Powered by Blogger.


Macam-macam Gerakan Refleks Pada Bayi

>> Monday, 12 December 2011

Berikut ini 9 gerakan refleks pada bayi:

1. Refleks moro: bila bayi tiba-tiba kaget begitu mendengar suara.

2. Refleks blinking: bila bayi menutupkan kedua matanya begitu terkena kilatan cahaya atau hembusan udara.

3. Refleks babinski: bila tapak kaki bayi disentuh, jari-jari kakinya akan mengembang.

4. Refleks grasping: bila telapak tangannya disentuh, dia langsung menggengam.

5. Refleks rooting: bila pipi atau mulutnya disentuh, mulutnya akan langsung membuka dan berbunyi seperti orang yang mengenyot (mengisap).

6. Refleks stepping: bila tubuhnya diangkat dan diposisikan berdiri di atas permukaan lantai, kakinya akan menjejak-jejak di atas permukaan lantai.

7. Refleks sucking: bila ada objek yang dimasukkan ke mulutnya, ia langsung mengisap.

8. Refleks swimming: bila ditelungkupkan di dalam air, secara otomatis tubuhnya akan membuat gerakan-gerakan seolah hendak berenang.

9. Refleks tonic neck: bila ditelentangkan, kedua tangannya akan menggenggam dan kepalanya menengok ke kanan dalam posisi seperti pemain anggar.

Semoga bermanfaat!

7 comments:

slamsr 12 December 2011 12:21  

aku baru aja punya ponakan mbak...
umurya baru 1 minggu...
nah reflek sucking ini yg paling sering aku liat kalo dia mimik susu

Zippy 12 December 2011 14:11  

Wihiii..nice info mbak :D
Selama ini sering sih lihat gerakan refleks itu, cuma baru tau ternyata ada nama2 gerakan refleksnya :D

Rinta 13 December 2011 04:08  

Efek no.1 dan 4 sering terjadi pada anak saya... dulunya gak tahu, saya sempet khawatir terutama utk no.1. soalnya dia sering kaget kalau ada suara2 tiba2...

Nia - Jakarta,  13 December 2011 05:58  

aku jg sering liat keponakanku gerak refleks gini.paling sering memang reflek sucking,jadi ngeri klo dia dikit2 mau masukin mulut benda yg salah.takut bakteri :(

Blog 'Super Rahasia'..... 15 December 2011 15:24  

trus reflek itu ada sampai berapa bulan ya...?

tulus mainan anak 15 December 2011 19:45  

Iya bener bangett.. waktu anak lagi lucu lucunya... baanyak tindakan aneh yang bikin kita ketawa.. padahal cuma refleks..

ezza 5 April 2012 08:01  

mesti sering" blogwalking kesini nih :D

Post a Comment

* Terima kasih sudah berkunjung ke seputarduniaanak.blogspot.com
* Maaf, komentar ditutup

  © Seputar Dunia Anak Since February 14, 2009

Privacy Policy | Back to TOP  

Please Visit Again!