Powered by Blogger.


Makanan Yang Baik dan Tidak Baik Buat Ibu Hamil

>> Friday, 16 October 2009


Makanan apa saja yang baik buat ibu hamil? Mungkin pertanyaan ini sering terlintas di saat kita (ibu-ibu) sedang hamil. Biasanya kita tahu mitos dari orang tua, yang kadang memberitahunya kepada generasi penerusnya tidak disertai alasan, hanya berkata, pokoknya tidak boleh makan ini, tidak boleh makan itu.
Bukannya ingin membantah, tapi alangkah baiknya bila disertai alasan mengapa tidak boleh ini, itu dan sebagainya.

Kalau orang sekarang kadang menjawab, ah itu mah jaman dulu, sekarang sudah beda, sudah modern, sudah tidak berlaku lagi. Seiring berkembangnya jaman, dengan semakin mudahnya mendapatkan berbagai informasi, maka hal-hal yang belum kita ketahui bisa kita dapatkan, misalnya dengan mengikuti suatu forum, tanya dokter online, membaca majalah dan sebagainya. Saling berbagi informasi lewat diskusi atau yang lainnya.

Semua itu bertujuan agar si ibu hamil sehat, pertumbuhan dan perkembangan janin yang dikandung juga sehat, tidak mudah lelah saat hamil, dan juga semoga kelak anak yang dilahirkan tumbuh menjadi anak yang sehat, cerdas, lincah dan pertumbuhannya optimal.

Berikut ini aku tuliskan makanan dan minuman yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil, di antaranya adalah:

* perbanyaklah makan sayur

* minum susu khusus ibu hamil

* makan buah-buahan, cuci bersih dengan air mengalir buah dan sayuran yang mau dimakan untuk menghindari pestisida

* tomat dan pisang, banyak mengandung asamfolat, baik untuk perkembangan janin

* vitamin ( biasanya diberikan oleh dokter kandungan saat periksa)

* ikan segar /fresh ( maksudnya bukan yang sudah di simpan di kulkas, ikannya tetap dimasak terlebih dahulu sampai matang)

* kacang-kacangan

* air sari kedelai

* cukup minum air ( air matang loh ya...)

* pilih makanan yang kaya serat, misalnya roti gandum

* minum CDR agar kebutuhan kalsium ibu hamil terpenuhi, bagi janin berguna untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Perhatikan dosisnya agar tidak terjadi penumpukan.

* air kelapa, bagus dikonsumsi pada trimester akhir, agar bayinya bersih saat lahir nanti.

Nah, sekarang aku tuliskan makanan dan minuman yang tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil.
Yang perlu dihindari adalah:

* telor atau daging yang dimasak kurang sempurna atau setengah matang dan yang dipanggang terlalu gosong

* hindari makan gorengan, makan makanan yang direbus, dikukus atau dipanggang jauh lebih baik

* jangan makan makanan yang terlalu asin

* buah nenas
Nenas mempunyai efek samping yaitu berpotensi sebagai abortivum atau sejenis obat yang dapat menggugurkan kandungan, jadi sebaiknya tidak mengkonsumsi nenas selagi hamil.
Tapi ada juga yang berpendapat, selagi buah nenas yang dikonsumsi rasanya manis, kondisi ibu dan kandungan baik-baik saja, tak ada masalah mengkonsumsi buah ini, tentu saja tidak berlebihan jumlahnya.

* buah durian
Durian dapat memproduksi gas di dalam lambung. Bagi ibu hamil yang memiliki penyakit maag, hal ini terkadang menimbulkan rasa kembung dan mual karena sakit maag yang dideritanya kambuh. Menurut dr. Caroline Tirtajasa, Sp.OG asalkan si ibu hamil tidak memiliki gangguan penyakit maag, boleh-boleh saja mengkonsumsi buah durian, tentu saja tidak berlebihan.

* jangan minum minuman yang mengandung alkohol, karena dapat menyebabkan kelainan perkembangan pada janin dan masalah emosional pada bayinya kelak.

* hindari minuman yang mengandung cafein, seperti kopi dan teh karena dapat mempengaruhi berat badan rendah pada bayi, keguguran, meningkatkan denyut jantung dan juga cafein mengakibatkan berkurangnya penyerapan zat besi. Pada janin dapat menyerang plasenta dan masuk dalam sirkulasi darah janin.

