Powered by Blogger.


Etika Pada Saat Makan

>> Thursday, 2 September 2010

Lebaran tinggal beberapa hari lagi. Moment lebaran tentu tidak luput dari acara makan-makan. Bagaimana dengan si kecil?
Anda bisa mengajarkan/membimbing si kecil agar cara makannya santun. Si kecil yang begitu santun ketika makan di rumah, belum tentu ketika makan bersama keluarga besar/ketika bertamu di rumah orang lain, ia juga akan seperti itu. Sekarang saatnya Anda mengajarkan etika meja makan untuknya.

gambar dari google

Menurut ahli perkembangan anak Elizabeth Donovan MA, “Mengajarkan etika meja makan pada anak dimulai dari saat mereka bisa mengambil makanan sendiri. Saat usianya bertambah, penting sekali bagi orangtua untuk melanjutkan etika makan karena ini membantu anak-anak membangun kemampuan sosial dan rasa percaya dirinya.”

Berikut beberapa poin penting dalam etika makan untuk si kecil sesuai perkembangan usia.

Untuk anak baru belajar jalan

Selalu ajarkan mereka untuk mencuci tangan sebelum makan, katakan “tolong” saat memintanya makan dan “terima kasih” saat ia bisa menghabiskan makanannya, dan jangan memberikan makanan ke piringnya dengan cara kasar.

Untuk anak-anak prasekolah
Saat si kecil tumbuh besar, kemampuan mereka untuk menaati peraturan akan semakin besar. Aturan untuk anak prasekolah, di antaranya:
1. Saat makan di meja makan, gunakan alat makan, bukan telanjang tangan.
2. Makan setelah seluruh anggota keluarga mengambil makanan. Pastikan anak bisa menjaga pendapatnya tentang rasa makanan yang kurang lezat yang disuguhkan tuan rumah. Yang ini biasanya sulit, biasanya anak berkomentar secara spontan.

Untuk anak usia sekolah
Saat anak sudah menduduki bangku taman kanak-kanak ataupun sekolah dasar, beberapa etika makan yang sebaiknya mereka patuhi, di antaranya:
1. Jangan membawa mainan atau buku ke atas meja makan.
2. Duduk manis di bangku.
3. Ambil makanan dalam porsi kecil dan kunyah makanan dalam keadaan mulut tertutup.
4. Jangan menyeruput makanan atau minuman.
5. Buka serbet makan di pangkuan dan gunakan untuk membersihkan mulut usai makan.
6. Gunakan garpu dan pisau (pisau mentega untuk anak lebih mudah) untuk memotong makanan.
7. Letakkan piring di dapur atau bak cuci piring usai makan.

Untuk bisa mematuhi peraturan makan, si kecil perlu mendapat penjelasan apa itu etika meja makan. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan, yaitu:
Cara pertama, mulailah dengan konsep umum tentang etika dan perilaku. Bisa dilakukan ketika makan malam bersama  keluarga besar karena ini waktu makan yang biasanya bisa bareng seluruh anggota keluarga. Kedua, beritahu mereka perilaku mana yang harus dijauhi.  
Ketiga, ajarkan lewat contoh yang Anda tunjukkan saat makan bersamanya.  
Dan terakhir, berikan pujian atas kedisiplinannya terhadap etika meja makan yang telah Anda sampaikan.

Yups, bagaimanapun contoh yang nyata akan lebih mudah diterima anak. Anak akan mudah menerima dan menirunya bila melihat secara langsung dari orang-orang terdekatnya.

Semoga bermanfaat!

tags: etika makan untuk anak, beberapa aturan makan, cara mengajarkan etika makan kepada anak.

Baca juga artikel ini:
Biasakan anak cuci tangan sendiri.
Four magic words.
Makan bersama membuat keluarga lebih harmonis.

50 comments:

aaSlamDunk 2 September 2010 at 09:00  

orang tua adalah contoh panutan bagia anak...
jadi kalo lebaran mba narti ngaka anaknya gak?

Bunda Farras 2 September 2010 at 09:01  

thanks for sharing bun .. buat ngerem pendapat yang spontan itu yang agak sulit .. he hehe anak anak kan biasanya jujur .. ^^

kristanto-wds 2 September 2010 at 10:59  

iya ni... walaupun belum punya anak tapi disini diajarin bayak sebelum bersiap-siap buat nantinya....

msafru 2 September 2010 at 12:38  

Kebiasaan baik memang harus dimulai dari kecil

Rizky2009 2 September 2010 at 17:36  

aq sll dapat banyal pengetahuan baru disini yg sebelumnya saya belum tahu jd bisa tahu

FREE MUSIC DOWNLOAD 2 September 2010 at 17:49  

Aku kira itu foto anaknya mbak... :-)

