Powered by Blogger.


Berat Badan dan Tinggi Ideal untuk Anak Usia 0-5 tahun

>> Friday, 16 December 2011

Berapa berat badan ideal untuk anak-anak? Idealnya, anak usia 3 tahun itu berat badannya berapa kg?
Berikut ini adalah tabel berat badan dan tinggi ideal untuk anak-anak usia 0-5 tahun.

sumber: Direktorat Kesehatan Gizi, Departemen Kesehatan RI

Berdasarkan data yang dikeluarkan Direktorat Kesehatan Gizi Depkes RI untuk anak usia 0-5 tahun tanpa dibedakan jenis kelaminnya, pada usia tertentu harus memiliki tinggi badan ideal dengan plus minus 2 standar deviasi. Manusia tidak seperti barang produksi pabrik. Manusia memiliki variasi yang luas. Karena itulah, diberi toleransi +2 standar deviasi dan -2 standar deviasi dari nilai rata-rata.

Dari tabel di atas dapat dilihat, misalnya untuk bayi usia 8 bulan, tinggi standarnya adalah 69 cm. Variasinya, ia boleh lebih 2 cm atau kurang 2 cm. Setelah diperoleh angka tinggi standar, kita akan lihat berapa berat badan standar normalnya, yakni 8,4 kg. Ini adalah berat badan standar ideal. Bisa saja, anak dengan tinggi badan 69 cm memiliki berat badan kurang atau lebih dari 8,4 kg.

Contoh lainnya, anak usia 5 bulan memiliki panjang ideal 64 cm. Tetapi mungkin ada yang tinggi badannya cuma 60 cm. Ini masih variasi normal. Dan dengan panjang 60 cm, nilai standar berat badannya berubah menjadi 5,7 kg. Anak yang seumur mungkin variasi panjang badannya berada di 67 cm. Dan untuk panjang 67 cm, berat badan normalnya 7,8 kg.

Dari contoh di atas, tidak ada masalah dari kedua anak tersebut. Mereka normal. Cuma kadang orang tuanya yang berpikiran, anak kita seumur tapi kok berat anak saya cuma 5,7 kg. Wah, berarti anak saya kurang gizi. Si ibu lupa, meski usianya sama, panjangnya berbeda. Padahal, perbedaan panjang itu masih dalam batas normal.

Semoga bermanfaat!

25 comments:

Zippy 17 December 2011 at 15:56  

Untuk dewasa gak ada ya mbak? :D
Eh..lupa ding, ini kan emang blog tentang anak2 :))

Djangan Pakies 19 December 2011 at 01:07  

kebetulan pebruari awal, anak saya yang no 3 usianya 3 tahun. bisa jadi patokan nih berat dan tinggi ideal, biar nanti bisa mengontrol asupan gizinya

dyah-bali,  17 February 2012 at 10:59  

tapii.....smua itu tergantung ortunya lagi,kl ortunya pendek, jng harap dpt ank tinggi kecuali ada sumbangan dr yg lain !!! "faktor keturunan harus diperhatikkan juga"
TERIMAKASIH

bunda azka,  28 February 2012 at 10:52  

anakku 1 thn 7 bln BB 9 dan tinggi 80. normal ga sih?

mama-khansa,  31 March 2012 at 16:44  

anak saya baru 9 bulan BB 11kg tinggi 70cm apa itu obesitas?

neecan_mrk,  18 April 2012 at 02:15  

Anak saya umur 2th 3 bulan, beratnya 24kg tinggi 96.kyknya obesitas ya tp koq anak sy gk keliatan gendut cm kliatan lbh tinggi dr tmn2 spantaranny.berat bdnnya perlu dikurangi gk yach?

Bia 1 May 2012 at 17:47  

Makasih atas informasinya. kebetulan ada produk yang bisa bikin kita mengendarai kendaraan bermotor saat membonceng anak.

