Powered by Blogger.


Mengenal Cacar air (Chickenpox) dan cara menanggulanginya

>> Saturday, 15 January 2011

Apa itu cacar air?
Varicella simplex adalah suatu penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus varicella-zoster.

Apa obat cacar air?
Cacar air adalah akibat serangan virus, tanpa diobatipun sebenarnya penyakit ini akan berhenti dengan sendirinya, usaha mengobati adalah untuk mencegah terjadinya penyebaran yang ekstrim serta kemungkinan timbulnya penyakit ikutan seperti infeksi dll.

Berapa lama cacar air menyerang kita?
Cacar air memiliki periode maksimal 2-3 pekan

Apa tanda-tanda cacar air?
Badan demam, tubuh lemas, letih, lesu, tenggorokan sakit, agak pusing, sariawan dan terdapat bentol kecil yang berair didaerah dada atau leher.

Hal-hal yang perlu disiapkan mengobati cacar air.
Paracetamol, obat turun panas ini sangat penting kehadirannya, karena saat terkena cacar air tubuh menjadi mudah sekali demam, dan saat demam virus akan lebih cepat menyerang tubuh, dengan Paracetamol akan sangat membantu mencegah demam yang berkepanjangan.

Salep Acyclovir, salep ini biasa dioles pada bentol cacar baru dapat mencegah menyebarnya cacar ke area yang lebih luas lagi, oleskan setiap 3 jam sekali.

Bedak Caladine, bedak yang biasa dipakaikan pada anak kecil atau saat kita gatal-gatal, sangat sederhana memang tetapi sangat efektif dalam mencegah penyebaran cacar baru, serta mampu mencegah cacar yang kecil untuk bertambah besar, bahkan di kondisi tertentu cacar bisa langsung kering apabila terkena bedak jenis ini. Saran taburkan bedak ini keseluruh tubuh secara berkala terutama yang belum ditumbuhi cacar, niscaya cacar tidak akan mudah menyebar.

Alcohol, saat cacar pecah (terkena garuk, gesekan baju dll) kemungkinan besar akan terjadi infeksi dan luka akan bernanah dan tambah parah, pemakaian alkohol untuk membersihkan luka cacar yang pecah akan mampu mencegah infeksi lanjutan, juga sangat efektif dalam membersihkan wajah supaya tidak bengkak akibat cacar.

Kapas, digunakan dengan air atau alcohol untuk membersihkan luka serta cacar yang kotor.

Obat tetes mata, wajah adalah area empuk untuk ditumbuhi cacar, sedang cacar disekitar area mata sangat berbahaya, karena cairannya bisa masuk kedalam mata dan membuat iritasi, gunakan obat tetes mata secara berkala pagi, siang, sore dan sebelum tidur, supaya mata anda bebas dari infeksi kuman cacar.

Makanan nutrisi tinggi dan Vitamin C, saat tubuh diserang virus cacar air, daya tahan tubuh menjadi sangat lemah, dan untuk mengembalikan vitalitas tubuh kita perlu mengkonsumsi makanan2 bergizi tinggi, buah buahan seperti pear, jeruk, jambu biji, apel dan tak lupa tablet vit C seperti Xon-C atau C-1000.

Hal-hal yang perlu dilakukan pasca penyembuhan cacar air.
Pasca sembuh dari kutukan cacar air, masalah kita belum selesai, justru terkadang masalah sebenarnya baru saja akan dimulai, masalah itu antara lain :
Luka cacar, setelah cacar sembuh maka luka bekas cacar persis seperti luka terkena gores berbentuk bulat bulat, luka ini ada yang berpotensi menimbulkan bekas dan tidak, untuk menghindari timbulnya bekas luka maka biarkan darah kering tersebut mengelupas secara alami dan hindari untuk digaruk.
Bagi luka yang infeksi dan bernanah segera lakukan perawatan seperti merawat luka sayat, gunakan betadine atau obat merah, kalau perlu gunakan perban supaya tidak terjadi infeksi lebih parah.

Kemungkinan terkena Herpes
Virus cacar air sebenarnya tidak benar-benar mati atau hilang dari tubuh kita, tetapi bersembunyi dengan menggunakan identitas herpes zoster, virus jenis ini kelak akan berpotensi menyerang tubuh kita lagi dan mengakibatkan penyakit herpes, untuk mencegahnya jagalah kesehatan kulit dan saat terinfeksi segera obati dengan salep Acyclovir.

