Powered by Blogger.


Anak bisa berjalan, idealnya usia berapa?

>> Friday, 31 December 2010

Beberapa hari yang lalu, ada pembaca yang menuliskan seperti ini:
tipsnya bagus tapi gimana ya tips untuk anak yang berusia 1,5 tahun agar bisa cepat berjalan..

Meski kemarin sudah saya jawab sebisanya, mungkin artikel berikut bisa menjawab secara ilmiah.
Artikel berikut saya copy dari okezone.com
***

RENTANG waktu seorang anak mulai bisa berjalan biasanya saat berusia 9 bulan hingga 18 bulan. Jika lebih dari itu si buah hati belum juga bisa berjalan, apakah orang tua musti khawatir?

Semua orang tua tentu menanti-nantikan hari ketika sang bayi berhasil untuk pertama kalinya melangkah tanpa terjatuh. Namun, sebenarnya usia berapa anak mulai berjalan? Banyak orangtua yang menganggap jika langkah pertama tidak datang juga pada usia bayi 12 bulan, maka boleh saja khawatir karena sang buah hati memiliki keterlambatan perkembangan. Benarkah demikian?

“Berjalan merupakan kepedulian umum para orangtua muda karena mereka merasa berjalan berkaitan dengan kecerdasan seorang anak,” kata Brenda Nixon, seorang ahli perkembangan anak dan penulis buku “The Birth to Five Book”. “Itu anggapan lama jika berpikir seorang bayi lebih pintar karena bisa berjalan pada usia 10 bulan. Berjalan berkaitan dengan tabiat anak dan kesempatan, bukan kecerdasan,” sebutnya.

Mayoritas orangtua mengharapkan anak mereka sudah mulai berjalan pada saat ulang tahun pertamanya. Namun, rentang usia anak mulai bisa berjalan bervariasi dari termuda sekitar 9 bulan sampai usia 18 bulan. Dalam rentang normal tersebut, seorang anak yang baru bisa berjalan pada usia akhir 18 bulan biasanya karena dua alasan, terutama kurangnya kesempatan, masalah genetika, dan tabiat.

“Sering kali orangtua menceritakan bahwa anaknya yang berusia 13 bulan belum bisa jalan. Dan, pertanyaan saya kepada mereka adalah, apakah Anda memberinya kesempatan?” kata Nixon seperti dikutip Babyzone.com. “Saya menyarankan orang tua untuk tidak langsung mengangkat kedua tangannya dan mengajaknya berjalan ke luar kamar,” ujarnya.

Namun, peganglah tangan anak dengan lembut dan biarkan dia berjalan sendiri. Bisa juga pegang tangan anak, lalu ajak berkeliling rumah, ke luar rumah atau saat menuju garasi mobil. Atau Anda biarkan anak untuk memegang sisi kereta dorong atau trolley belanjaan saat berada di supermarket. Ini adalah cara terbaik dan kesempatan yang anak butuhkan,” lanjut Nixon.

Pada lain waktu, biarkan bayi Anda belajar berjalan sendiri. Judy Nichols, seorang ibu dari Wilmington, North Carolina, Amerika Serikat, sebelumnya sangat khawatir ketika putrinya belum bisa berjalan pada usia 18 bulan. Meskipun anaknya tersebut dinyatakan memiliki perkembangan normal, terlihat dari anaknya yang kelihatan bahagia dan sudah bisa berbicara lebih dari 35 kata. Dan, dokter meyakinkan Nichols untuk tidak khawatir.

“Ketika anak saya beranjak 19 bulan, dia mulai mau berjalan jika seseorang memegang tangannya, namun bukan dengan dirinya sendiri,” kata Nichols, yang ternyata juga telat berjalan ketika kecil.

“Kemudian setelah dua atau tiga minggu dari itu, dia mulai bangun dengan kakinya, berdiri dan berjalan seolah-olah dia telah melakukannya selama berbulan-bulan. Saya pikir dia hanya tidak ingin jatuh. Atau dia sedang berkonsentrasi belajar bagaimana berbicara, dan tidak melihat gunanya untuk berjalan,” ceritanya.

