Powered by Blogger.


Daur Hidup Kupu-kupu

>> Sunday, 14 November 2010

Memberikan pengetahuan ke anak-anak, akan lebih cepat diterima apabila anak-anak itu dalam kondisi yang baik. Artinya anak tidak sedang kelelahan, suasana juga riang. Terlebih apabila si anak dapat mengamati dari lingkungan sekitarnya jadi anak dapat dengan mudah menyerapnya juga akan mudah mengingatnya.

Perhatikan cerita berikut ini:

Suatu sore, ayah dan Andi sedang berjalan-jalan di kebun. Tiba-tiba ayah tertarik pada satu dahan tanaman. Ayahpun akhirnya memanggil Andi, "Andi, kemarilah!".
"Ada apa ayah?" tanya Andi.
"Coba lihat, kupu-kupu ini sedang keluar dari kepompongnya," seru ayah.
Andi bertanya,"Yah, kepompong itu berasal dari telurnya kupu-kupu bukan?"
Ayah menjawab, "Oh bukan, kepompong itu adalah salah satu tahapan kehidupan dari kupu-kupu. Kupu-kupu itu mempunyai 4 tahap kehidupan, yaitu mulai dari telur, ulat, kepompong terus kupu-kupu."
"Wah, Allah hebat ya. Allah dapat menciptakan makhluk seperti ini," seru Andi sambil memperhatikan kupu-kupu tersebut.


***

Serangga mempunyai tahap-tahap yang berbeda dari makhluk hidup lain. Setiap tahap pertumbuhannya mempunyai bentuk yang berbeda. Tahap-tahap pertumbuhan itu disebut metamorfosis.

Pada serangga, metamorfosis ada 2 jenis, yaitu
1. metamorfosis sempurna
2. metamorfosis tidak sempurna

Metamorfosis sempurna, yaitu metamorfosis yang mempunyai 4 tahap pertumbuhan. Tahapan tersebut, yaitu telur, larva, pupa dan dewasa.
Metamorfosis tidak sempurna, yaitu metamorfosis yang mengalami 3 tahap pertumbuhan, yaitu telur, nimfa dan dewasa.

Serangga yang mengalami metamorfosis sempurna yaitu kupu-kupu, nyamuk.

Tahap metamorfosis sempurna yaitu

Perhatikan gambar metamorfosis kupu-kupu berikut ini:


Demikianlah tahapan hidup kupu-kupu, dari telur hingga jadi kupu-kupu kembali.
Daur hidup kupu-kupu bisa juga disebut Life Cycle of Butterfly.

Semoga bermanfaat!

tags: metamorfosis, metamorfosis sempurna, metamorfosis tidak sempurna, daur hidup kupu-kupu, siklus hidup kupu-kupu, gambar tahapan hidup kupu-kupu, gambar metamorfosis kupu-kupu, gambar perubahan dari telur hingga jadi kupu-kupu.

Baca juga artikel ini yuk:
Tanda-tanda anak yang mengalami kelelahan.

18 comments:

Djangan Pakies 14 November 2010 at 12:39  

Assalamu'alaikum Ning Narti,
maaf datang trlambat karena si Sapi (CPU) lagi pilek.

Terima kasih ya ning atas support tentang anonim di postinganku, Jazakallah khairan

Metamorfosisnya menarik dipelajari untuk anak-anak, meang benar bahwa memberikan siraman rohani dengan banyak cara, salah satunya adalah dengan menunjukkan Ayat-ayatNya di sekitar kita

narti 14 November 2010 at 16:34  

@ Djangan Pakies, wa'alaikumsalam...terima kasih juga.

Zippy 14 November 2010 at 19:13  

Jadi inget pelajaran SD dulu.
Tapi lupa, pelajaran SD kelas berapa :D
Yah..ada baiknya emang mengajarkan hal2 seperti ini sejak anak masih kecil :)

Media Online News 15 November 2010 at 01:09  

metamorfosis memang perlu di ajarkan pada anak-anak....

aaSlamDunk 15 November 2010 at 04:08  

pelajaran jaman SD nih mba...
nyanyi lagu kepompong ahh

badakjawa 15 November 2010 at 04:09  

nanti kalo ada adek-adek nanya soal metamorofsis aku kasih linknya ini ke dia hehe

Bunda Farras 15 November 2010 at 06:38  

wah saya jadi inget pelajaran IPA nih bun .. :)

Bayu Lebond 15 November 2010 at 12:14  

kupu-kupu yg lucu....kemana engkau terbang...hilir mudik mencari...bunga-bunga yg mekar...berayun ayun...pada tangkai yg lemah...tidakkah sayapmu...merasa lelah...sampuuuun

gayuh[dot]com 16 November 2010 at 05:01  

metamorfosis kupu kupu.. keren nich buat diceritakan ke adikku biar nambah wawasan

Ferdinand 16 November 2010 at 05:57  

Hemmm.... emank jado nie si Mbak... soalnya biarpun aku tau daur hidup kupu2 klo disuruh nyeritain ke anak2 kayanya bisa gak nyambung ceritanya haha.....

Rizky2009 16 November 2010 at 10:05  

semohga kelak saya bisa ceritakan ini kpd anak2 saya

febriyanto 16 November 2010 at 11:07  

jadi inget pelajaran SD...... :D

Tihang 17 November 2010 at 15:24  

Tips yang menarik untuk membantu anak cepat memahami sesuatu.

Jay 20 November 2010 at 07:20  

wah... back to school nih

Bali Bird Park 20 November 2010 at 11:23  

Memang kupu2 itu kalau boleh dibilang telah hidup sebagai dua makhluk sekaligus dalam hidupnya...coba manuasia kayak gitu ya

Saban 21 November 2010 at 12:03  

Saya malah lupa dengan metamorfosis kupu-kupu. Hihihih!

Salam..

Watch Movie online Free 24 November 2010 at 09:35  

Many children find it in your post about science .. even though I'm not too great then this subject .. thanks sharing

NURA 27 November 2010 at 08:46  

salam sobat
iya benar anak kita akan mudah mengingatnya ,jika sianak dapat mengamati lingkungan sekitarnya.

Post a Comment

* Terima kasih sudah berkunjung ke seputarduniaanak.blogspot.com
* Maaf, komentar ditutup

  © Seputar Dunia Anak Since February 14, 2009

Privacy Policy | Back to TOP  

Please Visit Again!