Powered by Blogger.


Tips memilih meja belajar anak

>> Sunday, 9 January 2011

Setelah libur usai, saatnya kembali masuk sekolah. Agar anak tidak jenuh, Anda perlu menata ulang kamarnya. Juga sarana pendukungnya, misalnya meja belajar. Hal sepele mungkin, tapi jangan diabaikan. Tujuan menata ulang meja belajarnya tak lain adalah agar semangat belajar anak tetap bagus.

Berikut ini tips memilih meja belajar anak yang harus anda perhatikan:
1. Untuk anak balita
Pilih meja belajar yang rendah, juga kursinya. Sesuaikan dengan tinggi anak. Biasanya untuk usia balita ini, meja belajar di desain dengan warna-warna cerah, juga bergambar. Tujuannya adalah untuk merangsang kreatifitas si kecil.

2. Untuk anak usia SD keatas
Di usia ini, tentu jumlah buku anak akan bertambah banyak. Pilihlah meja yang agak besar, kursi juga disesuaikan dengan tinggi anak. Tempatkan buku pada rak tersendiri agar meja tidak kelihatan penuh.
Pilih meja belajar anak yang tanpa motif, atau warna netral, agar meja belajar bisa terpakai lama.

Yang tak kalah penting diperhatikan adalah pencahayaan yang cukup, terlalu terang tidak bagus, terlalu redup juga kurang bagus. Untuk pernak-pernik meja belajar, biasanya anak usia SD keatas sudah bisa memilih sendiri. Tapi Anda tetap harus mengontrol anak-anak. Jangan terlalu banyak pernak-pernik di meja belajar, agar konsentrasi belajarnya tidak terganggu.

Penempatan komputer, mungkin lebih baik diruang keluarga, atau tempat yang terbuka (bukan di kamar anak), agar Anda bisa dengan mudah mengontrolnya.

Semoga bermanfaat!

Baca yang ini yuk:
Membuat anak suka belajar.
Layar komputer ancam mata si kecil.
Lima cara merangsang anak belajar.

18 comments:

littlecam 9 January 2011 at 20:40  

Iya ya, tata letak meja belajar juga perlu variasi supaya suasana tidak menjenuhkan. terima kasih telah mengingatkan mba.

fb 10 January 2011 at 06:55  

Bagus kalao anak dibelikan meja belajar.. Jadi semangat mereka untuk belajar.

volver 10 January 2011 at 07:31  

hehe stuju tu ama penerangan yang cukup. gak baik baca di dalam kegelapan itu

BeDa 10 January 2011 at 07:57  

Posting yang tepat waktu. karena sekarang momennya anak-anak di pekan kedua semester ini dan banyak orang tua yang memberikan hadiah meja belajar.

Salam ukhuwah

Lily Kasim Personal Blog 10 January 2011 at 09:19  

wahhh..penting banget mah yang baik dan ergonomis juga trendi biar naka nyaman dan ga cepet bosan...

btw follow blog ini..

Masjid Kita 10 January 2011 at 09:36  

permainan warna akan sangat berpengaruh buat perkembangan intuisi sang anak tentunya ya mbak :)

Ferdinand 10 January 2011 at 15:37  

Hem.. Yupz Meja belajar emank salah satu yg penting tuh Mbak.. tapi waktu itu aku pernah nanya ke sodara yg udah punya anak.. katanya Meja belajar yg bentuknya bulat lebih bagus ya?? biar suasananya kaya di Tk apa gimana gitu aku gak ngerti deh hhe...

apa bener toh Mbak?

narti 11 January 2011 at 06:24  

@ Ferdinand, aduh kurang tahu nih. Kalau aku, untuk meja belajar dirumah ya yang pasti disesuaikan dengan kebutuhan dan luas ruangannya. Meja bulat mungkin lebih sulit dalam pengaturan tata letak, tapi lebih fleksibel mau berapa orang yang memakai meja tersebut. Kalau meja persegi terbatas karena ada sudutnya. Jadi sesuai selera aja deh...

Teman-teman ada yang bisa membantu?

to all, makasih komentar dan kunjungannya.

just 4 share 12 January 2011 at 05:50  

meja belajar memang lebih disesuaikan dengan kesukaan anak2 biar gak jenuh dan menjadi semangat belajarnya

Ipin's cool 12 January 2011 at 05:51  

meja belajar dengan corak warna warni anaku tuhh lebih suka

catatan kecilku 12 January 2011 at 07:08  

Bener mbak, meja belajar yg tepat akan membuat anak semangat belajar.

the other 12 January 2011 at 07:09  

Shasa udah punya meja belajar sendiri, tapi susahnya minta ampun dia jika aku minta utk merapikan mejanya hehehe

Iroel 12 January 2011 at 07:21  

Lha anakku meja belajar malah dibuat mobil-2an sukanya nulis di lantai...gimana yah ???

NURA 12 January 2011 at 08:47  

salam sobat
ternyata ada tipsnya memilih meja belajar anak karena artikel ini,
sip nanti kalau exit ke Indo saya akan pakai tipsnya ini.

r10 13 January 2011 at 04:35  

sungguh artikel yg bermanfaat, kursi dan meja anak disesuaikan dgn tinggi tubuh anak (selain juga pertimbangan faktor usia)

Ferdinand 14 January 2011 at 06:18  

Pagi Mbak... klo dipikir2 emank bener kata Mbak... klo yg bulet lebih fleksibel klo anaknya banyak hhe... tapi kayanya faktor luas ruangan emank mesti jadi faktor utama tuh hhe... :P

Happy Friday Mbak.. :P

JUN 17 January 2011 at 08:41  

akan saya ingat-ingat saat saya punya anak nanti :')

narti 22 January 2011 at 18:35  

@ Iroel, hmmm gitu yah? semoga bisa dibiasakan hal yang baik.. :)

Post a Comment

* Terima kasih sudah berkunjung ke seputarduniaanak.blogspot.com
* Maaf, komentar ditutup

  © Seputar Dunia Anak Since February 14, 2009

Privacy Policy | Back to TOP  

Please Visit Again!