Powered by Blogger.


Agar si Kecil Rajin Menggosok Gigi

>> Saturday, 26 June 2010

Para dokter gigi menyarankan anak-anak untuk menyikat gigi setidaknya dua menit tiap kali menyikat gigi. Bagi anak-anak yang tak suka menyikat gigi, hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi orangtua. Walaupun senang bermain air, mandi berlama-lama, tapi untuk menyikat giginya tidak semua anak mau dan mudah untuk di arahkan.

Kuncinya adalah ciptakan acara menyikat gigi jadi kegiatan menyenangkan. Kalau Anda pintar, rutinitas satu ini tak akan membosankan bagi mereka.

Anda mengalami kesulitan dalam mengarahkan anak-anak menyikat gigi? Berikut beberapa trik untuk membantu anak-anak sukses melewati pelajaran menyikat gigi, seperti dikutip Womansday.

1. Gunakan pengukur waktu gelas pasir. Anak-anak pasti akan suka saat melihat butiran pasir dalam pengukur gelas tersebut mengalir ke bawah selama mereka menyikat gigi. Atau gunakan jam dengan bentuk lucu, sehingga anak suka melihatnya.

2. Menyikat gigi dalam waktu yang sama. Jadi, anak terbiasa dengan rutinitas sehat sekaligus menyenangkan tersebut.

3. Untuk permulaan, orangtua harus mengajak sambil memberikan contoh cara menyikat gigi yang benar. Saat Anda ingin menyikat gigi sebelum tidur, ajak si kecil untuk juga menyikat giginya. Buat semacam kompetisi dengannya, siapa yang menyikat gigi paling lama, dialah pemenangnya. Si kecil pasti akan merasa tertantang dan ingin menjadi pemenang.

4. Jika ada, gunakan sikat gigi elektrik dengan pengukur waktu khusus yang diatur untuk dua menit. Menyikat gigi adalah aktivitas kesehatan yang akan menjadi modal penting dalam kehidupan anak nantinya. Dimulai dari gigi dan mulut yang sehat, tubuh pun akan mengikuti.

Semoga bermanfaat!

Note: Tips di atas juga untuk diriku sendiri, memberikan contoh yang baik dan mengarahkan anak akan lebih mudah diterima anak daripada hanya menyuruhnya.

tags: menyikat gigi anak, agar anak suka menyikat gigi, tips agar anak suka menyikat gigi.

Baca juga yang ini yuk:
Atasi gigi gerigis pada anak.
Masa pertumbuhan gigi.

79 comments:

Kaka 26 June 2010 04:53  

Thx infonya ya...kebetulan Kaka br belajar gosok gigi, tp emang perlu kesabaran ya ngajarin anak heheh...sampe Bundanya Kaka nangis2 krn digigit sm Kaka pas ngajarin gosok gigi heheh

inge / cyber dreamer 26 June 2010 05:09  

Jadi inget salah satu iklan pasta gigi yg aku suka :D

Dunia Anak Kita 26 June 2010 06:18  

Tips yang sangat bermanfaat & semoga anak-anak kita jadi anak yang sehat dengan terbiasa menggosok gigi. Makasih sudah berbagi.

febriyanto 26 June 2010 07:35  

ga sambil nyanyi kyk yg di iklan tv gtu y.. :D
mantep tu tipsnya, kapan2 akan saya paraktekan klo dh jadi bapak2 nanti... hheh

Edwin's Personal Blog 26 June 2010 09:56  

anak saya yg berusia 3,5 tahun sudah terbiasa menggosok gigi. memang pada awalnya cukup melelahkan membuatnya terbiasa. dia suka pasta gigi rasa stroberi..

Blog Ekspor Impor 26 June 2010 09:57  

dengan membiasakan sejak awal, memang berdampak pada kedisiplinan anak untuk menggosok gigi. terutama saat mandi dan sebelum tidur malam..

Pawewet 26 June 2010 10:41  

wah info bagus nih memang aku sering kesusahan waktu nyuruh anakku sikat gigi, apalagi yang baru 2 th 10 bln, wah perlu taktik jitu...tks infonya

Bunglon Blog Indonesia 26 June 2010 11:01  

wah bener sekali dengan menciptakan suatu susasana atau cerita ynang menarik dalam mengajak anak kecil menggosok gigi akan jauh lebih efektif ketimbang dengan cara memaksanya,...
Sukses Slalu!

dimensi muslimah 26 June 2010 22:36  

emang agak mbak..agak susah juga ngajarin anak sikat gigi..butuh kesabaran n ketekunan

all about indonesia 26 June 2010 22:37  

rajin sikat gigi..biar gigi gak kuning..malu kan..

Ferdinand 27 June 2010 14:09  

Wah mantabz Mbak Tipsnya....klo aku dulu paling seneng sikat gigi..soalnya bentuk sikat gigiku dulu ada bentuknya trus odolnya manis hhe......

