Powered by Blogger.


Informasi dan Tips Mengenai Makan

>> Tuesday, 2 February 2010

Memberi makan kepada balita membutuhkan kesabaran. Kadang kita sebagai orang tua tidak sabar ketika menyuapi anak-anak, sebaiknya jangan memaksa. Ibu Prita, seorang Konsultan Nutrisi lewat Club Nutricia, beliau memaparkan bahwa ada beberapa tips untuk membantu ibu agar tercipta waktu makan yang menyenangkan bagi balita.

Bagaimana mendorong balita untuk makan?

Jangan cemas apabila balita Ibu mulai memilih makanannya atau menolak makan setelah beberapa suapan. Bebaskan ia memilih apa yang ia suka. Ajak mereka menyiapkan makanan atau membiarkan mereka meletakkan potongan ikan ke dalam piring makannya, mungkin membuat balita tergugah untuk makan.

Rencanakan waktu makan yang teratur.

* Rutinitas penting bagi balita, jadi jagalah jadwal waktu makan dan makanan selingan setiap hari. Jangan merencanakan makan mendekati waktu tidur siang, mereka mungkin terlalu capek untuk makan.

* Berikan makanan selingan yang menyehatkan dua atau tiga kali dalam sehari. Cobalah potongan buah segar, sayuran rebus, biskuit , sandwich kecil, atau potongan keju.

* Jangan memberikan terlalu banyak minum karena membuat mereka terlalu kenyang ketika waktu makan tiba.

* Latih ia makan sendiri di kursi makannya. Biarkan balita Ibu yang memutuskan seberapa banyak makanan yang dia perlukan setiap kali makan. Mereka akan mengetahui kapan mereka merasa kenyang dan kapan merasa lapar.

Menjadikan waktu makan menyenangkan.

* Sajikan makanan dengan menu berganti tiap 2 atau 3 hari sekali dalam ukuran dan bentuk menarik. Misalnya roti atau wortel dipotong bentuk bintang, hati, atau binatang. Ubah penampilan sepiring nasi menjadi wajah badut lucu. Jika balita Ibu suka pasta, pilih bentuk menarik seperti pita, kerang yang menggunggah selera.

* Ciptakan nama-nama lucu dan mudah diingat seperti puding pelangi, Pizza bintang, atau nama makanan yang diberikan oleh balita.

* Buat gambar lucu di piring balita Ibu. Seperti membentuk muka tersenyum dan biarkan balita Anda berkreasi dengan makanannya.

* Jika bosan di meja makan, pindahkan acara makan selingan dengan menggelar tikar seperti piknik dalam rumah. Jangan cemas bila ruangan kotor karena anak belum terampil makan dengan rapi. Semua adalah proses belajar bagi balita.

* Pujian juga diperlukan balita untuk membangun rasa percaya diri. Beri tepuk tangan setiap kali ia menghabiskan makanannya.

Libatkan mereka.

* Balita selalu senang bereksplorasi. Ia akan senang juga bila Ibu libatkan mulai dari belanja bahan makanan hingga memasak makanan yang mereka inginkan.

* Sambil ikut belanja, balita Ibu belajar banyak hal seperti menunjukkan dan menyebutkan nama buah atau sayuran yang ada di supermarket. Pujilah bila mereka melakukannya dengan benar.

* Kalau tak memungkinkan ikut memasak karena faktor keamanan, ia bisa duduk di sebelah Ibu sambil memperhatikan ketika Ibu mengolah makanan. Lakukanlah dengan bercerita mengenai buah dan sayur misalnya.

* Tawarkan mereka untuk memilih minuman atau makanan apa yang diinginkan. Mereka akan senang menjadi bagian dari proses membuat keputusan dan itu menjadi kebanggaan tersendiri bagi si balita.

Perlakukan balita Ibu sebagai individu.

* Walau masih kecil, balita Ibu adalah individu yang mulai tumbuh kepribadiannya. Mereka mulai punya pilihan sendiri tentang makanannya.

* Tak ada salahnya menuruti keinginan mereka mengenai makanan apa yang diinginkan asal tidak berlebihan.

* Berikan perangkat makan favorit pilihan mereka yang akan membuat acara makan lebih menyenangkan. Seperti piring, gelas dengan gambar tokoh film anak-anak kesukaannya.

Ibu bisa menyediakan menu untuk balita Anda secara bervariasi, berikut ini kumpulan resep dari berbagai sumber yang dapat Ibu download secara gratis.

Kumpulan resep camilan untuk balita Download
Kumpulan resep bubur untuk bayi Download
Kumpulan resep bekal sekolah anak Download

Semoga bermanfaat!

tags: mengatasi balita yang susah makan, melatih anak makan sendiri, menggugah selera makan anak, makanan yang baik dikonsumsi balita, menu balita, kumpulan resep balita, menu bekal sekolah, kumpulan resep untuk anak, memberi makanan selingan.