Anonymous,  2 September 2010 at 20:15  

xixixi... jadi keinget pas aku kecil dulu, kalo makan suka lari-lari #kangsugeng

anak SMP 2 September 2010 at 20:17  

postingan yg sngt bermanfaat

Elvindinata 2 September 2010 at 21:07  

hihihi,,, walau ane blum punya anak,,tapi semoga dengan pstinganini ane menjadi bapak yg baikk dala mengurus anak,,,wkwkwk,,, thanks yah dah sharing ,,semangat ,..^^

fb 2 September 2010 at 22:54  

Ngajarin etika makan itu ke anak kecil rada susah ya

taman buah hati 3 September 2010 at 00:27  

Jangan lupa diingatkan, sebelum makan baca bismillah dulu dan menggunakan tangan kanan (bagi yang muslim yah..)

penghuni60 3 September 2010 at 04:51  

SIIIP LAH!
tar ane terapin kalo udh punya anak..

bentar lg lebaran ya,
mohon mf lahir dn batin ya...

Ferdinand 3 September 2010 at 09:40  

yg penting sih ya dimasa belajar berjalan soalnya itu yg efeknya paing diinget anak2 hhe..... tolong dan terima kasih 2 klata penting.. klo setelhanya aku setuu semua....

febriyanto 3 September 2010 at 13:00  

table manner dsb emang harus sejak dini y, biar gak kaku.. :D
trus juga biar ga jadi gaya warteg pas gedenya... :)) emang ga sulit y ngatur2 anak bayi gtu?, kyknya kok dilihat udah susah banget, maklum saya punya ponakan nakal banget... LOL

gayuh 4 September 2010 at 20:06  

jurus mantabs itu.. mesti adik kecil jadi tambah pinter nich

Science Box 5 September 2010 at 05:40  

tips yg bermanfaat bgt... liat fotonya ngegemesiiiiiin bgt...

oempak 5 September 2010 at 07:38  

lingkungan keluarga memang "sekolah" yang sangat berdampak besar terhadap perkembangan buah hati, dan harus dibiasakan dr kecil.. thanks tipsnya, bwt saya nanto klo punya anak nih :)

Medianers 5 September 2010 at 07:50  

Dimulai dari anak-anak ya mbak, etika saat makan juga bisa mempengaruhi kepribadian ya.

Fanda 5 September 2010 at 10:09  

Ini blog mbak Narti juga to? Jadi teringat pada teman kantor (cowok) yg hingga dewasa biasa dilayani ibu/istri saat di meja makan. Mungkin krn dari kecil gak dibiasai makan sendiri ya?

Mbak, mau gak tukeran link ama blogku? Kan topiknya sama2 buat wanita. Kabari kalo berminat ya. thanks...

danil edan 5 September 2010 at 18:02  

bsa di terapin ntar klo pnya anak niee, klo uda kyak gini, susah ( males sbenernya ) kwkkwkkw

Ipin's cool 6 September 2010 at 14:58  

Anak kecil biasanya kalao makan suka susahh...kudu di ajak main sambil jalan buat nyuapin nya..

septian7 6 September 2010 at 18:10  

hehe jadi inget dulu aku suka makan banyak kalo ada ayam goreng ,hihi
anak kecil memang kudu sabar diajarin makan :)

Bintang 6 September 2010 at 18:49  

hhmmm..anakku susah banget deh kalo suruh makan sendiri..makanya aku selalu turun tangan buat ksih makan dia...anyway, tips2 nya boleh juga neh mbak..thanks yahhh

Saung Web 6 September 2010 at 19:41  

Betul juga tuh.. harus diajarkan sejak dini kepada anak2 kita agar selalu santun dalam perilakunya

bolehngeblog 7 September 2010 at 11:41  

postingan yang menarik untuk saya dan istri saya baca, saya baru tahu kalau kata "tolong" untuk anak yang baru berjalan dapat berpengaruh...trims

ImRoee 7 September 2010 at 11:49  

Postingan yang keren!

Anton wijaya 7 September 2010 at 17:17  

Pendidikan dini pada anak sungguh penting disaat makan (ETIKA MAKAN).
good artikel.

Edwin's Personal Blog 7 September 2010 at 17:30  

table manner perlu dibiasakan sejak dini. kebiasaan sopan di meja makan akan terus dibawa hingga dewasa. apa kabar, mb narti? selamat idul fitri, mohon maaf lahir bathin..

Ozzys Blog™ 8 September 2010 at 06:20  

Hi hi saya juga sudah ngajarin anak saya bu, belajar maem sendiri, walaupun belepotan dan morat-marit sana-sini karena belum mahir pakai sendok, tapi hasilnya memuaskan, sekarang tiap makan maunya sendiri, dan habis banyak.