Sikat gigi kudu wajib tuh biar ga pada ompong diusia dini.......

Sukses slalu Mbak!!!

narti 27 June 2010 14:35  

@ ferdinand, iya, bentuk sikat gigi anak yang lucu dan warna yang menarik dapat juga dipakai agar anak rajin menyikat giginya. Saat ini juga sudah tersedia pasta gigi dengan aroma buah-buahan yang beragam jenisnya untuk anak-anak.

angger 27 June 2010 17:40  

manteb dah tipsnya,mbak nar emang jagonya kalau msaalah begini ama masakan.xixixi

Rizky2009 27 June 2010 19:13  

iya nih harus di biasakan mulai dari keciul

Yuli Bunda Farras 28 June 2010 05:00  

thanks buat tips nya bun .. agak susah nih ngajarin sikat gigi ma farras .. kalo di minta sikat gigi pasti jawabnya males ..kalo pun mau sikatnya malah di isep isep ;(

Coretan Felix 28 June 2010 05:34  

Harus diberi suasana yang menyenangkan agar si anak suka :)

nuansa pena 28 June 2010 06:16  

Anak-anak takut sakit gigi, jadi sekarang rajin gosok gigi!

TUKANG CoLoNG 28 June 2010 16:32  

Tips yang cerdas!
saya gag bisa komen lagi karena semua tips itu keren. mungkin yang bisa tambahkan untuk tips pertama yaitu memberi penghargaan kalo dia mau gosok gigi.:)

NURA 28 June 2010 17:12  

salam sobat
benar mba, anak2 agar rajin sikat gigi harus ada trik seperti ini.
trims sharingnya mba.

FunkyMami 30 June 2010 13:17  

Terima kasih sudah men-share info ini..Salam kenal...

cHugy - gOgOg 30 June 2010 17:41  

Makasih bt share infonya sangat menarik sekali...good blog and good post.

Tihang karas 30 June 2010 18:25  

Selama ini si jagoan rajin sikat gigi kalau sikat gi2nya baru, kalau udah seminggu ya ogah2an lagi dech.

Trimakasih tipsnya Mbak...

Edwin's Personal Blog 1 July 2010 02:00  

orang tua jangan pernah bosan melatih anak menggosok gigi sampai mereka terbiasa..

Blog Ekspor Impor 1 July 2010 02:01  

pasta gigi yang ada detergennya apakah sah2 saja dipakai, mb narti?

axc 1 July 2010 06:52  

makasih banyak infonya
bermamfaat...

Wong sikampuh 1 July 2010 09:47  

Anak2 memang perlu di beri sesuatu yg baru supaya bersemangat dan rajin

rizan 1 July 2010 09:59  

info yang menarik mbak,memang agak susah untuk meracuni anak agar rutin gosok gigi :)

ELANG ANTARNUSA 1 July 2010 12:59  

Info yang bermanfaat. thanks dah share

padli 2 July 2010 22:53  

sikat gigi sangat penting yah..tapi gue sendiri jarang sikat gigi.
hihiihih

Artikel Komputer 4 July 2010 16:13  

Makasih Infonya tentang tips agar si kecil rajin sikat gigi.

Ardhiansyam 4 July 2010 16:36  

membiasaan sikat gigi sejak dini dengan menanamkan pentingnya kesehatan gigi, sip dah :)


salam :)

WONG SIKAMPUH 5 July 2010 18:50  

Berkunjung lagi kawan

The international times 6 July 2010 16:00  

memang gampang2 susah menyuruh si kecil sikat gigi...masih teringat dgn diri sendiri dulu ketika masih kecil / sd, hehehe. kunci nya kita sebagai org tua harus ikut sikat gigi bareng dgn sikecil :)

Sepatu Futsal Murah 7 July 2010 07:43  

bermanfaat bgt nech blog gan, saya dukung 1000% untuk blog ini...motifasinya bagus bgt...kunjungan n salam kenal gan...welcome to my blog.....

FAISAL HILMI 7 July 2010 17:07  

Paling sulit memang lau sikat gigi pas malam

Blog Ekspor Impor 8 July 2010 10:07  

semoga keadaan mb narti dan keluarga baik2 saja. amiin

Edwin's Personal Blog 8 July 2010 10:07  

mb narti, apa kabar? kok belum ada postingan barunya?

o0z 9 July 2010 20:18  

::salam Kenal::
Halo admin selamat pagi, blogwalking kali ini saya datang kemari untuk pertama kalinya.
Kebetulan saya juga punya anak balita nih, jadi pas banget...
Sekalian Izin Follow yah, kalau sempet silahkan mampir ke Home saya
::Salam Hangat::

ocy 11 July 2010 20:35  

waah,,kayaknya bukan hanya untuk si kecil deh,,
yang dah gede juga,,hehehee

ureh 13 July 2010 08:36  

wah mantab infonya mba, cewe saya kudu baca nih, dia susah kalau disuruh sikat gigi :)