* jangan minum sembarang obat, misalnya obat flu, pilek, sakit kepala atau yang lainnya. Segera hubungi dokter kandungan Anda.

Selain memperhatikan hal-hal di atas, yang tak kalah penting adalah rajin periksa ke dokter kandungan Anda, olah raga teratur, jaga agar badan tetap sehat selama hamil, jangan terlalu lelah, terapkan pola hidup sehat.
Satu lagi, jangan merokok karena wanita hamil yang merokok beresiko melahirkan anak dengan berat badan rendah, kelainan jantung dan rentan kematian.



tags: makanan buat ibu hamil, cara mengkomsumsi bagi ibu hamil, makanan yang perlu dihindari oleh ibu hamil, minuman yang tidak boleh untuk ibu hamil, tujuan makan makanan sehat bagi ibu hamil, ibu hamil konsumsi durian, akibat minum alkohol saat hamil, pengaruh teh dan kopi bagi ibu hamil, khasiat minum air kelapa saat hamil, kandungan buah nenas, efek makan buah nenas bagi ibu hamil, resiko merokok bagi wanita hamil.


Baca juga:
Peraturan saat ibu hamil berolah raga.
Faktor penyebab anak menjadi tuli.
Tips untuk memandikan bayi Anda.
Bayi baru lahir: tips atasi hidung tersumbat.

Menu sehari ibu hamil

62 comments:

jhonson blog 16 October 2009 06:00  

makasih infonya mbak...tapi ini kalao soal USG gak boleh terlalu sering yah?,tapi sewaktu saya dan istri saya kunjungi dokter selalu di usg asal tiap kunjungan rutin...kata dokternya sih gak masalah,tapi dengar dari temen2 dan ortu gak boleh sering...jadi binggung mau percaya yg mana?,di satu sisi dokter yg terpelajar,disatu sisi lagi banyak temen dan orang tua bilang gak boleh,binggung juga :)

rumah blogger 16 October 2009 06:25  

kapan yaaa punya isteri nich.....cariin dunk!!! hehehee

Rizky2009 16 October 2009 06:40  

nice nfo sob, penting bgt buat ibu2 hamil...

narti 16 October 2009 08:32  

@ jhonson blog, kalau soal USG kurang mengerti ya, kalau disini biasanya usia kandungan 4 bulan, 7 bulan dan 9 bulan baru di USG, tidak setiap kali periksa di USG.
Kalau menurutku USG seperlunya saja, kecuali dalam kondisi tertentu, misalnya janin yang dikandung ada kelainan, jadi USG buat melihat kondisi/perkembangan janin.

m2k 16 October 2009 09:10  

info yang keren...sangat bermanfaat bagi ibu hamil

hadi 16 October 2009 09:27  

nah ini dia, rencana mau nambah anggota lagi ni mba'..makasih resepnya ya

muchlisin 16 October 2009 10:13  

kalo buah sawo bagaimana? pernah dengar katanya tidak boleh. Terima kasih infonya

Anita 16 October 2009 11:10  

mmmm...bagus infonya..persiapan kelak nih :)

narti 16 October 2009 11:10  

@ muchlisin, waduh kurang tahu ya. Teman2 ada yang tahu efek/dampak makan buah sawo bagi wanita hamil?

arizz-media 16 October 2009 14:08  

artikel nya bagus neh ....
sehat juga penting bagi wanita hamil ...

Joker 16 October 2009 15:46  

untung aku g pernah hamil
aku kan cowo

:-D

arkasala 16 October 2009 16:51  

Tips yang bermanfaat banget ini. Mbak kayaknya sealiran dengan istri saya ya, menjaga banget faktor makanan ketika hamil sampai sekarang ketika menyusui. Alhamdulillah dari makanan ini anak kami sehat.
Dari jenis makanan itu hanya sari kedelai yang tidak disukai.
Terima kasih sekali mbak. pengetahuan yang mulia untuk ibu hamil yang tentunya baik untuk anak2 kelak. Salam :)

kakara 16 October 2009 19:31  

artikel yang sangat bermanfaat buat bumil..

belajar bisnis internet | hill 17 October 2009 00:27  

sy pernah lihat ada ibu hamil tp lg merokok, waduh ga sayang sm calon bayi nya tuh :), klo ketemu lg suruh baca artikel ini

freezipe 17 October 2009 03:23  

good info
http://freezipe.com/

Bunda Ibrohim 17 October 2009 04:28  

good...good...good...:) klo minum susu khusus tuk bumil kayaknya agak susah nih, belinya kejauhan. Jadi, diganti Fresh Milk aja. Ktanya bumil ga boleh minum air dingin ya ? takut bayinya gede katanya.

armouris 17 October 2009 17:13  

info tentang wanita hamil kat sini - Elak Dehidrasi Ketika Hamil.