Rizky2009 8 September 2010 at 06:36  

selamat har raya dul fitri, maaflahir dan batin, maafkan Rizky jika pernah punya salah

ureh 8 September 2010 at 07:38  

bener juga mba, tp kita kudu sabar banget mba, anak kecil kalau disuruh makan malah lari-lari

atiek 2 August 2011 at 04:39  

saya selalu mengajarkan anak saya kalau makan duduk di meja makan dan makan yg secukupnya

dian,  2 August 2011 at 07:23  

Anakku klo diajak makan bareng sih seneng aja, tp gwnya yg emosi...berantakan boo, makan jd ga tenang, abis makan msh harus bersihin yg kececer, dan masih harus suapin. Doyannya sih lauk2 yg gorengan2 ma yg manis2...

vina,  2 August 2011 at 07:26  

kebiasaan makan emang perlu dibiasakan sejak kecil seperti pola makan juga, jd sampai dewasa anak da terbiasa.

dinda-indo,  2 August 2011 at 07:27  

tahun kmaren pas si mbak pulang kampung aku sempet kelimpungan soale anakku uda mulai makan jadinya sibuk di dapur dr pagi nyiapin makanan buat anak, dicobain makanan instant ga doyan....uda gitu mana ada bhn pengawet, pewarna dan bahan buatan lainnya jadi syukur bgt anakku ga doyan....

desy,  2 August 2011 at 07:29  

Aku juga ngajari anakku klo di kasih permen sama orang lain bilang aja trima kasih tp permennya jangan diambil, maksudnya nolak tp sopan, soalnya aku ga mau anakku banyaka makan yg manis2

susan 2 August 2011 at 07:43  

iya kecil kecil hrs dibiasakan tertib kl makan dan iajari makanan yang sehat dan jgn suka jajan ya

arienta 2 August 2011 at 07:44  

makasih artikelnya ...dr kecil memang anak hrs dibiasakan tertib ya ...

Nitha,  2 August 2011 at 09:35  

iya yah..mesti sabar..mengajarkan hal2 yang berguna untuk anak mesti sabar, telaten trus jg pantang menyerah

cindy,  2 August 2011 at 10:26  

Iya tapi susah yah. perlu sabar nih..heheh.
tapi anakku sih udah bisa, setelah latihan dan komunikasi berkali2.
sekarang sy lagi bersabar ngasih tau kalau makanan manis gak bagus buat giginya hehehe...

Jingga,  2 August 2011 at 10:41  

Twrimakasih Infonya ya...

triana 2 August 2011 at 11:01  

lucu ya kalo udah punya anak... segalanya berubah, bahkan apa2 aja yg kita kerjain bisa ditiru sm mereka..

Rara 2 August 2011 at 11:03  

aku sih lebih pilih kasih anak makanan yg sehat2 aja deh daripada jajan2.. kalo makanannya bersih dan sehat anak jg cepet pinter kok..

Winnie 2 August 2011 at 11:05  

hati2 ya bunda jaga asupan makanan anak2, skrg banyak mengandung pengawet dan gula tambahan

laura 2 August 2011 at 13:42  

jangan biasakan anak2 makan sambil jalan2 dan memilih makanan, karena itu akan berdampak buruk untuk anak kita kedepannya.

rita,  2 August 2011 at 13:48  

he2.. sama nih.. anakku juga suka lari2 kalau dikasih makan.. tapi kalau dikasih minum susu sih anteng.. :)
jadi kalau lagi gak mau makan, saya kasih susu aja.. :)

prudence 2 August 2011 at 13:51  

jangan sampai anak kita tumbuh menjadai anak yang tidak punya etika saat makan dan pemilih dalam makan. lebih baik menjaga etikanya sejak dini.

Mulyani 2 August 2011 at 17:25  

dari kecil ajak anak untuk makan bersama di meja makan..jadi anak akan mengikuti kebiasaan orangtuanya..
selain table manner,saat makan bersama anak bisa diajarkan pola makan yg sehat..

lia mauren 2 August 2011 at 18:17  

membiasakan anak untuk disiplin pada saat makan memang penting loh, kalau dari kecil anak tidak dibiasakan untuk disiplin etika pada saat makan, maka bisa2 sampe pola makannya pun berantakan juga

reny dorothi 2 August 2011 at 18:22  

anakku dari kecil sudah aku biasakan untuk makan sendiri, meskipun selesai dya makan pasti bakal jadi kerjaan aku lagi tapi untuk mendisiplinkan anak dari kecil memang perlu juga cara seperti itu..jadi sampe jam2 dy makan pun dy sudah tau sendiri karena aku selalu mengatur dan menjaga pola makannya termasuk juga untuk susunya.

Post a Comment

* Terima kasih sudah berkunjung ke seputarduniaanak.blogspot.com
* Maaf, komentar ditutup

  © Seputar Dunia Anak Since February 14, 2009

Privacy Policy | Back to TOP  

Please Visit Again!