Powered by Blogger.


Resep Herbal Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

>> Sunday, 3 October 2010

Ibu hamil dan menyusui kerap mendapatkan masalah pada tubuhnya yang mengalami perubahan ketika hamil. Untuk mengatasinya, lakukan beberapa resep dari Dr. Vivi K. Tjahyadi dari Klinik Herbal Karyasari berikut ini:

1. Memperlancar ASI

* Resep 1
Bahan: Daun katuk muda 3 genggam, bawang merah 3 siung diiris, daun salam 1 lembar, garam 1/3 sdt, gula merah/putih.
Cara membuat: Didihkan air, masukkan irisan bawang merah, daun salam, daun katuk, tambahkan garam dan gula merah/putih secukupnya sampai terasa agak manis.
Aturan pakai: Disantap sebagai makanan sehari-hari.

* Resep 2
Bahan: Daun katuk agak tua 3 genggam, temulawak umbi sebesar telur ayam 1 biji kupas kulitnya dan diiris tipis, kayu manis ½ jari tangan, gula merah lebih kurang 1 ons.
Cara membuat: Masukkan semua bahan, rebus dengan air 4 gelas hingga tinggal 3 gelas, angkat dan saring. Aturan pakai: Diminum 3 kali sehari masing-masing ¾ gelas.

* Resep 3
Bahan: 1 batang bayam duri utuh.
Cara membuat: Bayam duri dicuci bersih, lalu digiling halus.
Aturan pakai: Gunakan sebagai tapal di sekitar payudara. Hal ini dipercaya bisa membantu menambah produksi ASI.

2. Puting lecet
Bahan: Daun pegagan, minyak zaitun.
Cara membuat: Daun pegagan beberapa lembar digodog dengan minyak zaitun secukupnya.
Aturan pakai: Setelah dingin, oleskan pada puting yang lecet. Daun pegagan berkhasiat merevitalisasi kulit.

3. Kaki bengkak

* Resep 1
Bahan: Rambut jagung, air.
Cara membuat: Rambut jagung direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih.
Aturan pakai: Minum air godokan tersebut sebanyak 1 gelas setiap hari.

* Resep 2
Bahan: Asam kawak, ragi tape, air.
Cara membuat: Campur semua bahan, remas-remas sampai tercampur rata/lumat.
Aturan pakai: Balurkan ramuan ini ke kaki yang bengkak menjelang tidur malam.

* Resep 3
Bahan: Lempuyang, cabai jawa, air.
Cara membuat: Rimpang lempuyang dan cabai jawa ditumbuk halus, tambahkan air secukupnya, peras. Aturan pakai: Minum airnya.

4. Mual
Bahan: Jahe, teh, gula merah/putih.
Cara membuat: Memarkan ½ jari jahe, campurkan dengan 1 gelas air teh atau air putih. Tambahkan gula merah/putih secukupnya.
Aturan pakai: Minum 2 kali sehari.

5. Stretchmarks
Bahan: 1 butir kelapa.
Cara membuat: Parut sebutir kelapa, peras, ambil santannya, lalu didihkan dengan api sehingga menjadi minyak kelapa (virgin coconut oil).
Aturan pakai: Balurkan di sekitar kulit perut 2 kali sehari setelah mandi.

6. Pembersihan sehabis melahirkan (nifas)
Bahan: lengkuas, air.
Cara membuat: Rimpang lengkuas yang masih muda sebesar 3 jari dicuci lalu potong-potong, rebus dengan air secukupnya.
Aturan pakai: Minum satu kali sehari.

7. Radang payudara (mastitis)
Bahan: Daun sirih, minyak kelapa.
Cara membuat: Beberapa daun sirih diolesi minyak kelapa, hangatkan di atas api sehingga layu.
Aturan pakai: Hangat-hangat ditempelkan di seputar payudara bengkak.

Meski aman, namun sebelum mencoba resep-resep ini tak ada salahnya ibu hamil/menyusui mengkonsultasikannya pada dokter terlebih dahulu.

