Powered by Blogger.


Cara Mengompres Anak Yang Demam

>> Thursday, 28 October 2010

Apa yang akan Anda lakukan ketika anak Anda demam atau badannya terasa panas? Mengompresnya dengan air dingin atau air es? Ternyata cara ini salah loh...
Mengapa? Karena dengan mengompres memakai air dingin atau air es justru akan membuat suhu tubuh semakin meningkat. Bila suhu tubuh yang panas tiba-tiba dikompres dengan air dingin, maka akan membuat anak menggigil. Dan perlu diketahui bahwa menggigil adalah pertanda awal suhu tubuh akan meningkat.

Demam merupakan masalah kesehatan yang sering terjadi pada anak. Demam sebenarnya bukan merupakan penyakit, melainkan gejala. Demam memegang peranan kunci dalam membantu perlawanan tubuh mengatasi infeksi virus atau bakteri.

Sebenarnya demam tidak berbahaya, kecuali bila mencapai suhu 39-40 derajat celsius. Namun, masih banyak terjadi kesalahan dalam menangani demam, misalnya panik karena demam tinggi, suhu anak tidak diukur dengan benar dan mengompres dengan cara yang salah.

Berikut ini cara mengompres yang benar:
1. Kompres dengan menggunakan air hangat, bukan air dingin atau air es.
2. Kompres di bagian perut dan dada dengan menggunakan sapu tangan yang telah dibasahi air hangat.
3. Gosok-gosokkan sapu tangan perlahan di bagian perut dan dada.
4. Bila sapu tangan sudah kering, ulangi lagi dengan membasahinya dengan air hangat.

Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:
Semua yang perlu Anda ketahui mengenai demam pada anak.
Beberapa penyebab demam.

11 comments:

Media Online News 28 October 2010 at 08:01  

iya mbak, cara mengompres yang benar emang menggunakan air hangat, bukan dengan air dingin.... :-)

Bunda Farras 29 October 2010 at 09:52  

wah aku taunya cuma di kompres pake aer anget aja tuh bun .. utk bagian bagian mana yang mesti di kompres malah baru tau .. thanks for sharing bun .. :)

CheNk RahMan 29 October 2010 at 20:36  

Sangat bermanfaat, terima kasih.
Salam kenal, From: Chenk Rahman

taqin04 30 October 2010 at 01:31  

Klo ane liat sich tergantung dari niat awal kuliah, bila memang niat untuk mencari ilmu maka apapun yang akan mengganggu perkuliahan akan ditolak, adapun pada akhirnya susah untuk mendapat pekerjaan tinggal dikuatin aja kreatifitasnya, walau pun bukan bidang yang sama dengan ilmu kuliah ya... diambil aja, nah itu kemungkinan kadang sebagian teman-teman tidak melakukannya . thank sob infonya

taqin04 30 October 2010 at 01:33  

oh begitu ya, baru tau saya, ma'lum belum berpengalaman, thank infonya

Kak Zepe Lagu2anak.blogspot.com 30 October 2010 at 05:48  

Saya ada beberapa tips mendidik anak juga..
Bisa di temukan di artikel saya yang judulnya:
SIMPLE WORDS FOR PARENTING
Klik saja:
http://www.lagu2anak.blogspot.com
di sana juga ada banyak lagu pendidikan anak, yang sanagt edukatif, motivatif, dan inspiratif bagi anak
semoga bermanfaat!

Saung Web 1 November 2010 at 05:59  

Cuma mampir buat baca aja nih

Link Tea 1 November 2010 at 06:00  

Tips ok buat para ibu.. hehe gimana kabarnya mbak ada bencana gak di sana ??

Bayu Lebond 2 November 2010 at 16:11  

tp masih pake parasetamol nggak jeng...

jangkrik 2 November 2010 at 18:04  

baru ngerti cara ngompress ni mbak,saya kira anget dingin sam saja :D

Ferdinand 3 November 2010 at 14:03  

Nha yg bener emank pake air hangat ya Mbak... mungkn dikiranya klo pake air es cepet turun demamnya hhe.... tapi klo pake hansaplast yg kompres demam udah pernah nyoba blum mbak???

Post a Comment

* Terima kasih sudah berkunjung ke seputarduniaanak.blogspot.com
* Maaf, komentar ditutup

  © Seputar Dunia Anak Since February 14, 2009

Privacy Policy | Back to TOP  

Please Visit Again!