Sementara, sebagian besar anak yang terlambat berjalan, baik-baik saja, termasuk anak-anak yang sehat. Selain itu, ada faktor yang menyebabkan seorang anak kehilangan tonggak perkembangan ini. “Beberapa anak dengan gangguan neuromuskuler, genetika, atau masalah metabolisme sehingga membuat anak terlambat berjalan karena kondisi medis,” kata dr Daniel Brennan, seorang dokter anak di Sansum Clinic and Cottage Children’s Hospital, Santa Barbara, California, Amerika Serikat.

Anak-anak lain juga bisa telat berjalan karena masalah ortopedi yang mendasari, seperti displasia pangkal paha. Anak-anak ini dapat dievaluasi oleh seorang dokter anak dan ahli ortopedi anak,” lanjutnya. Adapun sesuatu yang penting disadari orang tua adalah peningkatan perkembangan motorik kasar seorang bayi dan juga anak-anak dengan kelainan akan terlihat tanda-tanda sebelumnya.

“Biasanya jika seorang anak terlihat terlambat berjalan, maka sebelumnya dia juga adalah seorang yang telat bisa duduk,” ujar dr Peter Greenspan, Direktur Medis MassGeneral Hospital for Children di Boston, Amerika Serikat. Perkembangan motorik kasar yang utama pada seorang anak, di antaranya kontrol terhadap pergerakan kepala pada usia 4 bulan dan duduk pada usia 6 sampai 8 bulan.

Seorang anak yang belum bisa duduk pada usia 10 atau 11 bulan mungkin akan menjadi anak yang kemampuan jalannya terlambat,” kata Greenspan. “Namun, harap tenang karena keterlambatan perkembangan motorik kasar seorang anak itu tidak terlahir begitu saja,” sebutnya. Ketika anak Anda sedikit tertinggal dari teman-temannya, orangtua tidak bisa membantu dengan hanya merasa khawatir.

Adapun pada kebanyakan kasus, anak yang terlambat berjalan sebenarnya tidak perlu dipusingkan. “Anak-anak biasanya fokus pada keterampilan yang berbeda pada waktu yang berbeda sehingga ada berbagai macam cakupan yang luas pada diri seorang anak disebut normal,” kata Helen Neville, seorang perawat dan penulis buku “Is This a Phase? Child Development and Parenting Strategies, Birth to 6 Years”.

“Bila seorang anak terlambat pada sebuah tonggak penting perkembangannya, mungkin ada atau mungkin tidak ada hal-hal khusus yang harus orang tua lakukan untuk membantunya. Terkadang hanya menunggu adalah sebuah keputusan yang benar, tetapi kadang-kadang membantu lebih dini sangat penting. Itu sebabnya, evaluasi individu setiap anak dengan seorang profesional yang memiliki pengetahuan soal ini sangat penting,” sebutnya.

( Sumber: http://lifestyle.okezone.com/read/2010/12/31/196/408987/usia-ideal-anak-bisa-berjalan )
Semoga bermanfaat!

tags: anak bisa berjalan, usia berapa anak bisa berjalan, rata-rata anak bisa berjalan umur berapa, anak usia 18 bulan baru bisa berjalan karena apa, cara  mengajari anak agar berjalan, penyebab anak terlambat berjalan, seorang anak yang terlambat duduk mungkin akan mengalami keterlambatan berjalan.

42 comments:

NURA 31 December 2010 12:43  

salam sobat
anak bisa berjalan idealnya mulai usia 9 bulan, tapi kadang lebih dari itu karena masing2 anak punya kelebihan dan kekurangannya.

Media Online News 31 December 2010 13:29  

aku dulu bisa jalan umur berapa ya? lupa aku mbak.... :D

Djangan Pakies 31 December 2010 15:00  

Ada anggapan pada orang-orang sepuh dulu bahwa jika anak cepet bisa jalan biasanya kemampuan bicara berkurang dan sebaliknya. Nhah setelah baca artikel Njenengan saya lebih paham karena dijabarkan secara detil dan ilmiah.
suwun sharenya ya Mbak

narti 31 December 2010 15:39  

@ Nura, iya mba. Kakak beradik saja kadang berbeda, jadi lebih memahami anak dengan segala kekurangan dan kelebihannya.