Sumber: http://pasungsetia.blogspot.com/2008/09/mengenal-cacar-air-dan-cara.html


***

Nah minggu yang lalu, anakku kena cacar air ini. Di Qatar sini sering disebut Chickenpox. Awalnya ada luka seperti kena minyak panas, beberapa buah. Setelah periksa ke dokter, diberi beberapa jenis obat untuk diminum dan obat oles.
Anak merasa perih ketika lukanya diolesi obat. Akhirnya nanya teman yang anaknya pernah terkena Chickenpox ini. Teman ini menyarankan memakai obat Calamine lotion (mirip Caladine lotion di Indonesia), pada kemasannya juga tertera untuk Chickenpox, dan lain-lain (lupa, bungkusnya sudah dibuang).
Akhirnya beli obat ini di apotik, dan anakku merasa enak diobati pakai lotion ini. Selain obat yang harus diminum tentu saja.

Selain itu, yang perlu diperhatikan dalam menangani anak yang terkena Chickenpox adalah:
1. Penderita dipisahkan dengan anggota keluarga yang lain, Chickenpox ini mudah sekali menular. Tapi namanya anak-anak, mesti susah juga dan kasihan kalau disendirikan.
2. Potong kuku si anak, agar tidak dipakai untuk menggaruk bagian yang sakit.
3. Mandikan dengan air + obat antiseptic (misal: Dettol). Air diguyurkan, jangan mandi berendam.
4. Setelah mandi, baru diolesi obat.
5. Bagian yang sakit jangan sengaja dipecahkan.

Sekarang, cara menghilangkan bekas luka cacar air (Chickenpox) yang cepat apa ya? Kalau mengelupas sendiri insyaallah tidak berbekas. Nah, kalau digaruk? pasti berbekas kan? Teman-teman ada yang tahu?
Alhamdulillah, anakku sekarang sudah sembuh dan sudah kembali bersekolah.

Untuk teman yang sudah berbagi tipsnya, terima kasih banyak. Aku sharing disini, semoga bermanfaat bagi teman lain. Terima kasih juga untuk semua doa dan supportnya.
Thanks for all :)

46 comments:

Willyo Alsyah P. Isman 16 January 2011 02:19  

wah, jadi faham... makasih mba'..

Djangan Pakies 16 January 2011 03:44  

Assalamu'alaikum Mbak Narti,
anak saya ketiga-tiganya pernah mengalami cacar air dan alhamdulillah tidak ada bekas, kasihan kalo seandainya ada bekas.
sewaktu terserang, kalo ndak salah dulu seringkali dikompres dengan air hangat yang dicampur dengan antiseptik.

wah istilah di qatar keren ya mbak chickenpox

narti 16 January 2011 04:36  

@ Willyo Alsyah P. Isman, makasih juga.
@ Djangan Pakies, wa'alaikumsalam.
Terima kasih banyak tipsnya.
Mungkin jenis kulitnya juga pengaruh ya...

littlecam 16 January 2011 13:01  

Info yang sangat bermanfaat

Zippy 16 January 2011 16:24  

Syukurnya saat cacar air, saya masih anak2 mbak, jadi gak ada bekas.
Haduh..bener2 setengah mati saat kena cacar air dulu.

catatan kecilku 17 January 2011 09:52  

Dulu waktu aku kena cacar air, Shasaku ketularan deh mbak. Sedih lihat dia sakit saat itu...

the other 17 January 2011 09:55  

Cacar air memang mudah sekali menular, padahal dulu sudah berusaha agar Shasa tak sampai kena cacar, tapi tak bisa...

Place to Study 17 January 2011 09:56  

Untung saja cacarku dulu tidak terlalu berbekas tante. Hanya sedikit 'lubang' di dekat alis aja.

Majalah Masjid Kita 17 January 2011 12:55  

baru tau saya mbak bahwa penggunaan obat tetes mata secara berkala dapat sedikitnya mencegah cacar ini :(

indrahuazu 17 January 2011 15:24  

dulu pernah nih..dapet sakit kayak gini..hehe

narti 17 January 2011 20:32  

@ littlecam, makasih.
@ Zippy, syukur deh kalau tidak berbekas :)
@ catatan kecilku, the other, iya mba...kasian sekali lihat anak-anak sakit cacar air ini.
@ Place to Study, buat pengingat ya sayang... :)
@ Majalah masjid kita, :)
@ indrahuazu, kayaknya semua pernah mengalami sakit cacar air ini.