Semoga bermanfaat!
sumber: kompas[dot]com

28 comments:

orang kampung 3 October 2010 at 07:11  

wuih, mantaf nih artikelnya...
pas banget buat nyonyah yang baru ngelahirin tuh..

akhatam 3 October 2010 at 08:48  

Wahh simpan dulu buat nanti.. Thx mbakk.. hehe

FREE MUSIC DOWNLOAD 3 October 2010 at 15:16  

Daun katuk banyak manfaatnya ya.... :-)

four dreams 3 October 2010 at 18:54  

oke aku save ah siapa tau berguna :))

angga7 3 October 2010 at 19:08  

wah jadi inget perjuangan ibu waktu hamil aku dulu ,hehe smoga postingan ini banyak bermanfaat bagi ibu hamil :)

TUKANG CoLoNG 3 October 2010 at 19:12  

em mual itu cuma bisa diderita para ibuk aja ya? kalo bayi bisa mual gag? kalo iya..gimana cara mengobatinya?

BeDa 4 October 2010 at 05:14  

Resep herbal lebih aman karena alami. Biasanya tanpa efek samping. Dan alhamdulillah, Indonesia kaya akan herbal. terima kasih resepnya.

Salam ukhuwah

Parenting 4 October 2010 at 05:36  

Mantab. Resep murah berkualitas. Bikin sehat tanpa efek samping.

Bunglon Blog Indonesia 4 October 2010 at 18:13  

dengan alternatif seperti ini bisa lebih aman, ekonomis dan mantep ya mbak
Sukses Slalu!

tamanbuahhati 5 October 2010 at 01:52  

insya Allah bermanfaat mbak..
Untuk strechmarknya..apa untuk yang udah lama masih manjur? atau harus segera setelah melahirkan..?

ana 5 October 2010 at 01:54  

makasih ya mbak..sharing resepnya..

julicavero 5 October 2010 at 05:57  

disave dulu ahhh...hehe

Pakbroncos 5 October 2010 at 07:08  

kelak berguna buat saya di kemudian hari ni :D

joe 5 October 2010 at 19:20  

ijin mau save ya....

R. Indra Kusuma Sejati 5 October 2010 at 23:00  

Resep jitu untuk ibu-ibu muda.

Dengan Mengatasi Permasalahan Kecil; Maka Kita Dapat Mengatasi Permasalahan Yang Besar

Sukses selalu

Salam~~~~ "Ejawantah's Blog"

Ferdinand 6 October 2010 at 05:31  

Waduh klo yg satu ini mending aku tunggu sampai punya istri dan istriku hamil dlu hha.... thnx 4 share....

General Blog 6 October 2010 at 14:49  

wahh baik nih buat ibu yg baru hamil pertama kali,menambah wawasan :)

Rahasia Kaya dari Facebook 7 October 2010 at 07:56  

wah ini di aneh yang saya cari2 mbak, resep untuk istri saya yg sedang hamil hehehe :D

Noor's blog (inside of me ) 7 October 2010 at 08:22  

wah...mantap nih jd tambah2 pengetahuan. Sy pernah denger air kelapa hijau & air dari bubur kacang hijau bagus buat bayi dalam kandungan, benar ga ya ? pengaruhnya apa ?

Kopi Susu Pahit 7 October 2010 at 19:48  

mantaf artikelnya ...
resep tersbut tidak hanya dikhusukan buat ibu yang baru melahirkan saja ...
tetapi para suami juga harus siaga untuk mencari bahan2 yang ada resep tersebut bila istrinya mengalami seperti yang diatas ...

Wong sikampuh 8 October 2010 at 05:21  

Ntar kalo aq punya istri aq praktekin resep ini mba,met pagi mba..

Rizky2009 8 October 2010 at 11:19  

benar2 sabagat bermanfaat artikelnya, mohon izin buat saya koleksi lagi

Medianers 9 October 2010 at 13:45  

Inilah resep yang saya tunggu-tunggu mbak, persiapan, istri lagi hamil,hehe..

Saung Web 27 October 2010 at 11:26  

Sekarang bahan2 alami ini sedang ngetrend ya.. murah dan minim efek samping

Link Tea 27 October 2010 at 11:27  

Bahan2 herbal ini emang musti di galakan karena murah dan bahannya melimpah juga

Agen Xamthone Plus Tangerang 17 August 2011 at 11:44  

makasih sekali ya bu resep-resepnya sangat berguna sekali buat perkembangan anak saya.

Agen Xamthone Plus Jakarta 17 August 2011 at 11:46  

akan saya terapkan resep yang ibu kasih. ke anak saya kebetulan sekali saya baru aja punya anak.

Post a Comment

* Terima kasih sudah berkunjung ke seputarduniaanak.blogspot.com
* Maaf, komentar ditutup

  © Seputar Dunia Anak Since February 14, 2009

Privacy Policy | Back to TOP  

Please Visit Again!