Sarie 13 July 2010 11:12  

thanks ya Bun:)

gak kebayang gunain pasir pengukur waktu tuh:)

Semoga bisa diterapkan niy, secara Nathan males banget gosok gigi:)

Koje 14 July 2010 18:36  

mantap nih...! thanks ya tulisannya :)

Coretan Felix 18 July 2010 09:05  

tipsnya bisa dicoba kelak :)

Gamer_GPM 19 July 2010 12:32  

bener banget dah. anak2 emang agak susah kalo disuruh gosok gigi. apalagi saat mau tidur..
Thanks yah artikelnya

Pashmina 19 July 2010 21:49  

Ayoo mari kita gosok gigi, he3, pakau pasta gigi yang rasanya enak berpangaruh juga g ya??

Leader Man ( P. E. Shn ) 20 July 2010 14:43  

Info yang bagus, Visit and follow back ya

http://www.seputarkesehataninstitute.com/

msafru 21 July 2010 14:55  

Tips yang bermanfaat sob, bisa buat bekal nanti

FAISAL HILMI 25 July 2010 16:52  

wah, Q lum punya anak nih.. dihapalin ah....

j4j 29 July 2010 15:29  

Halo mbak, duh lama g mampir ni...!!!
Klo kesadaran merawat gigi udah dimulai sejak dini, nnti besar tinggal di matangkan aja.

yanuar catur rastafara 30 July 2010 21:19  

sebenarnya, tips itu berguna buat aq jg lhooo
hehhe

Zianka Art 4 August 2010 09:30  

Cocok banget buat anakku...
makasih tipsnya..
Zianka - Batik | Bordir Tasikmalaya

narti 7 August 2010 03:30  

@ FunkyMami, salam kenal juga.
@ padli, jangan jorok ah, ayo berikan contoh yang baik! :)
@ sepatu futsal, salam kenal juga.
@ Mas Edwin, thanks.
@ o0z, salam kenal juga.
@ ureh, hihi.... :)
@ j4j, kemana saja? makasih dah mampir...

to all, terima kasih komentar dan kunjungannya.

narti 9 August 2010 04:11  

@ Blog Ekspor Impor, pasta gigi mengandung deterjen? yg mana ya? Aku rasa di Qatar sini aman-aman saja, jadi saya kurang mengerti kalau ada pasta gigi yang mengandung deterjen. Sebaiknya dihindari saja.

@ Pashmina, pasta gigi anak-anak dengan aroma buah-buahan sudah tentu disukai anak-anak.

Ambae.exe 26 August 2010 19:49  

penting buat si kecil ini
mesti dipraktekin khususnya yg uda punya anak...bolehlah nanti klo' Q da punya jg...ma kasih ya infonya

wap koes 27 August 2010 04:14  

Makasih Mbak, tipsnya ciamik. aku coba deh

atiek 1 June 2011 06:35  

kita hrs membiasakan anak kita rajin gosok gigi agar gigi tdk berlubang apalagi anak kita abis makan yg manis manis

Indah,  1 June 2011 10:14  

Terima kasih bunda, artikelnya bagus
(untungnya sih anakku mudah diajak sikat gigi)

@bunda Atiek...gak cuma sehabis makan manis deh bunda..sehabis minum susu sblm tidur jg harus sikat gigi nih ^^

Ababila,  1 June 2011 10:31  

iya2..yuks biasakan anak kita sikat gigi..
apalagi sehabis minum susu malam deh (susah banget tuh, karena biasanya anak sudah ngantuk)
Padahal susu sekarang biasanya manis2 deh...kalau gak sikat gigi..rusak deh giginya

yuanita 1 June 2011 10:45  

Anakku jg suka sikat gigi skrg ini, awalnya susah jg...triknya yah seperti yg diatas, bikin suasana senang, kasih contoh, aku kasih juga odol rasa2 buah, jd anak suka, hem hr ini pake odol rasa jeruk yuk...nah mau deh dia. Selain makan yg manis2 bisa merusak gigi jg bisa sebabkan obesitas pada anak, jd sebaiknya hindari makan manis yg terlalu sering pada anak

rennie 1 June 2011 10:52  

Anak saya setiap hari sikat gigi 3x, pas mandi 2x, mau tdr abis minum susu 1x. Kesehatan gigi memang harus dijaga, apalagi anak suka bgt sama yg namanya "manis". Klo buat gigi kita bisa tanggulangi dengan cara sikat gigi, tp makanan yg manis2 jg ga baik buat kesehatan, anak bisa jd obesitas, makanya klo pilih susu jg harus diperhatikan, mengandung zat gula tambahan ga.