Update terkini isu-isu semasa kesihatan ada di infokesihatan@twitter.

Zippy 17 October 2009 19:58  

Wah...mantep nih mbak infonya...
Kali aja ntar kalo saya udah kawin, kan bisa berguna nih, xixixiix....

yanuar catur rastafara 17 October 2009 21:34  

wehh,,info buat ijo ku kelak nih
hehehhee

hatake 18 October 2009 11:12  

ya memang hrs prginya ke HTML sob,,
bwa ja santai byar g' pusing,,,

narti 18 October 2009 11:58  

@ hatake, iya juga sih, makasih sudah di jawab disini.

kacung arab 18 October 2009 12:07  

Tips bagus nih mbak....ga perlu tanya" lagi ke dokter soal makanan apa yg baik buat istri saya nanti klo hamil lagi.

@Bunda Ibrohim......istri saya waktu hamil hobi banget minum air dingin.ketika melahirkan bobot anak saya mencapai 4,2 kg.apa ada hubungannya kali ya?

freezipe 18 October 2009 16:19  

good info
http://freezipe.com/

Laskar Pelangi 18 October 2009 19:06  

Kalo soal USG boleh dilakukan sering seperti kata dokter itu benar, karena USG mengunakan gelombang suara untuk melihat kondisi Janin dan secara Standar Internasional tidak berbahaya bagi sang bayi walaupun sering di USG..
Masyarakat yang mengatakan USG berbahaya karena mereka mengira proses USG menggunakan X-Ray adalah salah kaprah :))

narti 18 October 2009 21:03  

@ Laskar Pelangi, terima kasih atas pencerahannya. Semoga bermanfaat bagi kaum ibu lainnya juga.

no contract cellphones 22 October 2009 06:30  

kl makan yg banyak basanya nnti anaknya cewe, kl yg banyak asemnya nnti cowo, apa kebalik ya? soalnya mempengaruhi kromosom xx/xy nya...

Nightcrawler 22 October 2009 08:46  

thanks resepnya, akan di praktekkan nanti kalau sudah punya istri dan akan punya anak.

Anonymous,  13 January 2010 17:04  

Thanks ya infonya.... aku sedang mempersiapkan anak keduaku....semoga bermanfaat....

Anonymous,  15 February 2010 08:00  

ko q mual mual trus y ....

apa y solusinya spaya rasa mualnya hilang atau berkurang//??
mksih y...

narti 15 February 2010 13:08  

@ Anonymous, terima kasih komentarnya dan salam kenal.
Aku coba menjawabnya ya...
Rasa mual (morning sickness) merupakan hal yang biasa terjadi pada ibu hamil. Tiap orang berbeda, ada yang tidak mengalami selama kehamilan (tapi jarang terjadi), ada yang 3 bulan pertama saja setelah itu hilang, ada juga yang selama kehamilan berlangsung tetap terjadi rasa mual-mual.

Untuk kehamilan pertama, kedua dst, juga belum tentu mengalami rasa mual yang sama.

Solusinya:
* makanlah dalam jumlah sedikit tapi sering, selagi Anda bisa makan usahakan untuk makan, jangan berfikir ah nanti juga cuma muntah lagi. Tapi berfikirlah ada baby yang mebutuhkan makanan di dalam kandungan Anda, kalaupun nanti muntah pastinya sudah ada makanan yang diserap oleh tubuh.
* hindari makanan yang pedas atau berlemak yang akan menambah rasa mual Anda.
* minum yang cukup.
* kalau bangun tidur terasa mual, jangan langsung bangun, duduklah pelan-pelan, jika sekiranya sudah bisa bangun, bangunlah perlahan-lahan.
* Anda bisa sharing pengalaman dengan teman Anda, mungkin ada masukan.
* berfikirlah secara positif, jalani kehamilan dengan rilex dan penuh rasa syukur, moga bisa membuat rasa mual itu tidak terasa berat dan berangsur hilang.
* bayangkan akan hadirnya si kecil di dalam kehidupan rumah tangga Anda.
* jika masih terus berlangsung, hubungi dokter Anda.