Baca juga:
Memasak Bersama Anak? Asyik Saja....
Makan bersama membuat keluarga lebih harmonis.

26 comments:

Rock 2 February 2010 at 12:23  

Tips yang sangat bermanfaat...

nuansa pena 2 February 2010 at 13:33  

Artikel yang saya perlukan, kebetulan anak-anak saya kalau tidak dipaksa gak mau makan, sama dengan bapaknya waktu kecil! Trims telah berbagi!

masterGOmaster 2 February 2010 at 14:58  

bener juga nih postingan..makasih ya tipsnya .dan ijin donlot informasinya.makasih

Kang Sugeng 2 February 2010 at 20:19  

hmmmmmmmm.... begitu ya Mbak?? oke akan saya tunmjukkan postingan ini ke istri saya biar dia tau gimana caranya mendorong nafsu makan anak-anaknya, makasih Mbak Nar...

Edwin's Personal Blog 3 February 2010 at 01:56  

Para orang tua yang punya balita harus catat info ini. Sangat bermanfaat. Soalnya, kalau anak tidak dibiasakan makan dengan cara yang benar, mereka jadi jelek pola makannya dan sering tidak mau makan... Pengalaman pribadi sih ^_^

angger 3 February 2010 at 10:07  

ciip dech infonya,buat saya yang sulit makan,wkwkkwk.
biar tambah nafsu makan en cepet endut.makasih mbak narti

angger 3 February 2010 at 10:11  

tagnya gak dikerjakan gak apa kuk mbak,yang pentingkan persahabatan tetap terjalin,,,,cayo-cayo persahabatan....
izin download sekalian buat kakak saya yang udah punya balita,

asep-bogor 3 February 2010 at 14:38  

Ilmu buat nanti kalau saya dah punya bayi, saya simpen dulu tipsnya...thanks sob atas infonya.

rumah blogger 3 February 2010 at 16:13  

harus telaten dan sabar, kira2 begitu sih, hehehe

sabirinnet 3 February 2010 at 16:14  

memang harus begitu, memerlukan ketrampilan dan keuletan, apalagi dalam meramu makanan si kecil agar gizi2nya bisa seimbang..

jhonson blog 3 February 2010 at 16:17  

tips yg bagus dengan mengajak anak kita sejak dini untuk menentukan pilihan...makasih infonya mbak :)

msafru 4 February 2010 at 03:50  

Makasih nich tipsnya mudah2xan dengan ini sikecil jadi suka makan

Ipin 4 February 2010 at 05:03  

Tips yang sangat berhguna dan banyak yang membutuhkan nihh...

richo 4 February 2010 at 08:12  

kebetulan aku belum punya anak, tapi keponakannku masi kecil.... tak buate percobaan tar hehehhe

arkasala 4 February 2010 at 11:55  

tips yang bener-bener bermanfaat. Pehatian makan terhadap anak apalagi balita sangat diperlukan.
Terima kasih artikel ini yang sangat mengingatkan.
Salam

denie 4 February 2010 at 18:53  

haloooo gimana kabarnya niiiihhhh.....?????

hendro 5 February 2010 at 13:25  

memang kadang anak males makan,,terima kasih tipsnya,,

hendro 5 February 2010 at 13:26  

terima kasih tipsnya,,

Fi 5 February 2010 at 15:03  

great blog, nice info. komplit nyaaaa artikel disini. salut !!

Misbah el munir 5 February 2010 at 18:18  

Mudah2an anakku nanti tidak rewel soal makan, karena udah ada tips di sini...! nice n useful info, thanks 4 share...!

Tips-Trik 6 February 2010 at 01:53  

wAH... BISA bantu bibiku nih!!!!

Link Tea 6 February 2010 at 10:47  

Ass.wr.wb
Waduh.. pas point Libatkan mereka.. wah selama ini jarang diperhatikan tuh.. makasih mba.. telah mengingatkan.. memang gitu seharusnya ya..
Ohya.. ada Tag Persahabatan buat mba... mohon diterima ya..
Wassalam..

NURA 6 February 2010 at 14:56  

salam sobat
iya benar mba ,,memang sulit balita makan,kadang kita ajak jalan2 biar mau makan,,itu dulu pengalaman anak saya.
artikel bermanfaat banget bagi para ibu yang kesulitan mendorong anaknya yg masih balita untuk makan.

kakara 6 February 2010 at 19:44  

artikel yg sangat bermanfaat..
TFS :)

the international times 6 February 2010 at 19:44  

memang balita itu agak susah diajak makan,tapi dengan tips diatas akan sedikit lebih banyak membantu :)

gemarMENCARIilmu 21 November 2011 at 23:04  

Ijin download,,,, tipsnya oke

Post a Comment

* Terima kasih sudah berkunjung ke seputarduniaanak.blogspot.com
* Maaf, komentar ditutup

  © Seputar Dunia Anak Since February 14, 2009

Privacy Policy | Back to TOP  

Please Visit Again!