Powered by Blogger.


Peraturan Saat Ibu Hamil Berolah Raga

>> Saturday, 10 October 2009


Olah raga memang sangat disarankan bagi ibu hamil. Namun sesuaikan jenis olah raga dengan kondisi Anda saat ini. Hal yang perlu diperhatikan diantaranya jenis latihan, frekuensi latihan dan intensitas latihan agar Anda tetap fit, bayi yang Anda kandung juga sehat. Dengan berolah raga Anda akan cenderung lebih siap saat melahirkan nanti.

Berikut ini hal-hal yang perlu Anda perhatikan.

1. Jangan kepanasan
Saat tubuh menjadi begitu panas, tekanan darah bisa meningkat, tubuh membengkak dan Anda mengalami dehidrasi. Boleh saja Anda sampai berkeringat, tapi sebaiknya tidak berolah raga dalam kondisi yang begitu panas. Hindari pakaian yang berlapis-lapis dan atur intensitas latihan Anda.

2. Jaga detak jantung
Jika Anda memiliki monitor detak jantung, aturlah agar detak jantung Anda dibawah 145 bpm (beats per minute). Misalnya dibuat skala 1-10, angka 10 adalah Anda dalam kondisi sangat kelelahan. Anda jangan sampai pada skala 7, dimana kondisinya Anda bernafas lebih keras, tubuh menjadi hangat, berkeringat namun masih dapat berbicara dengan nyaman. Anda bisa memilih jenis olah raga berenang, karena olah raga ini bagus untuk membatasi tingkat intensitas Anda, karena tekanan air membantu tubuh untuk menurunkan detak jantung. Sedangkan temperatur air akan memberikan efek pendinginan.

3. Batasi latihan high-impact
Jogging tidak disarankan terutama trimester kedua dan ketiga. Namun bagi yang terbiasa jogging, tidak melakukan latihan favorit seperti ini akan membuat tubuh merasa tidak nyaman.

4. Peregangan singkat
Meregangkan otot-otot punggung, bahu dan kaki memang penting, namun jangan melakukannya terlalu lama. Tubuh wanita yang sedang hamil memproduksi hormon relaxin, hormon yang meringankan jaringan di sekitar panggul untuk mempersiapkan saat melahirkan. Efek hormon ini secara lebih luas mengandung arti bahwa peregangan yang lama dapat mendukung hipermobilitas di sekitar sendi, yang bisa merusak dan terasa sakit. Oleh karena itu, batasi peregangan hanya 6 atau 7 detik setiap kali peregangan.

5. Jaga tekanan darah tetap rendah
Hindari latihan dengan beban yang berat, terutama untuk tubuh bagian bawah Anda bisa berlatih jongkok-berdiri tanpa membawa beban. Bahkan, seharusnya latihan ini bisa menjadi rutinitas Anda pada trimester pertama dan kedua. Cobalah berlatih 3-4 kali dalam seminggu, sekitar 30-45 menit setiap kali latihan. Pada trimester ketiga, ubah rutinitas Anda dengan berlatih selama 20-25 menit , 4-5 hari dalam seminggu. Hal ini akan mencegah Anda jadi terlalu lelah.


Sumber: kompas.


tags: olah raga bagi ibu hamil, hal yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil saat berolah raga, hormon relaxin, efek hormon relaxin, atur detak jantung saat ibu hamil berolah raga, memilih jenis olah raga untuk ibu hamil, mengatur intensitas latihan, tujuan ibu hamil berolah raga.


32 comments:

Ocim 10 October 2009 at 21:38  

terima kasih banyak informasinya nih

bunda Ibrohim 10 October 2009 at 21:50  

Bermanfaat bgt nih...keep bloging...

info ternak 11 October 2009 at 01:56  

wah terimakasih nih informasinya, buat pengetahuan saya juga nih, walaupun laki-laki, gak salah kayaknya kalau mengetahui cara-cara senam yang baik untuk orang yang lagi hamil.. terimakasih mba atas informasi yang telah anda berikan, sangat membantu sekali untuk saya yang haus akan ilmu-ilmu baru. salam My site

Ipin 11 October 2009 at 04:29  

ada lagi nih mabak tambahan dikit kate orang tue dulu..harus rajin jalan pagi-pagi terus kalo mo ngepel jangan pake alat pel dorong ( manual aza jongkokk gituu..) bener gak ..yaahh?

narti 11 October 2009 at 04:34  

@ Ipin, olah raga jalan kaki juga bagus. Kalau mengepel jongkok bagus untuk trisemester ketiga ya, tapi pada trisemester pertama dan kedua juga tidak apa-apa, yang penting jangan terlalu lelah. (yang komentar malah bapak2 hihi....).

to all: Makasih komentarnya.