@ Djangan Pakies, ini bukan artikel saya loh... :)
Terima kasih juga.

inge / cyber dreamer 1 January 2011 06:10  

wah, baru tau jika usia maksimal untuk bisa berjalan adalah 18 bulan, karena selama ini belum pernah bertemu yang lebih dari18 bulan sie emang, kebanyakan satu tahun sudah bisa jalan :)

makasi udah share mba' ^^

fb 1 January 2011 07:29  

artikelnya bermanfaat banget nih buat orang tua.

indrahuazu 2 January 2011 10:32  

wah, saya belum punya anak =p
btw, hepi new year

Bunda Farras 3 January 2011 06:14  

dulu waktu Farras 9 bulan belum bisa jalan saudara 2 dah ribut karna kebanyakan dari mereka anaknya 9 bulan sudah jalan .. padahalkan masih normal s/d 18 bulan yaa .. farras aja umur 1 thn 1 bulan baru bisa jalan .. :)

r10 4 January 2011 07:02  

kalau umur 18 bulan belum dapat berjalan musti dibawa ke dokter tuh

*
tentang pertanyaan post preview dapat kebaca feedjit, coba saja check langsung melalui post preview, krn widget fedjitnya setahu aku akan tetap keluar di post preview

NURA 4 January 2011 11:27  

salam sobat
berkunjung kembali mba,
membaca idealnya usia anak bisa berjalan.
macam2 ni respons sahabat.

Ferdinand 4 January 2011 17:11  

Hem.... ponakanku yg 1 tahun udah bisa jalan tuh.... tapi menurutku ini tergantung motivasi si anaknya juga, soalnya kadang ada anak yg klo udah sekali jatoh pas belajar jalan gak mau nyoba lagi dan mungkin itu sedikit berpengaruh sama kelambatan berjalan...

Tihang karas 5 January 2011 19:15  

semua butuh tahapan dalam rentang waktu yang ideal, misalnya ada anak yang tumbuh gigi dahulu baru bisa berjalan, demikian juga sebaliknya.

ririn 6 January 2011 00:36  

hahahaha,, betul juga. jangan2 ga bisa jalan karena ga ada kesempatan. hm,, baru kepikiran.hahaha

Penghuni 60 6 January 2011 04:25  

ijin saya save ya...
coz bentar lg akan hadir sorg anak dikehidupanku,
mungkin aku akan lbh sering mampir kesini utk belajar.
mksh :)

Ferdinand 6 January 2011 15:43  

Izin menyimpang Mbak... aku mau ngucapin selamat buat Mas Penghuni60 hhe.. semoga cepet hadir si buah hati :P

Hem... kayanya kedepannya bakal lebih bermanfaat nie blog Mbak..

Aku pamit dlu ah... :P

catatan kecilku 6 January 2011 16:08  

Shasa dulu baru jalan pada usia 14 bulan, tapi sejak usia 7 bulan sudah pinter ngomong... ^_^

the others.... 6 January 2011 16:09  

Seorang teman anaknya sudah bisa berjalan sejak belum genap 1 tahun, tapi sampai sekarang tak juga pandai bicara... padahal usianya sudah lebih dari 2 tahun.

Zippy 7 January 2011 10:34  

Yup, bener mbak.
Tiap anak perkembangannya beda2.
Saya jadi ingat, kaki ponakan saya coba dikubur dengan pasir pantai.
Katanya biar bisa cepat jalan.
Eh..tapi bener, gak lama langsung bisa jalan.
Mitos sih emang, hihiihih :D

Antiqueall 7 January 2011 11:53  

Yang penting si anak bisa berjalan dengan normal, selaku orang tua jangan terlalu dikhawatirkan jika si anak lambat dalam hal berjalan, karena masing-masing anak mempunyai perbedaan dalam perkembangan motoriknya,

WONG SIKAMPUH ngoceh 8 January 2011 10:28  

Terima kasih atas info nya mba,

Aby 8 January 2011 11:45  

emm,,, kira2 aku dulu umur berapa ya baru bisa jalan :D

Masjid Kita 8 January 2011 14:19  

haruskah kita memperhatikan, mana lebih dulu, kemampuan berjalan atau berbicara?!?!??! dunia anak... bear2 membutuhkan perhatian besar dari orang tuanya :(

narti 9 January 2011 14:26  

@ Penghuni 60, silakan. Iya, semoga semua berjalan lancar dan baik-baik saja.

to all, terima kasih banyak komentarnya. Iya, tiap anak itu berbeda dan karena berbeda itu jadi kadang membandingkan dengan anak lain.

