Powered by Blogger.


Tips Berpuasa Ramadhan Bagi Ibu Hamil

>> Monday, 24 August 2009

Puasa Ramadhan tidak wajib bagi ibu hamil dan menyusui. Mereka boleh menggantikannya dengan berpuasa di lain waktu. Namun demikian, banyak juga calon ibu yang ingin tetap menjalankan puasa. Apa dampaknya bagi janin? Berdasarkan penelitian, puasa tidak berdampak secara drastis pada berat bayi saat dilahirkan. Nah bila Anda sedang hamil dan ingin tetap berpuasa, berikut ini tips berpuasa Ramadhan bagi ibu hamil:

1. Kehamilan harus normal
Artinya, Anda dalam kondisi sehat, begitu pula sang janin. Periksa dulu ke dokter sebelum menjalankan ibadah puasa.

2. Perhatikan makanan Anda
Perhatikan jenis makanan maupun jumlahnya. Anda akan mendapatkan gizi yang seimbang jika makanan Anda terdiri dari padi-padian/sereal, sayur/buah-buahan, serta daging.

3. Vitamin dan mineral
Antara lain asam folat (dari sayuran hijau, hati, daging dan telor), zat besi (dari hati ayam atau sapi, daging, kacang-kacangan dan sayuran berdaun hijau) dan kalsium (dari susu dan produk olahannya, tahu, tempe, serta berbagai minuman yang difortifikasi dengan kalsium).

4. Penuhi kebutuhan cairan
Ini sangat penting agar tidak terjadi dehidrasi. Jika memang ingin berpuasa, usahakan untuk minum yang banyak pada malam hari.

5. Ketika makan sahur, hindari karbrohidrat sederhana (seperti permen dan coklat)
Karena ini akan merangsang produksi hormon insulin untuk membakar gula dalam darah. Jika kadar gula turun, Anda akan lemas, pusing dan perut terasa perih. Oleh karena itu, pilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti nasi dan sayur, serta ikan pepes atau tumis tauge, dengan telor rebus. Makanan seperti ini akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Jangan lupa minum susu sebagai sumber protein, vitamin dan mineral.

6. Ketika buka puasa, pilih makanan yang tidak langsung memberatkan kerja alat pencernaan. Misalnya saja buah-buahan segar yang rasanya manis, bubur kacang hijau atau bubur susu yang ditambah buah (baik buah segar atau kering).

7. Jika kehamilan Anda normal dan sehat, olah raga tetap perlu dijalani.
Lakukan olah raga ringan saja. Bukan untuk mengurangi berat badan, tapi untuk menjaga kesehatan dan kebugaran Anda. Selain itu, olah raga ternyata bisa menurunkan keinginan untuk makan. Karena ketika berolah raga, otak biasanya akan membentuk zat kimia yang akan mengirimkan pesan 'kenyang'. Untuk itu, paling tidak Anda perlu melakukan latihan aerobik selama 20 menit secara rutin setiap harinya.

8. Hentikan puasa jika tidak sehat.
Jika Anda merasa tubuh kurang enak atau tidak nyaman selama berpuasa, sebaiknya hentikan puasa Anda. Jangan dipaksakan, karena mungkin bisa beresiko bagi kesehatan Anda maupun janin. Periksakan diri Anda ke dokter.


Sumber: http://tipsanda.com

Artikel di edit sedikit, mudahan-mudahan bermanfaat bagi Anda ibu hamil yang ingin menjalankan ibadah puasa.


tags: cara puasa bagi ibu hamil, dampak puasa pada janin, makanan bagi ibu hamil saat puasa, olah raga bagi ibu hamil saat berpuasa, makan sahur bagi ibu hamil.

16 comments:

akhatam 24 August 2009 09:21  

mantaps tenan.... sukses selalu!

newbi 24 August 2009 10:46  

wah kayanay dokter ya
keren abis

Haedir 24 August 2009 10:48  

okee sob,,uda bisaaa :)


wuaaa klw gw mahh blum hamil ??lho ??
jhaaa keren sob !

Haedir 24 August 2009 10:49  

sekali lagiiui ahhh !
*SENENANGAN SOALNYA*

attayaya 24 August 2009 20:25  

tipnya mantab sekali mba
datang abis tarawehan

genial 24 August 2009 21:45  

wahh perlu di baca nii sama kakak saiia :) heheheheh.. makasii mba' tips nya :)

attayaya 25 August 2009 17:04  

selamat malam mba
aku datang lagi

cah ndueso 25 August 2009 21:46  

walah belum punay istri lho aku....

Koko James 26 August 2009 10:57  

saya emang blom mempunyai ank..:D
tetapi artikel ini bermanfaat di masa dpan:D

narti 27 August 2009 19:39  

@ newbi, bukan, banyak sumber kq untuk sekarang ini.
@ Haedir, duh sampai jingkrak2 gitu...hehe...

Buat akhatam, attayaya, genial, cah ndueso, Koko James terima kasih buat semua komentarnya.

Animation, money n more 3 September 2009 12:01  

wah postingan yang sangat bermanfaat sekali soalnya istriku lagi hamil tapi ttp pengen puasa..thanks

narti 6 September 2009 04:14  

@ Animation, money n more salam buat istrinya ya, semoga kehamilannya lancar.
@ kakara terima kasih.

IMAM MEQELS 10 September 2009 07:52  

waduh kalo dalam masalah yang satu ini saya minta maaf mbak saya nggak bisa kasi komentar,karna seumur hidup saya saya belum pernah ngalamin yang namanya hamil,hehehhehe,salam hangat selalu


www.wantduit.blogspot.com

@annisa aja,  6 December 2011 07:58  

mba,syalgi hamil 7blan,keluhan saya itu klo bernapas sering terengah2 kyak capekbanget padahal nggak habis mengerjakan apa2.itu olah raga yg pas apa ya....?ini hamil yg ke 2

narti 6 December 2011 10:16  

@ annisa aja, lebih baik konsultasi ke dokter kandungan mba. Narti kurang tahu, kenapa nafasnya mba terengah-engah.

Peraturan ibu hamil saat berolah raga baca disini.

Post a Comment

* Terima kasih sudah berkunjung ke seputarduniaanak.blogspot.com
* Maaf, komentar ditutup

  © Seputar Dunia Anak Since February 14, 2009

Privacy Policy | Back to TOP  

Please Visit Again!