heru 11 October 2009 at 05:13  

nice info mbak, sangat bermanfaat buat saya, salam sukses selalu

muchlisin 11 October 2009 at 07:27  

Bermanfaat. Ayo ibu-ibu baca ya

artikel psikologi 11 October 2009 at 07:53  

Informasi yang bermanfaat...banyak sekali faktor yang harus diperhatikan dalam masa kehamilan agar diharapkan nantinya sang buah hati bisa lahir dengan sehat secara fisik juga sehat secara mental. Bahkan periode mana yang tepat untuk masa kelahiran juga turut mempengaruhi kesehatan bayi.

jhonson blog 11 October 2009 at 09:15  

nah ini baru mantab mbak...kebetulan istri gue lagi hamil kira2 6 bulan,trus jenis olah raga apa yah yg cocok buat hamil sekitar 6 bulanan?

jhonson blog 11 October 2009 at 09:29  

ehh ketinggalan 1 pertannyaan lagi hehehe :)

itu itu yg di gambar,si wanitanya guling2 di atas balon apa perutnya yg besar gak kejepit tuh ???.edann kayaknya mao meluncur pake balon tuh..ck...ck..ck..ck

narti 11 October 2009 at 09:57  

@ jhonson blog, olah raga renang, senam atau jalan kaki bagus. Yang perlu diperhatikan jangan terlalu capek atau malah kebanyakan tidur, biasanya ibu hamil suka tidur. Tapi perlu diperhatikan juga kondisi kesehatan ibu dan janin (bingung ya? banyak peraturan....)

Belajar Bisnis Internet | hill 11 October 2009 at 20:56  

mbak klo yg lg hamil trus ngidam, klo keinginannya ga di kabulkan emang suka ngiler ya nanti bayinya? bukannya semua bayi suka ngiler :D

Joker 12 October 2009 at 03:43  

wah kalo gitu mending ga usah olahraga aja
buat apa ibu hamil olahraga?
berbahaya
kasihan kan bayi nya
kalo bayi nya udah lahir baru olahraga
y g?

¨˜ˆ”°¹~·-.„¸Acatrazz¸„.-·~¹°”ˆ˜¨ 12 October 2009 at 09:15  

wokey sip banget infonya ntar klo aku married istriku tak suruh mencoba tips ini.thanks

aryo halim 12 October 2009 at 09:23  

waduh, saya lg gak hamil, jadi salah baca nih...

ekosulistio 12 October 2009 at 12:49  

keren tipsnya..... istriku sudah melahirkan.... beguna nich buat tetanga sebelah lagi hamil..

reni judhanto 12 October 2009 at 13:55  

Informasi yang keren mbak... akan bermanfaat sekali bagi ibu-2 hamil.

RUMAH BLOGGER 12 October 2009 at 17:34  

simpan dulu, nanti kalau udah punya isteri ta suruh pake tips nya embak...

sabirinnet 12 October 2009 at 17:35  

terima kasih share nya...bermanfaat nich kalo nanti hamil lagi, hehehee

kakara 12 October 2009 at 19:10  

kalau ketemu ibu hamil..aku rekomendasikan untuk buka artikel ini.. :) :)
TFS mba

arkasala 12 October 2009 at 20:12  

Tips yang menarik Mbak. cocok nih buat ibu2 hamil. Berolah rasa saat hamil dengan cara-cara yang tepat Insya Allah memberi pengaruh atas kelancaran waktu melahirkan.

arizz-media 13 October 2009 at 16:29  

bagus neh info ...
thx atas info nya ....

Saung Web 16 October 2009 at 04:01  

Tipsnya yang bagus buat Bumil2 tuh... katanya kalau ingin cepet brojol olah raganya harus Basket.. bener gak tuh ??? hikhikhik

armouris 17 October 2009 at 17:14  

info tentang wanita hamil kat sini - Elak Dehidrasi Ketika Hamil.

Update terkini isu-isu semasa kesihatan ada di infokesihatan@twitter.

infoGue 21 October 2009 at 11:20  

Hai, salam kenal, artikel anda ada di

sini

ayo gabung bersama kami dan promosikan artikel anda ke semua pembaca. Terimakasih ^_^

arly_ny 25 October 2009 at 11:00  

keep writting ya mbak...infonya berguna banget niy....:D

Rianmon 16 November 2009 at 09:30  

bagus tuh, mantap tuh.. biar ibu & anaknya makin sehat sebelum dan setelah melahirkan..

Rizky2009 27 February 2010 at 12:01  

artikel yng sngat bermanfaat buat para ibu2 hmil

Renungkan Wahai Sahabat Ku

yana tng,  3 January 2012 at 06:46  

topbgt deh tips y..............

Putri,  4 February 2012 at 05:48  

I LIKE IT.. THANK'S info'y sangat bermanfaat?

Post a Comment

* Terima kasih sudah berkunjung ke seputarduniaanak.blogspot.com
* Maaf, komentar ditutup

  © Seputar Dunia Anak Since February 14, 2009

Privacy Policy | Back to TOP  

Please Visit Again!