalau bertanya pada penjualnya biasanya akan lebih banyak.

nuansa pena 23 February 2010 at 04:38  

Daripada daging kami sekeluarga lebih suka ikan, ternyata manfaatnya bagus sekali! Trims telah berbagi artikel ini!

antok 23 February 2010 at 06:25  

makasih yaw info takaran pemberian minyak ikan pada anak


berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya makasih :D

U-marr 23 February 2010 at 06:28  

klo buat sya bisa ga mbak.. :D

Memulai sebuah bisnis online 23 February 2010 at 08:37  

Kalau kebanyakan jadinya gitu yah? kirain ga ada efek samping, kan bisa bikin pinter

Rizky2009 23 February 2010 at 08:40  

izin aq save buat koleksi artikel siapa tahu kedepannya nati akan ada gunanya

Menampilkan Pesan Dibawah Judul Postingan

rumah blogger 23 February 2010 at 11:07  

memang harus pas takarannya ya, supaya tidak over dosis

sabirinnet 23 February 2010 at 11:08  

memang ada mendengar kalau minyak ikan sangat bagus untuk pertumbuhan anak, benar sekali takarannya harus diperhatikan, supaya hasilnya maksimal...thanx sharenya mbak sukses ya

catatan kecilku 24 February 2010 at 08:00  

Wah lengkap nih info minyak ikannya, mbak. Makasih ya...

the others... 24 February 2010 at 08:03  

Ternyata orang dewasa pun bisa mengkonsumsi ya mbak, kirain hanya utk anak-2 saja.

semutbengkok 24 February 2010 at 13:56  

aq tw minyak ikan cuma gk tw scr rinci manfaatnya
trnyata bnyak mnfaatnya jg ya
cock tu bwt aq yg kurg kalsium hehe
infonya keren tu mbak..
trutama dosis konsumsi..
klo inget ma dosis konsumsi jd inget ma skripsi q ne hehe

Rossy R 25 February 2010 at 04:08  

Terima kasih sudah share...saya juga punya batita, lagi lucu2 nya

ica 25 February 2010 at 19:54  

Saya dulu sering dikasih minyak ikan sama ibu, tapi nggak tahu sesuai takaran nggak sih ehehhehe
Bagus nih mbak, ponakan2 juga minum minyak ikan jadi aku dah bisa ngingatin kakak soal takaran :)
makasih ya mbak

I2 25 February 2010 at 19:55  

Minyak ikan memang banyak manfaatnya... saya telah membuktikannya hehehe
Nice post mbak Narti

Kristanto Wds 28 February 2010 at 18:14  

Aku belum komen yang ini... Ummmm ternyata begitu to....

Anonymous,  21 September 2010 at 12:01  

Kalo untuk usia dewasa ada yang tahu takaran yang baik itu berapa banyak? Terima kasih.

narti 22 September 2010 at 07:23  

@ Anonymous,
Kualitas/kandungan minyak ikan dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya:
- jenis ikan yang digunakan
- jenis kelamin ikan
- umur (tingkat kematangan)
- siklus bertelor
- musim
- letak geografis dimana ikan itu hidup

Artinya minyak ikan merk A dan merk B kemungkinan mempunyai kualitas yang berbeda, apalagi minyak ikan yang khusus untuk anak-anak, biasanya sudah ditambah zat-zat gizi lain, sehingga ukuran takaran yang dianjurkan pun sudah disesuaikan antara kandungan gizi yang ada dengan kebutuhan anak.

Takaran untuk orang dewasa, mungkin bisa dilihat dari label pada kemasannya.
Tetapi perhatikan juga kualitas minyak ikan itu sendiri, bukan hanya pada berapa butir kita harus mengonsumsinya.
Lebih baiknya Anda konsultasikan dengan dokter.

Jawaban ini semoga bisa membantu.

Agen Xamthone Plus Tangerang 17 August 2011 at 10:49  

minyak ikan banyak manfaatnya salah satunya menambah nafsu makan.

Agen Xamthone Plus Jakarta 17 August 2011 at 10:51  

bagi anak yang kurang doyan makan lebih baik di kasih minyak ikan,karna itu banyak sekali manfaatnya.

aisha,  22 February 2012 at 08:02  

minyak ikan yg tablet itu bagusnya untuk anak yg berat badannya 11kg
itu bagusnya 1 hari berapa tablet y??

Post a Comment

* Terima kasih sudah berkunjung ke seputarduniaanak.blogspot.com
* Maaf, komentar ditutup

  © Seputar Dunia Anak Since February 14, 2009

Privacy Policy | Back to TOP  

Please Visit Again!