Powered by Blogger.


Membuat Anyaman Dari Kertas

>> Monday, 27 September 2010

Selamat pagi semuanya...
Setelah kemarin membahas hal-hal yang serius, sekarang artikel yang ringan saja. Disini saya hanya sekedar sharing. Ini sebenarnya hasil karya anakku beberapa waktu lalu yang mendapat tugas dari gurunya untuk membuat anyaman dari kertas. Saya jadi teringat dulu saat sekolah dasar.... (sambil buka memory).
Ternyata disini dan di Indonesia, guru memberikan pelajaran ketrampilannya sama. Yang beda adalah kata pengantarnya.

Bahan yang diperlukan untuk membuat anyaman kertas, diantaranya adalah:
2 lembar kertas HVS beda warna (atau bisa juga menggunakan kertas padalarang, potong dengan ukuran yang dikendaki dan kertas manila warna-warni)
gunting
pisau cutter
pensil
penggaris
lem kertas

Cara membuat anyaman dari kertas sebagai berikut:
1. Ambil kertas HVS 1, buat garis-garis dengan pensil pada sisi lebarnya dengan jarak 0,5 cm.
2. Tepi kertas beri sisa 2 cm.
3. Potong bagian yang sudah diberi garis tadi dengan pisau cutter, jangan sampai putus.
4. Ambil kertas HVS 2, potong memanjang dengan gunting selebar 0,5 cm.
5. Siap dipakai untuk mulai menganyam.
6. Setelah selesai semua, rapikan.
7. Beri lem/rekatkan pada bagian tepi/sisa anyaman agar tidak terlepas.

Tips:
1. Ketika menganyam, gunakanlah  bantuan penggaris agar lebih mudah.
2. Motif yang diinginkan bisa digambar terlebih dahulu pada kertas lain.
3. Kertas padalarang bisa juga diganti dengan 1 lembar kertas buku gambar.



contoh gambar anyaman kertas


hasil karya anakku

Dari gambar anyaman kertas di atas, bisa dilihat bahwa potongan kertas masih besar kecil, hasil anyaman juga belum rapi tapi guru disini justru akan lebih menghargai mereka (murid) yang kreatif. Kelihatan kalau itu benar-benar karya murid.

Dukung anak-anak agar berkreasi, mengembangkan daya imajinasi dan ketrampilan mereka, Anda jadi pembimbing saja.

Semoga bermanfaat!

Baca juga:
Cara membuat pembatas buku.

44 comments:

FREE MUSIC DOWNLOAD 27 September 2010 at 06:48  

Bagus ya mbak hasil karyanya.... :-)

deasy 27 September 2010 at 07:58  

Bagus hasilnya:) sukses sll Dunia anak.. I love children:)

Ferdinand 27 September 2010 at 11:25  

Waduh.. KOq bisa samaan ya disana dan di Indonesia wkwkw... tapi aku juga waktu SD kayanya diajarin yg kaya gtu...... Ehm.. berarti nilainya anaknya Mbak gede nie hhe.. org ibunya ngerti wkwk...

Semangat n happy blogging...

Ipin's cool 27 September 2010 at 14:36  

kreatif banget nihh bisa buaty yg begini...yahhh

Anonymous,  27 September 2010 at 18:16  

nice site bisa nambah pengethuan tentang dunia anak,saya suka juga dengan dunia anak.

Kang Sugeng 27 September 2010 at 18:44  

untuk ukuran anak2 hasil pada gambar di atas adalah sngt bagus mbak

Google Update Pagerank September 27 September 2010 at 20:45  

wah kreatif ya mbak, jadi inget waktu sekolah dl hehe

j4j 27 September 2010 at 23:06  

klo dari kecil udah diajarkan untuk mengasah kreatifitas, besar bisa jadi wirausaha yg sukses ni...!!!

jadi pengen liat foto anak mbak...!!! :D

tamanbuahhati 28 September 2010 at 03:29  

Iya mbak..teringat pelajaran keterampilan waktu masih SD..

Bunda Farras 28 September 2010 at 05:17  

iya bener bun .. aku pernah ngerjain ini nih waktu SD .. :)

Anton 28 September 2010 at 11:20  

Hmmm, keren juga anyamanya.

Edwin's Personal Blog 28 September 2010 at 14:54  

bagus..bagus.. ini jadi referensi bagus buat melatih rasha, anak saya. dia sudah mau tk.. trims mb narti..

four dreams 28 September 2010 at 16:08  

wah ini mah pelajaran kesenian waktu jaman aku sd sob hahaha :D

Pakbroncos 28 September 2010 at 16:23  

jadi inget pelajaran SD mbak
mata pelajaran KTK
:)

General Blog 28 September 2010 at 18:31  

uh lama banget gak membuat anyaman kertas...udh rada2 lupa cara nya neh hehehe :)

penghuni60 29 September 2010 at 12:02  

jd inget wkt msh SD..
saya pernah bwt itu loh..
persis...
:)

WONG SIKAMPUH 29 September 2010 at 16:43  

ingatan ku Kembali ke jaman SD

D3nBa9as 30 September 2010 at 02:55  

Wah rata2 yang komen di atas hampir seragam jawabannya. Ingat kembali waktu SD dulu. Salut buat SDA yg mampu membangkitkan memori mereka dengan gambar dan tulisan.