Elsa 19 January 2011 08:01  

semoga anakku cepet jalannya deh
amiiiiiiiin

may,  5 February 2012 07:41  

Setelah membaca Artikelnya saya benar2 tenang...

gimana saya tidak khawatir usia anak saya sudah 16 bulan tapi masih belum bisa berjalan
banyak orang bilang itu bermasalah, tapi kalau saya perhatikan anak saya normal, kepintaranya, dan bicaranya tidak ada masalah,malah dia bisa memperhatikan apa yg kita lakukan dan menirukannya dengan baik
masalahnya kalau diajak berjalan dia malas kecuali dengan berpegangan atau mendorong sesuatu....apakah saya harus khawatir dengan keadaan anak saya yg malas berjalan tersebut..???

narti 5 February 2012 08:27  

@ may, diberi banyak kesempatan untuk berjalan aja mba, sering2 diajak jalan, liat bunga di kebun, kalau ada kupu diajak jalan, kalau anaknya laki-laki diajak liat ikan di kolam dll.
Ajak anak berjalan ke tempat yg dia sukai dan menarik perhatiannya.
Semoga ananda cepat bisa jalan yah :)

Badry Syairofy 22 February 2012 17:34  

allhamdulillah............ anakku dah bisa jaln di usia 14 bln.

mitha,  7 March 2012 06:06  

semoga anakku segera jaln ya...

mimin,  13 March 2012 17:33  

anakQ udh 2th lebih sebulan, belum berani jalan sendiri tanpa pegangan... khawatir gx khawatir.. nama'y jg bunda, harus menunggu??? gemes dech rasa'y.... yakin pasti!!!! anakQ bakal berani jalan sendiri....

nufus_depok,  15 March 2012 12:18  

anakQ udah 17bln blm bisa jln,pdahal dia udah bisa tapi karena pernah jatuh jadinya dia takut lagi,,,tapi aku yakin dikit lgi dia pasti dah lancar berjalannya....minta doanya!!!!

ivan 11 April 2012 15:04  

bisa kasih masukan.anak saya umur 21 bln,cewek, tetapi masih belum berani berjalan sendiri...biasanya kalau dipegangin dia mau berjalan tetapi kalau tidak dipegangin dia tidak mau berjalan.saya rasa hanya kepercayaan diri aja,masalahnya ketika anak saya secara tidak sadar waktu berdiri tanpa dipegangin tanganya dia bisa berdiri sendiri....

mohon bantuan informasinya..



termakasih

narti 11 April 2012 19:50  

@ ivan,
yg pasti berikan banyak kesempatan, bisa dgn iming2 misalnya, boneka, sini sayang, ambil bonekanya. Atau mainan kesukaan dia yg lain.
Saat dia terjatuh, jangan langsung diberi pertolongan, biarkan ia bangkit sendiri. Kecuali kalau jatuh, terbentur meja atau yg lain, berdarah, dll Anda segera menolong.
Biasanya anak lebih cepat berjalan jika di tanah bukan di lantai.
Bisa juga diawali dgn kaki telanjang, nanti jika sudah mulai banyak jalan pelan2 kenalkan dgn sepatu/sandal, tentu pilih yg aman buat anak2.

Semoga ananda cepat mau berjalan dan tidak takut lagi.

ata,  18 April 2012 06:05  

Anak saya perempuan baru berani jalan sendiri setelah menginjak 3thn 9 bln, sebelumnya kalau tidak dipegangi selalu tidak mau berjalan, dari kecil sering digendong dan awalnya selalu takut kalau tidak mau turun dari gendongan kalau mau diajari berjalan.

anak saya tersebut mau berjalan sendiri setelah di teraphi dirumah sakit tumbuh kembang anak, hasil pemeriksaan waktu itu semua syaraf dan otot kaki normal namun otot dibagian pinggul masih ada yang belum kuat sehingga perlu dipegangin salah satu tangannya ketika berjalan.

setelah 3 minggu teraphi baru anak saya tersebut mau jalan sendiri, waktu diteraphi selain dirangsang agar semua otot dan syaraf berfungsi baik juga anak diberikan motivasi untuk berjalan sendiri dan alhamdulillah sekarang bisa jalan sendiri.

narti 18 April 2012 09:10  

@ ata, terima kasih banyak masukannya.
Buat ibu/bapak yang putra putrinya belum bisa jalan ketika memasuki usia yang seharusnya sudah bisa jalan, mohon membaca komentar dari sobat Ata di atas.

