Powered by Blogger.


Manfaat Berpuasa

>> Tuesday, 24 August 2010

Menunaikan ibadah puasa, kita harus ikhlas semata-mata karena Allah SWT. Tetapi, orang berpuasa memperoleh dampak positif, baik langsung maupun tidak langsung. Pernahkah kalian menjalani ibadah puasa untuk tujuan lainnya?
Misalnya agar tubuh menjadi kurus. Hendaknya puasa tidak ditujukan untuk hal seperti itu. Namun, apabila dengan berpuasa seseorang mendapatkan anugerah sebagai dampak positif, maka sudah seharusnya disyukuri sabagai nikmat Allah.

Apa manfaat puasa itu? Puasa mempuanyai manfaat di antaranya, yaitu:

1. Berpuasa bisa mengurangi kebiasaan merokok. Syukur kalau bisa berhenti, karena merokok lebih banyak mudharatnya.

2. Dari segi kesehatan, berpuasa mempunyai manfaat membersihkan usus-usus, memperbaiki kerja percernaan, membersihkan tubuh dari sisa-sisa dan endapan makanan, mengurangi kegemukan dan kelebihan lemak di perut.

3. Dari segi sosial, berpuasa menjadikan kita berlaku disiplin, bersatu, cinta kesetaraan, melahirkan perasaan kasih sayang dalam diri orang-orang beriman dan mendorong mereka berbuat kebajikan.

4. Membantu mengekang nafsu.
Berpuasa untuk menunda makan dan minum. Namun jika berpuasa untuk menahan makan dan minum, bisa-bisa ketika buka puasa tiba, jadi balas dendam deh...ketika siang tidak makan, maka ketika tiba waktu berbuka, semua makanan masuk.
Dalam Islam sudah ada aturan mengenai makan dan juga tidak baik bila berlebih-lebihan.

5. Dengan berpuasa, nafsu syahwat dan kemarahan berkurang.

6. Dengan berpuasa, semoga mereka yang berlebih akan dibukakan mata hatinya melihat mereka yang kekurangan, yang berada jauh dibawahnya, sehingga ia berderma untuk mereka yang kekurangan.

7. Ketika perut kosong, membuat hati jadi bercahaya, kekerasan hati sirna, membantu pikiran jadi jernih, jiwa menjadi tenang.

Itu diantara manfaat berpuasa, bila ada yang mau menambahkan silakan tulis di kolom komentar.
Semoga bermanfaat!

Baca juga yang ini yuk:
Makan bersama membuat keluarga lebih harmonis

23 comments:

orang kampung 24 August 2010 at 06:57  

ada tambahan satu lagi mbak : di bulan ramadhan kerjaan agak kurang, so banyak waktu deh buat ngupdate blog kembali.. he..he..he..

Bunda Farras 24 August 2010 at 08:15  

berharap banget point 1 nya bisa terwujud dengan puasa .. ayahnya Farras dah kaya kreta api bun kalo gi ngerokok ^^

Ipin's cool 24 August 2010 at 12:09  

Manfaat puasa bisa membuat tubuh gemuk jadi langsing tanpa harus pakai progam diet tuhhh...,Indera penciuman jadi lebih sensi...

Mat Odis 24 August 2010 at 12:12  

Manfaat Puasa adalah La'alakum Tattakum taqwa yang sebenar-benarnya

genial 24 August 2010 at 12:34  

terpaksa bun saiia senyum2 sendiri nii begitu baca poin pertama... :( huehehe... gag bisa bilang apa mengenai hal satu itu :(

*mungkin klu sejak dulu roko itu haram hukumnya kali iia baru bisa beda sekarang nii...

Rizky2009 24 August 2010 at 17:51  

dengan puasa biasa mengurangi kebiasaan merokok saya yg sebelum puasa saya bisamenghabiskan 1 bungkus lbh, puasa ini sebungkus habis dlm 3 hari

remajaberperan 25 August 2010 at 18:21  

Ini mengartikan bahwa benar-benar Islam itu agama yang haq. Karna segala yang diperintahkan Allah, itu tidak baertoalk belakang dg ilmu pengetahuan modern yang benar

FAISAL HILMI 25 August 2010 at 18:22  

Oh ya, mengapa kita ada sahur, salah satu fungsinya adalah untu membedakan puasa umat islam dan non islam

j4j 26 August 2010 at 03:50  

bulan puasa bulan untuk menahan hal2 yg tidak baik, termasuk rokok, kopi, amarah, dll. jadi bulan puasa adalah bulan terhindar dari penyakit.

Ferdinand 26 August 2010 at 09:35  

Setuju... kebetulan aku udah gak ng'rokok dan yg terkahir aku suka tuh kata2nya...pikiran jadi jernih klo perut laper hhe....

Semangat N Happy blogging

Bunglon Blog Indonesia 26 August 2010 at 20:22  

hmmm sungguh bulan mulia ya mbak, ibadah puasa yg memiliki banyak berkah dan manfaat, itulah hebatnya puasa
Sukses Slalu!

Wirausaha 27 August 2010 at 09:33  

kunjungan perdana, ditunggu kunjungan dan komentarnya di blog saya juga :D

jangkrik 28 August 2010 at 04:43  

karena puasa,duit buat beli rokok bisa buat sewa hosting blog.hehehe
mungkin itu juga merupakan hikmah ramadhan ya kawan :D

Saung Web 28 August 2010 at 12:28  

Tambah ah.. manfaat lainnya.. jadi tiap buka puasa selalu ada syrup kelapa muda nih.. hehe

Pawewet 28 August 2010 at 21:27  

Betul..betul..betul..puasa memang banyak manfaatnya...

karena puasa sesuai dengan fitrah manusia..karena yang mewajibkannya adalah sang pencipta manusia..

Betul..betul..betul...

Zianka4Art 28 August 2010 at 21:32  

Link anda dah kami pasang di link partner..
Thanks atas kerjasamanya.
Zianka - Batik Tasik | Bordir Tasikmalaya

septian 29 August 2010 at 19:19  

puasa memang penuh hikmah dan rahmah :D

ureh 30 August 2010 at 06:44  

yang nomer satu kurang berlaku bagi saya mba, habis tarawih ya ngerokok lagi :( susah nih dihilangin

febriyanto 31 August 2010 at 07:03  

kalo puasa makan apa aj rasanya enak,,.... kadang sih.... :D

windflowers 31 August 2010 at 10:50  

indahnya manfaat berpuasa...:)

hehe...tp mungkin kl utk yg udah terbiasa merokok tetep akan susah bwt berhenti deh...hehe

fb 1 September 2010 at 13:15  

Manfaat puasa banyak.. semoga puas akita tidak percuma ya

o0z 1 September 2010 at 15:22  

betul sekali yg nomer satu aku banget, bulan puasa konsumsi rokok saya jadi berkurang....tapi yah karena belum latihan sebelem nya, jadi efek ngantuk menyerang saya kalau siang. biasanya kalau ngantuk langsung ngrokok.

darahbiroe 1 September 2010 at 21:26  

selain obral pahala bulan suci ini juga banyak manfaatnya yaw
selamat berpuasa

Post a Comment

* Terima kasih sudah berkunjung ke seputarduniaanak.blogspot.com
* Maaf, komentar ditutup

  © Seputar Dunia Anak Since February 14, 2009

Privacy Policy | Back to TOP  

Please Visit Again!