lia mauren 1 June 2011 11:16  

iya dong makan yang manis2 itu khan dapat merusak gigi, dapat membuat gigi berlubang dan kalau tidak rajin digosok bisa sampe ada yang busuk giginya

debby 1 June 2011 11:20  

anakku senang sekali sikat gigi...dr pasta gigi yg dsuka rasany sampai sikat giginya yg lucu...

debby 1 June 2011 11:21  

anakku suka sikat gigi krn pasta gigi dan sikat giginya yg lucu... ^^

reny dorothi 1 June 2011 11:22  

makan yang manis2 selain dapat menyebabkan obesitas dapat juga menyebabkan gigi berlubang, apalagi buat anak2 kecil yang suka sekali makan yang manis2, hrs rajin skt gigi bun agar giginya tetap terjaga dan kuat

debby 1 June 2011 11:31  

membersihkan lidah bisa dengan air putih di kasi garam sedikit...ktnya si untuk menghilangkan bakteri di lidah pd bayi....klo anaknya sudah agak besar bisa memakai pembersih lidah...

irene 1 June 2011 11:37  

agar tidak berlubang gigi anak kita kurangi minuman yang manis atau susu yg kadar gulanya rendah

susan 1 June 2011 11:47  

susah ya membiasakan anak anak rajin menggosok gigi pdhal utk kesehatan saya jg membiasakan anak saya utk tidak jajan krn rasanya manis sehingga dpt merusak gigi juga

yurika,  1 June 2011 13:22  

harus diatur nih dari skrg biar sikecil makin rajin sikat giginya.. soalnya kan jaman skarang banyak banget makanan yang manis2.. dan yang namanya anak kecil pasti suka banget yang manis2 kaya permen gitu..

reny dorothi 1 June 2011 13:35  

segala sesuatu yang manis itu memang berbahaya yah bun dan banyak resikonya..termasuk mulai dari obesitas bisa jadi diabetes, gangguan psikis juga bisa dialami yaitu menjadi minder / tidak percaya diri..sampai urusan gigi berlubang juga bisa dialami bun..

lyly,  1 June 2011 13:46  

kalau gak rajin2 sikat gigi, yang ada malah jadi gawat tuh..
bisa2 gigi rapuh..
soalnya kan dari susu formula yang diminum itu ada kandungan gula tambahannya.. bisa bikin rapuh gigi tuh kalau gak rajin2 sikat gigi...

nita,  1 June 2011 13:47  

aku nyesel dulu pas masih kecil sikat giginya gak rajin...
sekarang gigi jadi rapuh.. :(
sekarang anakku aku disiplinin untuk sikat gigi.. :)

reny dorothi 1 June 2011 14:58  

iya loh bun kalau menurut aku segala sesuatunya yang manis2 itu berbahaya..lambat laun bisa terkena dampaknya dan dampaknya berbahaya..mulai dari obesitas menjadi diabetes, bahkan sampai merusak gigi segala..

Winnie 1 June 2011 18:32  

wow kesukaan anak2 bgt tuh mkn manis2.. jgn sampe anakku ky aku nih giginya banyak berlubang gara2 dulu susah bgt disuru sikat gigi..hiks..

Winnie 1 June 2011 18:33  

makanya selain rajin sikat gigi, mbok ya dikurangin jg makann manis2nya anak2...hehe..

jodie,  2 June 2011 13:34  

mengajarkan anak agar rajin menggosok gigi bisa dimulai dari sejak masih bayi..setelah bayi minum susu,gigi dan lidahnya bisa digosok menggunakan jari telunjuk ibu yg telah dibsahi kassa dan air hangat..agar sisa2 susunya tidak menjadi jamur di mulut..
hal ini wajib dilakukan apalagi susu skrg banyak yg mengandung pemanis tambahan,jadi kadar gulanya tinggi.. bila tidak rajin gosok gigi,maka giginya bisa cepat rusak..

maureen,  2 June 2011 13:41  

setelah anak makan/minum yg manis2..sebaiknya langsung gosok gigi..paling minimal,harus kumur2 menggunakan mouthwash..
yg lebih baiknya lagi..jangan berikan anak makanan/minuman yg mengandung gula tinggi...

Sriwahyuning 2 June 2011 16:19  

anak saya sudah belajar menggosok giginya sendiri sejak umur 1th..tapi giginya tetap gigis karena kebiasaan tidur sambil ngedot susu..
baru saya tahu ternyata dalam susu formula itu mengandung pemanis tambahan yg membuat kadar gulanya tinggi hingga dapat merusak gigi..

Post a Comment

* Terima kasih sudah berkunjung ke seputarduniaanak.blogspot.com
* Maaf, komentar ditutup

  © Seputar Dunia Anak Since February 14, 2009

Privacy Policy | Back to TOP  

Please Visit Again!