Powered by Blogger.


Tips/cara agar anak suka makan sayur

>> Tuesday, 11 October 2011

Anak-anak sering menolak ketika disuruh makan sayur? Mungkin pada saat makan dengan sayur, mereka akan menyisihkan sayuran ke pinggir piringnya. Padahal, selain mengandung serat tinggi, sayuran berwarna hijau dapat meningkatkan kecerdasan si kecil.

Pentingnya Mielinisasi

Saat bayi dilahirkan, proses pembentukan neuron (sel-sel syaraf) telah berakhir. Setelah itu, pertumbuhan otak tak hanya mencakup pembesaran dan pematangan neuron agar lebih lengkap dan kompleks.

Cabang-cabang neuron, dendrit dan akson bertambah jumlah dan panjangnya. Selain itu, terjadi penambahan hubungan antara sel. Di fase ini terjadi pula proses mielinisasi. Apa sebenarnya manfaat dari proses mielinisasi? Mielinisasi adalah proses pembalutan neuron oleh mielin. Sebuah sel syaraf yang memiliki lapisan pelindung mielin, mampu menghantarkan pesan (rangsang) jauh lebih cepat dibandingkan sel syaraf  lain yang aksonnya tidak memiliki lapisan pelindung.

Kecepatan penghantaran pesan oleh sel-sel syaraf merupakan salah satu faktor yang menunjukkan tingkat kecerdasan. Gizi bayi yang baik dapat mempercepat pembentukan mielinisasi, apalagi bila disertai rangsangan dari lingkungan anak.

Kandungan zat besi

Sayur merupakan sumber mineral yang baik. Salah satunya adalah zat besi (Fe) yang banyak terkandung dalam sayuran berwarna hijau, seperti bayam, daun singkong, kangkung dan sebagainya. Meski tidak mudah diserap tubuh, sayuran dapat menjadi alternatif pemenuhan tubuh akan zat besi.

Berbagai hasil penelitian mengungkapkan zat besi berpengaruh terhadap pembentukan mielin, sehingga mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Selain menderita anemia (kekurangan sel-sel darah merah), kekurangan zat besi juga mempengaruhi fungsi psikomotor maupun kognitif anak.
Konsumsilah sayuran untuk anak sekitar 200 mg setiap hari.

Tip agar anak suka makan sayuran

    * Sejak dini anak sudah dibiasakan makan sayuran.
    * Olah sayuran dengan aneka bahan makanan lain, seperti daging, ayam, ikan, tahu agar anak merasakan kelezatan sayuran.
    * Sajikan dengan penampilan yang menarik.
    * Berikan pujian setiap kali anak mau makan sayuran.
    * Berikan contoh melalui anda sekeluarga yang menyukai makan sayuran.

(Source: http://www.goblogin.com/index.php/kids-and-teenager/41-health/1521-makan-sayuran-hijau-bisa-meningkatkan-kecerdasan-atau-iq-anak.html )

Narti tambahin ya, tips/cara agar anak mau makan sayur:

1. Kecintaan anak-anak pada sayur sebenarnya dimulai sejak dalam kandungan. Jika ibu suka sayur maka insyaallah anaknya kelak akan suka sayur.

2. Kenalkan sayuran saat anak-anak masih kecil. Saat si kecil mau tumbuh gigi misalnya, berilah si kecil gigitan dari wortel yang dikukus.

3. Campur sayuran dengan bahan lain, agar anak lebih tertarik. Dicampur dengan daging ayam, udang, ikan, dll.

4. Bentuk/potong sayuran dengan bentuk lucu, bisa dengan bantuan cetakan kue kering yang lucu-lucu. Bisa juga sikecil  dilibatkan dalam acara memotong sayuran ini, sehingga ada keinginan dan rasa bangga karena ikut menyiapkan dan ikut memasaknya.

5. Sajikan dengan tampilan yang menarik. Ini bisa menggunakan piring bergambar yang disukai si kecil. Tapi perhatikan bahan-bahan yang dipakai ya? pastikan bahwa bahan-bahan untuk alat makan anak-anak adalah aman.

6. Bila menggunakan piring/mangkuk polos, makanannya yang dihias. Bentuk muka badut, bentuk taman bunga, dll disesuaikan dengan menu makan anak.

7. Sembunyikan sayurannya. Cobalah untuk menyembunyikan sayurannya dalam menu makanan yang akan disajikan. Misalnya masukkan beberapa potong selada ke dalam burger buatan Anda, membuat kue dengan bahan dasar wortel (carrot cake), membuat martabak mie dengan isi sayuran, seperti parutan wortel, bawang bombay dan irisan labu kecil-kecil kedalam spaghetti saus.

8. Ubahlah cara memasaknya. Apabila selama ini Anda menyajikan sayur dalam bentuk kuah/sup, sekarang coba variasikan dengan menggorengnya. Misalnya buat nugget sayuran, telur dadar sayuran, dll.

9. Tambahkan saus. Ini akan memberikan rasa yang berbeda. Jadi anak akan mengenal sayuran dalam rasa aslinya, juga rasa yang lain setelah ditambahkan saus. Misalnya saus tomat, mayonaise, dll.

10. Jika anak tetap tidak mau memakan sayur, Anda bisa menyajikan sayur tersebut dalam bentuk jus yang dicampur dengan es, misalnya wortel, tomat atau mentimun. Agar lebih menambah rasa, tambahkan sedikit gula atau madu yang juga baik untuk kesehatannya. Jangan lupa agar tampilannya menarik, hiaslah gelas dengan sedotan warna-warni, payung kecil atau kreasi lainnya. Dengan demikian anak akan lebih tertarik untuk memakan/ meminumnya.