Selalu update SDA.

Salam hangat kawan...

Bendera Setengah Tiang 1 October 2010 at 03:23  

biarkan anak bebas berkreasi ...
jadi inget pelajaran prakarya jaman masih sekolah dulu ....

TUKANG CoLoNG 1 October 2010 at 08:13  

aku juga dulu pernah diajarkan menganyam kayak gitu, pas SD. ketika itu mau omba murid teladan. tapi karena setelah SMP ampe sekarang aku gag pernah ngambil anyaman, jadi lupa. mau belajar lagi ah

moenas 1 October 2010 at 13:59  

wah kreatifitas neh..
teruskan inspirasinya brow

fb 1 October 2010 at 14:33  

Jadi inget dulu pernah bikin juga dan hasilnya berantkan he he.. Kalo gambar yg itu hasilnya bagus

fb 1 October 2010 at 14:37  

Kreatif harus mulai dari sedini mungkin

angga7 1 October 2010 at 18:57  

wah ini kaya prakarya ku jaman SD deh, kerennn :D

Fir'aun NgebLoG 2 October 2010 at 06:24  

jadi enget pelajaran keterampilan sewaktu SD tuch :p hehehe

Saung Web 2 October 2010 at 12:05  

Hihi jadi inget jaman dulu bikin prakarya seperti ini hehe

Willyo Alsyah P. Isman 2 October 2010 at 15:16  

wah... keren juga karya nya... smoga jika besar kelak bisa membuat karya yg membanggakan Negara ini... Amin.

Rizky2009 8 October 2010 at 11:21  

kelihatannya sangat mudah tp penerapannya kayaknya juga g mudah juga g terlalu sulit

daihatsu 22 May 2011 at 09:49  

Dulu mba waktu saya SMP kan pernah disuruh buat kipas dari anyaman bambu sama guru kerajinan tangan yang berwatak kejam, saya kan ga bisa yah, saya beli aja di pasar.. eh ketahuan sama gurunya, ya di strap lah di lapangan voli.. he.

Anonymous,  9 August 2011 at 12:28  

coba minta yg lainnya dong biar gampang kalau ada yg nyari contoh anyaman

narti 9 August 2011 at 12:42  

@ Anonymous, Insya Allah ya... :)
(harap sabar menanti)

000,  20 September 2011 at 13:46  

ah jelek anyamannya...
blm liat punya gw dlo

narti 20 September 2011 at 15:54  

@ 000, om/mba, aku lihat hasil anyamanmu dulu dnk! linknya mana? koq gak ngasih link?
jelek kalau hasil karya sendiri, tetep bangga loh om/mba.

narti 23 September 2011 at 19:09  

@ alfan, lihat hasil karyamu dnk om!! mana linknya??

alfan,  24 September 2011 at 08:35  

kesini dong,ke rumah qw

Choi Sooyoung,  30 November 2011 at 15:23  

anyoung malseo

tas maika etnik 4 December 2011 at 12:15  

inget waktu aku taman kanak2 dulu... ^_^

Gloria Grace,  31 January 2012 at 16:27  

bagus juga ya anyaman nya :)

raymoen nangin,  14 February 2012 at 17:53  

wah!!! krya nya bgus jga y link d0nk cmua krya mu!!! seeeppppppppppppppp bnget deh krya loe...

Muhammad agis riswan,  15 March 2012 at 12:46  

aku jga ingin sperty itu bnr nih bgus rpi lgi aku ksih 2 jempolllllllll dahkk

SRI WIDAYANI,  4 April 2012 at 14:54  

WAHHH KEBETULAN NIE.. HE.. HE.. BARU PENGIN MAU BIKIN KETRAMPILAN BUAT HIASAN DINDING DI RUMAH EH TERNYATA ADA YANG KASIH CONTOH BAGUS2 DI SPTR DNIA ANK,JD IKT SNENG DECH......:D

chacha doank,  24 May 2012 at 14:12  

aq dlo prnh bljr menganyam tp aq lp jd aq pngen bnyak bljr dari mbak,,,,!!!!

Arelong Arenies,  27 June 2012 at 01:39  

ha nih da knper lak nih smua ckap indon...??? cantik..

Post a Comment

* Terima kasih sudah berkunjung ke seputarduniaanak.blogspot.com
* Maaf, komentar ditutup

  © Seputar Dunia Anak Since February 14, 2009

Privacy Policy | Back to TOP  

Please Visit Again!