Powered by Blogger.


Tips/Cara Agar Anak Mau Berbagi Dengan Orang Lain

>> Sunday, 12 June 2011


Dalam kehidupan sehari-hari, tentu saja kita tak lepas dari bantuan orang lain. Dengan kata lain kita saling membutuhkan. Entah itu dalam lingkungan keluarga, dengan teman, dengan tetangga atau dalam lingkup yang lebih luas lagi.

Dalam hal ini, kita sebagai orang tua bisa mengajarkan ke anak-anak, bagaimana agar anak mau berbagi dengan temannya.

Hal-hal yang harus diperhatikan diantaranya adalah:

1. Jangan memaksa anak memahami Anda.
Sebagai contoh, Anda mengambil mainannya dan memberikan kepada anak lain atau temannya. Apa yang dipelajari atau ada di benak anak ketika itu? Anak akan berpikir bahwa Anda merampas mainannya, mengganggunya.
Nah, sebagai orang yang paling dekat dengan anak-anak Anda, tugas Anda adalah memahami pikiran anak, dan memberi contoh verbal tentang berbagi, bukan memaksa anak-anak untuk memahami Anda.

2. Jangan memaksa anak untuk berbagi.
Anak-anak yang lebih kecil biasanya suka sekali meniru kakak-kakaknya. Begitu melihat sang kakak bermain dengan bola baru atau boneka baru, misalnya, dia pasti akan mencoba mengambilnya. Tetapi kita tak bisa berharap sang kakak akan dengan sukarela memberikan mainannya, bukan? Seringkali orang tua lupa bahwa makna berbagi adalah menghargai orang lain. Daripada Anda mengajari anak untuk berbagi mainan, coba lebih ditekankan untuk mengajari anak belajar menghormati teman atau saudaranya.

3. Mengajarkan bermain bergantian
Bergantian adalah strategi dasar yang digunakan orangtua untuk mengajarkan anak konsep berbagi.
Setiap kali bermian bersama, anak-anak diminta bermain secara bergantian. Anak yang paling besar bisa diberikan kepercayaan untuk mengatur, siapa yang lebih dulu bermain, terus gantian siapa lagi. Bisa dengan duduk berjejer untuk menunggu giliran bermain. Atau ditinggal main yang lainnya dulu, nanti setelah tiba giliran dia bermain akan dipanggil.

4. Jangan merebut mainan anak.
Jangan sekali-sekali Anda merebut mainan dari tangan anak hanya demi mengajarkan perihal berbagi. Sekali Anda mengajarkan kekerasan, maka Anda tengah mengajari anak hal yang sama. Lebih baik, sampaikan dengan bahasa yang bagus, dan sodorkan tangan. Yakinlah, hasilnya akan jauh lebih baik daripada cara pertama.

Belajar berbagi akan lebih mudah bila sudah terbiasa di lingkungan terkecil yaitu keluarga. Bukan hanya soal mainan, berbagi sepotong kue misalnya, bila anak sudah terbiasa berbagi dengan saudaranya, dengan adiknya, dengan kakaknya, maka ia akan lebih mudah berbagi dengan orang lain.
Untuk anak tunggal, mengajari berbagi dengan bapak/ibunya juga tidak apa-apa.

Hal-hal di atas masih dalam lingkup yang sederhana, untuk ke depannya dalam berbagi bisa yang melibatkan banyak orang, misalnya berbagi dengan anak-anak yatim di panti asuhan, dll.

Semoga bermanfaat!

28 comments:

Ferdinand 12 June 2011 at 06:54  

Hem.... betul-betul-betul... keseringan emank gitu Mbak, khususnya yg kakak adik itu, karena dirasa kakaknya udah sedikit lebh gede, si Ibu langsung deh nyuruh kakaknya buat ngasih mainan ke adeknya padahal blum tentu juga si kakak rela hhe... dan lebih baik ya yg abisnya itu diajarin buat main bareng2 hhe...

Suwun Mbak, tak senggol tulisan birunya biar tambah semangat :)

Meidy 12 June 2011 at 07:15  

wah, sangat berguna buat aku yg blm punya anak mb... nice post :)

r10 12 June 2011 at 09:57  

supaya anak mau berbagi, orang tua, keluarga juga musti memberi contoh dengan suka berbagi :)

Bunda Farras 13 June 2011 at 05:29  

thanks for sharing bun .. maaf baru mampir lagi nih :)

Taman Buah Hati 13 June 2011 at 18:31  

Berat memang untuk hal yang satu ini, apalagi kakak adik yg keduanya masih balita atau batita. Masih egois2nya.. Betul-betul ekstra kesabaran dalam menghadapi keduanya

Dapur Ana 13 June 2011 at 18:34  

kita2 saja terkadang sulit untuk berbagi. Apalagi untuk anak seusia mereka. Thanks for sharing

atiek 14 June 2011 at 08:55  

iya paling susah utk mengajarkan sesuatu jd hrs sabar ya demikain juga mengajarkan anak utk tdk terlalu banyak makan makanan yg berkadar gula tinggi

Dinda 14 June 2011 at 10:15  

klo anakku senang sekali berbagi susu dgn adiknya...aku si ga keberatan karena memang susunya ga pake gula tambahan

livina 14 June 2011 at 10:23  

berbagi dgn adik kadang anakku tidak rela padahal umurnya beda agak jauh tapi klo dkasi pengertian baik" mereka akan ngerti dan saling berbagi dgn sendirinya

arienta 14 June 2011 at 12:00  

anakku kl masalah minum susu pasti ga mau berbagi sama adeknya krn mungkin rasanya pas buat anak anak kali ya apalagi susunya ga pake tambhan gulanya