Produk Jafa Sabuk Pengaman

Jafa sabuk pengaman digunakan untuk mengikat anak pada kita saat berboncengan agar tidak jatuh, sabuk pengaman nie sangat praktis dan efisien untuk digunakan. tidak membuat sesak pada anak.

http://cinta-bi.blogspot.com/2012/05/jafa-sabuk-pengaman-anak.html

Armita Consultant 14 May 2012 at 11:41  

Nice info!

Kalau bapak Ibu sedang mencari bingung mencari nama bayi, saya bisa bantu loh.. yuk visit web saya yaa.. www.armitaconsultant.com ya.
Insya Allah saya akan bantu membuatkan nama bayi.
Ohya, saya juga bisa bikin nama untuk perusahaan juga.

Ditunggu ya.
Salam.

ina-pamekasan,  24 July 2012 at 15:33  

anakq usia 7bulan berat bdan 9kg,tinggi 65cm,apa trmasuk obesitas?

Bunda-Rizky,  25 July 2012 at 12:58  

anak sy laki2 usia 3thn 6bln skrg beratnya 33kg dan tingginya 115cm, obesitaskah ?

bunda aurel-P.siantar,  31 July 2012 at 12:12  

bagus banget neh infonya...putri kedua sy baru umur 3 bulan, yg pertama 1th 6 bln,,,bermanfaat bngt buat tau perkembangan mrka b'dua disamping info dari dsa nya

ayu,  7 August 2012 at 07:05  

mau tanya, anak sy umurnya 2,2thn tingginya 84cm beratnya 14kg, TB nya termasuk normal gak ya bu? trims

Azizah Az Zahra,  8 October 2012 at 13:49  

anak saya berusia 8 bulan, tapi barat badannya cuma 6,7 kg...susah sekali gemuknya, padahal makannya banyak, tidurnya juga saya rasa cukup, apa yang salah ya....

liswati,  11 October 2012 at 09:41  

mf, masih belum faham dengan pembacaan tabel di atas, ideal berat badan untuk anak usia 21 bulan berapa ya??thnks.

DAANISH SURYA,  23 October 2012 at 10:58  

ANAK KU USIA 1 TAHUN 6 BULAN BB 8,4 SOALNYA BARU AJA SAKIT TRUS TB 73 WAH KAYAK NYA SELALU DIBAWAH STANDAR YA , , , , ,,, , ,

nurlia,  3 November 2012 at 15:44  

keren...btw ankku skrg 7bln bb nya 7kg tb 6,9cm berarti masih normal yuaaaa

bunda nenie,  5 November 2012 at 09:00  

anak saya usia 8 bulan beratnya cuma 6 kg padahal sehari da makan bubur 3 kali trus minum susu rata2 750 ml. tapi emang minum susunya susah sekali.pernah tanya ke dokter anak apa perlu ganti susu.

queenzha,  21 November 2012 at 14:59  

anak saya bulan depan 3th untuk berat badannya 18kg,tapi tingginya cuma 91,5 normal gak????

santie,  24 November 2012 at 08:00  

Anak saya 5 bulan berat 6kg tinggi 70cm, normal ga ya?

Anonymous,  28 November 2012 at 12:36  

anak sy berumur 11,5 bln bb10 kg tb 77
ideal gak sih?

bunda azra,  29 November 2012 at 05:09  

terima kasih buat infonya. semoga bisa jadi acuan utk para ibu yg sedang merawat anaknya.

deasy gunawan,  5 December 2012 at 07:18  

anak saya berusia 5 bulan dengan berat 8,3 kg panjang 70. apakah normal? tks info nya ya ...

Zarees 11 December 2012 at 09:36  

wah infonya bermanfaat banget, smpat khawatir juga si kecil ga naik bbnya,tp tingginya bertambah teruss

Yenni Anggraini, Pontianak_KalBar,  11 December 2012 at 17:55  

Trima kasih infonya, saya pendidik anak usia dini sangat terbantu untuk memantau dan mengukur pertumbuhan anak didik saya.

Post a Comment

* Terima kasih sudah berkunjung ke seputarduniaanak.blogspot.com
* Maaf, komentar ditutup

  © Seputar Dunia Anak Since February 14, 2009

Privacy Policy | Back to TOP  

Please Visit Again!