11. Kenalkan sayuran lain selain yang disukai anak. Bila anak hanya suka dengan sayuran tertentu saja, Anda jangan putus asa untuk mengenalkan jenis sayuran yang lain. Misalnya si kecil hanya suka wortel, secara perlahan kenalkan dengan sayuran yang lainnya. Anda bisa mencampurnya dengan tomat misalnya.

12. Anda harus memberi contoh. Karena anak sangat suka meniru, mencontoh apa yang ada disekelilingnya, maka untuk makan sayuran Andalah yang jadi role mode-nya. Jika ada anggota keluarga yang tidak suka sayuran, biasanya anak juga akan begitu. Karena apa? karena ada yang dia contoh.

13. Bila perlu, buatlah jadwal menu sayuran yang berganti-ganti tiap harinya. Selain sayurnya yang berbeda, cara memasaknya juga berbeda. Sekarang sup sayuran, besok telur dadar sayuran, besoknya nugget sayuran, besoknya lagi sayur bening bayam, dst.

14. Terakhir adalah Anda jangan pernah putus asa membujuk anak agar ia mau makan sayur. Disini juga kita (para orang tua) dituntut lebih kreatif lagi. Selain cara-caranya yang kreatif, menunya juga harus kreatif. Syukur kalau bunda atau para ibu rajin bereksperimen menciptakan menu atau resep-resep baru khususnya untuk si kecil.

Yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah cara memotong sayuran. Besar potongan sesuaikan dengan usia si anak agar si kecil tidak kesulitan memotong atau mengunyahnya dan jangan sampai si kecil tersedak.
Resep untuk anak-anak, menu bekal sekolah, variasi menu untuk anak-anak bisa dilihat disini http://dapurpunyaku.blogspot.com/search/label/Menu%20Anak-anak

Semoga setelah ini, anak-anak akan suka makan sayur. Ibu senang, anak-anak tumbuh sehat :)



Semoga bermanfaat!

Link terkait:
Memasak bersama anak? asyik saja...
Jadwal pemberian makanan bayi
Membawa bekal sendiri, yuk!
Etika pada saat makan

9 comments:

Taman Buah Hati 13 October 2011 at 05:46  

Anak-anak memang unik bunda..
Anakku yang pertama..waktu keciL makannya apa saja..makan sayuran apa aja.. Wortel digigit..
Eh. Setelah udah gede..3 thn-an eh..jadi milih2..mulai susah makan sayuran, sukanya yg tertentu aja..
Yang kedua malah kecilnya milih2 makan,, eh kok gede'nya malah apa aja di lahap..
Ck..ck..memang butuh kreatifitas bund untuk mengundang selera si anak..klo anaknya rada susah makan sayuran^^

Michel 15 October 2011 at 10:41  

If your child do not like vegetables then do not offer him alone.Just add some other stuff which he likes with vegetables.It depends on all mums that how do they treat their kids.
Franchises

catatan kecilku 15 October 2011 at 11:17  

Sayuran emang penting bagi anak2... itu makanya aku seringkali maksa Shasa utk makan sayuran. Apapun caranya aku usahakan agar Shasa mau makan sayur hehehe

r10 17 October 2011 at 00:09  

anak kecil memang ga suka sayur, makanya butuh kreativitas untuk memancing mereka makan sayur

*blog lamaku tutup sampai waktu yg tak ditentukan, aku mau belajar fokus blog dengan 1 tema saja, ga campur aduk

Sadako Kenzhi 21 October 2011 at 04:13  

Menyinggung soal gizi anak, contohnya rangsangan dari lingkungan anak apa ya mbak? maklum saya masih belum ada pengalaman. Insya Allah tips2 di atas saya pegang buat nantinya hehe ^^

narti 21 October 2011 at 18:58  

@ Sadako Kenzhi, hehe...
Hal ini bisa dimulai dari lingkungan terkecil, yaitu keluarga. Bila di dalam keluarga menu sayuran jadi menu harian, dan anggota keluarga juga suka sayur, maka anak-anak akn lebih mudah mengenal, ingin tahu, ingin makan, ingin mencicipi, bagaimana rasanya sayur itu. Dengan demikian diharapkan anak-anak akan suka sayuran.
Kalau soal gizi mah tinggal bagaimana kita aja.

Toko Furniture Jepara 25 October 2011 at 07:25  

good information, i like it.

salam kenal.

Toko Furniture Jepara adalah perusahaan yang menjual berbagai macam barang-barang mebel, dan barang-barang furniture yang Berkualitas, Terlengkap, dan juga harga yang sangat murah, kunjungilah websate kami tokofurniturejepara.com siapa tau ada barang yang cocok. Dan Bagi anda yang berminat dengan barang-barang kami, Jangan lupa hubungi kami melalui (info tokofurniturejepara.com) maka anda akan bisa langsung memesan barang-barang furniture yang anda inginkan dengan kualitas yang sangat bagus, okey gans. :hehe: ....

Kalau ada waktu jangan lupa mampir ke website kami yach!
makasih sebelumnya.

Toko Furniture Jepara 25 October 2011 at 07:28  

tips yang bagus, menarik. i like it.

Winarno 18 March 2012 at 19:12  

akan saya coba tip2nya, soalnya anak saya yang terakhir waduhh.. masyaAlloh susahnya klo makan sayur,

btw thanks tipnya..
nice share

Post a Comment

* Terima kasih sudah berkunjung ke seputarduniaanak.blogspot.com
* Maaf, komentar ditutup

  © Seputar Dunia Anak Since February 14, 2009

Privacy Policy | Back to TOP  

Please Visit Again!