Semoga bermanfaat dan selamat menjalani kehamilan Anda, semoga sehat selalu.

de_dew,  27 September 2011 10:40  

ho'oh hamil tu ribet banget tau so,pkir2 dlu dey klo mow hamil pa lg msh ikut mertua banyak aturan jd stres ini itu g bleh..... heheee {tu g enaknya} tp enaknya jd lebih disyang swami ckckckckkckckckkckckck

aGUS N fATIMAH,  4 October 2011 11:28  

MAKASIH iNFONYA YA....

ayurista,  18 October 2011 08:38  

sy ibu ayu,sy bru pertamakali hamil...sy msh sring minum teh,,,,,apakah mmg wanita hamil g blh mengkonsumsi bteh?????

narti 18 October 2011 11:09  

@ ayurista,
Ibu Ayu, boleh saja minum teh tetapi porsinya dikurangi. Susu khusus ibu hamil tentu jauh lebih baik.
Silakan baca menu sehari ibu hamil disini

annisa aja,  26 October 2011 11:43  

sy bu annisa,saya juga lagi hamil,yg ke 2,apabenar ibu hamil g boleh makan buah salak knapaya?

narti 26 October 2011 13:50  

@ annisa aja,
ibu hamil tidak boleh makan buah salak? ibu denger dari siapa? tanya aja, apa alasannya.
Tapi kalau mitos biasanya orang tua tidak menyertai alasan.
Tanya ke dokter kandungan aja Bu, semoga penjelasan beliau lebih ilmiah.

Shena-jambi,  6 December 2011 17:42  

Katanya kalo mO dpet anaK cow, jgn mkan yg asam2, apa bnar tuh..

widy,  23 January 2012 07:56  

thanks infonya,mau nanya jg nich,saya hamil 4bln koq perutnya masih tipis yach....???gimana carany merasakan detak jantung bayi,,,,?????? maklum belum berpengalaman,,,,

narti 24 January 2012 09:35  

@ widy, maksudnya belum gede, gitu yah? gpp sih mba, kan ada yang hamil tapi gede di ibunya aja, ntar anak lahir malah BB nya kecil.
Selama ibu dan anak sehat, it's ok.
Merasakan detak jantung? ke dokter aja mba, hehe...

LIA - BEKASI,  7 February 2012 12:02  

USIA KEHAMILAN SAYA SUDAH 11 MINGGU SAMPAI SEKARANG SAYA MUAL JIKA MINUM AIR PUTIH JADI SAYA LEBIH SERING MINUM AIR YG BERASA SEPERTI ES CENDOL,ES JERUK MANIS,AIR TEH.GMN YA DOK BAHAYA TIDAK BWT KANDUNGAN SAYA JIKA SAYA MINUM AIR ES ..TX

narti 7 February 2012 16:18  

@ Lia- Bekasi, haduh mba, Narti bukan dokter loh...cuma ibu rumah tangga biasa koq.
Minum air es saat hamil sebaiknya dikurangi, bisa diganti dengan perbanyak makan sayur berkuah atau makan buah-buahan.
Anda bisa membaca contoh menu sehari ibu hamil disini.

w.julie iswanto - klaten,  18 March 2012 15:45  

waaa, terimakasih atas infonya ya mbak. saya baru hamil mau 2 bulan, hawanya ngantuk melulu.
nih mau sharing pengalaman teman. dia mewanti-wanti siapa pun yang baru hamil, jangan sekali-kali makan tebu. pengalaman temanku,semasa ngidam dia ngidam tebu. trus setelah tiba waktunya, malah pendarahan terus. kata dokternya, anaknya baru akan keluar setelah darahnya habis. teman minta di caesar dokternya ga ngijinin, karena kondisinya tidak memungkinkan untuk cesar. kabarnya karena tebu memproduksi banyak glukosa atau apa gitu, jd darahnya banyak. itu kata dokter. tapi alhaamdulilah, temanku itu kuat. setelah perjuangan fisabillilah itu, akhirnya detik-detik terakhir anaknya lahir dengan selamat. so, temenku berjanji buat sharing pengalamannya itu ke teman-teman, agar tidak mengalami hal sepertinya. ok, semoga bermanfaat ya.