Merry 14 June 2011 at 13:05  

Klo anakku, klo mainan baru biasanya dia ga mau berbagi, klo da lama mainannya dia da bosen baru deh mau berbagi. Klo minum susu juga klo da kenyang, mama papanya yg disuruh minum, suruh abisin....mungkin karna susunya kemanisan yah makanya eneg

sheila 14 June 2011 at 13:10  

Gampang2 susah ajarin anak berbagi, soalnya anak juga mood2an sih, kadang boleh kadang engga. Soal makanan juga maunya pilih2, suka bgt ama yg manis2, tp klo susunya aku kasih yg no added sugar

Maylinda 14 June 2011 at 14:48  

anak ku sudah diajarkan untuk saling berbagi dengan saudaranya dari sejak kecil..apalagi keponakan2 saya banyak..(maklum,keluarga besar)..hehe..
bahkan sampai susu,kalau kita goda dengan bilang, bagi dong.. dia akan menyodorkan botol susunya ke kita..
kalau dia udah bisa ngomong lancar,mungkin akan bilang..cobain nih susu aku..tetep enak lho walaupun tanpa gula tambahan..wkwkwkwk...

reny dorothi 14 June 2011 at 15:00  

kalau udah yang namanya makanan dan minuman tuh anak anakku bisa super pelit bgd, mungkin karena mereka 22nya tuh emang suka bgd mkn sih ya??hee..tapi kalau sama mainan mereka ga pelit bun malah kadang abis main sama temen, mainannya suka dikasi k temennya kalau dy sdh bosen..

jenny,  14 June 2011 at 15:03  

salah satu cara mengajarkan anak agar mau berbagi dengan mengajak anak ke panti asuhan,agar anak melihat bahwa masih banyak anak yg kurang beruntung..
agar perkembangan anak bisa sesuai usia,gizinya harus terpenuhi..berikan anak susu formula yg nutrisinya lengkap dan tanpa gula tambahan,agar mengurangi resiko obesitas..

Maya 14 June 2011 at 15:42  

hahaa.. lucu bgt ya kalo soal anak yg suka berantem rebutan mainan.. untung sih anakku baru satu, jadi paling berantemnya sama aku aja kalo lg susah makan, trus susah minum susu.. haduuuhhh!!

Rara 14 June 2011 at 15:44  

kalo susah makan sih makanannya aja kali yg kurang bervariasi dan kurang bikin dia napsu bun... kalo susah minum susu mungkin susunya bikin enek.. hehe...

Kamal Hayat 14 June 2011 at 17:40  

Makanya sejak kecil harus diajari bersosial..hehe

ocha 14 June 2011 at 18:37  

ajarin bunda sejak dini pada anak kalo kita harus berbagi....biar dia juga terbiasa,sebagai ortu jg hrs kasih contoh biar anakknya ngikutin

ceuwida 14 June 2011 at 18:41  

untung anakku suka bgt berbagi,,, selain d ajarin d rumah di skolah kan juga d ajarin sm guru2nya

bimbim 14 June 2011 at 18:46  

iya nih anakku umur 3 thn susah bgt d ajarin sharing ...apa krn blm punya adik yahhh

obinhut 15 June 2011 at 07:43  

@ya udah bimbim, bikinin aja dia adik baru ! Wehehe...
! Oh ya mendidik anak, makasih ya bung infonya ! Ntar kalau saya punya anak, mudh2n tidak macem2

Ferdinand 16 June 2011 at 08:27  

Eh kemaren itu komentku pertamax ya ternyata haha.. jarang bisa dapet tempat pertama disini haha.. :)

Hem.. untuk kali ini aku gak koment lagi ya Mbak, soalnya udah gak ada yg mau kutambahin hha... :)

Rizkyzone 16 June 2011 at 17:02  

berhubung saya belum nikah, jd saya izin save aja buat koleksi di rumah siapa tahu ada gunannya nantinya

faja12 5 July 2011 at 02:32  

anak adalah masa depan bangsa.. jadi harus di didik dari kecil biarmempunyai karakter yg kuat... :)

maria tuti nugroho,  2 April 2012 at 06:06  

sip setuju, thanks bgt sarannya, saya mengalami hal yg sama.

nna yanti-Bandung,  17 November 2012 at 13:31  

ibu share dong... anak saya ketika melihat mainan orang lain pasti mau, tapi dia minta izin dulu sih walau memaksa, tetapi mainan dia tidak boleh dipinjamkan bagaimana cara menyikapi anak seperti ini ya bun?? terima kasih

narti 18 November 2012 at 06:35  

@ nna yanti-Bandung,
untuk anak mba yg minta ijin duluan itu udah bagus, untuk tindakan yg sedikit memaksa mungkin karena dia tidak punya mainan serupa di rumah, jadi ada rasa ingin tau.

Untuk mainan dia yang tidak boleh dipinjamkan mungkin karena belum terbiasa, dia anak tunggal? kalau memang anak tunggal, ya mungkin karena belum terbisa berbagi saja.

Tapi bisa koq dalam lingkup keluarga diajari agar berbagi bersama ibu bapaknya, jadi nanti ketika bertemu dengan teman-temannya dia sudah terbiasa berbagi, bisa main bersama, dll.

Post a Comment

* Terima kasih sudah berkunjung ke seputarduniaanak.blogspot.com
* Maaf, komentar ditutup

  © Seputar Dunia Anak Since February 14, 2009

Privacy Policy | Back to TOP  

Please Visit Again!