Majalah Masjid Kita 19 January 2011 15:59  

Penyakit yang sangat menular ini, cukup membuat penderitanya sengsara.. apalagi jika ini terjadi pada anak kita tercinta..

oohh iya, sekalian saya mengajak mbaknya tuk tukeran link, link mbaknya sudah saya pasang di tempat saya, semoga berkenan tuk memasang link saya juga di sini.. terimakasih :)

fizer0 19 January 2011 17:09  

katanya setiap orang pasti mengalami penyakit ini sekali seumur hidup? benar gak sih?

fb 19 January 2011 19:02  

Wah repot juga ya kalo kena cacar air.. Mudah2an jgn sampe kena deh

TUKANG CoLoNG 20 January 2011 13:32  

cacar air selalu mebawa cerita tersendiri bagi penderitanya..

dari ga boleh mandi, diobati, susah gerak takut cacarnya pecah dan tambah banyak, ampe berbekas ga bisa ilang..:)

untungnya seumur hidup sekali..

wawank 21 January 2011 06:17  

Makasih atas infonya..!!!

Penyakit ini sngt populer., dgn postingn ini jd lebih tau banyk..

Daris Firzan 21 January 2011 14:30  

alhammdulillah, aq sudah kena cacar air,, jd daya tahan tubuhku semakin kuat , horeee

nice post kawan :D

nuansa pena 21 January 2011 16:44  

Lengkap sekali, kalau kejadian gak bingung lagi, trims!

biskut 21 January 2011 23:55  

setiap dari kita pasti pernah hidap sekali seumur hidup.Tapi ya tentu info ini memberi tips utk menangani CF.

Kelpo 22 January 2011 04:51  

Wow saya belum pernah kena cacar air

angga7 22 January 2011 18:21  

wah saya udah 22 tahun tapi belum pernah kena cacar air nih, nggak apa kah??

narti 22 January 2011 18:56  

@ Majalah Masjid Kita, yups.
@ fizer0, kayanya sih begitu. Tapi yang sudah pernah kena cacar air ini bisa kena lagi tuh, walau mungkin jarang terjadi.
@ fb, :)
@ TUKANG CoLoNG, kalau orang dulu mungkin malah bilang jangan dimandiin, tapi aku diberi tahu teman, justru mandiin aja, agar air dari pecahan luka hilang.
@ wawank, makasih juga.
@ Daris Firzan, makasih juga.
@ nuansa pena, sama2.
@ biskut, yups.
@ Kelpo, belum ya?
@ angga7, yang kena cacar air memang kebanyakan anak-anak, tapi yang sudah dewasa kena cacar air ini ada juga.

Djangan Pakies 23 January 2011 08:18  

Hadir lagi Mbak sekedar OOt:
Kata Pak Ikhwan, awalnya sangat berat bagi anak-anaknya, tapi lama-kelamaan mereka terbiasa. Apalagi mereka terbiasa selepas isya' tidur dan dirumahnya tidak ada TV sehingga mereka tidak ada waktu yang sia-sia terbuang. Saya kagum dengan mereka

narti 23 January 2011 12:31  

@ Djangan Pakies, sekali-kali OOT boleh koq.... :)
Mungkin anak-anak Pak Ikhwan juga sudah terbiasa belajar pas dini hari ya? Terima kasih banyak artikelnya, semoga menginspirasi banyak orang untuk berbuat kebajikan. :)

mamadimas 24 February 2011 10:05  

Wah, terima kasih bgt udah sharing post nya. Noted. Thanks! :)

susan 5 March 2011 09:16  

ternyata kalo cacar hrs dimandiin ya baru tau saya...terimakasih infonya

atie,  30 March 2011 05:55  

nice artikel.. :)

baru 5hran ini saya kena cacar..padahal usia sdh 30th (bnr2 penyakit yang ga memandang umur..hehe)
saat ini bentol2nya belum kering benar..

saya berharap n berdoa sih smoga anak saya ga ketularan..
(kmrn sdh berusaha minta vaksin varicella ke dsa-nya tapi ga bisa krn ada kemungkinan sudah ada virus cacar ditubuhnya..sama dsa-nya cuma diberi multivitamin dan penguat sistim imun. vaksin bisa diberikan min 1 bln setelah orang terdekat yg kena cacar sdh sembuh)

tambahan info :
** masa inkubasi cacar antara 1-3minggu
** klo ortunya kena cacar, ada kemungkinan si anak ga tertular kalo sistem imunnya bagus.
* jangan lupa pake masker, karena virus cacar gampang banget nyebar lewat udara, selain lewat cairan yang ada dibentol2 lukanya

neqer,  24 August 2011 12:30  

gimana cara sembuh 100% ????????...........

sda 16 September 2011 20:05  

@ mamadimas, sama2.
@ susan, :)
@ atie, terima kasih banyak atas masukannya.