LIA,  29 March 2012 16:43  

Salam kak,,, Makasih ya tuk infonya. Alkhamdulillah saya jg sdng hamil masuk usia minggu ke 7. ini akan sangat bermanfaat bagi saya.

narti 30 March 2012 05:50  

@ w.julie iswanto, terima kasih banyak masukannya.
@ LIA, sama2 mba, semoga kehamilannya lancar.

vieya,  21 April 2012 07:46  

♣:)ƭћǟπƙ-Ǚ♣ƭћǟπƙ-Ǚ:)♣mba ats msukanx sya bru hamil 8 mgu mba,tiap hr mau Πγª minum susu indomilk aja utk hlgn rasa mual,,apa itu ga brpgaruh ÿ̲̣̣̣̥α̇̇̇̊ά̲̣̣̣̥α̇̇̇̊ mba utk janin Πγª ?trz kalo mkn cm mau Πγª dikit aja,,klo minum susu bsa smp 4x shri utk hlgn rasa lapar..

vieya,  21 April 2012 07:51  

Mksh mba ats msukanx,,sya bru hamil ank pertma bru 8mgu mba,tiap hr mau Πγª cuma minum susu ktak indomilk aja,kalo mkan Ɣªήğ lain agk susah palg kalo mkn nasi cm sdkt aja..apa ga brpgaruh y buat janin qt??

narti 21 April 2012 08:44  

@ vieya, sebaiknya usahakan tetap makan, jangan pernah berpikir "ah nanti juga keluar lagi, muntah, dll...males makan ah". Jangan sampai ya!
Semoga masa susah makannya cepet pergi, kasian si kecil didalam perut.
Jika sekarang Anda makan, itu artinya Anda makan buat berdua, yaitu Anda dan si kecil (janin).

lucky 8 June 2012 10:02  

terima kasih atas informasinya,,,

putri,  9 June 2012 04:15  

Wahh,, trimakasi u/ infonya mba Narti,itu sngt bmanfaat skali u/ BuMil tmasuk sy,, sy jg Bumil skg sdh masuk usia khamilan hampir 7 blan,dan ini khamilan ptama sy. Sy jg mw share sdikit pngalamn sy nih,saat usia khamilan 4bulan sy prnah mrasakan kontraksi. Pinggang sy sakitt bukan main,perut mules srasa mw mens,dan sy lgsg ke dokter,dan kata dokter itu yg namanya Kontraksi. Hal itu tjdi karna sy kecapean. Sy mmang saat ni masi bekerja di slah satu bank swasta sbg Customer Service,dan pkerjaan itu mmbuat sy duduk tlalu lama. Tp alhamdulillah smua baik2 sj,dan bayi dikandungan sy pun sehat2 sj. U/ itu Bumil,harus hati2 dan jgn tlalu kecapean yah,,
Mba Narti,, cm sy ada ptanyaan nih,mslahny klo tanya sm ibu sy ato dokter jwban slalu sm "agh gpp,asal ga tlalu sering ya" nah "sering" itu yg bgmana,, gni mba,sy hobiii skali makan ayam bakar dan mie instan,karna sy skg hamil jd sy mmbatasi kadang sminggu skali,nah apakah sminggu skali itu tmasuk kategori "sering". Baiknya gmn ya mba??

narti 10 June 2012 07:24  

@ putri, untuk pekerjaan Anda sebagai CS sebaiknya saat istirahat tiba gunakan waktu tersebut untuk berjalan-jalan, disekitar ruangan sudah cukup, syukur kalau bisa ke arah jendela dan menghirup udara segar.
Anda masih mengenakan high heels kah? saat berjalan disekitar ruangan, bisa telanjang kaki, atau pakai sandal datar/flat.

hihi...bingung ya mba, ukuran "sering" itu yg bagaimana.
Untuk memakan mie instant, selain jangan sering2 makan, sebaiknya perhatikan cara memasaknya. Cara memasak mie instant bisa Anda baca disini.
Untuk makanan yg dibakar, kayaknya sisa dari proses pembakaran itu yg kurang baik.

