Powered by Blogger.


Membacakan Buku Untuk Bayi

>> Friday, 5 March 2010

Di usia 6 bulan, pada umumnya bayi sudah bisa menikmati gambar-gambar menarik aneka warna. Inilah saat tepat untuk mulai memperkenalkannya pada buku. Menurut Jim Trelease, pengarang buku Read Aloud Handbook, orang tua sudah bisa mulai membacakan buku sejak bayi lahir. Selain memperkuat ikatan ibu-anak, rutin membacakan buku pada bayi, memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah:

* Memperkaya perbendaharaan kata.
* Meningkatkan kemampuan bicara.

* Merangsang memori dan daya imajinasi.
* Mengenalkan konsep angka, huruf, warna dan bentuk dengan cara menyenangkan.
* Memberi informasi mengenai lingkungan sekitar.

Ketika membacakan buku untuk anak Anda, sebaiknya lakukan hal sebagai berikut:

* Peluk bayi Anda sehingga dia merasa aman dan nyaman.

* Ekspresif saat membacakannya. Tampilkan wajah dan suara riang bila ceritanya bahagia. Tirukan suara hewan yang sesuai dan berbeda-beda untuk masing-masing karakter. Misalnya suara kucing, meeoong... dengan begitu anak akan tahu kalau meoong itu suara kucing. Kadang anak menyebut kucing juga meong, karena dari suara yang didengarnya.

* Anda tak perlu kaku mengikuti teks buku. Anda bisa menambahkan ceritanya atau justru bertanya pada anak. Meski bayi belum bisa menjawab, apa yang Anda lakukan melatih anak untuk berani mengungkapkan pikirannya.

* Jangan hanya duduk dan terus membaca. Cobalah bernyanyi, mengayun-ayun atau aktivitas lain yang dapat menunjukkan bahwa membaca itu tidak membosankan. Ada ekspresi, misalnya dengan gerakan tangan, atau dengan bantuan boneka sehingga cerita yang dibaca menjadi lebih hidup.

* Jangan takut bayi bosan karena Anda membaca cerita yang sama terus-menerus. Bayi justru suka dan belajar banyak dari pengulangan. Tapi untuk anak yang sudah mulai bicara tentu akan merasa bosan. Gantilah buku cerita secara berkala. Anak akan lebih senang apabila buku yang dibaca adalah buku yang dulu dia pilih sendiri ketika membelinya.

* Ajak bayi menyentuh dan memegang buku tersebut. Tapi perlu diperhatikan, jangan sampai buku dirobek dan dimasukkan ke mulut. Pada usia tertentu bayi ada yang melalui tahap ini, pengennya semua benda yang ditemui ingin dimasukkan ke dalam mulut mungilnya.

* Pilihlah buku cerita yang sesuai. Kalau Anda membacakan buku cerita untuk pengantar tidur, pilihlah cerita yang ringan, jangan cerita yang menyeramkan yang justru akan membuat anak ketakutan dan sulit tidur.

Untuk beberapa cerita/dongeng anak bisa Anda download gratis disini.
Mudah-mudahan bermanfaat!

tags: baca buku untuk bayi, usia bayi mulai dibacakan buku cerita, manfaat membacakan buku, buku cerita untuk anak, download buku cerita, hal yang diperhatikan ketika membaca buku untuk anak, memilih buku cerita untuk anak.

Baca yang ini juga yuk:
Pilih buku sesuai usia anak.
Membuat anak suka belajar.

43 comments:

Rock 5 March 2010 at 16:05  

Artikel yang sangat bermanfaat...

angger 5 March 2010 at 16:11  

makasih mbak udah sharing,,^__^

nuances pen 5 March 2010 at 16:30  

Info yang menarik bagi ibu yang punya bayi!

nuansa pena 5 March 2010 at 16:32  

Trims infonya! Sebagai orangtua perlu kita praktekkan!

narti 5 March 2010 at 16:52  

@ Rock, Etc News, Angger, nuances pen, nuansa pena terima kasih sudah pada balapan komentar.

fai_cong 5 March 2010 at 17:34  

wah...
dengan usia yang masih 6 bulan itu ternyata dengan membacakan buku memberi manfaat yang cukup bagus untuk si anak.
buat ntar klu udah nikah nih...
hehehe... :D

Edwin's Personal Blog 5 March 2010 at 17:40  

Setujuuu banget...
Membacakan buku buat anak tidak hanya membuatnya senang, tapi juga ikut mengasah otaknya...

Belajar Ekspor Impor 5 March 2010 at 17:41  

Saya pun mulai membiasakan anak saya untuk suka membaca buku. Di waktu senggang saya suka mengajaknya ke toko buku. Umur 3 tahun masih punya jalan panjang untuk gemar buku...

U-marr 5 March 2010 at 21:28  

ternyata membacakan buku untuk bayi itu banyak manfaatnya. :D
saya baca-baca sedikit nih ceritanya. Lumayan bagus-bagus. :D

phonank 5 March 2010 at 21:29  

Interaksi ibu dan anak saat masi bayi dengan cara menceritakan dongeng atau membacakan buku bacaan memang sangat mempengaruhi tingkat kecerdasan anak,, ^__^

Willyo Alsyah P. Isman 5 March 2010 at 21:57  

mat pagi...aku jadi banyak tau soal anak disini..