@ neqer, untuk sembuh 100% gimana ya? Lukanya sih sembuh, tapi terkadang ada bekasnya. Agar tidak ada bekas cacar air, saat sakit sering-seringlah di kompres pakai air hangat dan antiseptik. Kalau sudah sembuh dan ada bekasnya, tentu ini menjadi PR tersendiri. Untuk bekas luka cacar air ini tergantung jenis kulit kita juga.
Silakan baca juga komentar masuk dari teman lainnya.

ChubieL,  16 October 2011 22:34  

Waduhh.. Saya sudah 4 Hari kena Cacar Air, Tapi pusing sama Demamnya koq ga ilang ilang ya? Apakah pusingnya akan hilang jika cacarnya sudah sembuh?

narti 17 October 2011 04:30  

@ ChubieL, periksa aja ke dookter, sampaikan keluhan Anda atau apasaja yang Anda rasakan seperti, pusing, demam, dll.
Nanti dokter akan memberikan obat, disamping obat untuk cacar air itu sendiri.

chucandt,  27 October 2011 12:46  

.hadduuch mba'. .
.nee saiia terserang cacar. .
.ap benar klo suda smbuh masi bisa menular??
.krn kmrn saiia itu brsalaman dg org yg baru smbuh cacar echh 2 hari kemudiian saiia kena cacar. .
.sumppah dehh rasa'na nyiksa bgt!!!
.gk tahhan haruss gmn. . :'(

shila,  6 December 2011 07:21  

mba bulan lalu aku urus adikku yang kena cacar tp alhamdulillah aku ga tertular,tapi beberapa hari lalu sampai tadi malam aku panas tinggi dan tak kunjung turun sampai aku ke dokter, panas masih juga 40derajat, dan setelah minum obat aku merasa enak,dan saat mandi tadi pagi didadaku ada bentol 1,seperti cacar, apa cacar bisa benar-benar di stop penyebarannya? dan kalau aku tetap pakai krim perawatan kulit dari dokter apakah berpengaruh?tks mba

narti 6 December 2011 09:47  

@ chucandt, sabar yah. Itu ada yang menambahkan, bahwa virus cacar bisa menular lewat udara.

@ shila, bisa juga itu cacar mba. Penggunaan kamar mandi yang bergantian bisa juga menyebabkan penularan.
Kalau memang bentol yang muncul itu cacar, lebih baik obati cacarnya dulu.
Jika periksa ke dokter, itu cacar atau bukan, sebaiknya krim perawatan kulitnya dibawa, ditanyakan ke dokter boleh atau tidak jika masih memakai krim itu, takutnya kontra dengan obat cacar (jika bentol itu bener cacar loh).

dani 9 February 2012 14:22  

mba klo yg d wajah itu gimn cara perawatannya bisa ga cacarnya/bentolannya pke kaladin ??
udah saya salepin tp masi blom kering jg..
nasib nasib udah gede saya kena penyakit ini di waktu kuliah lg, tp untungnya lg lburn hmm.. weekendnya jd netep d rumh trs dehh.. :(

txs ba..

narti 9 February 2012 14:43  

@ dani, hmmm gimana ya?
Sebenarnya tergantung jenis kulit kita juga loh, tapi yg pasti jangan sampai digaruk, kalau merasa gatal sebisa mungkin jangan digaruk, dikipas-kipasin aja. Mandi pakai air + dettol (antiseptik).
Mudah-mudahan cepat sembuh dan tidak membekas. Sama dokter dikasih obat apa?

dani 10 February 2012 02:59  

owhh..
d kasi obat salep Acyclopvir sama obat tablet aj mba, katanya kan ga boleh d mandiin, soalnya blum kering cacarnya mba, takutnya klo d mandiin tambah banyak, padahal udah pngen bangeut mandi udh 4 hari ini blum mandi sy zzz :(
gymn mba sarannya ?

thx mba..

narti 10 February 2012 06:14  

@ dani, narti bukan dokter ya. Tapi kalau temen2 di Qatar sini malah menyarankan dimandiin pagi dan sore, air mandi di ember ditambah cairan dettol, mandinya diguyurkan (bukan nyebur ke dalam ember). Setelah mandi diolesin Calamine lotion (bentuknya mirip Caladine di Indonesia) tapi mungkin beda komposisinya, narti kurang tau.
Dengan dimandiin, cairan bekas luka yang pecah akan hilang.
Bentol2 yang belum pecah jangan sengaja dipecahkan.