Semoga kehamilannya baik2 aja ya mba :)

putri,  11 June 2012 14:34  

Amin Ya Rabbal'alamiin,,
trimakasi mba narti u/ sharingnya,,,

bunda zahra,  24 June 2012 17:51  

alhamdulillah saya baru hamil ke dua sekitar minggu ke 12, hamil kali ini saya sering mual dan muntah. kemarin saya beli buah nanas seger (agak masam dikit, belum matang banget .. sudah saya makan tapi sedikit2/sepotong2 seharinya, apakah berbahaya?

narti 25 June 2012 08:31  

@ bunda zahra, mudah-mudahan tidak berbahaya.
Yang perlu diperhatikan juga adalah kondisi kehamilan tiap orang itu berbeda-beda, jadi sulit kalau yg dijadikan patokan itu orang lain.
Mudah-mudahan kehamilannya lancar, sehat selalu Bunda :)

Arrafa-Solo,  25 July 2012 04:19  

alhamdulillah saya lagi hamil anak pertama baru 7 minggu ne, yang saya rasakan selama ne kadangkala mual, nah saya g begitu suka susu, makan nasi ja cuma dikit bgt, tp sehari min 1-2 macam buah sy makan, kira2 gmn ya mb dgn janin saya, oia sy dr dokter dkasi "elsazym", tu gunanya utk pa ea mb,, makase sebelume mb

narti 25 July 2012 06:31  

@ Arrafa-Solo,
Elsazym, fungsinya untuk membantu kelainan pencernaan. Mungkin karena mual, makanya mba dikasih obat itu. Tapi silakan mba cari referensi lainnya lagi yah, narti kurang tahu obat-obatan, maaf yah...

KAMAL,  27 July 2012 14:27  

istri sy pndarahan di usia kehamilan 8 minggu
sudah di bawa ke rs,dan di rawat 2 hari,skarang sudah pulang ke rumah tetapi masih saja mengeluarkan plek2 gtu,,pertanyaan sy gmn'y agar tidak kluar plek n pndarahan lg

narti 27 July 2012 23:45  

@ Kamal,
saran dokter bagaimana? ikuti aja saran dokter, narti bukan dokter nih, jadi kurang tau.
Tapi coba tips berikut ini:
- perbanyak istirahat
- banyak minum untuk menggantikan darah yang keluar
- tenangkan pikiran, ini sangat penting. Sebisa mungkin, saat hamil pikiran dibawa senang. Gimana ya? bingung...
Kalau menurut narti, hamil itu, kontak batin antara ibu dan janin sangat kuat.

Semoga kehamilan istri Anda baik2 aja dan segera sehat lagi ya :)

berry - bandung,  31 October 2012 13:47  

mba narti saya mau tanya..
istri saya sekarang sedang hamil 8 bln..
sekarang ini suka sakit bagian punggung belakang awal nya saya pikir itu karna masuk angin tapi setelah lama kelamaan sakit nya g sembuh-sembuh justru malah makin terasa sakit nya..
gimana cara untuk menghilangkan/mereda kan rasa sakit nya y mba..
ditunggu share nya..
trim's..

narti 31 October 2012 21:38  

@ berry,
nyeri punggung pada ibu hamil, terutama trimester akhir bisa terjadi karena beberapa sebab, misalnya:
- pengaruh hormon
- posisi tidur dan duduk yang kurang baik
- penambahan berat badan yang berlebihan selama hamil
- mengangkat beban berat
- mengenakan sepatu hak tinggi
- bawaan, artinya sebelum hamil memang sudah sering sakit punggung.

Cara mengurangi rasa sakit/nyeri punggung saat hamil:
- saat duduk, bagian punggung diganjal dgn bantal
- atur makanan yang masuk agar berat badan tidak naik secara berlebihan
- istirahat yg cukup
- ikuti senam kehamilan untuk memperkuat otot punggung

Untuk obat-obatan narti kurang tau, jadi silakan konsultasi dgn dokter Anda.





tyya,  6 December 2012 06:30  

,,aku lagi hamil 3 bulan,,tapi stiap habis makan pasti muntah,,aku jd bingung darimana baby ku dpt nutrisi :(
minta tipsnya dunk buat bumil yg hiperemesis,,susu hamil,vitamin,makanan,smpe minuman,,susah banget masuk,,

Post a Comment

* Terima kasih sudah berkunjung ke seputarduniaanak.blogspot.com
* Maaf, komentar ditutup

  © Seputar Dunia Anak Since February 14, 2009

Privacy Policy | Back to TOP  

Please Visit Again!