Dhana/戴安娜 6 March 2010 at 05:43  

salam sahabat
dengan cara ini kita bisa memaksimalkan vcara mendidik dengan membaca buku gitu ya?terus hal ini dapat merangsang otak si kecil itu yang pernah saya dengar terima kasih ya

NURA 6 March 2010 at 06:46  

salam sobat
iya bermanfaat sekali kalau membacakan buku untuk si bayi..merangsang daya pikir agar cerdas nantinya ya mba,,

ica 6 March 2010 at 08:20  

Setuju mbak...
oh iya, anak teman saya cerdasnya luar biasa.. 1 tahun 6 bulan sudah bisa bahasa Inggris.
Saya pernah bertanya, koq bisa? apa nggak terlalu dipaksakan? trus katanya nggak ada yang memaksanya untuk belajar. Ada 3 hal yang mungkin mempengaruhi kecerdasan anak:
1. Bapaknya sudah terkenal orang cerdas
2. Sejak hamil, ibunya ngidam buku
3. 6 bulan ibunya sudah terbiasa membacakana buku pada sang anak.
Ternyata benaaaaarrr...

Makasih ya mbak

I2 6 March 2010 at 08:22  

Mbak Nar, makasih ya untuk artikel ini, saya akan ingat ini supaya kalau saya sudah punya anak nantinya saya akan menerapkannya.

Ipin's cool 6 March 2010 at 10:10  

Sebelum tidur anak-anak biasanya senang bila di dongengkhan

arkasala 6 March 2010 at 10:19  

saya beruntung sekali siang ini berkunjung kemari. Ada yang mengingatkan saya sebuah upaya untuk merangsang perkembangan anak.
Terima kasih sekali.
Beberapa saya ijin download juga.
Trims
Salam hangat selalu :)

Ambar 6 March 2010 at 11:19  

iya aku jadi tau hal baru disini.. thanks ya..

angger 6 March 2010 at 13:51  

baru tahu mbak kalau membacakan buku pada anak sejak dini banyak manfaatnya

septian angga 6 March 2010 at 16:27  

kayak bacain dongeng gitu ya ,hehe

the others 6 March 2010 at 17:20  

Makasih infonya mbak.., mau ikutan donlut ah... Permisi... ^_^

RanggaGoBloG 6 March 2010 at 19:36  

hehmm.... iyah tuh.. sekalian biar ibunya lebih perhatian ma babynyah....

Rock 6 March 2010 at 21:23  

Selamat pagi mbak...

info ternak 7 March 2010 at 05:04  

wah saya pingin banget nih membacakan buku buat bayi.. hemmmmm kapan ya di karunia bayi... :)
makasih informasinya, mau saya simpan dan banyak koleksi dari SDA in saya simpan buat bahan pembelajaran saya kelak.

salam mba
informasi peternakan ayam

Rhyzaboy 7 March 2010 at 06:09  

Suruh baca sendiri donk,, biar mandiri,, hehehehe

kharis sulistiyono 7 March 2010 at 08:48  

postingan yang sangat bermanfaat bagi mereka yang punya bayi dan saya di kemudian hari. Salam kenal

j4j 7 March 2010 at 09:48  

apalagi pas kita sedang baca sambil asyik nunjukin ekspresi kita, dan dia tertawa...DAMAI DAN INDAH

☼►100ABC blog◄☼ 7 March 2010 at 13:45  

Yang sering saya dengar... bayi diperdengarkan musik, sekarang malah dibacakan buku... keren, akan saya coba Mbak.
Makasih berbaginya, sangat bermanfaat.
Bagaimana kalo didongengi Mbak...? langsung tanpa membaca, ada bedanya ya?

aktifis sandal jepit 8 March 2010 at 02:14  

walaupun saya belum punya anak,tapi saya punya keinginan untuk membiasakan anak saya membaca..

karena mambaca adalah hal sederhana dalam kehidupan,dan mempunyai efek yang luar biasa pada kehidupan...

Anton 8 March 2010 at 06:52  

Ternyata mamfaat membaca tidak untuk orang dewasa saja,tetapi buat bayi juga bagus untuk perkembangan memorinya, good artikel.

NURA 8 March 2010 at 07:39  

salam sobat
artikel bermanfaat bagi para ibu yang mempunyai bayi nich,,

netmild 8 March 2010 at 08:26  

aku belum punya anak masih single..tapi ni info boleh juga sob mayan buat nambah wawasan nanti kelak

safrudin 8 March 2010 at 09:04  

terima kasih infonya saya keep dulu semoga nanti bermanfaat

setting gprs 8 March 2010 at 13:42  

disini lah peran kita orang tua, harus tahu tingkat perkembangan dan kebutuhan pelajaran untuk bayi, trimakasih telah berbagi mba'

secangkir teh dan sekerat roti 8 March 2010 at 16:51  

datang kesini bikin saya pengen cepet2 nikah.. :)

genial 8 March 2010 at 17:52  

tanpa disadari, anak ternyata belajar menyerap kata dengan sangat cepat, bbuktinya, keponakan saiia ajja ternyata uda banyak cas cis cus nya :( gmn klu orang tuanya beda negara antara suami sama istri iia?!??! terus lagi kalu tinggalnya di swiss yang bhsa utamanya ada 5 :( ckckckckck...

genial 8 March 2010 at 18:36  

wahh ... lengkap sama link dunlotnya ternyata :)

Popcorn's Teen 8 March 2010 at 23:40  

Sangat setuju dengan, mengenalkan bayi pada buku.

info dalam kubus 8 March 2010 at 23:46  

budayakan membaca sejak dini,karena membaca adalah media ampuh untuk berbagi..

merawat dan memperbaiki komputer 8 March 2010 at 23:49  

artikel yang bermanfaat kawan...

makasih ya,dah berbagi bacaan tentang membaca...

k2ra 10 March 2010 at 04:23  

setuju mba.. budayakan membaca sejak dini.. :)

Post a Comment

* Terima kasih sudah berkunjung ke seputarduniaanak.blogspot.com
* Maaf, komentar ditutup

  © Seputar Dunia Anak Since February 14, 2009

Privacy Policy | Back to TOP  

Please Visit Again!