Blog dani koq belum ada artikelnya? Ayo diisi artikel, blog bahasa Indonesia sekarang sudah support Google Adsense loh :)

dani 11 February 2012 18:25  

d Qatar.. mang mba orng Qatar jg y ?
owhh d tambah cairn dettol y,
mba klo pass d mandiin pke shampo kira" ga papa kn ?
d kepala kan ada tu benjoln" jg..

iia ni mba lg males ngedit"ny,hha
ntr aja klo lgi santai,, bru slesai UAS sy mba msi aga strez(hhm) mlah d tmbah sma penyakit ini zzz, jd skrng" mu istrhat dlo aj. hha

thx mba..

narti 11 February 2012 19:08  

@ dani, aku orang Indonesia jg tapi saat ini rejekinya sedang disini, alhamdulillah...
Shampoo, gpp, selesai keramas bagian yg sakit diolesi pakai obat dari dokter lagi.

ita,  12 February 2012 06:09  

ikutan ya...
q dulu pake
- obat minum dokter 5 jam sekali
- obat oles sama tiap 5 jam sekali kalo bisa
- bedak tabur mengandung salycil acid ditaburin ke seluruh badan ama wajah
- mandi pake sabun dettol+ air mandi pake dettol
- alat makan direbus
- pakaian di siram ama air mendidih+ dettol
- makan sayur+jus buah (wortel+apel+tomat dicampur)
- minum vitamin imboost atau imunos + minum banyak air putih
- istirahat cukup

wajahq gak ada bekas cacar sama sekali padahal dulu 1 bulan mau menikah,
wuih.... kudu telaten ngurus bintitan cacardi wajah dan kepala

narti 12 February 2012 09:39  

@ ita, makasih banyak yah sharingnya.

@ dani, tips dari sobat Ita bagus tuh.
Iya, kita memang harus teliti dan telaten menghadapi penyakit cacar air ini.
Seperti mandi pagi sore, ganti baju tiap selesai mandi, nyuci bajunya dipisah (disendirikan) dikasih dettol juga, baju yang dipakai jangan sampai menempel pada luka cacar air, jangan berbaur dgn anggota keluarga lain (diisolasi di ruangan khusus :D ), jangan tuker-tukeran alat mandi misalnya handuk, dll.

Anonymous,  23 February 2012 05:21  

isha
salep buat cacarnya ada 2 alternatif
1.acyclovir salep 2 tube + sagestam salep 1 tube + bioplacenton salep 1 tube, aduk di pot salep kemudian tutup, taruh di tempat sejuk, sehari dioleskan 4 x.
alternatif
2 yang lebih cepat pake salep dari aloe propolis high desert, harganya mahal 97 ribu tapi dalam 2 hari kering dan ga berbekas
kalo untuk yang diminum selain yang resep dokter yang biasanya pake acyclovir tablet tambahkan nutrisi khusus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh seperti imbost force ato imbost syrup, bisa juga imunos syr ato stimuno syrup
kalo mandi pake detol cair yang dituangkan di airnya ato bisa juga pake tambahan permanganat kalii dalam air mandinya

dek jan,  2 May 2012 12:10  

Saya Lagi Kenaq Ne Mbak....
Di Umur 22 Tahun Kenaq,lbih menderita mbak...apalgi di rantau orang...
Maqasi tips'a.
Oa mbak berarti kenak cacar bole mandi kan?

Anonymous,  14 September 2012 09:42  

alahamdulillah sembuh dech

Anonymous,  14 October 2012 14:21  

saya terjangkit 2x...
dulu wktu kecil...prnah,..kirain aja bs kebal...
eh,1 minggu trahkir badan kok lemes aja...pusing jg,..trs demam,..kirain demam biasa,.setelah 2 hari...muncul benjol2...waaaah........ trnyata cacar air,...huuhft.
gk bs kerja,.gk bs gendong anak,..gk bs ngapa2 in...apes...
benjolan ku rata,.dimuka leher,.dan badanm..kaki msh blm,..
kpn nih sembuh,...uda gk tahan ma gatalnya...

Post a Comment

* Terima kasih sudah berkunjung ke seputarduniaanak.blogspot.com
* Maaf, komentar ditutup

  © Seputar Dunia Anak Since February 14, 2009

Privacy Policy | Back to TOP  

Please Visit Again!