Amie Bundanya Dyan & Hana-Buntok,  24 May 2012 10:38  

Sbentar lg anak saya genap 14 bulan.blm bisa jln sendiri.2 minggu yg lalu,anak saya sudah mau berjalan 2-3 langkah.tp skrg,dia tidak mau lg mlakukanx,dan akan menangis bila kami ingin melakukanx lg.pdhl dia kuat skali berjalan jauh apabila kdua tanganx dpegangi.setiap hari dikantor dia slalu mengajak berjalan keliling kantor.sbulan yg lalu anak saya divonis mengidap tb paru.apa hal ini mempengaruhi perkembanganx? Krna anak saya susah makan,sehingga kurus.beratx hanya 8,6 kg.saya sedih skali,saya hrs gmna bun? D kota saya blm ada klinik tumbuh kembang anak

narti 24 May 2012 20:57  

@ Amie Bundanya Dyan & Hana-Buntok, maaf ya mba, narti bukan dokter.
Kalau menurut cerita mba, dia mampu melakukannya, hanya saja mungkin lemah karena susah makan juga. Semoga masih terbantu dengan susu ya. Gimana kalau udah susah makan, susu juga gak masuk? kasihan sekali kan?
Coba cari dokter online aja mba, semoga segera teratasi yah.

Anonymous,  12 July 2012 13:54  

anak saya 9 tahun belum bisa berjalan dan berbicara kenapa

narti 12 July 2012 19:45  

@ Anonymous, sebaiknya periksa ke dokter, dikhawatirkan ada syaraf kaki yang mengganggu sehingga belum bisa berjalan. Anda mungkin bisa menceritakan bagaimana awalnya dulu sehingga dokter bisa mengambil tindakan semestinya, setidaknya dokter bisa memberikan saran terbaik.
Semoga segera ada jalan keluar yah.

Noels-bravo,  21 July 2012 17:41  

Anak saya cowok umur 15 bulan tp belum bisa jalan sendiri, kadang mau tp sebentar sambil pegang meja/kursi.. Tapi udah bnyk kata yg bs di ucapin kayak ayah, ibu, mak dll.. Kira" lebaran udah bisa jalan blm ya mbak.. Sebelumnya makasih ya !!

narti 23 July 2012 05:54  

@ Noels-bravo, hehe...narti bukan peramal loh... :)
Coba cara berikut:
- biarkan ia latihan jalan sendiri.
- saat terjatuh, jangan langsung Anda tolong, tapi tetap dalam pengawasan Anda.
- sekiranya ia tidak terluka saat jatuh, Anda pura2 tidak tahu saja. Dengan begitu ia akan bangkit sendiri.
- letakkan mainan yang bisa dia jangkau misalnya di kursi. Agar dia berlatih berjalan untuk mengambil mainan kesukaannya.
- kadang tanpa disadari si anak, ia bisa berjalan sendiri ketika ada yang dia pengen, misalnya ambil mainan tadi, sedang didekatnya tidak ada orang yang mengambilkan mainannya.

Mudah-mudahan lebaran nanti sudah bisa jalan sendiri yah, pasti lucu sekali...
Jangan lupa abadikan saat2 indah itu.

dita-sby,  8 August 2012 10:37  

dr komen2 diatas apa berarti anak saya co 11 bln blm bisa jalan itu normal? krn saya n suami khawatir mengapa blm bs jalan, namun dia sdh mw berdiri sambil pegangan di tempat tidur walau cmn sebentar.

narti 8 August 2012 12:18  

@ dita-sby,
Insya Allah gpp mba. Umur segitu belum jalan, mungkin udah banyak kata yang bisa diucapkannya.
Biasanya kalau bisa ngomong dulu, jalannya belakangan. Begitu juga sebaliknya.

Banyak latihan aja, moga-moga si kecil cepat bisa berjalan.

Post a Comment

* Terima kasih sudah berkunjung ke seputarduniaanak.blogspot.com
* Maaf, komentar ditutup

  © Seputar Dunia Anak Since February 14, 2009

Privacy Policy | Back to TOP  

Please Visit Again!